panduan berobat ke melaka

Mau Berobat ke Melaka Lebih Mudah? Ikuti Panduan Berikut

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Sebagai destinasi wisata medis, Melaka memang terkenal memiliki kualitas dan teknologi pelayanan kesehatan yang sangat baik. Biaya pengobatannya oun termasuk salah satu yang termurah di Asia. 

Makanya, tak heran jika orang Indonesia tercatat sebagai paling banyak mengunjungi Kota Warisan Dunia UNESCO di Malaysia ini untuk berobat.

Ketika memutuskan untuk berobat ke Melaka, ada sejumlah persiapan yang perlu kita lakukan. Mencari rumah sakit, memilih dokter dan membuat janji konsultasi, serta menghitung biaya adalah sejumlah persiapan, yang apabila salah dilakukan, bisa jadi malah banyak menguras waktu, uang, dan tenaga sejak awal. 

Supaya tak bingung urus ini-itu sebelum bertemu dokter, hubungi Smarter Health.

Bukan cuma ke Melaka dan kota lainnya di Malaysia, Smarter Health juga bisa bantu Anda berobat ke Singapura dan Indonesia. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Merekomendasikan dokter spesialis

Salah satu hal yang cukup merepotkan dalam merencanakan pengobatan ke Melaka adalah menemukan dokter spesialis yang tepat untuk kondisi Anda. Smarter Health menghapus kerepotan ini dengan menyediakan layanan rekomendasi dokter spesialis. 

Anda tinggal buka chatbot Smarter Health, lalu menjawab pertanyaan seputar keluhan atau kondisi medis Anda. Tak sampai 5 menit, Anda bisa mendapat tiga rekomendasi dokter spesialis berpengalaman di Melaka. 

Setelah dapat rekomendasi, Anda bisa langsung buat janji dengan dokter lewat Smarter Health.

Soal kualitas rekomendasi, Smarter Health hanya merekomendasikan dokter spesialis yang berpraktik di rumah sakit terakreditasi Joint Commission International (JCI), misalnya Pantai Hospital Ayer Keroh di Melaka.

Menghitung biaya pengobatan 

Berurusan dengan pihak administrasi rumah sakit juga terbilang sangat merepotkan. Apalagi jika Anda bermaksud meminta rincian biaya pengobatan melalui telepon yang pastinya lama dan memakan banyak pulsa. Smarter Health menjadi solusi sederhana Anda untuk masalah ini. 

Cukup jelaskan kebutuhan tindakan dan unggah data rekam medis Anda di chatbot Smarter Health, kemudian dalam beberapa hari, Anda sudah bisa langsung melihat rincian biaya pengobatan terkait.

Jika tertarik estimasi biaya rata-rata berobat ke Malaysia, silakan cek tabel biaya berobat ke Malaysia yang telah Smarter Health buat beberapa waktu lalu.

Bersama Smarter Health, kini tiba eranya mempersiapkan pengobatan ke Melaka secara cerdas. Bermodal gawai dan koneksi internet, segala kebutuhan utama untuk berobat ke Melaka bisa Anda penuhi tanpa harus antre dan membuang biaya maupun energi berlebih.

Panduan berobat ke Melaka

Selain memanfaatkan layanan Smarter Health untuk berobat ke Melaka, terapkan pula panduan berikut demi pengalaman yang lebih nyaman lagi.

Bawa semua dokumen kesehatan selama berobat di Indonesia, untuk menghindari pembengkakan biaya dan waktu akibat harus diagnosis ulang di Melaka. Pastikan Anda sudah memiliki rekam medis untuk kondisi yang ingin ditindaklanjuti. Mintalah rekam medis dari dokter di Tanah Air, utamanya meliputi:

  • Hasil tes darah, radiologi, CT Scan, dan pencitraan medis lainnya.
  • Riwayat penyakit dan alergi bawaan.
  • Rekam hasil diagnosis.
  • Daftar obat yang dikonsumsi secara rutin.

Siapkan dokumen perjalanan. Cek paspor Anda untuk memastikan masa berlakunya tidak kurang dari enam bulan. Mulailah berburu tiket pesawat, mem-booking hotel, dan memesan kendaraan untuk mobilitas selama di Melaka.

Akses masuk ke Melaka dari Indonesia tersedia melalui penerbangan langsung dari Pekanbaru. Penerbangan tersedia sekali sehari dengan Malindo Air, setiap pukul 12:20.

Harga tiket pesawat dari Pekanbaru ke Melaka mulai dari Rp700 ribuan.

Untuk pilihan lebih banyak, gunakan penerbangan ke Kuala Lumpur dulu, baru lanjut dengan transportasi darat ke Melaka. Penerbangan langsung ke Kuala Lumpur tersedia dari Jakarta, Medan, dan Denpasar. Perjalanan darat dari Kuala Lumpur ke Melaka butuh waktu kurang lebih dua jam. 

Pilihan maskapai dengan jadwal penerbangan dari Jakarta ke Kuala Lumpur, antara lain: Malindo Air, Batik Air, Lion Air, Citilink, Malaysia Airlines, Garuda Indonesia, dan Scoot. 

Harga tiket pesawat dari Jakarta ke Kuala Lumpur mulai dari Rp350.000 sampai 3 jutaan rupiah per orang.

Dari bandara di Kuala Lumpur, tersedia layanan antar jemput berbayar dari beberapa rumah sakit di Melaka. Pantai Hospital Ayer Keroh, misalnya, menawarkan paket penjemputan sebagai berikut:

  • Gratis dari Melaka International Airport.
  • RM250 dari Kuala Lumpur International Airport (satu mobil maksimal 4 orang).
  • RM340 dari Kuala Lumpur International Airport (satu mobil maksimal 6 orang).

Jangan lupa mencari informasi wisata dan membuat itinerary agar perjalanan berobat di Melaka tetap terasa menyenangkan. Cari tahu destinasi populer apa yang ada dekat rumah sakit tujuan, baik itu tempat jalan-jalan, tempat kuliner, maupun tempat menginap. Untuk hotel, pilihlah yang letaknya dekat atau setidaknya memiliki akses mudah ke rumah sakit tujuan Anda. 

Tiga rekomendasi hotel dekat Pantai Hospital Ayer Keroh: 

  • Sun Inns Hotel Ayer Keroh, tarif mulai dari Rp200 ribuan per malam, berjarak sekitar 5 menit jalan kaki ke rumah sakit.
  • AL 33 Hotel Ayer Keroh, tarif mulai dari Rp 300 ribuan per malam, berjarak sekitar 5 menit jalan kaki ke rumah sakit.
  • King Hotel Melaka, tarif mulai dari Rp400 ribuan per malam, berjarak sekitar 5 menit jalan kaki ke rumah sakit. 

Jangan lupa menukar uang tunai dengan mata uang Ringgit secukupnya. Siapkan juga kartu kredit atau kartu debit yang berlaku di Malaysia untuk menjadi alat pembayaran utama selama di Melaka.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda