joint commission international

Mengapa Smarter Health Hanya Merekomendasikan Rumah Sakit Terakreditasi JCI?

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Smarter Health memegang prinsip totalitas dalam memberikan layanan, di mana kami tak sekadar membantu pasien mendapatkan akses kesehatan. Lebih jauh, Smarter Health memastikan semua pasien menikmati pelayanan kesehatan berkualitas.

Salah satu yang menentukan kualitas pelayanan adalah rumah sakit. Rumah sakit berfasilitas lengkap, nyaman, dan didukung tenaga medis profesional, tentunya bisa menyediakan pelayanan berkualitas untuk pasien.

Itulah mengapa tidak semua rumah sakit ada di panel rekomendasi kami. Smarter Health hanya merekomendasikan rumah sakit berakreditasi Joint Commission International (JCI).

Ada lebih dari 20 rumah sakit berakreditasi JCI di Singapura, Malaysia, dan Indonesia yang menjadi mitra resmi Smarter Health. 

Tulisan ini akan menunjukkan mengapa Anda perlu memilih rumah sakit berstandar JCI. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Profil Singkat JCI

JCI adalah bagian dari Joint Commission, sebuah lembaga akreditasi unggulan pelayanan kesehatan berskala internasional. Joint Commission berdiri tahun 1951 dan membentuk standar akreditasi Joint Commission International di tahun 1994. 

Organisasi nirlaba Joint Commission berkantor pusat di Oakbrook Terrace, Illinois, Chicago, Amerika Serikat.

Sejak 1994, JCI telah menyeragamkan standar kualitas layanan kesehatan di lebih dari 1.000 negara, yang tersebar di Eropa, Asia, Afrika, Amerika Selatan, hingga Timur Tengah. 

JCI bertujuan mewujudkan kondisi global, di mana semua pasien layak memperoleh perawatan kesehatan berkualitas. 

Visinya, secara berkelanjutan meningkatkan rasio keselamatan dan kualitas perawatan pada masyarakat internasional melalui: 

  • Edukasi, 
  • Layanan konsultasi, dan 
  • Sertifikasi atau akreditasi internasional (JCI). 

Mengapa kualitas rumah sakit tercermin dari akreditasi JCI?

Ada alasan kuat mengapa akreditasi JCI menjadi patokan rumah sakit berkualitas. 

1. JCI merupakan lembaga akreditasi terdepan dunia.

Joint Commission sebagai induk lembaga JCI merupakan badan penetapan standar dan akreditasi pelayanan kesehatan tertua serta terbesar di Amerika Serikat. 

JCI sudah mengevaluasi lebih dari 21.000 rumah sakit atau lembaga dan program pelayanan kesehatan. Itu baru cakupan wilayah Amerika Serikat saja. Di dunia internasional, Joint Commission telah membantu pasien di lima benua mendapat layanan kesehatan berkualitas. 

2. Didukung Standards Advisory Panel

Dalam memberikan akreditasi internasional ke rumah sakit atau organisasi kesehatan lainnya, JCI didukung oleh Standards Advisory Panel. 

Panel penasihat JCI ini terdiri atas dokter berpengalaman, perawat, administrator, hingga ahli kebijakan publik. Mereka berasal dari lima kawasan besar di dunia, yakni: Amerika Latin dan Karibia, Asia dan Lingkar Pasifik, Timur Tengah, Eropa, serta Amerika Serikat. Tim inilah yang memberikan arah pengembangan akreditasi JCI.

3. Akreditasi ISqua

JCI mengklaim tidak ada lembaga akreditor lain di dunia yang membuat berbagai standarisasi penilaian, dan disetujui serta disahkan oleh ISQua (International Society for Quality in Health Care) sebanyak JCI. 

Berkat akreditasi bergengsi dari ISQua, JCI terbukti dan terjamin menggunakan standar, pelatihan, dan proses akreditasi ke rumah sakit dengan standar tertinggi. 

4. Penilaian menyeluruh

Dalam memberikan akreditasi ke rumah sakit, JCI bekerja begitu teliti dan menyeluruh demi mencapai kualitas terbaik. 

Tak sekadar menilai performa dan mengevaluasi kebijakan, JCI juga membina dan memantau rumah sakit untuk melakukan peningkatan kualitas. Bisa dengan membuat goals baru atau mengembangkan SDA melalui pelatihan. 

5. Akreditasi dilakukan secara berkala

Guna memastikan rumah sakit yang terakreditasi tetap mempertahankan kualitasnya, JCI melayani program akreditasi ulang. Tak hanya satu kali, rumah sakit bisa meminta JCI melakukan akreditasi secara berkala, umumnya setiap tiga tahun sekali. 

6. JCI membantu rumah sakit mendapatkan manfaat lebih

Manfaat akreditasi JCI untuk rumah sakit adalah:

  • Membantu rumah sakit mengatur dan memperkuat upaya keselamatan pasien.
  • Meningkatkan manajemen risiko dan reduksi risiko pelayanan.
  • Memperkuat branding rumah sakit terhadap kualitas dan keamanan perawatan, pengobatan, serta pelayanan.
  • Menyejajarkan brand rumah sakit dengan JCI, sebagai salah satu nama yang dihormati dalam dunia kesehatan. 

Kualitas Rumah Sakit Terakreditasi JCI

Dilansir dari situs World Hospital Search, alasan utama mengapa orang memilih rumah sakit yang terakreditasi JCI, karena akreditasi JCI membuktikan bahwa rumah sakit tersebut:

  1. Memiliki komitmen tinggi terhadap kualitas perawatan.
  2. Menerapkan budaya keselamatan yang baik untuk pasien, staf, dan pengunjung.
  3. Bersedia melakukan persiapan dan survei mendalam.
  4. Memiliki kepemimpinan yang dipatuhi dengan baik sesuai standar.
  5. Menerapkan perawatan berdasarkan best practice dan berbasis data (memberikan perawatan terbaik yang sudah terbukti efektif).

Berobat ke Rumah Sakit berakreditasi JCI lewat Smarter Health

Smarter Health membantu pasien yang ingin berobat di rumah sakit berkualitas di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Layanan Smarter Health gratis.

Pasien juga bisa meminta estimasi biaya berobat di dalam atau luar negeri. Smarter Health sebagai mitra resmi rumah sakit di Indonesia, Malaysia, dan Singapura, tentu bisa menjamin pasien mendapatkan estimasi biaya berobat lebih cepat dan akurat. 

Tak perlu repot cari info sendiri di internet, apalagi sampai menelepon ke rumah sakit dan terkena roaming internasional.

Setelah menetapkan ingin berobat ke rumah sakit mana dan dokter siapa, pasien bisa meminta bantuan Smarter Health untuk membuat janji konsultasi. 

Urusan berobat di dalam maupun di luar negeri pun kini semakin mudah, dan berkualitas berkat  rekomendasi rumah sakit terakreditasi JCI dari Smarter Health!

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda