sistem kesehatan malaysia

Mengenal Sistem Kesehatan Malaysia Yang Konon Lebih Bagus

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Malaysia dinobatkan sebagai peringkat pertama kategori sistem kesehatan terbaik di dunia dalam Indeks Global Tahunan 2019 versi International Living. Menurut risetnya, Malaysia unggul dalam unsur pelayanan kesehatan dan infrastruktur canggih. 

Bicara infrastruktur, memang benar ada setidaknya 13 rumah sakit di Malaysia yang terakreditasi Joint Commission International (JCI), sebuah standarisasi global untuk kualitas layanan kesehatan klinik atau rumah sakit. Bisa jadi ini salah satu faktor munculnya persepsi jika berobat ke Malaysia lebih baik. 

Persepsi itu tercermin dari jumlah warga negara asing yang berobat ke Malaysia, mencapai lebih dari 800.000 setiap tahun. 

Namun, Malaysia tidak sendirian. Berdasarkan riset Patients Beyond Borders, Malaysia dan Singapura menjadi tujuan utama berobat warga Indonesia. Bahkan, Indonesia menjadi kontributor wisatawan medis terbanyak di dua negara tersebut. Baca ulasan Smarter Health untuk tahu seberapa bagus sistem kesehatan di Singapura

Di tahun 2015 saja, rata-rata orang Indonesia merogoh kocek US$11,5 miliar per tahun untuk berobat ke luar negeri

Mengapa banyak orang pergi berobat ke Malaysia? Untuk tahu jawabannya, mari kita pelajari seperti apa sistem kesehatan di Malaysia.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Sistem Pelayanan Kesehatan di Malaysia

Sistem pelayanan kesehatan di Malaysia terdiri dari layanan publik yang didanai dari pajak dan dikelola oleh pemerintah; serta sektor swasta. 

Secara umum, pelayanan kesehatan sektor publik dikelola secara terpusat oleh Kementerian Kesehatan yang juga mengatur industri farmasi dan keamanan pangan. Sektor publik (Depkes) menyediakan berbagai layanan yang komprehensif seperti promosi kesehatan, pencegahan penyakit, perawatan kuratif dan rehabilitasi yang diberikan melalui klinik dan rumah sakit.

Sementara itu, sektor swasta didanai oleh pajak, kepemilikan usaha, asuransi, dan pasien yang berobat. Sektor kesehatan swasta menyediakan layanan kesehatan yang berfokus pada daerah perkotaan, melalui klinik dan rumah sakit swasta dengan perawatan khusus untuk perawatan kuratif.

Jika membandingkan pengeluaran per kapita pemerintah di sektor kesehatan, antara Singapura, Malaysia dan Indonesia, ketiganya punya perbedaan signifikan. Data tahun 2014 dari Global Health Expenditure Database (GHED), menunjukkan:

  • Singapura mengalokasikan USD 4.047 per orang.
  • Malaysia mengalokasikan USD 1.009 per orang.
  • Indonesia mengalokasikan USD 299 per orang.

Rumah Sakit di Malaysia

Sistem pelayanan kesehatan Malaysia diatur dalam tiga kelompok, yang berarti tiga jenis kepemilikan membedakan rumah sakit di Malaysia seperti rumah sakit umum pemerintah, rumah sakit swasta dan rumah sakit swasta nirlaba (non-profit).

Rumah sakit swasta sebagian besar terletak di daerah perkotaan dan dilengkapi dengan fasilitas diagnostik serta teknologi kesehatan terbaru. Semenjak 5 tahun terakhir, jumlah pasien atau wisatawan medis asing yang mengunjungi serta melakukan perawatan di rumah sakit swasta melonjak tajam sekitar 950.000 orang per tahun. 

Banyak rumah sakit swasta Malaysia terakreditasi secara internasional, seperti:

  • Joint Commission International (JCI), 
  • Malaysia Society for Quality in Health (MSQH), 
  • Australian Council on Healthcare Standards (ACHS) dan 
  • the Reproductive Technology Accreditation Committee (RTAC).

Berbagai klinik dan rumah sakit di Malaysia, seperti:

Biaya Berobat ke Malaysia

Biaya perawatan di rumah sakit Malaysia tergolong kompetitif di dunia, berkisar 40-80% lebih murah dibandingkan dengan Amerika Serikat, Australia, atau Eropa. Salah satu faktornya adalah regulasi yang diberlakukan Kementerian Kesehatan Malaysia tentang harga pelayanan kesehatan dan produk farmasi. 

Sebagai acuan, Smarter Health sudah membuat tabel perkiraan biaya berobat ke Malaysia untuk berbagai tindakan medis populer.

Tenaga Medis & Dokter di Malaysia 

Sama seperti halnya dokter di Singapura dan Indonesia, tak sedikit dokter spesialis di Malaysia yang merupakan lulusan universitas di luar negeri. 

Perbedaannya, misal dengan Singapura, ada kemiripan bahasa antara dokter di Malaysia dengan orang Indonesia; yaitu melayu. Bahkan beberapa dokter fasih berbahasa Mandarin dan Inggris. Hal tersebut menjadi nilai jual lebih bagi wisatawan medis dari luar negeri. 

Inovasi dan Teknologi Kesehatan Malaysia

Salah satu inovasi kesehatan Malaysia adalah penggunaan AI untuk melakukan diagnosis pasien melalui gadget. Hal ini memungkinkan dokter mengukur detak jantung psdirn secara akurat, melakukan ultrasonik seluler, dan bahkan mendiagnosis kondisi kulit dengan mengambil gambar di ponsel. 

Ada pula telemedicine, pasien dapat memantau detak jantung dan kadar glukosa darah melalui perangkat yang dikenakan, seperti patch atau arloji. Sementara dokter mereka dapat memantau kelainan yang terjadi dari jarak jauh. Pasien juga dapat menghubungi dokter mereka melalui panggilan video dan menerima resep dokter sekaligus.

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) 

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) merupakan organisasi di bawah Kementerian Keuangan Malaysia yang bertugas untuk menaikkan jumlah wisatawan medis di Malaysia. 

MHTC menjadi layanan terintegrasi ke layanan kesehatan Malaysia. Pelayanannya meliputi perpanjangan visa untuk keperluan medis dan akomodasi.

Tidak hanya itu, Bandara Internasional Kuala Lumpur menyediakan concierge dan lounge khusus yang melayani wisatawan medis. Petugas akan menyapa wisatawan begitu keluar dari aerobridge dan mengawal para wisatawan dengan mempercepat proses kontrol paspor serta bea cukai. Mereka juga dengan sigap mengantarkan wisatawan ke rumah sakit yang dituju dan menyediakan penerjemah bila perlu.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?