Olahraga Sepeda

Olahraga Sepeda di Kala Pandemi, Berikut Manfaatnya

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Olahraga sepeda saat ini kembali menjadi tren bagi banyak orang, terutama saat anjuran dari pemerintah untuk karantina mandiri berlaku guna mencegah mata rantai penyebaran virus COVID-19. 

Ketika Anda menyusuri jalan raya, Anda akan menemukan banyak sepeda melintas bahkan lebih dari sebelumnya. Melihat banyaknya orang yang beralih ke olahraga sepeda di kala pandemi akan memunculkan sebuah pertanyaan, memang apa saja manfaat yang mereka rasakan sehingga menekuni hobi ini? Apa kelebihannya dibandingkan dengan jenis olahraga lain?

Tidak seperti kebanyakan olahraga lainnya, bersepeda tidak membutuhkan keahlian yang tinggi. Bersepeda juga tergolong dalam low impact workout atau olahraga dengan kemungkinan kecelakaan yang relatif rendah dan cukup aman dilakukan untuk pemula.

Tidak hanya itu, bersepeda juga dapat tergolong olahraga santai dan serius sekaligus. Anda dapat mengatur sendiri intensitas olahraga yang Anda inginkan. Dilakukan di tengah-tengah pandemi, olahraga ini juga dapat menjadi sarana bersosialisasi serta mencari udara segar di luar ruangan.

Selain kelebihan olahraga sepeda dibandingkan jenis olahraga lain yang telah disebutkan di atas, ada banyak manfaat bagi tubuh baik secara fisik atau psikis yang didapatkan dari bersepeda. Manfaat-manfaat tersebut meliputi:

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Memperkuat sistem imun tubuh 

Ketika sedang olahraga sepeda, terjadi pertukaran udara pada saluran napas Anda yang baik bagi tubuh. Mulai dari suplai darah yang menjadi lebih lancar serta kebersihan paru-paru yang juga membaik. 

Pada luar ruangan, Anda juga akan menghirup lebih banyak oksigen yang jauh lebih menyehatkan. Dampaknya pada kesehatan cukup banyak, mulai dari ingatan, kesehatan kulit, dan kesehatan paru-paru.

Tubuh Anda juga memproduksi lebih banyak vitamin D yang berkontribusi terhadap sistem imun yang lebih baik, memperbaiki kualitas mood, serta kualitas tidur. Bersepeda juga mengurangi tekanan darah.

Pada masa-masa ini, kekuatan sistem imun tubuh menjadi lebih penting dari biasanya, mengingat sistem imun menjadi tameng pertahanan dari menularnya virus COVID-19. 

Meningkatkan stamina

Olahraga dalam bentuk apapun, secara umum dapat meningkatkan stamina secara keseluruhan. Tidak terkecuali dengan olahraga sepeda. 

Jika Anda bersepeda secara rutin, stamina otot Anda akan kian meningkat. Jika Anda perhatikan, Anda akan tidak terlalu merasa lelah saat menempuh jarak bersepeda yang sama setelah beberapa waktu. Hal ini menandakan stamina Anda yang telah meningkat.

Ketika sudah merasa terbiasa dengan kecepatan serta jarak tertentu, coba tempuh jarak yang lebih jauh atau dengan kecepatan yang lebih tinggi. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan stamina menjadi lebih baik lagi.

Membakar lemak

Bersepeda dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh, membentuk otot, serta membakar lemak. Jika ingin mendapatkan manfaat ini secara maksimal, sesuaikan intensitas bersepeda Anda untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tidak lupa juga kombinasikan dengan pola makan yang sehat.

Sebuah riset mengatakan bahwa jumlah kalori ideal yang dibakar dalam satu minggu adalah 8,400 kilojoules atau 2,000 kalori. Bersepeda sendiri, membakar sekitar 1,200 kilojoules atau 300 kalori per jam. 

Jika Anda rutin bersepeda, tentu kalori yang dibakar terakumulasi dan Anda dapat mencapai target membakar 2,000 kalori dalam satu minggu.

Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Beberapa penyakit yang termasuk dalam penyakit kardiovaskular meliputi stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Bersepeda secara rutin dalam menstimulasi kerja jantung, sirkulasi paru-paru yang dapat menekan risiko penyakit kardiovaskular.

Meningkatkan keseimbangan

Dalam bersepeda, secara otomatis Anda akan berusaha menstabilkan tubuh Anda. Hal ini dapat meningkatkan keseimbangan, koordinasi, bahkan postur tubuh secara keseluruhan. 

Keseimbangan tubuh relatif akan terus menurun seiring bertambahnya usia apalagi jika tidak aktif bergerak dan berolahraga. Padahal, keseimbagnan tubuh merupakan hal yang vital untuk mencegah cedera maupun kecelakaan.

Melatih otot core

Bersepeda juga melibatkan otot core, atau struktur otot yang menopang keseluruhan struktur tulang belakang, perut, panggul, serta pelvis. Hal ini disebabkan bersepeda membuat tubuh dalam posisi tegak selama beberapa saat yang membutuhkan kekuatan dari otot core.

Otot core yang terlatih dapat mengurangi risiko cedera otot dan menyebabkan tubuh lebih mudah bergerak dan tidak mudah kelelahan. Beban tubuh pun tidak bertumpu pada tulang punggung yang rawan menyebabkan sakit pada punggung. Dengan demikian, kinerja atletik tubuh secara keseluruhan dapat membaik dan Anda dapat beraktivitas secara prima tanpa menyebabkan risiko gangguan kesehatan pada tubuh.

Baik untuk kesehatan mental

Bersepeda membutuhkan perhatian yang difokuskan pada jalan raya. Hal ini dapat melatih Anda untuk berkonsentrasi dan melatih kesadaran penuh atau mindfulness. 

Praktik mindfulness sendiri merupakan praktik yang dilakukan dalam meditasi. Dengan kesadaran penuh, Anda meluangkan waktu secara khusus untuk berfokus pada tubuh dan apa yang terjadi di sekeliling pada masa sekarang.

Dengan mindfulness, Anda dapat memperoleh ketenangan sejenak, hal yang krusial terutama bagi warga perkotaan dengan tingkat kesibukan tinggi.

Tidak sampai di situ, berolahraga secara umum merilis hormon endorfin, hormon yang baik untuk menurunkan tingkat stres dan memicu perasaan positif pada tubuh.

Meningkatkan kreativitas

Bagi para pekerja kreatif yang selalu membutuhkan ide-ide segar setiap harinya, bersepeda dapat membantu mengatasi creativity block. Hal ini disebabkan dengan bersepeda di luar ruangan, Anda terekspos dengan lingkungan baru yang mungkin tidak pernah Anda jumpai sebelumnya. 

Bahkan jika Anda bersepeda dengan rute yang sama secara terus menerus, besar kemungkinan bahwa akan ada kejadian-kejadian dan hal-hal baru yang terus berbeda. Oleh sebab itu, bersepeda merupakan sebuah aktivitas yang dapat membantu Anda keluar dari rutinitas yang cenderung membosankan dan tidak menginspirasi.

Selain manfaat-manfaat di atas bagi tubuh, bersepeda juga merupakan opsi transportasi yang ramah lingkungan. Dengan rutin bersepeda, Anda mengurangi emisi karbon pribadi. Hal ini juga merupakan bentuk bahwa Anda telah melakukan bagian Anda dalam mengurangi polusi udara yang tidak hanya buruk bagi jangka pendek namun juga jangka panjang.
Melihat begitu banyak manfaat dari bersepeda dan timing yang tepat di kala masa pandemi Covid-19 mengingat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat jalan raya tidak terlalu padat dengan kendaraan bermotor, apakah Anda tertarik untuk mulai bersepeda?

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?