panduan berobat ke penang

Ketahui Info Penting Ini Agar Tenang Berobat ke Penang

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Siapa pun membutuhkan perawatan terbaik ketika jatuh sakit. Bahkan, ada orang rela berobat ke luar negeri demi mendapatkan perawatan yang lebih mumpuni atau sekadar mencari second opinion dari hasil pemeriksaan kesehatannya.

Penang menjadi salah satu tujuan populer masyarakat Indonesia ketika berencana berobat ke luar negeri. Bagi orang Indonesia, pergi ke Penang untuk berobat sudah seperti halnya pergi ke Singapura untuk belanja. Keduanya bukan hal yang baru dan aneh lagi.

Apabila Anda tertarik untuk melakukan wisata medis ke Penang, terdapat beberapa info penting yang perlu Anda ketahui agar bisa bepergian dan berobat dengan tenang.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Mengapa Berobat ke Penang?

Penang adalah salah satu negara bagian Malaysia yang terkenal sebagai destinasi wisata unggulan Negeri Jiran. Ibu kotanya, George Town, merupakan situs warisan dunia UNESCO yang menawarkan daya tarik kebudayaan yang unik. Penang Hill, Kek Lok Si, Chew Jetty, Penang Botanic Garden, dan Pinang Peranakan Mansion adalah sejumlah destinasi terpopuler di Penang.

Tak sekadar pemandangan alam dan kota tua yang menawan atau kekayaan kuliner yang menggiurkan, Penang juga menawarkan pelayanan kesehatan dengan kualitas kelas dunia. 

Meskipun tercatat sebagai negeri terkecil kedua di Malaysia, untuk urusan wisata medis, Penang lebih populer dibandingkan Melaka, Kuala Lumpur, dan sejumlah kota lain di Malaysia. Pangsa pasar wisata medis di Penang mencapai 42,3% dari seluruh wilayah di Malaysia.

Bagi orang Indonesia, setidaknya beberapa hal berikut menjadi alasan utama merujuk Pulau Penang sebagai destinasi berobat:

1. Akses mudah

Pasien dari Indonesia bisa berobat ke Penang tanpa pegangan visa khusus medis. 

Penerbangan dari Indonesia ke Penang pun tersedia langsung dari Jakarta dan Medan. Khusus orang dari kawasan Sumatera, berobat ke Penang bahkan bisa lebih cepat dan murah naik kapal feri, dibandingkan harus ke Jakarta.

2. Fasilitas kesehatan memadai, biayanya terjangkau

Penang memiliki rumah sakit berkualitas dengan fasilitas berteknologi tinggi. Layanan spesialisasi medisnya pun tersedia lengkap, termasuk untuk beberapa bidang yang jarang tersedia di Indonesia. 

Menariknya, banyak orang menilai biaya berobat ke Penang sangat sepadan dengan kualitas pelayanan yang mereka dapatkan.

3. Tenaga medis andal dan teruji

Tenaga medis di Penang rata-rata lulusan institusi medis terbaik dunia. Karena melayani pasien dari berbagai belahan dunia, rata-rata tenaga medis di Penang sudah menguasai Bahasa Inggris. 

Untuk pasien Indonesia, kita diuntungkan karena Malaysia serumpun dengan Indonesia, sehingga cukup lazim menemui dokter di Malaysia yang mampu berbahasa Indonesia.

Saking larisnya, agensi wisata medis pun banyak bermunculan untuk menawarkan layanan khusus yang membantu persiapan orang berobat ke Penang. Smarter Health adalah salah satu  alasan semakin banyaknya orang Indonesia berobat ke Penang. 

Berkat layanan gratis Smarter Health, orang yang ingin berobat ke Penang bisa mendapat rekomendasi dan buat janji dokter spesialis yang cocok, mengetahui estimasi biaya pengobatan lebih akurat, hingga melakukan medical check up

Bayangkan berapa banyak energi, waktu, dan biaya yang bisa dihemat karena layanan Smarter Health, ketimbang kita mengurus segalanya sendiri.

Apa yang harus disiapkan untuk berobat ke Penang?

Sebenarnya, dengan menggunakan layanan Smarter Health, kita sudah menyelesaikan setengah dari seluruh persiapan berobat ke Penang. 

Namun, jika penasaran apa saja yang setidaknya perlu disiapkan pasien, berikut penjelasannya:

1. Dokumen kesehatan

Dokumen kesehatan adalah rekam medis pasien yang terkait dengan kondisi yang ingin ditangani. Dokumen tersebut diperoleh dari rumah sakit atau dokter langganan pasien di Indonesia. Dokumen kesehatan ini utamanya meliputi:

  • Informasi hasil diagnosis.
  • Riwayat penyakit dan alergi.
  • Daftar obat yang rutin dikonsumsi.
  • Hasil tes darah, radiologi, CT Scan, dan pencitraan medis lainnya.

2. Mendaftar ke rumah sakit dan buat janji dokter spesialis

Sebelum berangkat ke Penang, sebaiknya Anda sudah mengetahui rumah sakit tujuan beserta dokter spesialisnya. Bahkan sebaiknya Anda sudah mendaftarkan pasien ke rumah sakit di Penang, sejak masih di Indonesia. Tidak mau kan batal berobat karena jadwal dokter penuh.

Anda bisa meriset rumah sakit dan dokter spesialis di internet. Jika tak mau repot, langsung minta rekomendasi dokter spesialis dan buat janji lewat Smarter Health. Toh, layanannya gratis.

3. Menyiapkan bujet berobat dan alat pembayarannya

Lakukan perhitungan biaya untuk berobat ke Penang agar Anda bisa menyesuaikan bujet sendiri. Hitung kisaran biaya berobat, termasuk biaya tiket pesawat, akomodasi, dan transportasi. 

Untuk membayar biaya dokter dan rumah sakit, sebaiknya bawa uang tunai secukupnya saja. Jika mau tahu berapa banyak yang harus dibawa, Anda bisa minta estimasi biaya berobat di Smarter Health.

Jika memilih membayar pakai kartu kredit atau debit, pastikan bank penerbit kartu Anda dapat digunakan di Penang. Pastikan juga rumah sakit tujuan Anda mengenai metode pembayaran yang mereka terima.

4. Dokumen perjalanan

Persiapkan dokumen perjalanan yang dibutuhkan untuk ke Penang. Dokumen utamanya adalah paspor dengan masa berlaku tak kurang dari enam bulan. Untungnya, kita tidak perlu repot menyiapkan visa karena kebijakan bebas visa selama 90 hari berlaku untuk turis Indonesia ke Malaysia.

5. Tiket pesawat, hotel, dan transportasi selama di Penang

Mulailah berburu tiket pesawat, akomodasi, dan transportasi sesuai dengan bujet Anda.

Tiket pesawat ke Penang

Beberapa penerbangan langsung ke Penang dari Indonesia:

  • Dari Medan ke Penang
    • Pilihan maskapai: Lion Air dan Sriwijaya Air.
    • Kisaran harga: Rp540.000 – Rp890.000.
  • Dari Jakarta ke Penang
    • Pilihan maskapai: Batik Air, Malindo, dan Citilink.
    • Kisaran harga: Rp750.000 – Rp1.345.000.

Hotel di Penang

Pilihlah tempat menginap yang lokasinya dekat dengan rumah sakit tujuan Anda. Pilih hotel yang sesuai dengan kebutuhan serta jumlah orang yang ikut serta. Beberapa rekomendasi populernya, antara lain:

  • Olive Tree Hotel Penang
    • Berlokasi di jalan Mahsuri 76, Bayan Lepas, Penang, Malaysia 11950 (1,5 km dari Pantai Hospital Penang).
    • Hotel bintang 4. Tarif mulai dari Rp700.000 per malam.
  • One Pacific Hotel & Serviced Apartments
    • Berlokasi di jalan Macalister 177, George Town, Penang, Malaysia 10400 (1,5 km dari Island Hospital Penang).
    • Hotel bintang 3. Tarif mulai dari Rp500.000 per malam.
  • The Northam All Suites Penang
    • Berlokasi di jalan Sultan Ahmad Shah 55, George Town, Gurney Drive, Penang, Malaysia 10050 (450 meter dari Gleneagles Penang Medical Centre).
    • Hotel bintang 4. Tarif mulai dari Rp600.000 per malam.

Jemputan bandara di Penang

Rata-rata rumah sakit di Penang menawarkan layanan penjemputan dari bandara. Layanan ini tersedia gratis untuk dua orang (1 pasien dan 1 pendamping) pada jam-jam tertentu di hari Senin–Sabtu. 

Anda bisa booking jemputan gratis dari bandara ke rumah sakit lewat Smarter Health.

Selain layanan gratis tersebut, Anda bisa memanfaatkan taksi atau sewa mobil jika memang bermaksud untuk lebih leluasa bergerak, dengan jumlah orang yang lebih banyak.

6. Penerjemah

Penerjemah cukup dibutuhkan untuk mengantisipasi apabila Anda mendapat dokter atau tenaga medis yang kurang lancar berbahasa Indonesia. 

Smarter Health Mudahkan Pengobatan di Penang

Smarter Health hadir sebagai platform online yang menyediakan layanan gratis persiapan berobat ke Malaysia dan Singapura tanpa antre dan tanpa repot. Kami menawarkan bantuan berikut untuk memastikan Anda bisa berobat ke Penang dengan tenang.

1. Merekomendasikan dokter spesialis di Penang

Smarter Health siap merekomendasikan dokter spesialis di Penang. Cukup hubungi kami melalui layanan chat dan jelaskan kondisi medis Anda. Ada lebih dari 1.000 dokter spesialis di Malaysia dan 350 dokter spesialis di Singapura yang tergabung di panel rekomendasi Smarter Health.

Smarter Health secara khusus hanya merekomendasikan dokter spesialis berpengalaman dan berpraktik di rumah sakit terakreditasi Joint Commission International (JCI), seperti:

2. Membuat jadwal konsultasi dokter

Tak perlu repot menghubungi rumah sakit sendiri, Smarter Health siap membantu membuatkan sekaligus cek ketersediaan jadwal dokter spesialis untuk konsultasi. 

Anda pun bisa meminta layanan lain yang memang disediakan rumah sakit terkait. Misalnya penjemputan di bandara dengan layanan shuttle gratis dari rumah sakit.

3. Menghitung estimasi biaya berobat di Penang

Smarter Health adalah perwakilan resmi rumah sakit di Penang, dan terhubung dengan dokter spesialis di sana. Artinya, Smarter Health lebih mudah mendapatkan informasi dari rumah sakit dan dokter di Penang.

Dengan kata lain, Anda bisa meminta perkiraan biaya pengobatan yang lebih akurat dan cepat, dibandingkan dengan menelepon langsung ke rumah sakit, apalagi bertanya-tanya ke orang lain. Sebab, pengobatan penyakit yang diderita satu orang belum tentu sama dengan orang lainnya.

Sebagai gambaran, berikut tabel estimasi biaya berobat di Malaysia secara umum.

Menyiapkan perjalanan berobat ke Penang bersama Smarter Health jelas terasa semakin mudah. Kini, Anda siap berobat dengan tenang ke Penang kapan saja!

Punya pertanyaan seputar berobat ke Penang? Tanyakan di kolom komentar.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Satu pemikiran pada “Ketahui Info Penting Ini Agar Tenang Berobat ke Penang”

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?