bahaya blue light

Manfaat di Balik Bahaya Blue Light

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Bahayanya blue light sudah diketahui sejak lama. Terbukti dengan banyak media lokal dan luar negeri membahas bahayanya blue light. 

Namun, tak seberapa yang membahas manfaat dari blue light.

Jelas blue light berbahaya, tapi seberapa berbahayanya? Seperti apa penyakit akibat blue light? Bagaimana cara menghindarinya?

Apa yang mesti dilakukan jika merasa gangguan pada mata? Segera hubungi dokter spesialis mata.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Apa Itu Blue Light?

Blue light adalah sinar spektrum cahaya yang bisa dilihat oleh mata manusia.  Memiliki gelombang pendek, dan mampu memproduksi energi dalam jumlah besar. 

Besarnya energi blue light itulah yang membuatnya berbahaya bagi mata manusia. 

Cahaya matahari terdiri dari banyak variasi warna; mejikuhibiniu

Variasi warna sinar matahari tergantung pada energi yang dihasilkan dan panjang gelombang masing-masing cahaya. Gabungan dari spektrum sinar cahaya berwarna-warni tersebut menciptakan cahaya putih atau cahaya matahari. 

Dari semua spektrum warna, mata manusia hanya sensitif pada satu bagian di spektrum tersebut, yaitu visible light atau cahaya yang bisa dilihat oleh mata manusia.

Sumber Blue Light 

Cahaya matahari menjadi sumber utama blue light, tapi selain itu masih ada banyak sumber lain, seperti:

  • Televisi LED dengan layar datar.
  • Layar monitor komputer, smartphone, dan tablet.
  • Lampu neon, lampu LED, dan lampu CFL (lampu fluoresen padat).

Paparan blue light yang Anda terima dari layar gadget tentu lebih kecil jika dibandingkan dengan jumlah paparan sinar matahari. 

Namun, ada efek jangka panjang yang mengkhawatirkan, terutama bagi kesehatan mata. Apalagi dalam satu hari Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar gadget

Manfaat Blue Light

Jika blue light berbahaya, mengapa tidak memblokirnya sepanjang waktu? Sebab, ada manfaat dengan adanya blue light, antara lain:

  • Meningkatkan kewaspadaan, membantu fungsi memori, fungsi kognitif, dan memperbaiki suasana hati. 
  • Tidak mendapat paparan sinar matahari yang cukup pada anak akan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mata mereka. 
  • Dapat mengatur ritme sirkadian, karena paparan blue light di siang hari membantu Anda tetap terjaga, sehingga menjaga pola tidur yang sehat. Namun, terlalu banyak terpapar blue light melalui komputer, smartphone, atau tablet di malam hari dapat menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia dan kelelahan di siang hari. 

Bahaya Blue Light 

Blue light ada di mana-mana, karena cahaya matahari adalah sumber utama dari blue light

Namun ada juga blue light yang bersumber dari alat-alat buatan manusia, salah satunya dari tampilan layar komputer, smartphone, atau tablet. 

Paparan blue light dalam jangka panjang bukan hanya memengaruhi penglihatan dan membuat mata cepat menua, tetapi juga:

  • Menyebabkan mata tegang. Blue light memiliki gelombang pendek dengan energi yang lebih besar sehingga mudah tersebar daripada jenis cahaya tampak lainnya. Ketika Anda melihat layar komputer selama berjam-jam tanpa jeda, intensitas blue light yang terus dipancarkan akan menyebabkan ketegangan mata. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan kacamata dengan lensa anti-reflektif untuk menghalau atau menyaring jumlah blue light yang diterima mata saat bekerja di depan layar komputer atau perangkat digital lainnya. 
  • Menyebabkan gangguan tidur. Memainkan gadget sebelum tidur bisa memicu terjadinya gangguan tidur. Hal ini karena blue light yang dipancarkan oleh perangkat digital akan memengaruhi ritme sirkadian, sehingga Anda akan tetap terjaga hingga larut malam. Salah satu solusinya yakni dengan mengaktifkan fitur dark mode yang saat ini sudah tersedia di software dan aplikasi. 
  • Meningkatkan risiko degenerasi makula. Blue light dapat menembus sampai ke retina yang dapat merusak sel-sel peka cahaya yang ada di bagian retina mata Anda. Hal ini menyebabkan terjadi perubahan menyerupai degenerasi makula yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan secara permanen. Adanya blue light di layar komputer, smartphone, atau tablet sangat mengkhawatirkan, karena dapat meningkatkan risiko makula seseorang di kemudian hari.

Jika Anda mulai mengalami gangguan mata karena terlalu lama bekerja di depan layar, segera periksa ke dokter mata untuk mendapat perawatan kesehatan dan mencegah kemungkinan efek jangka panjang yang disebabkan oleh blue light

Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Blue Light

Jika Anda terkena paparan blue light secara konstan dari layar komputer, smartphone, atau tablet, hal ini tentu sangat berbahaya dan dapat menimbulkan masalah kesehatan. 

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi paparan blue light sehari-hari, di antaranya:

  • Mengurangi waktu di depan layar. Cara pertama yang dapat Anda lakukan yakni dengan mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan di depan layar. Setidaknya sediakan waktu beberapa jam lebih lama dengan tidak melihat layar gadget agar mata Anda beristirahat sejenak. 
  • Gunakan filter. Anda dapat memasang filter layar yang tersedia untuk layar komputer, smartphone, atau tablet Anda. Penggunaan filter bertujuan untuk mengurangi jumlah blue light yang dipancarkan dari perangkat tersebut. 
  • Yellow screen. Komputer dengan layar berwarna kekuningan dapat menghalangi jumlah blue light yang dipancarkan dari layar. Hal ini dapat membantu meringankan ketegangan mata Anda dengan cara meningkatkan kontras warna. 
  • Menggunakan IOL. Intraocular lens (IOL) adalah jenis lensa yang ditanam di bagian mata dengan tujuan perawatan. Bisanya IOL digunakan oleh seseorang yang baru saja menjalani operasi katarak. IOL secara alami melindungi mata Anda dari hampir semua sinar ultraviolet dan blue light, karena lensa ini dapat melindungi bagian mata terutama retina.
  • Aktifkan dark mode. Dengan mengaktifkan fitur dark mode, Anda bisa menghemat daya yang digunakan perangkat. Hal ini karena warna piksel berhubungan pada jumlah daya yang digunakan. Warna piksel yang lebih gelap membutuhkan jumlah energi yang jauh lebih sedikit dibanding warna piksel yang terang. Memainkan ponsel dengan fitur dark mode di malam hari akan mengurangi risiko gangguan mata dan insomnia.
  • Menggunakan kacamata dengan lensa anti-reflektif. Lensa anti-reflektif pada kacamata Anda dapat mengurangi jumlah blue light yang dipancarkan matahari dan perangkat digital. Lensa anti-reflektif sangat dianjurkan bagi Anda yang sering bekerja di depan layar komputer, smartphone, atau tablet.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?