Mengapa & Bagaimana Cara Berobat ke Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Singapura sudah sejak lama menjadi salah satu tujuan andalan orang Indonesia untuk berobat. 

Keunggulan layanan medis Singapura telah diakui dunia, terbukti dengan masuknya Singapura dalam deretan negara dengan pelayanan kesehatan terbaik dunia

Tahun 2000, WHO menempatkan Singapura pada peringkat ke-6 sebagai negara dengan sistem kesehatan terbaik di dunia.

Studi tahunan Bloomberg bahkan menempatkan Singapura dalam urutan kedua negara dengan pelayanan kesehatan paling efisien 2018. Hal ini menunjukkan bahwa biaya yang orang keluarkan untuk berobat di Singapura begitu sepadan dengan kualitas yang diterima.

Dalam hal sumber daya manusia, industri pelayanan kesehatan di Singapura diperkuat oleh lebih dari 40.000 tenaga medis yang cakap dan profesional. Baik dokter maupun perawatnya berasal dari lulusan institusi terbaik dengan standar kelas dunia.

Banyak orang Indonesia berobat ke Singapura karena peralatan medisnya canggih. Terutama untuk penyakit rumit, seperti kanker.

Menilik alasan di luar medis, Singapura menjadi tujuan berobat karena lokasi negaranya yang strategis. Dari Indonesia, kita bisa dengan mudah menjangkau Singapura dengan naik pesawat terbang atau menyeberang lautan. Harga tiket pesawat ke Singapura dari beberapa kota di Indonesia bahkan ada yang lebih murah daripada tiket penerbangan antar kota dalam negeri.

Pastinya, dengan berobat di Singapura, orang Indonesia juga bisa sekaligus berwisata. Sebab, Singapura memang salah satu destinasi wisata dunia yang menawarkan pesona kota kecil yang maju dan sangat modern. Destinasi wisata di Singapura, seperti Universal Studios Singapore, ArtScience Museum, dan Gardens by the Bay adalah sejumlah pesona yang mungkin tak ada di tempat lain.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Prosedur Umum Berobat ke Singapura

Untuk mendapatkan perawatan kesehatan di Singapura, ada beberapa prosedur umum yang perlu kita penuhi. Beberapa prosedur tersebut bisa kita jalani dengan mudah menggunakan layanan gratis dari Smarter Health selaku perwakilan resmi dokter dan rumah sakit berkualitas di Singapura.

1. Mempersiapkan dokumen kesehatan

Hal pertama yang harus disiapkan sebelum mulai mencari dan menghubungi dokter di Singapura adalah meminta rekam medis Anda dari dokter di Tanah Air. Rekam medis tersebut setidaknya perlu mencakup informasi berikut:

  • Keterangan kondisi kesehatan dan diagnosa
  • Riwayat penyakit dan alergi
  • Daftar obat yang sedang dikonsumsi
  • Hasil tes darah
  • Hasil pencitraan medis, seperti: CT Scan, radiologi, dll.

Bawa dokumen tersebut saat berobat di Singapura agar Anda tak perlu melakukan diagnosis ulang. 

2. Mencari dokter spesialis dan rumah sakit

Setelah dokumen siap, Anda bisa mulai mencari dokter spesialis dan rumah sakit di Singapura yang cocok dengan kondisi medis. 

Jika sama sekali belum tahu harus bertemu dokter spesialis apa dan di rumah sakit mana, tanyakan pada kami.

Layanan gratis kami meliputi:

  • Rekomendasi & buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Booking paket medical check up

Melalui kami, Anda tidak repot mengunjungi berbagai website rumah sakit, apalagi menghabiskan pulsa untuk melakukan panggilan internasional ke rumah sakit di Singapura, satu demi satu. 

Smarter Health secara khusus menjalin kemitraan resmi dengan rumah sakit swasta di Singapura yang sudah terakreditasi Joint Commision International (JCI). JCI sendiri merupakan standar tertinggi pengukuran kualitas rumah sakit dunia. Adapun beberapa rumah sakit rekomendasi di Singapura adalah sebagai berikut:

  • Mount Elizabeth Hospital
  • Mount Elizabeth Novena Hospital
  • Parkway East Hospital
  • Parkway Shenton
  • Farrer Park Hospital
  • Gleneagles Hospital
  • Mount Alvernia Hospital
  • Thomson Medical Centre
  • LifeScan Medical Centre
  • Sunway Medical Centre
  • AsiaMedic Health Screening – Medical Imaging & Wellness Singapore
  • Healthway Medical

3. Membuat estimasi biaya berobat

Jika akan dan baru pertama kali memakai asuransi untuk berobat ke luar negeri, berikut panduan untuk Anda.

Hitung estimasi biaya berobat juga merupakan bagian dari layanan gratis Smarter Health. Sampaikan pada kami tindakan medis apa saja yang ingin Anda ketahui biayanya.

4. Mendaftarkan diri ke Pusat Pasien Internasional

Setelah menetapkan pilihan dokter spesialis dan rumah sakit tujuan, selanjutnya Anda perlu mendaftarkan diri ke Pusat Pasien Internasional Singapura. Sistem ini berlaku untuk pendataan pasien internasional pada hampir semua rumah sakit di Singapura. Tanpa mendaftar ke sini, pasien internasional akan kesulitan membuat janji konsultasi dengan dokternya.

Smarter Health bisa membantu calon pasien untuk membuat janji konsultasi dengan dokter spesialis di Singapura pilihannya. 

5. Mempersiapkan kebutuhan perjalanan

Terakhir adalah memastikan kebutuhan perjalanan tersedia sebelum Anda akhirnya berangkat ke Singapura. Persiapkan paspor Anda yang masih berlaku, lalu beli tiket pesawat dan booking penginapan serta transportasi sedini mungkin, sesuai waktu berobat Anda di Singapura. 

Pastikan juga Anda sudah mempersiapkan ragam alat pembayaran yang berlaku untuk transaksi di Singapura nanti.

5 Hal Penting Sebelum Berangkat Berobat ke Singapura

Demi semakin memudahkan diri saat berobat ke Singapura, Anda sebaiknya memanfaatkan layanan Smarter Health, serta memberikan perhatian lebih pada hal-hal penting berikut ini:

1. Pastikan masa berlaku paspor Anda tidak kurang dari enam bulan.

Masa aktif paspor penting untuk diperhatikan. Jangan sampai masa paspor pasien habis di tengah masa pengobatan. 

2. Rumah sakit di Singapura rata-rata menerima metode pembayaran tunai, cek, kartu debit, dan kartu kredit.

Pastikan menghubungi bank langganan Anda untuk mengonfirmasi apakah kartu debit atau kredit Anda berlaku di Singapura. Jika iya, mintakan bank untuk membukakan akses transaksi internasional sebelum berangkat.

3. Perjalanan ke Singapura dari Indonesia tersedia melalui penerbangan langsung dari Jakarta, Denpasar, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Palembang, Manado, dan Medan. 

Ada pula penyeberangan dengan kapal feri dari Batam. Harga tiket penerbangan langsung ke Singapura paling murah dari Jakarta, yakni mulai dari Rp500.000 per orang. Sementara untuk penyeberangan dengan feri dari Batam ke Singapura, tarifnya sekitar Rp200.000 – 300.000 per orang.

4. Dalam memilih penginapan di Singapura untuk berobat, utamakanlah akses mudah ke rumah sakit tujuan dan kenyamanan. 

Pilihlah paling tidak hotel kelas bintang 3 yang bersih dan berfasilitas cukup untuk kebutuhan pasien dan pendamping. Jika datang bersama keluarga dan anak-anak, pertimbangkan booking hotel bintang 4 yang juga terletak tak jauh dari lokasi wisata terdekat.

5. Sisihkan waktu singgah di Singapura paling tidak lebih panjang tiga hari dari waktu pengobatan Anda. 

Hal tersebut sebagai antisipasi bila ternyata dokter perlu melakukan tindakan tambahan. Sempatkan pula untuk jalan-jalan sejenak menengok beberapa destinasi unggulan Singapura, seperti Merlion Park atau Marina Bay.

Mari kita review kenapa dan bagaimana cara berobat ke Singapura melalui infografis berikut:

Panduan berobat ke Singapura
Panduan Berobat ke Singapura – smarterhealth.id

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda