nyeri sendi

Nyeri Sendi dan Apa yang Bisa Dilakukan (Pengobatan)

Ang Chia Liang - Dokter Tulang Singapura - Orthopaedic Surgery - Orthopaedic Surgery
Penulis:
Dokter spesialis tulang di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Banyak orang menerima bahwa nyeri sendi adalah bagian tak terpisahkan dari penuaan. dr. Ang Chia Liang, seorang dokter spesialis bedah tulang di Island Orthopedic Consultants, menjelaskan bagaimana nyeri sendi dapat terjadi dan apa yang dapat dilakukan untuk meredakannya.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Mengapa Sendi Sangat Rentan

Sendi pinggul dan lutut akan mengalami keausan setelah bertahun-tahun yang disebabkan oleh degenerasi secara alami. Untuk beberapa orang dengan kondisi genetik tertentu rentan untuk mengalami degenerasi lebih dini. Selain itu, secara alami sendi memang lebih rentan terhadap cedera dibandingkan dengan tulang yang lebih panjang, karena sendi merupakan struktur yang bergerak.

Masalah-masalah persendian yang umum terjadi, termasuk degenerasi (dikenal juga dengan osteoartritis), cedera, dan berbagai macam radang artritis seperti gout atau rheumatoid arthritis. Gout terjadi karena konsentrasi asam urat yang tinggi dalam darah dan rheumatoid arthritis terjadi berhubungan dengan masalah autoimun.

Siapa Saja yang Berisiko Nyeri Sendi

Faktor-faktor risiko umum osteoarthritis pada sendi termasuk struktur genetik, obesitas, merokok, dan pekerjaan kasar. Kegiatan olahraga seperti ski dan lari jarak jauh juga memiliki risiko terjadinya cedera lutut.

Sebaliknya, gaya hidup dengan tidak banyak kegiatan fisik juga membawa risiko degenerasi sendi. Kesehatan sendi yang optimal dapat akan dicapai dengan tingkat aktivitas sedang.

pengobatan nyeri sendi
Berhenti merokok dan menghindari olahraga ekstrim bisa mengurangi risiko nyeri sendi.

Apa yang Dapat Dilakukan

Orang-orang dapat menurunkan risiko nyeri sendi atau mengurangi tingkat keparahannya dengan mengubah gaya hidup mereka – misalnya, dengan berhenti merokok dan menghindari kegiatan olahraga dengan risiko tinggi. Sementara itu, kegiatan berisiko yang merupakan bagian dari tuntutan pekerjaan akan cukup sulit untuk diubah, dapat menjadi alasan untuk berganti profesi, dan tentunya, kecenderungan genetik tidak dapat diubah.

Untuk menurunkan faktor risiko nyeri sendim Anda sebaiknya melakukan aktivitas tingkat sedang yang sesuai dengan kondisi fisik dan usia Anda. Biasanya, orang yang sehat dengan usia 30 hingga 40 tahunan dapat melakukan jogging atau bersepeda, sedangkan jalan cepat akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk mereka yang berusia 60-an dengan kondisi tubuh yang sehat.

Jika Anda pernah mengalami cedera pada persendian, lebih disarankan untuk melakukan latihan tanpa menahan beban seperti berenang, atau latihan tungkai statis. Kegiatan olahraga yang berisiko tinggi hanya boleh dilakukan dengan kehati-hatian dan pelatihan yang tepat. Suplemen tulang rawan seperti glukosamin atau kolagen dapat membantu menjaga kesehatan sendi apabila cocok dengan kondisi pasien tersebut.

Jenis Pengobatan 

Pengobatan tanpa bedah untuk cedera dan degenerasi sendi meliputi obat-obatan, injeksi sendi, pemasangan penyangga, dan fisioterapi. 

Namun untuk stadium lanjut, seperti pada osteoartritis stadium 3 atau 4, dapat langsung diobati dengan pembedahan, karena perawatan non-bedah tidak akan berdampak efektif.

Secara umum, pasien dapat mempertimbangkan pembedahan ketika mengalami satu atau lebih dari faktor-faktor berikut ini:

  • Rasa sakit persisten yang terjadi setiap hari meskipun telah menempuh pengobatan non-bedah.
  • Sering (lebih dari tiga kali seminggu) menggunakan obat penghilang rasa sakit.
  • Menderita osteoartritis stadium 3 atau 4 sebagaimana ditunjukan oleh rontgen atau Magnetic Resonance Imaging (MRI).
  •  Kelainan bentuk sendi.
  • Gaya hidup yang kurang baik.

Perkembangan Medis di Bidang Pembedahan

Teknik bedah penggantian lutut dan pinggul telah dikembangkan sejak empat hingga lima dekade lalu. Tidak mengherankan apabila berbagai kemajuan selama bertahun-tahun tersebut telah membuahkan hasil yang jauh lebih baik. Berikut ini adalah beberapa kemajuan yang relatif baru pada bidang tersebut.

Kini, potongan bedah yang lebih kecil mungkin dilakukan dengan menggunakan instrumen yang lebih baru. Instrumen tersebut memungkinkan ahli bedah untuk menanamkan prosthesis melalui jalur potongan yang lebih kecil.

Manajemen nyeri multimodal, sebuah pendekatan kolaboratif-interdisipliner untuk mengelola rasa nyeri, mengurangi rasa sakit pasca pembedahan pada pasien penggantian sendi. Metode ini biasanya memungkinkan pasien untuk berdiri dan berjalan setelah satu hari pasca pembedahan.

Salah satu kemajuan pada aspek material adalah highly cross-linked polyethylene, adalah bahan yang digunakan pada potongan plastik yang dimasukkan ke dalam sendi buatan. Penggunaan material ini memastikan implan memiliki umur panjang dan daya tahan yang lebih baik.

Prospek Optimistik 

Pasien penggantian lutut dapat pulih secara menyeluruh, dapat kembali berjalan sendiri hanya dalam satu bulan. Sementara itu, pemulihan secara menyeluruh membutuhkan waktu tiga hingga empat bulan.

Manfaat yang paling terlihat dari penggantian pinggul dan lutut adalah menghilangkan rasa sakit. Hal tersebut memungkinkan pasien untuk (hampir) segera melanjutkan gaya hidup normal mereka, sambil menikmati kualitas hidup yang jauh lebih baik. Manfaat ini biasanya bertahan selama beberapa dekade, karena sebagian besar implan pada pasien dapat bertahan hingga lebih dari 20 tahun.

Beberapa pasien juga menerima manfaat tidak langsung dari operasi penggantian lutut. Sebagai contoh, pada pasien yang terkadang menderita nyeri di kedua lutut merasakan bahwa rasa nyeri di kedua lutut hilang setelah dilakukan pembedahan pada salah satu lutut saja. Hal tersebut dikarenakan sebelum operasi, lutut yang mengalami degenerasi memberikan tekanan pada lutut lainnya sehingga menyebabkan rasa sakit. Penggantian lutut yang mengalami degenerasi tersebut akan memecahkan masalah pada lutut tersebut sekaligus menghilangkan tekanan tambahan pada lutut yang masih normal.

Jika Anda menderita nyeri sendi, metode pengobatan bedah dan non-bedah dapat memberi dampak positif yang signifikan. Kualitas hidup Anda bergantung padanya.

Punya keluhan nyeri sendi? Tulis di kolom komentar.

Penulis: dr. Ang Chia Liang, dokter spesialis tulang di Singapura. Diterjemahkan dari artikel cetak “Joint Pain and What You Can Do About It”.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda