Kista Ganglion

Kista Ganglion

Eu Jin Lee - Dokter Tulang Singapura - Orthopaedic Surgery (Bone) - Not Otherwise Specified (NOS)
Penulis:
Dokter spesialis bedah tulang di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Kista ganglion adalah benjolan non-kanker yang paling sering terjadi di tangan dan pergelangan tangan. Kista ini juga dapat ditemukan di area tubuh lainnya termasuk kaki dan pergelangan kaki. Jenis kista yang berisi cairan ini sering berkembang di sepanjang tendon atau sendi dan dapat memiliki ukuran yang bervariasi, dengan kista yang lebih besar berukuran sekitar 3 cm.

Kista ganglion dapat dengan cepat muncul dan dapat berubah ukurannya. Kebanyakan kista tidak memerlukan pengobatan jika tidak bergejala. Namun, jika kista terasa nyeri atau mengganggu, ada beberapa pilihan pengobatan yang tersedia. Kista besar sering kali menimbulkan kekhawatiran tentang ukuran dan penampilannya meskipun tidak nyeri atau bergejala.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Penyebab

Tidak ada yang tahu apa yang penyebab terbentuknya kista ganglion. Yang dapat diketahui adalah kista berkembang dari sendi atau lapisan tendon, hampir seperti balon dengan tangkai. Bagian dalamnya adalah cairan seperti jeli yang mirip dengan yang ditemukan di persendian atau selubung tendon.

Kista ini lebih sering ditemukan pada wanita berusia antara 20 dan 40 tahun. Kista yang terjadi di sendi kecil jari biasanya disebabkan oleh artritis pada sendi tersebut. Sendi atau tendon yang memiliki riwayat cedera sebelumnya juga lebih mungkin menyebabkan kista.

Gejala

Kebanyakan kista ganglion muncul sebagai benjolan atau pembengkakan yang terlihat jelas. Beberapa kista tersembunyi dan ditemukan secara kebetulan pada sast pemindaian. Hal ini disebut kista okultisme. Bentuk kista biasanya bulat atau lonjong dan ukurannya bisa naik turun, seringkali menjadi lebih besar dan nyeri saat Anda menggunakan sendi untuk gerakan berulang. Kebanyakan kista berukuran sekitar 2 sentimeter.

Nyeri adalah gejala umum dari ganglion. Hal ini dapat terjadi ketika kista membatasi gerakan pada sendi atau ketika menekan saraf. Namun, kebanyakan kista tidak menunjukkan gejala dan dapat dibiarkan begitu saja.

Menemui Dokter

Anda harus menemui dokter untuk berkonsultasi jika Anda melihat adanya benjolan atau nyeri di pergelangan tangan, tangan, pergelangan kaki atau kaki Anda. Dokter akan membuat diagnosis dan menentukan apakah Anda memerlukan perawatan.

Dokter juga akan mendiskusikan riwayat kesehatan Anda dengan Anda dan mungkin bertanya kepada Anda sudah berapa lama Anda memiliki benjolan dan apakah ukurannya berubah seiring waktu.

Pemeriksaan

Dokter mungkin memerintahkan pemeriksaan penunjang seperti:

  • Sinar X. Tes ini akan menunjukkan struktur seperti tulang Anda dengan jelas. Kista tidak akan terlihat pada x-ray. X-ray sering digunakan untuk menyingkirkan kondisi lain seperti arthritis atau tumor tulang.
  • Pemindaian MRI atau Pencitraan Resonansi Magnetik digunakan untuk menunjukkan struktur jaringan lunak seperti ganglion. Pemindaian memiliki tingkat detail yang tinggi dan dapat digunakan untuk membedakan kista dengan tumor lain.

Perawatan

Kista ganglion yang tidak nyeri dan berukuran kecil seringkali tidak memerlukan pengobatan. Kista tersebut biasanya non-kanker dan dokter mungkin menyarankan pendekatan “lihat dan tunggu”. Jika kista besar, mengganggu gerakan sendi atau menyebabkan nyeri, dokter mungkin merekomendasikan pilihan pengobatan berikut:

  • Imobilisasi. Banyaknya aktivitas sering kali menyebabkan ganglion membesar, memberi tekanan pada saraf di sekitarnya, dan menyebabkan nyeri. Belat atau penjepit pergelangan tangan dapat meredakan gejala dan memungkinkan ukuran ganglion mengecil. Saat rasa sakit membaik, terapi fisioterapi yang diresepkan oleh dokter dapat membantu memperkuat pergelangan tangan dan meningkatkan jangkauan gerak.
  • Aspirasi. Ini adalah prosedur dimana dokter menggunakan jarum untuk mengalirkan cairan dari kista. Dalam banyak kasus, kista ganglion muncul kembali setelah prosedur aspirasi. Ini karena “akar” ganglion tempat cairan berasal tidak dihilangkan.

Pembedahan

Pembedahan mungkin direkomendasikan jika gejala dan masalah yang berkaitan dengan kista tidak dapat diatasi dengan metode non-bedah. Prosedur untuk mengangkat kista disebut bedah eksisi. Pembedahan melibatkan pengangkatan kista serta bagian yang berasal dari sendi atau selubung tendon (“akar” ganglion). Setelah eksisi, sangat kecil kemungkinan ganglion dapat kambuh.

Pembedahan biasanya dilakukan sebagai prosedur rawat jalan dimana pasien dapat pulang setelah masa istirahat di rumah sakit. Mungkin ada sedikit nyeri dan ketidaknyamanan di pergelangan tangan setelah operasi tetapi ini biasanya membaik dalam waktu sekitar 1 minggu hingga 10 hari. Aktivitas normal dapat dilanjutkan 2-3 minggu setelah operasi.

Dr Lee adalah ahli bedah ortopedi berpengalaman yang memiliki spesialisasi dalam penggantian lutut total. Ia akan menilai kondisi Anda dan menyarankan bentuk perawatan terbaik untuk Anda. Dengan pengobatan yang tepat, pasien seringkali dapat kembali seperti sebelum cedera.

Penulis: dr. Lee Eu Jin, dokter spesialis tulang (ortopedi) di Singapura. Diterjemahkan dari artikel Ganglion Cysts

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?