operasi lubang kunci

Operasi Lubang Kunci untuk Perbaikan Katup Jantung

Paul Chiam - Dokter Jantung Singapura - Cardiology - Cardiology
Penulis:
Dokter spesialis jantung di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Operasi penggantian katup jantung adalah perawatan utama bagi pasien dengan penyakit katup jantung. Dilakukan melalui operasi jantung terbuka, dokter bedah mengangkat katup jantung yang rusak atau bermasalah dan menggantikannya dengan katup prostetik, mengembalikan aliran darah dan fungsi normal pada otot jantung.

Meskipun demikian, pada beberapa pasien bisa muncul jarak antara katup jantung prostetik yang diimplan dengan jaringan jantung pasien sendiri karena kerusakan sutur yang mengamankan katup agar tetap di tempatnya. Kerusakan ini menyebabkan kebocoran darah ke sisi implan dan jika dibiarkan tanpa perawatan, bisa memicu komplikasi yang lebih serius seperti hemolisis (kerusakan sel merah) atau gagal jantung. Dikenal dengan nama kebocoran paravalvular, komplikasi ini terjadi pada sekitar 1 sampai 10 persen pasien penggantian katup dan bisa berkembang baik di katup mitral maupun katup aorta.

Pilihan perawatan yang ada sebelumnya memang terbatas, sering melibatkan operasi jantung terbuka yang berulang (dan dengan resiko lebih tinggi) untuk memperbaiki kebocoran paravalvular atau untuk menggantikan katup jantung prostetik secara utuh. Seiring dengan kemajuan teknik intervensi dalam beberapa tahun terakhir, sebuah prosedur tingkat lanjut yang dikenal dengan nama perbaikan kebocoran paravalvular perkutan telah menjadi semakin umum. Prosedur tersebut menawarkan pendekatan invasif minimal pada pasien untuk merawat katup jantung yang bocor.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Perbaikan Kebocoran Paravalvular Perkutan (Percutaneous Paravalvular Leak Repair)

alat untuk perbaikan kebocoran paravalvular perkutan
Contoh alat untuk perbaikan kebocoran paravalvular perkutan. (1) Amplatzer Vascular Plug II; (2) Amplatzer Vascular Plug III; (3) Amplatzer Vascular Plug IV; (4) Amplatzer Duct Occluder; (5) Amplatzer Muscular VSD Occluder; (6) Amplatzer Septal Occluder; (7) Occlutech PLD (square); (8) Occlutech PLD (rectangular). Sumber: revportcardiol.org

Operasi perbaikan kebocoran paravalvular perkutan dilakukan melalui tusukan kecil di pangkal paha, pada jantung yang berdetak, tanpa perlu membuka kembali bagian dada untuk menjangkau katup jantung. Kateter kecil dimasukkan melalui arteri femoral atau vena femoral di kaki menuju jantung dimana ‘alat seperti steker’ dikerahkan menuju kebocoran paravalvular untuk menutup jaraknya. Prosedur ini dilakukan dengan bantuan kabel pemandu dan pencitraan tingkat lanjut. Hanya dokter spesialis jantung intervensi yang telah terlatih saja yang bisa melakukannya karena kompleksitas teknik yang tinggi.

Pada sebagian kecil pasien, kebocoran ini tidak dapat ditutup karena adanya masalah pada ketidakmampuan kabel pemandu untuk menembus kerusakan katup jantung, dan pada kasus semacam ini pendekatan yang lebih invasif diperlukan.

Keuntungan Prosedur Operasi Lubang Kunci

Dibandingkan dengan operasi jantung terbuka, perbaikan kebocoran paravalvular perkutan dilakukan hanya dalam beberapa jam dan tidak memerlukan pembukaan kembali rongga dada. Waktu pemulihan secara signifikan lebih pendek pada pasien yang menjalani prosedur invasif minimal seperti ini dan banyak dari mereka yang bisa pulang sehari setelah prosedur dilakukan.

Karena terdapat peningkatan jumlah pasien dengan operasi penggantian katup di wilayah Asia, terutama di Asia Tenggara, angka pasien dengan masalah kebocoran katup juga diduga akan meningkat. Ini menempatkan rumah sakit seperti Mount Elizabeth Hospital dalam posisi yang ideal untuk menawarkan operasi ini pada pasien, karena mereka bisa mendapatkan manfaat dari salah satu prosedur jantung paling canggih yang pernah ada.

Peningkatan Hasil Pasien

Pada kasus terbaru dimana pria Indonesia berusia 66 tahun yang menderita gejala sulit bernapas telah berkembang parah hingga pada titik dimana ia hampir tidak mampu berjalan, ekokardiogram menunjukkan kebocoran katup yang parah pada posisi mitral karena katup jantung bocor. Operasi penggantian katup mitral sebelumnya pernah dilakukan pada 2006n dimana katup prostetik diimplan pada jantung.

Operasi jantung terbuka konvensional untuk memperbaiki kebocoran dapat meningkatkan resiko komplikasi pada pasien karena akan membutuhkan operasi pembukaan rongga dada berulang, jelas dr. Chiam. Alih-alih beliau memilih penutupan kebocoran paravalvular perkutan yang sukses dimana prosedur tersebut dilakukan dengan akses invasif minimal dari pangkal paha.

“Pasien dipulangkan dari rumah sakit setelah satu malam rawat inap dan kini bisa berjalan dalam jarak lebih panjang – ia bahkan berjalan menuju klinik tanpa bantuan, “ jelas dr. Chiam. 

“Pengulangan ekokardiogram menunjukkan bahwa kebocoran yang ada telah berkurang secara signifikan.”

Penulis: dr. Paul Chiam, dokter spesialis jantung di Singapura. Diterjemahkan dari artikel Keyhole Surgery For Heart Valve Repairs.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?