kesehatan sendi

Menjaga Sendi Tetap Sehat

Ang Chia Liang - Dokter Tulang Singapura - Orthopaedic Surgery - Orthopaedic Surgery
Penulis:
Dokter spesialis tulang di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Bagaimana Anda menjelaskan pada anak berusia 10 tahun tentang pekerjaan Anda?

Saya akan mengatakan pada mereka bahwa pekerjaan saya adalah menolong orang-orang yang mengalami cedera dan menderita kesakitan.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Bagaimana sakitnya patah tulang, kalau begitu?

Patah tulang adalah saat ketika tulang patah menjadi dua atau lebih bagian dan secara umum sangat sakit. Tentu saja, semakin besar tulang maka semakin sakit pula rasanya. Patah tulang pada paha atau kaki akan lebih sakit dibandingkan patah pada jari-jari. Sayangnya, salah satu kondisi ortopedi yang paling menyakitkan adalah kanker yang menyebar ke tulang. Ketika tulang terkena kanker, pasien akan membutuhkan penahan rasa sakit yang sangat kuat dan mungkin membutuhkan operasi untuk meredakan rasa sakitnya.

Adakah cerita tentang cara teraneh yang tentang seseorang hingga bisa menggeser tulangnya sendiri?

Saya pernah memiliki pasien yang bisa menggeser bahunya ke luar dan ke dalam soketnya sendiri. Ini karena orang-orang seperti itu memiliki sendi bahu yang kendur, karena sebelumnya pernah mengalami cedera atau memang dilahirkan dengan kondisi demikian. Pikirkan saja pesenam atau manusia karet sebagai contoh bagaimana sendi seseorang bisa mengendur.

Siapa saja pasien yang Anda temui dan apa penyakit umum yang mereka derita?

Saya menemui pasien dengan banyak variasi, mulai dari anak-anak hingga lansia. Anak-anak dan remaja punya masalah yang sama seperti rasa sakit yang menjadi, kaki datar, atau rasa sakit pada kuku kaki. Dewasa muda mendatangi saya karena cedera olahraga seperti cedera sendi lutut atau pergelangan kaki. Pasien paruh baya atau lansia mengalami masalah keausan sendi. Terdapat beberapa tipe penyakit yang menyerang semua kelompok umur: cedera dan patah tulang, benjolan tumbuh dan tumor.

Sepertinya masalah lutut sangat umum. Betul?

Sangat betul. Masalah lutut menyerang semua usia. Pada lutut, cedera anterior cruciate ligament atau ACL – yang kebetulan sama dengan inisial saya — sangat umum.

Sebagian besar praktik saya menangani masalah lutut: mulai dari penggantian lutut bagi lansia hingga rekonstruksi ligamen pada atlet, dari regenerasi tulang rawan bagi paruh baya, hingga trauma dan patah tulang.

Mengapa kita bisa mengalami sendi berbunyi?

Saya akan mengatakan bahwa membunyikan sendi tanpa rasa sakit tidak berbahaya. Terkadang, ketika saya menekuk lutut atau leher saya, saya bisa mendengar suara derit.

Derit sendi sering terjadi ketika seseorang tiba-tiba mengubah posisi sendi mereka, terutama setelah tetap diam selama beberapa saat.

Tipe suara lainnya adalah derak halus ketika seseorang menggerakkan lutut mereka. Ini bisa menjadi indikasi keausan ringan dari tulang rawan. Meskipun tidak berbahaya, seseorang yang mengalami suara ini harus mendiskusikan tingkat aktivitas yang bisa mereka lakukan dengan dokter bedah ortopedi.

kesehatan sendi

Apa yang menjadi peluru Anda untuk menolong para pasien?

Beberapa pasien memperoleh manfaat dari gaya hidup yang sesuai dengan kondisi medis mereka. Banyak pasien mencoba menghindari konsumsi penahan rasa sakit, tetapi jika kondisi mereka membutuhkannya, saya akan menyarankan mereka untuk mengkonsumsi rangkaian pengobatan anti-inflamasi seperti Celebrex, yang membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit serta mempercepat penyembuhan dengan beberapa efek samping.

Lyrica adalah obat ampuh lain yang sangat membantu mengontrol rasa sakit dan proses penyembuhan, terutama untuk kondisi saraf.

Metode lain yang saya gunakan termasuk terapi yang menarget kondisi pasien, penyangga, dan dukungan eksternal. Penyangga lutut tertentu dapat membantu mengubah cara pasien berjalan dan memberikan pereda rasa sakit yang efektif. Ada juga injeksi, seperti steroid atau plasma kaya-platelet. Operasi, bagi sebagian besar orang, akan menjadi “pilihan terakhir”, namun sebenarnya operasi adalah opsi pertama dan paling efektif untuk banyak kondisi, seperti keausan parah sendi lutut atau patah tulang parah.

Kapan sebaiknya seseorang membuat perjanjian untuk bertemu Anda?

Jika Anda mengalami rasa sakit pada sendi dan tubuh yang membatasi gerak dan mempengaruhi gaya hidup Anda, saat itulah Anda harus mempertimbangkan untuk membuat janji.

Jika Anda mendapati benjolan, tonjolan, atau pertumbuhan lain pada tubuh Anda, Anda harus mencari pertolongan. Saya tahu banyak orang keras kepala yang akan menahan diri dari bertemu dokter sampai rasa sakitnya sudah tidak tertolong lagi. Ini tentu tidak baik karena kondisi apapun yang sudah ada pada tahap lanjut akan lebih sulit diobati. Saya ingat seorang pasien dengan benjolan besar pada bahunya, yang telah dibiarkan saja selama sekitar 20 tahun. Untungnya, benjolan ini masih tetap jinak selama 20 tahun itu.

Apa situasi paling sulit yang pernah Anda temui?

Situasi paling sulit yang saya ingat adalah wanita lansia ini, yang menderita kanker tulang rawan di bahunya. Tantangan bagi saya adalah untuk meyakinkannya menjalani operasi untuk menyelamatkan hidupnya. Saya mendapati hal ini sangat sulit ketika ia memutuskan untuk menerima takdirnya dibandingkan menjalani operasi. Saya harus menghargai keputusannya.

Anda pernah bermain squash pada tingkat nasional. Jadi bagaimana Anda menjaga pinggul dan lutut Anda? Apakah itu alasan mengapa Anda memilih pekerjaan ini?

Saya merindukan hari-hari dimana saya sangat sehat dan cepat di atas lapangan. Saya tidak banyak bermain sekarang, tetapi saat bermain, saya pastikan saya melakukan pemanasan dan pendinginan dengan benar. Saya lari di tempat selama 10 sampai 15 menit untuk memanaskan otot, kemudian saya meregangkan lengan, punggung, pinggul, lutut, dan pergelangan tangan. Kalau tidak, saya akan beresiko cedera.

Kata ortopedi berasal dari bahasa Yunani yang berarti “untuk meluruskan seorang anak”. Selama tahun-tahun awal saya sebagai tenaga kesehatan, saya harus menjalani berbagai spesialisasi sebelum memilih satu. Saya menemukan sebuah afinitas tajam untuk melakukan operasi yang meningkatkan fungsi dan hidup seseorang.

Penulis: dr. Ang Chia Liang, dokter spesialis tulang di Singapura. Diterjemahkan dari artikel cetak “Keeping Joints Smooth”.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda