orang tua rentan virus corona

Kenapa Orang Tua Rentan Terpapar Virus Corona?

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Risiko terinfeksi virus corona atau COVID-19 semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Dengan kata lain, orang tua lebih rentan terinfeksi virus corona diantara kelompok usia orang dewasa. Jika terinfeksi COVID-19, orang tua mungkin memerlukan rawat inap, perawatan intensif, atau ventilator sebagai alat bantu pernapasan, hingga kemungkinan meninggal dunia. 

Orang yang berusia di atas 80 tahun dan penderita penyakit kronis adalah kelompok rentan, di mana sekitar 15% dari mereka yang terinfeksi berisiko meninggal dunia. Sedangkan anak-anak di bawah usia 9 tahun tampaknya tidak begitu terpengaruh. Biasanya hanya berupa gejala ringan maupun tanpa gejala. 

Meski begitu, Anda harus tetap waspada jika orang tua dan anak-anak menunjukkan gejala berbahaya. Segera minta bantuan medis dari penyedia layanan pemeriksaan COVID-19 setempat untuk mendapat penanganan yang tepat atau hubungi Smarter Health. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Risiko Penyakit Parah pada Orang Tua Meningkat

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), risiko penyakit parah akibat COVID-19 akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Misalnya orang berusia 50-an memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita penyakit parah dibandingkan orang yang berusia 40-an. Begitu pula orang yang berusia 60-an atau 70-an, secara umum kesehatan mereka lebih rentan daripada orang yang berusia 50-an. Sedangkan risiko COVID-19 tertinggi dimiliki oleh orang yang berusia di atas 85 tahun.

Terdapat faktor lain yang dapat meningkatkan risiko penyakit parah apabila terinfeksi virus corona, seperti kondisi medis yang mendasari. Dengan memahami apa saja faktor yang berisiko bagi Anda, Anda jadi lebih mudah memutuskan tindakan pencegahan seperti apa yang harus diterapkan sehari-hari. 

CDC membagikan bahwa 8 dari 10 kasus kematian akibat COVID-19 di Amerika Serikat terjadi pada orang tua yang berusia 65 tahun ke atas. Oleh sebab itu, lakukan tindakan pencegahan untuk melindungi diri dari penularan virus corona, terutama orang dewasa yang lebih tua dan orang yang berisiko tinggi terkena penyakit parah. 

Kenapa Orang Tua Lebih Berisiko Terpapar Virus Corona?

Kemungkinan mengalami kondisi kronis meningkat tajam seiring bertambahnya usia. Ini karena sistem kekebalan tubuh semakin melemah dan membuat orang tua rentan terhadap semua jenis infeksi, termasuk infeksi virus corona. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi sistem kekebalan tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut. 

Ketika sistem kekebalan pada orang tua meningkat, ada juga kemungkinan badai sitokin. Badai sitokin adalah respons kekebalan di mana tubuh mulai menyerang sel dan jaringannya sendiri daripada melawan virus. 

Kondisi badai sitokin inilah yang membuat sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan dan menghasilkan terlalu banyak senyawa kimia untuk melawan infeksi virus. Alhasil, terjadi peradangan parah yang berpotensi menyebabkan kerusakan tubuh secara signifikan, termasuk disfungsi organ tubuh. 

Cara Mencegah Orang Tua Terpapar Virus Corona

Orang tua yang rentan terhadap virus corona dan orang yang berisiko terkena penyakit parah harus bisa melindungi diri dari penyebaran virus corona. Anggota keluarga yang tinggal serumah turut memegang peran penting dalam upaya pencegahan ini. 

CDC membagikan cara terbaik untuk melindungi diri Anda dan membantu mengurangi penyebaran virus penyebab pandemi COVID-19, di antaranya:

  • Sebisa mungkin batasi interaksi Anda dengan orang lain.
  • Lakukan tindakan pencegahan penyebaran COVID-19 saat Anda sedang berinteraksi dengan orang lain.
  • Jika Anda mulai merasa sakit dan muncul gejala COVID-19, segera hubungi penyedia layanan kesehatan sebelum 24 jam. 

Jika Anda termasuk dalam kelompok orang yang rentan atau pernah kontak dekat dengan kelompok tersebut, pastikan Anda menjalankan protokol kesehatan dan selalu menjaga kebersihan. Langkah preventif yang direkomendasikan pemerintah yaitu:

  • Usahakan untuk menghindari area publik atau tempat ramai. 
  • Membuka jendela saat naik kendaraan umum jika memungkinkan. 
  • Rutin membersihkan benda atau permukaan yang sering disentuh. 
  • Selalu bersihkan tangan saat masuk dan keluar gedung jika memungkinkan.
  • Menerapkan cashless untuk melakukan pembayaran daripada menggunakan uang tunai. 

Persiapan sebelum Beraktivitas di Luar Rumah

Orang tua, orang yang berisiko tinggi terjangkit penyakit parah akibat COVID-19, dan orang yang tinggal bersama mereka harus mempertimbangkan risiko kesehatan sebelum memutuskan untuk beraktivitas di luar rumah. Pastikan sudah mengambil langkah terbaik untuk melindungi diri sendiri dan orang di sekitar. 

Pertimbangkan untuk menghindari aktivitas sosial yang mungkin sulit untuk mengambil tindakan perlindungan, seperti aktivitas yang membuat Anda tidak dapat menerapkan social distancing. Ini sudah menjadi tugas setiap individu untuk mencegah penyebaran virus corona. 

Secara umum, semakin banyak orang yang berinteraksi dengan Anda, semakin dekat jarak interaksi, dan semakin lama interaksi tersebut, maka semakin tinggi pula risiko anda terpapar dan menyebarkan virus corona. 

  • Jika Anda beraktivitas di area publik, selalu lindungi diri Anda dengan melakukan tindakan pencegahan setiap hari dan menggunakan protokol kesehatan.
  • Sebelum bepergian, selalu siapkan masker, tisu, dan hand sanitizer yang setidaknya mengandung 60% alkohol jika memungkinkan.
  • Hindari berinteraksi dengan orang lain yang tidak memakai masker atau minta orang di sekitar Anda untuk memakai masker jika memungkinkan.

Risiko Jika Orang Tua Datang ke Acara Tatap Muka

Pertimbangkan untuk menghadiri acara di tengah pandemi COVID-19. Berikut ini tingkatan bahaya masing-masing acara yang perlu Anda waspadai:

  • Risiko terendah: Kegiatan, acara, dan pertemuan secara online.
  • Efek yang lebih besar: Pertemuan di luar ruangan dan pertemuan langsung yang lebih kecil, di mana banyak kelompok rumah tangga yang berbeda, tetapi diberi jarak setidaknya 6 kaki, memakai masker, tidak berbagi benda, dan berasal dari area lokal yang sama (seperti komunitas, kota, atau kabupaten).
  • Risiko lebih tinggi: Pertemuan langsung berukuran sedang yang memungkinkan adanya jarak 6 kaki dan hadirnya peserta dari luar area lokal. 
  • Risiko tertinggi: Pertemuan langsung berukuran besar di mana sulit untuk menjaga jarak dan peserta melakukan perjalanan dari luar area lokal.

Cara Tetap Sehat selama Pandemi COVID-19

Menjaga kesehatan selama pandemi COVID-19 sangat penting. Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan tentang vaksinasi dan layanan pencegahan mutakhir untuk mencegah Anda terpapar virus corona. 

Penting bagi orang tua dan orang yang berisiko tinggi terjangkit penyakit parah untuk mendapatkan vaksinasi yang direkomendasikan untuk melawan virus penyebab influenza dan pneumokokus, serta menerapkan gaya hidup sehat, aktif berolahraga, dan mengurangi stres. 

Jika Anda memiliki kondisi medis yang mendasari, Anda harus membuat rencana perawatan, seperti:

  • Lanjutkan pengobatan jangan jangan mengubah rencana perawatan tanpa konsultasi dengan penyedia layanan kesehatan.
  • Memiliki persediaan obat resep dan nonresep, setidaknya untuk 30 hari ke depan agar Anda tidak perlu ke apotek.
  • Segera mendapatkan perawatan darurat untuk kondisi medis akibat COVID-19.
  • Segera hubungi penyedia layanan kesehatan jika Anda mengkhawatirkan kondisi medis yang mendasarinya atau jika Anda sakit dan berpikir bahwa Anda menderita COVID-19.

Smarter Health akan membantu Anda untuk menemukan rumah sakit yang menyediakan layanan pemeriksaan dan pengobatan terkait COVID-19. 

Selain itu, layanan Smarter Health juga memungkinkan Anda untuk melakukan tele-konsultasi dengan dokter dari rumah sakit di dalam dan luar negeri tanpa perlu repot.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?