27 May 2019 / Malaysia - Pengobatan

Kisaran Biaya Berobat ke Malaysia

Untuk tahu kisaran biaya berobat ke Malaysia, Anda mesti tahu tindakan medis apa yang perlu dilakukan di rumah sakit. Informasi tersebut diketahui setelah konsultasi dengan dokter spesialis.

Biaya konsultasi dokter spesialis di Malaysia, mulai dari RM80 hingga RM300 untuk pertemuan pertama.

Kadang pasien hanya disarankan melakukan rawat jalan, sehingga tidak perlu tindakan medis. Namun, jika dokter spesialis mengharuskan tindakan medis, misalnya pembedahan, maka artikel ini bisa membantu Anda dalam menyiapkan bujet berobat ke Malaysia.

Butuh info cepat? Hubungi tim dokter Smarter Health.

Layanan GRATIS kami bantu Anda hitung biaya berobat dan carikan rumah sakit di Malaysia sesuai bujet.

 

Daftar Biaya Tindakan Medis Popular di Rumah Sakit Malaysia

Berikut tabel kisaran biaya untuk beberapa tindakan medis populer di Malaysia. Data ini disadur dari berbagai rumah sakit unggulan di Malaysia. Biaya ini belum termasuk biaya konsultasi dokter, biaya kamar inap dan biaya lainnya seperti akomodasi dan transportasi dari Indonesia ke Malaysia.

Spesialisasi dokterTindakan medisKisaran biaya berobat (dalam ringgit)Kisaran biaya berobat (dalam rupiah)
Bedah plastikSedot lemakRM10,000Rp34,331,500
Bedah plastikOperasi daguRM3,900Rp13,389,285
Bedah plastikOperasi kantung mataRM3,800Rp13,045,970
Bedah umumBedah wasir (hemoroid)RM8,000Rp27,465,200
Bedah umumLaparoskopiRM30,000Rp102,994,500
GastroenterologiKolonoskopiRM3,000Rp10,299,450
GastroenterologiGastroskopiRM1,800Rp6,179,670
GastroenterologiEndoskopiRM3,000Rp10,299,450
GinekologiBayu tabungRM13,288Rp45,619,697
GinekologiMiomektomiRM9,000Rp30,898,350
GinekologiHymenoplastyRM4,500Rp15,449,175
KardiologiKateterisasi jantungRM25,000Rp85,828,750
KardiologiStenting & operasi angioplastyRM20,000Rp68,663,000
KardiologiOperasi bypass jantungRM80,000Rp274,652,000
OnkologiBedah tumor otakRM40,000Rp137,326,000
OphthalmologyOperasi lasikRM4,600Rp15,792,490
OphthalmologyBedah retinaRM10,000Rp34,331,500
OphthalmologyOperasi katarakRM4,500Rp15,449,175
OrtopediOperasi penggantian lututRM26,000Rp89,261,900
OrtopediOperasi penggantian pinggulRM28,000Rp96,128,200
THTBedah sinusitisRM18,000Rp61,796,700

Dengan perhitungan RM1 = Rp3.433,15 pada bulan April 2019.

Butuh estimasi biaya operasi lain? Hubungi tim dokter Smarter Health sekarang, gratis.

 

Mengapa banyak orang Indonesia berobat ke Malaysia?

Seberapa banyak? Menurut survei ISD (Indonesia Services Dialogue), setidaknya ada sekitar 600.000 pasien Indonesia telah berobat ke Malaysia di tahun 2015; meningkat 100% ketimbang 10 tahun lalu.

Dari sisi bujet, setiap tahun pasien Indonesia mengeluarkan setidaknya Rp100 triliun untuk berobat ke luar negeri. Artinya, rata-rata pasien Indonesia habiskan sekitar Rp160 juta setiap berobat ke Malaysia.

Apakah berobat ke Malaysia dengan bujet Rp160 juta worth it?

Banyak yang bilang, iya. Terlebih lagi setelah mengetahui fakta-fakta berikut:

 

1. Rasio kenaikan biaya rumah sakit di Malaysia tahun 2017 lebih rendah ketimbang Indonesia

Menurut riset Mercer Marsh Benefits, rata-rata kenaikan biaya pengobatan di Malaysia lebih rendah dari Indonesia. Walau tidak signifikan, tetapi data menyebutkan demikian, yaitu sekitar 12,5% sedangkan Indonesia sekitar 12,6% dan Singapura sekitar 9,1%. Rata-rata negara Asia sekitar 10%.

 

2. Biaya berobat ke Malaysia jauh lebih murah ketimbang negara di sekitarnya

Ketimbang pergi berobat ke Singapura, biaya beberapa tindakan medis di Malaysia lebih murah. Padahal mayoritas dokter spesialis di Malaysia sama-sama lulusan luar negeri. Ditambah lagi dengan biaya hidup di Malaysia yang jelas lebih murah.

Contoh:

  • Biaya pemasangan stenting (ring) di Malaysia sekitar Rp68 juta, sedangkan di Singapura sekitar Rp84 juta.
  • Biaya operasi katarak untuk kedua mata di Malaysia hanya sekitar Rp30 juta, sedangkan di Singapura mencapai Rp43 juta.

 

3. Kualitas rumah sakit terakreditasi lembaga internasional

Setidaknya ada sekitar 13 rumah sakit di Malaysia yang telah terakreditasi JCI (Joint Commission International). JCI adalah lembaga akreditasi yang membuat standar terbaik untuk industri kesehatan. Rumah sakit yang terakreditasi JCI, dinyatakan mampu:

  • Menyediakan lingkungan yang aman bagi pasien dan tenaga medis
  • Memastikan kualitas pelayanan & keamanan pasien terukur
  • Mengimplementasi perbaikan & pengembangan layanan secar terus-menerus
  • Mendapatkan perhatian publik atas prestasi & komitmennya untuk menjaga kualitas
  • Meningkatkan kepuasan pasien
  • Meningkatkan efisiensi
  • Menekan biaya operasional melalui pelayanan terstandarisasi

Beberapa rumah sakit di Malaysia yang terakreditasi JCI adalah Gleneagles Hospital Kuala Lumpur & Penang, Pantai Hospital Kuala Lumpur.

 

4. Hampir setiap dokter spesialis di Malaysia mampu berbahasa Indonesia

Bukan lagi rahasia umum jika bahasa nasional Malaysia dan Indonesia berasal dari satu rumpun, sehingga tidak aneh jika dokter spesialis di Malaysia, rata-rata mampu bicara Bahasa Indonesia.

Hal tersebut juga didukung dengan sebagian besar pasien kami yang mengaku lebih nyaman berobat ke Malaysia, karena alasan penggunaan bahasa. Meskipun, belum ada data yang menunjukkan pasti berapa jumlah dokter yang mahir Bahasa Indonesia.

Andaipun pasien terbatas oleh bahasa, kami bisa merekomendasikan seorang penerjemah berbayar untuknya.

 

5. Bagi pemerintah Malaysia, wisata medis menjadi fokus khusus

Sejak Januari 1998, Pemerintah Malaysia fokus meningkatkan wisatawan kesehatan. Dibuktikan dengan didirikannya the National Committee for the Promotion of Medical and Health Tourism (NCPMHT), yang kemudian diubah menjadi Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC).

Lembaga pemerintah tersebut fokus pada pembuatan kebijakan di industri kesehatan Malaysia. Buah manis dari usaha tersebut pun dirasakan dengan meningkatnya jumlah wisatawan kesehatan Malaysia selama 2009 hingga 2015, sebanyak 514.000 pasien. Sekitar 900 juta ringgit pun didapat Pemerintah Malaysia dari industri kesehatannya.

 

Rumah Sakit Unggulan di Malaysia

Selain Gleneagles dan Pantai Hospital, ada beberapa rumah sakit yang banyak dikunjungi pasien dari Indonesia. Berikut rekomendasi rumah sakit di Malaysia:

 

Gleneagles Hospital

Gleneagles Hospital Kuala Lumpur
Gleneagles Hospital Kuala Lumpur. (sumber: fb.com/gleneagleskualalumpur)

Gleneagles hospital berada di Kuala Lumpur dan Penang. Gleneagles merupakan salah satu rumah sakit yang terkenal dengan penggunaan peralatan canggihnya, seperti robot bedah Da Vinci, dan Leksell Gamma Knife Perfexion.

Pantai Hospital

rumah sakit pantai ayer keroh
Rumah sakit Pantai Ayer Keroh (sumber: commons.wikimedia.org/wiki/File:Pantai_Hospital_Ayer_Keroh.JPG)

Pantai Hospital adalah bagian dari Pantai Group, anak perusahaan IHH Healthcare Berhard, perusahaan di bidang kesehatan terbesar kedua di dunia. Memiliki cabang rumah sakit di Kuala Lumpur, Penang dan Ayer Keroh, Malaka.

Sunway Medical Centre

Sunway Medical Centre (sumber: expatgo.com)

Sunway Medical Centre berdiri sejak tahun 1998, dan berada di dalam kawasan hijau terintegrasi Sunway City. Rumah sakit ini bekerjasama dengan Universitas Monash Malaysia, Universitas Cambridge, Jeffrey Cheah School of Medicine, rumah sakit Royal Papworth serta Harvard Medical School untuk edukasi & riset kesehatan.

Island Hospital

rumah sakit island penang
Rumah Sakit Island Penang. (sumber: en.wikipedia.org/wiki/Island_Hospital)

Island Hospital berdiri sejak tahun 1996, dan merupakan salah satu rumah sakit yang menerima banyak penghargaan. Salah satunya, Top Medical Tourism Hospital oleh Kementerian Kesehatan Malaysia pada tahun 2012, dan akreditasi oleh Malaysia Society for Quality in Health (MSQH).

 

Cara Berobat ke Malaysia

Selayaknya bepergian ke luar negeri, pasien Indonesia yang ingin berobat ke Malaysia perlu memiliki dokumen paspor. Kemudian, ada langkah berbeda tergantung dari apa yang ingin Anda lakukan; konsultasi atau melakukan tindakan medis.

Konsultasi dokter spesialis

Jika Anda baru ingin konsultasi dengan dokter spesialis di Malaysia, maka Anda perlu mengetahui dokter spesialis apa dan siapa yang ingin ditemui. Biasanya, Anda bisa minta rujuan dari dokter di Indonesia tentang dokter spesialis apa yang harus ditemui. Setelah itu, menghubungi rumah sakit di Malaysia untuk cek & booking jadwal konsultasinya.

Tak mau repot? Hubungi tim dokter Smarter Health. Kami akan tentukan spesialis apa dan beri pilihan dokter yang paling direkomendasikan.

 

Melakukan tindakan operasi

Jika sudah menerima rujukan dari dokter di Indonesia untuk operasi di luar negeri, Anda tinggal menyiapkan dokumen medis; seperti hasil rontgen, hasil laboratorium atau catatan medis lainnya selama berobat di Indonesia. Kemudian, tinggal mencari rumah sakit dan dokter spesialis yang bisa menangani kebutuhan medis Anda.

Butuh estimasi biaya operasi? Hubungi tim dokter Smarter Health. Kami bisa informasikan kisaran biaya dan segala hal terkait tindakan operasi Anda di Malaysia.

 

Layanan Gratis Smarter Health

Smarter Health adalah startup di bidang kesehatan. Layanan kami 100% gratis, sebab kami mitra resmi dokter spesialis dan rumah sakit unggulan di Malaysia, Singapura dan Indonesia. Smarter Health bisa membantu Anda:

  • Merekomendasikan dokter spesialis
  • Menghitung biaya operasi atau tindakan medis
  • Merekomendasikan paket medical check up
Comments

2 responses to “Kisaran Biaya Berobat ke Malaysia”

  1. Kita mau tanya bpk kita sakit pendarahan di otak sebelah kiri,, awalnya beliau sakit stroke,, Dokter ahli dimalaysia bagian otak, bilang tak bisa operasi dikarnakan pendarahan dan pembengkakan di otak,, jd bpk kita hanya menunggu waktu saja tidak ada tindakan yg bisa dilakukan sa, at ini, mohon bantuan nya apa langkah dan solusi buat kita Punya orang tua?

    • Halo Bapak Andi. Kami turut sedih atas kondisi yang menimpa orang tua Anda. Kami perlu tahu dokter spesialis apa yang Anda temui di Malaysia, ahli bedah saraf (Neurosurgeon) atau ahli saraf (Neurologist)? Jika ahli saraf, maka kami sarankan konsultasi ke dokter ahli bedah saraf agar mendapat pendapat kedua (second opinion), untuk memastikan kondisi orang tua Anda. Kami bisa bantu carikan dokter ahli bedah saraf terbaik tanpa biaya tambahan, dengan menjawab pertanyaan di https://www.smarterhealth.id/sgmybot/. Semoga lekas sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan