makeup

Make-Up Dibuat untuk Bertahan Sepanjang Hari

Rachael Teo - Dokter Kulit Singapura - Dermatology -
Penulis:
Dokter spesialis kulit di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Tidak hanya enam jam, lebih banyak merek menawarkan formula 24 jam, kata Gladys Chung.

Selain tekstur yang lembut, manfaat perawatan kulit dan faktor mudahnya penggunaan, sebagian besar perempuan menginginkan make up yang dapat bertahan.

Atau yang lebih baik, kosmetik yang bisa menempel pada kulit sepanjang hari dan malam untuk memenuhi gaya hidup mereka yang sibuk dan padat.

Sementara masih banyak merek menawarkan produk yang menjanjikan ketahanan selama enam hingga delapan jam, banyak juga yang membuat terobosan dengan formula 24 jam.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Mereka mengguncang pelukis wajah berkekuatan industrial yang terus dan terus bertahan, dengan nama yang menggoda.

Sebagai contoh, produk alis baru dari merek Amerika Too Faced. Disebut Bulletproof Brows, produk tersebut diklaim mampu bertahan selama 24 jam dan tahan air (bubuk, gel, pensil, dan lem dalam satu produk) yang mengunci warna setelah pengaplikasian hanya dalam 60 detik setelahnya.

Sephora baru-baru ini juga meluncurkan Glitterguard Eyeshadow Prima 24 HR. Aplikasikan dengan lapisan tipis pada kelopak mata dan lihat hasil berupa kerlip, kilau, dan pigmentasi padat yang dapat bertahan hingga 24 jam lamanya.

Merek kosmetik asal Jepang Ettusais memiliki produk baru bernama Cream Eyeliner WP 24, juga menjanjikan riasan mata yang lebih terdefinisi dari ruang rapat jam 9 pagi hingga pesta pada jam 9 malam. 

Merek asal Korea Selatan, Clio, yang dikenal dengan eyeliner cair mereka yang bertahan lama, bahkan telah menciptakan tinta alis yang diberi nama Tinted Kill Brow yang dapat bertahan hingga tiga sampai tujuh hari di kulit.

“Para konsumen secara konstan mencari produk yang bisa bertahan pada segala situasi dan cuaca, dan kami tahu mereka lebih menyukai pengalaman anti-ribet dalam menggunakan kosmetik favorit mereka,” kata Jeong Ha-Im, junior assistant brand manager Clio.

Sementara untuk foundation, sebagian besar perempuan menginginkan jenis yang mampu bertahan lama karena produk ini menutupi seluruh permukaan wajah.

Maybelline meluncurkan Super Mineral 24 Liquid Foundation SPF 25 PA4+++ pada Juli lalu. Terbuat dari komposisi perlite mikro mineral, produk ini dapat mengikat minyak dan sebum, sehingga foundation dapat bertahan sepanjang hari. Varian ini juga tersedia dalam two way cake.

Lancome bulan April lalu juga mengeluarkan foundation andalan mereka, Mat Miracle 24H Longwear & Comfort Satin Light Creator.

Produk ini diformulasikan dengan teknologi Eternalsoft Fix Complex untuk mengontrol kilap wajah dengan coverage medium.

Produk best-seller dari merek ini yaitu Hypnose Star Waterproof Mascara juga diciptakan untuk bertahan selama 24 jam.

“Kami terus mencoba untuk membuat produk-produk yang bisa bertahan lama dan tetap relevan dengan konsumen kami yang punya kesibukan padat,” kata Yanny Li, product manager merek tersebut.

makeup

Dibuat untuk Meminimalisir Touch-Up

Bahkan jika merek kosmetik lain tidak menawarkan make up yang dapat bertahan selama 24 jam secara spesifik, formula terbaru mereka bisa bertahan lebih lama dari sebelumnya, atau dibuat untuk menambah ketahanan pada produk yang sudah ada.

Beberapa dari penawaran make up terbaru Parfums Christian Dior terinspirasi dari kepanikan dan huru-hara yang terjadi pada sesi backstage selama fashion week

Hasilnya? Adalah Backstage Eye Prime yang menawarkan warna eyeshadow yang lebih cerah dan bertahan lama; dan Glow Maximizer Light Boosting Primer, untuk memberikan ketahanan dan kilau yang lebih pada foundation.

Estee Lauder adalah salah satu dari merek pertama yang memperkenalkan konsep make up tahan lama dengan foundation Double Wear Stay-In-Place Makeup SPF10 pada tahun 1997 untuk para perempuan sibuk.

“Dengan jangkauan peran dan tanggung jawab yang lebih luas – dari istri dan ibu hingga profesional dan pelayan – ia membutuhkan make up yang dapat membuatnya terus terlihat cantik dan rapi betapapun sibuk dan rumit harinya,” kata juru bicara merek tersebut.

Sejak saat itu, Estee Lauder terus memperluas make up tahan lama mereka hingga satu koleksi penuh.

Tidak diketahui berapa pada foundation Stay-In-Place pertama seharusnya bisa bertahan, namun versi terbaru menjanjikan ketahanan hingga 15 jam dan resisten terhadap kelembaban.

Produk Double Wear Extreme Zero-Smudge All-Effects Mascara bertahan hingga 16 jam dan Stay-In-Place Brow Lift Duo dapat menciptakan alis yang terdefinisi hingga 12 jam lamanya.

Tetapi ada juga merek make up yang tidak percaya bahwa kosmetik harus dibuat untuk mampu bertahan lebih dari 12 jam – dengan alasan kesehatan kulit.

Merek yang berpendapat demikian adalah Shu Uemura, meskipun salah satu produk terbarunya, seperti Lasting Soft Gel Liner Pencil yang tahan air, mengandung resin silikon kaku untuk ketahannya. 

“Sebagian besar perempuan akan melakukan aktivitas di luar selama 8 hingga 12 jam, jadi kami tidak berpikir bahwa sebuah produk kosmetik harus mampu bertahan hingga 24 jam di kulit,” kata Tan Meng Fuan, senior product manager dari brand tersebut.

“Kami percaya bahwa menjaga kulit tetap bersih, sehat, dan seimbang lebih penting.”

Dr Rachael Teo, seorang spesialis kulit di klinik Raffles Skin & Aesthetic, berpendapat bahwa menggunakan make up selama lebih dari 10 jam sehari bukanlah ide yang bagus.

“Menggunakan kosmetik setiap hari untuk waktu yang lama dapat menyebabkan atau memperparah masalah kulit. Tidur dengan menggunakan make up juga tidak disarankan,” katanya.

Produk kosmetik juga dapat memicu penyumbatan pada folikel rambut, menyebabkan inflamasi pada kelenjar sebaceous, katanya memperingatkan.

Begitu Anda sampai di rumah, hapus make up secara menyeluruh dengan pembersih micellar berbasis air jika kulit Anda berminyak. Jika kulit Anda kering, gunakan yang berbasis krim.

Dr Teo juga menyarankan untuk tidak menggunakan make up sama sekali setidaknya sekali dalam seminggu. Ini akan membiarkan kulit untuk “bernapas”.

Penulis: dr. Rachael Teo, dokter spesialis kulit di Singapura. Diterjemahkan dari artikel “Make-up Made to Last All Day”.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda