Atrofi Carpal Tunnel Syndrome

Mengapa Anda Tidak Boleh Mengabaikan Carpal Tunnel Syndrome?

Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Jika Anda merasakan gelisah tidak menentu, kebas atau nyeri di ujung ibu jari, telunjuk, jari tengah, dan sisi ujung jari manis, inilah saatnya bagi Anda untuk menjalani pemeriksaan sindrom lorong karpal (carpal tunnel syndrome). Lebih cepat, lebih baik.

Sindrom lorong karpal atau carpal tunnel syndrome adalah sebuah kondisi ketika saraf median terkompresi pada area lorong karpal (carpal tunnel) di pergelangan tangan Anda.

Saraf median terletak di sepanjang lengan Anda, melewati lorong karpal (carpal tunnel) pada pergelangan dan berakhir di tangan. Saraf ini mengendalikan gerakan dan rasa pada ibu jari dan seluruh jari Anda kecuali jari kelingking. Ketika saraf ini terkompresi di antara lorong karpal (carpal tunnel), Anda akan mengalami rasa tidak nyaman yang sangat hebat, sampai bisa mengganggu tidur Anda. 

Memijat dan mengibaskan tangan dapat meredakan gejala tersebut untuk sementara, namun bukan solusi jangka panjang yang tepat. Jika dibiarkan tanpa perawatan, gejala tersebut dapat terulang.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Penyebab Carpal Tunnel Syndrome

Dalam sebagian besar kasus sindrom lorong karpal (bahasa Inggris: carpal tunnel syndrome, CTS), penyebab kondisi ini tidak diketahui. Namun semakin Anda bertambah usia, Anda akan semakin rentan terhadap sindrom ini, terutama kaum wanita. 

Demikian pula jika Anda memiliki kondisi medis tertentu seperti diabetes melitus, hipotiroidisme, radang sendi, dan asam urat

Melakukan gerakan repetitif seperti mengetik atau semua gerakan yang melibatkan pergelangan tangan, terutama ketika posisi tangan lebih rendah dibandingkan pergelangannya, juga dapat meningkatkan resiko CTS.

Kapan saat yang tepat mencari pertolongan medis?

CTS merupakan sebuah kondisi yang memerlukan intervensi medis awal untuk mendapatkan hasil perawatan maksimal. Ketika seseorang terdiagnosis dan ditangani sedini mungkin, gejala sindrom lorong karpal (carpal tunnel syndrome) dapat diredakan tanpa tindakan operasi. 

Jika dibiarkan saja tanpa penanganan, otot thenar dan 3 otot pendek yang terletak di pangkal ibu jari yang mengendalikan gerakannya akan melemah dan tidak dapat berfungsi lagi. Hal ini akan menyebabkan disabilitas fungsional pada tangan yang tidak dapat disembuhkan. 

Pekerjaan sederhana seperti mengancingkan kemeja atau blus, menggunakan sepasang sumpit, dan mengambil benda kecil bisa berubah menjadi tantangan yang sulit ditaklukkan. Oleh sebab itu, penting untuk mendiagnosis dan menangani CTS sedini mungkin.

Bagaimana cara mendiagnosis carpal tunnel syndrome?

Apabila Anda mengalami gejala seperti nyeri, kebas, dan rasa geli pada ibu jari, telunjuk, jari tengah, dan sisi ujung jari manis, berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis. Anda mungkin akan dirujuk pada dokter spesialis bedah tangan untuk diagnosis yang lebih akurat. 

Dokter bedah Anda akan menanyakan rekam jejak medis Anda secara lengkap sebelum melakukan pemeriksaan klinis pada tangan Anda. Studi konduksi saraf mungkin akan dilakukan untuk mengevaluasi fungsi dari saraf median dan memahami lokasi serta tingkat keparahan kompresi saraf ini.

Mengapa Anda harus menemui dokter bedah tangan?

Dokter spesialis bedah tangan sudah terlatih untuk mendiagnosis dan memiliki banyak pengalaman dalam menangani semua masalah yang berkaitan dengan semua kondisi tangan termasuk lengan bawah, pergelangan tangan, dan lengan atas secara eksklusif. Mereka juga memiliki peralatan lengkap, didukung oleh keahlian dan pengetahuan untuk menangani kasus-kasus CTS yang terabaikan, begitu juga dengan kasus berulang seperti tindakan operasi yang pernah dilakukan sebelumnya tidak berhasil.

Pilihan penanganan carpal tunnel syndrome

  • Jika Anda mengalami gejala ringan CTS, dokter bedah tangan Anda akan menyarankan untuk membuat perubahan kecil pada gaya hidup dan mungkin meresepkan pengobatan oral anti-peradangan. Belat pergelangan tangan juga akan diberikan untuk membatasi gerakan dan mengistirahatkan pergelangan tangan untuk sementara waktu demi menghindari gerakan yang membuat sindrom lorong karpal (carpal tunnel syndrome) semakin memburuk.
  • Jika gejala terus menerus terjadi, Anda mungkin membutuhkan operasi. Dokter bedah tangan akan melakukan asesmen pada kondisi Anda dan memperhitungkan faktor-faktor seperti usia dan seberapa lama Anda sudah mengalami gejala tersebut.
  • Jika Anda mengalami kegagalan dalam operasi CTS sebelumnya, dokter bedah Anda mungkin akan melakukan neurolisis mikro, yaitu sebuah prosedur yang melepaskan jaringan luka ketat di sekitar nervus medianus. Bila perlu, jaringan tipis ditransfer pada saraf median setelah prosedur sebelumnya dilakukan untuk mencegah luka dan kembali gejala CTS. Transfer bantalan lemak hipotenar adalah salah satu contoh dari transfer jaringan tipis.

Penulis: Dr Aaron Gan, dokter spesialis bedah tangan di Singapura. Diterjemahkan dari artikel Why You should Never Ignore Carpal Tunnel Syndrome.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Dokter Bedah Tangan

Mount Elizabeth Novena Hospital

Lihat Profil

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Kirim Pesan WhatsApp
1
Kirim Pesan WhatsApp
Cari rekomendasi dokter, cek jadwal atau estimasi biaya? Hubungi kami via WhatsApp berikut!
Powered by