Manfaat Minum Susu

Manfaat Minum Susu Bagi Tumbuh Kembang Anak

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Selama masa pertumbuhan, anak perlu mengonsumsi makanan ataupun minuman yang dapat memaksimalkan perkembangannya. Nutrisi pertama yang pertama kali masuk ke dalam tubuh anak adalah ASI. Banyak sekali manfaat minum susu yang baik untuk anak yang tak lain dan tak bukan adalah untuk tumbuh kembang anak.

Dengan demikian, susu menjadi salah satu minuman yang penting dikonsumsi untuk anak, terlihat dari kebutuhan anak akan susu bahkan sejak setelah lahir. Biarpun begitu, seiring berjalannya waktu anak akan berhenti mengonsumsi ASI dan mulai mengonsumsi makanan yang lebih bertekstur atau padat.

Bersamaan dengan pemberian makanan-makanan baru ini, ada baiknya anak tetap mengonsumsi susu yang bukan ASI. Mengapa begitu?

Manfaat minum susu sendiri memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan bermanfaat bagi tubuh, seperti lemak, karbohidrat, kalsum, protein, maupun fosforus. Semua kandungan ini penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi maupun dalam membantu anak dalam mengembangkan daya tahan tubuh.

Namun sebenarnya, apa saja manfaat minum susu bagi anak jika diminum secara rutin? Simak terus artikel ini untuk mengetahui selengkapnya.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Kandungan Susu Beserta Manfaatnya

Berikut ini adalah kandungan susu dan manfaatnya bagi tubuh anak.

Kalsium

  • Menjaga agar tulang anak sehat dan kuat
  • Membantu mencegah sakit kepala atau migrain yang bisa saja dialami anak-anak jika mereka kekurangan kalsium
  • Membantu mencegah obesitas pada anak sebab susu membantu tubuh anak melawan penimbunan lemak
  • Menjaga gigi tetap sehat dan kuat
  • Jumlah kalsium yang sesuai porsi sehari-hari akan membantu proses penggumpalan darah dan sinyal-sinyal saraf agar dapat bekerja dengan baik
  • Membantu melepaskan hormon dan zat kimia yang tidak diinginkan dari tubuh anak
  • Membantu kontraksi dan relaksasi pada otot anak

Vitamin D (untuk susu yang sudah diperkaya/fortified milk)

  • Membantu perkembangan tulang
  • Mengurangi peluang tulang menjadi rapuh di usia tua
  • Membantu mengurangi peradangan atau iritasi
  • Membantu meningkatkan sistem imun tubuh
  • Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan beberapa hal seperti rakhitis (rickets) di masa kecil, atau osteoporosis di masa tua

Vitamin B12

  • Membantu menjaga jumlah sel darah merah agar tetap normal
  • Membantu menjaga kesehatan jaringan saraf

Vitamin A

  • Membantu meningkatkan penglihatan dan kesehatan kulit
  • Membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh

Fosforus

  • Bersama dengan kalsium, fosforus penting untuk menjaga kesehatan gigi
  • Membantu menguatkan tulang
  • Memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas sehari-hari

Protein

  • Protein merupakan sumber energi yang paling baik bagi tubuh
  • Membantu membangun dan memperbaiki jaringan otot
  • Selain protein, kandungan yang dapat membantu mengubah makanan menjadi energi adalah vitamin B2

Potasium

  • Membantu menjaga tekanan darah agar tetap sehat
  • Mengurangi penyakit kardiovaskular

Niacin

  • Membantu pencernaan gula, asam, dan lemak dari makanan yang telah dikonsumsi

Jenis Susu yang Bisa Diberikan untuk Anak

Meskipun Anda mengetahui bahwa manfaat minum susu merupakan hal yang penting bagi anak, namun Anda juga harus mengetahui jenis-jenis susu dan manfaat apa yang dapat diberikan bagi anak. Hal ini agar jenis susu yang Anda berikan juga dapat mendukung pertumbuhan anak dengan maksimal.

Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali jenis susu, mulai dari susu full cream, low fat, full fat, reduced fat, susu yang memiliki rasa tambahan ataupun tidak, maupun alternatif susu sapi lainnya seperti susu kedelai dan susu almond.

Berikut adalah beberapa jenis susu yang dapat dikonsumsi oleh anak:

Susu pasteurisasi (ultra high temperature pasteurized milk)

Susu jenis ini dikenal sebagai susu yang dapat bertahan jangka panjang jika disimpan dengan benar. Manfaat susu pasteurisasi masih aman dikonsumsi oleh anak. Susu ini diproses dan disterilisasi sehingga jangka waktu kadaluwarsanya lebih lama. Namun, begitu Anda telah membuka bungkus susu tersebut, ada baiknya susu segera dihabiskan. Sebab, setelah bungkus susu dibuka dan terekspos pada udara, susu dapat menjadi basi secepat susu pada umumnya

Rice milk

Susu ini diekstraksi dari bulir nasi dan dapat diberikan kepada anak Anda sesekali. Namun, jangan biasakan anak untuk meminum susu jenis ini sebab kandungan protein dan lemaknya tidak cukup untuk mendukung tumbuh kembang anak

Susu kedelai

Susu kedelai diekstraksi dari kacang kedelai. Biasanya, susu ini dijadikan sebagai alternatif susu sapi oleh para vegetarian. Namun, jika Anda ingin memberikan susu ini secara rutin pada anak, pastikan untuk memberikan susu kedelai full fat yang telah dilengkapi kalsium. Pilihlah juga susu kedelai yang rendah lemak

Susu kambing atau susu domba

Dengan kandungan nutrisi yang mirip dengan susu sapi, susu kambing dan susu domba cocok dikonsumsi oleh anak-anak di atas usia satu tahun. Namun, susu kambing dan susu domba tidak memiliki vitamin B9 sehingga Anda harus mencari makanan lain yang mengandung vitamin B9.

Jenis Susu yang Paling Cocok untuk Anak

Jenis susu yang paling cocok dikonsumsi bergantung pada usia anak. Anak berusia kurang dari satu tahun membutuhkan ASI. Saat si kecil berusia enam bulan, bayi dapat diperkenalkan dengan produk berbasis susu lainnya seperti keju dan yogurt.

Pada umur satu tahun, Anda dapat memberikan whole milk pada anak. Ketika si kecil berumur dua tahun, whole milk atau susu tanpa lemak dapat diberikan pada anak. Kedua jenis susu ini mengandung protein, vitamin, dan mineral yang mirip jumlahnya.

Perlu diingat, jika dalam keluarga Anda ada yang memiliki riwayat penyakit jantung, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter perihal konsumsi susu untuk anak.

Cara Agar Anak Mau Mengonsumsi Susu

Kadang, ada beberapa anak yang tidak mau mengonsumsi susu karena rasanya yang tawar. Namun, Anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini agar anak mau mengonsumsi susu:

  • Membuatkan sarapan sereal atau oatmeal yang diberikan susu. Sereal biasanya memiliki rasa, sehingga berpadu dengan baik ketika dicampur dengan susu. Susunya pun boleh bersuhu panas atau dingin, tergantung pilihan anak Anda. Namun, pastikan anak menghabiskan sereal sebelum sereal menjadi lembek. Anda juga dapat menambahkan kacang atau kismis sebagai nutrisi tambahan.
  • Anda dapat menambahkan susu ke makanan yang Anda masak sehari-hari, seperti mengganti keju atau krim pada saus pasta dengan susu. Susu juga bisa ditambahkan ke makanan lain seperti telur orek. Anda bisa menambahkan mentega jika diinginkan.
  • Memberikan anak susu yang memiliki rasa, seperti rasa coklat, stroberi, caramel, dan sebagainya. Sebagian besar anak memilih susu rasa coklat, namun Anda dapat berkreasi sendiri dengan menambahkan kayu manis, jahe, pistachio, pisang, vanilla, madu, dan sebagainya pada susu anak
  • Membuat milkshake dengan mencampur susu dan buah-buahan segar. Anda dapat menggunakan buah mangga, apel, pisang, dan sebagainya, lalu menambahkan sedikit gula, vanili, atau yogurt agar rasanya lebih enak
  • Anda dapat memberikan mereka snack yang bisa dimakan bersama dengan susu, seperti biskuit dan kue kering

Dengan manfaat dan kandungan nutrisinya yang berlimpah, anak sebaiknya minum susu selama masa pertumbuhannya. Walaupun mungkin sulit, Anda dapat mengikuti beberapa tips yang telah diberikan agar anak tertarik untuk mengonsumsinya.

Ingatlah untuk juga memberikan beberapa makanan lain seperti daging ikan, sayur hijau, buah-buahan segar, dan daging.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?