Remisi & Kekambuhan

Info Kanker » Perjalanan Perawatan Kanker » Remisi & Kekambuhan

Panduan Lengkap Remisi & Kekambuhan

Pengertian | Waktu Remisi | Proses Remisi | Gejala Kekambuhan | Kekambuhan

Kanker merupakan penyakit kronis, seperti penyakit jantung, Anda tidak akan benar-benar sembuh. Tetapi  walaupun Kanker tidak bisa sepenuhnya “sembuh” atau hilang, hanya berkurangnya sel kanker yang ada dalam tubuh.

Apa Itu Remisi?

Remisi adalah kondisi tidak lagi ada gejala atau berkurangnya gejala kanker, atau kanker sedikit terdeteksi. Pemberian remisi akan berbeda pada setiap kasus kanker, dokter akan melakukan beberapa tes untuk memberikan remisi kanker.

Beberapa tes yang dilakukan antara lain:

  • Biopsi
  • X-ray
  • MRI
  • Tes Darah

Ada tiga jenis remisi yang perlu Anda ketahui,

  1. Remisi Sebagian/ Parsial

Jenis remisi ini akan diberikan dokter apabila tumor atau sel kanker yang ada dalam tubuh Anda telah berkurang setidaknya 50%.

  1. Remisi Penuh/ Total

Pada remisi total merupakan hilangnya semua tanda-tanda kanker dalam tubuh Anda, setelah melakukan berbagai tes. Namun bukan berarti Anda sudah sepenuhnya sembuh.

Berapa Lama Remisi Bertahan?

Remisi pada kanker berbeda-beda pada setiap penderitanya, jenis kanker, serta bagaimana penyembuhan pasca perawatan kanker. Beberapa orang mungkin bisa memiliki remisi seumur hidup, tetapi akan berbeda pada orang lain.

Dengan rutin mengkonsultasikan ke dokter dan menjalani tes, akan memberikan diagnosis lebih tepat. Perawatan memiliki peranan penting untuk segera mengetahui kembalinya sel kanker atau tidak. Umumnya remisi akan berjalan antara 5 hingga 10 tahun, dan sangat bergantung pada perawatan penyembuhan kanker.

Apa yang harus dilakukan selama remisi?

Walaupun Anda telah mendapatkan remisi total dari dokter, bukan berarti tidak lagi sel kanker dalam tubuh Anda yang siap untuk tumbuh lagi. Perawatan pada masa remisi ini akan mengurangi resiko sel-sel tersebut untuk tumbuh kembali.

Jenis perawatan masa remisi akan berbeda-beda, Anda bisa langsung mengkomunikasikan dengan dokter Anda mengenai perawatan yang terbaik bagi Anda.

Tidak kalah penting saat Anda dalam masa remisi adalah menjaga pola hidup sehat, seperti:

  • Makan-makanan sehat dengan nutrisi yang tepat, diet akan membantu metabolisme Anda menjadi lebih baik. Makan dengan banyak serat, protein serta nutrisi lengkap lain.
  • Berada dalam lingkungan yang sehat, jauh dari polusi yang bisa mengaktifkan sel kanker Anda kembali. Hal sederhana seperti tidak merokok, atau menjauhi lingkungan dengan tingkat polusi tinggi.
  • Olahraga untuk lebih menyehatkan diri,
  • Pengelolaan stress yang baik dapat menghindarkan Anda pada kondisi psikologis dan fisik yang buruk.

Selain hal-hal tersebut, Anda tetap harus rutin melakukan check-up kepada dokter Anda.

Apa gejala kanker kambuh?

Kanker dapat kambuh, semakin dini deteksi Anda akan kekambuhan kanker, akan memudahkan Anda untuk menanganinya.

Kekambuhan kanker terbagi atas beberapa hal:

  • Kambuh lokal

Kekambuhan ini terjadi pada organ yang dan lokasi yang sama.

  • Kambuh Regional

Kekambuhan ini terjadi pada kelenjar dekat area kanker pertama muncul.

  • Kambuh Berjarak

Kekambuhan ini terjadi pada organ lain dan bagian tubuh yang baru.

Kambuhnya kanker lokal dapat terasa pada bagian tubuh atau organ yang sama. Seperti contohnya pada kanker payudara, munculnya rasa sakit, benjolan, atau perubahan warna pada kulit dapat mengindikasikan kambuhnya kanker.

Kanker yang kambuh secara regional dapat terdeteksi pada bagian jaringan kelenjar getah bening sekitar asal kanker awal. Waspada terhadap benjolan atau rasa sakit pada area yang ada pada jaringan sekitar awal kanker/ kanker primer.

Deteksi terhadap kambuhnya kanker berjarak adalah Anda harus waspada terhadap keadaan tidak nyaman, dapat berupa nyeri, atau benjolan pada bagian tubuh lain. Seperti saat ada kanker di otak, Anda akan merasakan sakit kepala, bahkan kejang. Atau kanker yang tumbuh di paru-paru, Anda dapat mengalami sesak napas dan batuk.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Kanker Kambuh?

Bagi penderita kanker, penjadwalan rutin untuk memeriksakan kesehatan merupakan salah satu jalan terbaik untuk deteksi dini segala jenis kekambuhan kanker. Setiap gangguan kesehatan yang mengkhawatirkan dengan begitu dapat segera Anda konsultasikan dengan dokter Anda.

Diagnosa

Menerima perawatan lanjutan dengan diagnosa yang lebih mendalam dapat memberikan penanganan yang sesuai dengan kambuhnya kanker yang Anda miliki.

Merencanakan Perawatan Lanjutan

Setelah diagnosa dokter, Anda dapat membicarakan mengenai perawatan lanjutan dan pengobatan. Proses ini mungkin akan memiliki kesamaan dengan kanker awal/ primer Anda. Dalam tahap ini Anda dapat mengkonsultasikan dengan lengkap dari perawatan hingga efek sampingnya.

Mempersiapkan Diri Secara Fisik dan Psikologis

Mempersiapkan diri Anda untuk perawatan dapat menjadi pendukung terbaik saat Anda melakukan perawatan kanker.

  • Tetap menjaga kebugaran dengan olahraga (yang dianjurkan) serta konsumsi makanan sehat.
  • Mendapatkan informasi lengkap mengenai kanker yang kambuh
  • Konsultasikan pada dokter Anda secara mendalam mengenai langkah apa saja yang akan diambil. Jenis perawatan, dan efek samping yang mungkin berbeda dengan kanker primer Anda.
  • Mengelola stress yang Anda alami, dengan meditasi, atau lebih dekat dengan keluarga

Jangan ragu untuk mendapatkan perawatan profesional saat Anda benar-benar membutuhkan bantuan.

Artikel Sebelumnya

Melanjutkan Hidup

Artikel Selanjutnya

Dukungan Pejuang Kanker