gejala rinitis alergi

Kabut di Singapura: Dampaknya Terhadap Masalah Sinus Anda

Lim Keng Hua - Dokter THT Singapura - Otorhinolaryngology/ENT - Otorhinolaryngology/ENT
Penulis:
Dokter spesialis THT di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Musim kabut di Singapura biasanya melanda di bulan-bulan kering antara Mei sampai Oktober. Mengapa menghirup kabut itu berbahaya, dan apa yang harus Anda lakukan jika memiliki masalah sinus yang sudah ada?

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Bagaimana kabut mempengaruhi kesehatan kita?

Kabut bisa berbahaya karena mengandung material partikel lembut, sulfur dioksida, ozon, nitrogen dioksida, dan karbon monoksida. Paparan yang terus menerus terhadap polutan udara yang tidak sehat ini selama lebih dari beberapa hari bisa menyebabkan gejala gangguan pernapasan, dan memperparah penyakit jantung dan paru-paru yang sudah ada sebelumnya.

Studi telah menunjukkan bahwa dibutuhkan 1 hingga 3 hari setelah terpapar kabut sebelum Anda mengembangkan gejala gangguan pernapasan. Paparan terhadap material partikel dan sulfur dioksida juga bisa menyebabkan iritasi mata, hidung, dan tenggorokan pada individu yang sehat.

Siapa yang bisa terdampak oleh kabut?

Material partikel (PM2.5) yang sangat lembut (<2.5μm) mampu melewati hidung untuk menjangkau paru-paru dan jantung. Jika PM2.5 telah mencapai jumlah yang tidak sehat, partikel yang ada dalam kabut ini bisa menjangkau paru-paru dan menyebabkan gejala, terutama pada orang yang memiliki penyakit paru-paru dan jantung seperti asma, penyakit paru-paru kronis, dan gagal jantung.

Hidung adalah pintu gerbang yang sangat penting antara saluran pernapasan dan lingkungan. Hidung bekerja menghangatkan dan melembabkan udara yang kita hirup, dan menyaring iritan dari lingkungan, partikel, dan patogen sebelum udara yang terhirup masuk ke paru-paru.

Orang yang bernapas melalui mulut – biasanya karena hidung tersumbat parah – melewatkan mekanisme protektif ini dan beresiko mengalami mulut kering, iritasi tenggorokan, dan tenggorokan kering. Mereka akan mengalami gejala pernapasan yang lebih parah selama kondisi berkabut.

Apa saja masalah dan gejala sinus yang umum di Singapura?

Masalah sinus yang paling umum di Singapura adalah rinitis alergi. Rinitis alergi adalah kondisi peradangan hidung karena respon hiperaktif dari imun tubuh terhadap sebuah alergen.

Kontrol gejala meliputi menghindari alergen, penyesuaian pengobatan seperti semprotan steroid hidung dan antihistamin, dan terkadang operasi. (Alergen yang paling umum di Singapura adalah tungau dalam rumah. Alergen lainnya adalah bulu binatang peliharaan, jamur, dan rumput.)

Rinitis alergi bisa terjadi musiman atau kekal. Di Singapura, rinitis alergi kekal adalah bentuk yang paling umum karena iklim tropis. Gejala umumnya meliputi gatal pada hidung, bersin, pilek, dan hidung tersumbat. Gejala lainnya meliputi mata gatal, sinus tersumbat, batuk, dan telinga tersumbat.

Pasien dengan rinitis alergi telah memiliki lapisan hidung yang hipersensitif. Iritan lingkungan seperti material partikel dalam kabut dapat memicu lapisan hidung. Oleh karena itu, pasien dengan rinitis alergi akan menimbulkan lebih banyak gejala dibandingkan individu yang sehat. Mereka juga lebih sering kambuh dan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Rinitis yang tidak terkendali juga bisa menyerang sinus, menyebabkan penyumbatan sinus, nyeri sinus, dan infeksi sinus.

Menurut sebuah studi, anak laki-laki dengan rinitis alergi yang sensitif terhadap Blomia tropicalis, sebuah spesies tungau debu yang banyak ditemukan di Singapura, adalah yang paling rentan terhadap polutan udara.

Bagaimana saya bisa mengontrol masalah sinus saya selama kabut?

Amati dengan cermat Pollutants Severity Index (PSI) atau indeks keparahan polutan dan Particulate Matter 2.5 (PM2.5) yang dipublikasikan oleh National Environment Agency atau Badan Lingkungan Nasional.

Jika PSI tinggi (ketika kualitas udara melebihi batas tidak sehat).

  • Tetap dirumah sebisa mungkin.
  • Tutup semua jendela dan pintu sepanjang waktu, jika mungkin.
  • Dapatkan istirahat dan tidur yang cukup untuk menjaga sistem imun tetap sehat.
  • Gunakan penjernih udara portabel jika tersedia, untuk membantu mengurangi tingkat partikel di dalam ruangan.
  • Bersihkan penyaring air conditioner secara rutin. Pastikan kondisinya bagus untuk digunakan.
  • Minum banyak cairan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama pada anak-anak dan individu beresiko tinggi.
  • Konsumsi diet seimbang yang mengandung antioksidan tinggi, yaitu buah dan sayur.
  • Bilas saluran hidung Anda (dikenal dengan nama pencucian hidung) atau kumur mulut untuk mengusir iritan, partikel, dan alergen yang lebih besar.
  • Lanjutkan semprotan steroid hidung atau antihistamin untuk mengontrol rinitis alergi dan mencegah kekambuhan.

Apakah masker N95 bisa berfungsi?

Masker N95 mampu menyaring semua partikel halus di udara. Masker ini harus benar-benar pas agar bisa memberikan manfaat maksimal. Namun, Anda harus berusaha keras untuk bernapas dan beberapa orang yang mengenakan masker ini dapat mengalami kesulitan napas ringan.

masker n95

Masker bedah tidak bisa menyaring setiap partikel halus yang ada. Namun masker ini lebih nyaman dan bisa menyaring partikel dan iritan yang lebih besar, mencegah tenggorokan kering dan iritasi tenggorokan.

Paparan di luar ruangan untuk waktu singkat, seperti berpindah dari satu gedung ke gedung yang lain, masih aman.

Kapan saya harus ke dokter?

Konsultasikan kepada dokter jika rinitis alergi Anda menjadi tidak terkendali dan Anda mengalami berbagai gejala. Rinitis alergi bisa dikatakan parah jika berpengaruh pada pekerjaan, tidur, konsentrasi, dan belajar Anda.

Kondisi ini dikatakan rutin jika terjadi lebih dari 4 jam sehari dan/atau lebih dari 4 hari dalam seminggu. Datangi dokter bedah THT yang terlatih dalam rinologi jika Anda mengalami rinitis alergi yang parah dan sering.

Penulis: dr. Lim Keng Hua, dokter spesialis THT di Singapura. Diterjemahkan dari artikel Haze in Singapore: Effects on Your Sinus Problems.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?