operasi bedah jantung

Menentukan Prosedur Bedah Jantung yang Lebih Aman – Transcatheter Aortic Valve Implantation (TAVI)

Paul Chiam - Dokter Jantung Singapura - Cardiology - Cardiology
Penulis:
Dokter spesialis jantung di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Teknik baru yang disebut dengan transcatheter aortic valve implantation (TAVI) menunjukkan opsi perawatan yang kurang invasif untuk stenosis aorta, dan menghapuskan kebutuhan operasi jantung terbuka.

Prosedur TAVI Kurang Invasif dan Bisa Dilakukan dengan Anestesi Lokal

prosedur transcatheter aortic valve implantation (TAVI)
Prosedur Transcatheter Aortic Valve Implantation (TAVI)/ Sumber: sciencedirect.com

Stenosis aorta adalah kondisi ketika katup aorta menyempit karena endapan kalsium jangka panjang yang semakin meningkat, menuju pada degenerasi gelambir di sekitar pembuka katup, yang secara berkelanjutan akan menjadi kaku dan tidak dapat bergerak – mengganggu aliran darah secara signifikan. Di masa lampau, operasi jantung terbuka yang penuh resiko untuk mengganti katup adalah opsi terbaik yang ada untuk kasus-kasus berat.

Selama prosedur TAVI, kateter dimasukkan melalui insisi kecil di pangkal paha. Katup artifisial – terdiri dari jaringan tisu yang terletak di dalam stent mirip bingkai – dimasukkan ke dalam jantung melalui arteri femoral; jaringan tisu ini secara alami menggantikan gelambir asli. Karena prosedur ini cukup mudah, maka bisa dilakukan dengan anestesi lokal.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Katup Generasi Kedua Memiliki Keamanan Lebih Tinggi Daripada Pendahulunya

Meskipun demikian, katup artifisial mungkin memiliki kesempatan 25% hingga 30% posisi suboptimal, meninggalkan kebocoran ringan sampai sedang antara katup yang baru ditanamkan dan jaringan aslinya. Katup CoreValve Evolut R, katup TAVI generasi kedua yang lebih baru dan lebih canggih, telah meningkatkan akurasi dan keselamatannya dibandingkan model yang lama. Katup Evolut R memungkinkan dokter untuk mengatur ulang posisi katup ke posisi yang lebih optimum; atau menggantinya dengan implan ukuran berbeda – sebuah peningkatan dari pendahulunya.

Pada kasus pasien berusia 80 tahun yaitu Ny. Amelia Go yang didiagnosis dengan sesak napas parah disebabkan oleh stenosis aorta. Ia didapati menderita kondisi lain yang bisa menimbulkan komplikasi pada prosedur jantungnya. Yaitu akar aorta yang sangat sempit dan arteri koroner kiri yang rendah. Disebabkan oleh akar aorta yang sempit, prosedur tambahan – pelebaran akar – akan dibutuhkan selama operasi penggantian katup, yang akan meningkatkan resiko operasi secara signifikan. Prosedur TAVI juga bisa menimbulkan resiko penyumbatan arteri koroner kiri, yang bisa menghasilkan serangan jantung atau bahkan kematian.

“Keamanan Ditingkatkan dengan Katup Terbaru”

Ny. Go menjadi orang pertama di Asia yang mendapatkan katup Evolut R di Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena, rumah sakit swasta pertama di Asia yang sudah menggunakan teknologi baru ini. Dokter bedahnya, konsultan spesialis jantung senior dr. Paul Chiam, adalah dokter spesialis jantung pertama di rumah sakit ini yang dengan sukses melakukan prosedur TAVI menggunakan katup Evolut R.

“Berhasil memposisikan ulang katup meminimalkan kebocoran residual dan meningkatkan peredaan gejala serta kesempatan hidup. Lebih jauh lagi, jika arteri koroner kirinya tersumbat, kami bisa mengambil kembali katupnya; ini tidak mungkin dilakukan pada katup generasi pertama. Oleh sebab itu keamanan prosedural ditingkatkan dengan katup yang baru ini,” jelas dr. Chiam. Setelah prosedurnya sukses, pasien bisa menjalani pemulihan total.

Peningkatan Signifikan Pada Hasil Pasien

Dalam kasus Ny. Go, usia lanjut atau faktor resiko lain dapat menyebabkan komplikasi serius pada prosedur yang dijalani. Sistem Evolut R secara signifikan mengurangi faktor resiko prosedur TAVI, bahkan bagi mereka yang memiliki penyempitan katup aorta parah dan berada pada resiko tinggi untuk operasi. Pada akhirnya, pasien akan merasakan peningkatan pada hasilnya dan mendapatkan kualitas hidup lebih baik.

Penulis: dr. Paul Chiam, dokter spesialis jantung di Singapura. Diterjemahkan dari artikel Making Heart Decision for a Safer Procedure.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda