Operasi Penggantian Lutut (Knee Replacement)

Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Penggantian lutut atau knee replacement adalah sebuah operasi untuk menggantikan sendi lutut yang sudah rusak dengan prostesis. Prostesis ini terbuat dari logam dan plastik yang secara biologis dapat diterima oleh tubuh manusia. 

Sendi lutut bisa rusak disebabkan oleh berbagai alasan, seperti: 

  • infeksi, 
  • arthritis jenis lainnya, 
  • penyakit degeneratif (disebut osteroarthritis), 
  • cedera atau patah yang pernah dialami. 

Sendi lutut yang rusak menimbulkan rasa sakit dan menyebabkan lutut bengkok seiring berjalannya waktu. Banyak pasien mencari penanganan yang tepat karena rasa sakit dan deformitas telah membatasi aktivitas sehari-hari mereka, menyebabkan rendahnya kualitas hidup dan ketidakpuasan secara emosional.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Apa yang dilakukan pada operasi penggantian lutut? 

Operasi penggantian lutut mengganti sendi pasien yang telah rusak dengan protesis artifisial. Protesis ini akan ditanam pada lutut pasien secara permanen. 

Tujuan utama dari operasi ini adalah untuk mengurangi rasa sakit dan membetulkan deformitas yang terjadi. Tindakan ini kemudian dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dan memungkinkan mereka untuk menjalani hidup yang lebih aktif. 

Berbagai penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa penggantian lutut efektif untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang dan usia bukanlah halangan untuk menentukan keberhasilan operasi. Juga, kemampuan untuk kembali melakukan aktivitas olahraga seperti lari pagi, berenang, golf, dan tenis sangat memungkinkan, tergantung dari kondisi masing-masing pasien.

Apa masalah yang ada pada penggantian lutut?

Pasien yang mengalami penggantian lutut menemukan peningkatan pada mobilitas mereka dan rasa sakit yang berkurang. Namun, satu batasan yang tidak boleh dilanggar adalah tidak boleh berjongkok. 

Memang benar bahwa sebagian pasien yang menjalani penggantian lutut dapat berjongkok, namun sangat disarankan untuk tidak mencobanya. Ini karena posisi jongkok berulang dengan adanya protesis pada operasi penggantian lutut dapat beresiko mengendorkan implan pada lutut seiring berjalannya waktu.

Ada juga resiko operasi dan anestesi yang harus diwaspadai oleh setiap pasien. Resiko operasi meliputi infeksi pada lutut, trombosis vena dalam, kekakuan pada gerakan lutut, implan kendor, atau luka pada saraf atau pembuluh darah. 

Resiko anestesi meliputi stroke atau serangan jantung. Teknik penggantian lutut telah ditingkatkan sehingga resiko-resiko tersebut sangat rendah (0.2% hingga 2%). Ini artinya pada setiap pasien yang menjalani prosedur ini, ada kemungkinan komplikasi sebesar 0.2% hingga 2%. Hal  ini berarti bahwa sebagian besar pasien yang menjalani prosedur ini tidak memiliki komplikasi apapun.

Contoh perjalanan pasien yang menjalani penggantian lutut

Seorang pasien lansia yang hasil X-ray-nya ditunjukkan di bawah ini telah menggunakan kursi roda selama kurang lebih 1 tahun karena rasa sakit yang hebat dan kebengkokan pada lutut bagian kanan. 

Setelah akhirnya memutuskan untuk operasi, ia menjalani penggantian lutut oleh Dr Ang Chia Liang. Karena deformitasnya lebih parah, prostesis besar dengan batang logam harus digunakan. Prostesis ini lebih besar dari prostesis standar. Secara umum, tantangan yang ada pada penanganan pada tahap selanjutnya adalah bahwa operasi ini secara teknis akan lebih sulit dan prostesis besar mungkin harus digunakan. 

Pada pasien ini, setelah menjalani operasi dan fisioterapi, ia kini dapat berjalan ke luar rumah sendirian dengan bantuan tongkat berjalan. Ini merupakan peningkatan yang signifikan pada kualitas hidupnya. Kualitas hidup keluarganya juga secara bersamaan meningkat karena si pasien sudah bisa mendapatkan kemandiriannya kembali.

Osteoarthritis lutut

Bagaimana proses operasi penggantian lutut?

Sebelum operasi, pasien akan diberikan konseling mengenai manfaat dan resiko operasi. Pasien juga harus menuliskan persetujuannya terhadap tindakan ini. Pasien kemudian akan menjalani serangkaian tes pra-operasi yang meliputi tes darah, X-ray dada, dan ECG jantung.

Pasien boleh datang ke rumah sakit di hari operasi yang telah ditentukan. Pasien akan berganti dengan seragam operasi dan akan dikirim ke ruang operasi. Dokter anestesi akan memasukkan alat kecil ke dalam vena pasien dan akan memberikan anestesi umum atau anestesi tulang belakang dengan pereda nyeri. Teknik operasi meliputi pembuatan insisi sepanjang 10 sampai 12 cm di lutut depan, mengangkat permukaan lutut asli yang sudah rusak dan memasukkan lutut prostesis yang baru. 

Pada beberapa kasus, Dr Ang Chia Liang akan menggunakan sistem yang dipandu komputer untuk meyakinkan akurasi dari implantasi lutut. Operasi ini biasanya memakan waktu sekitar 75 hingga 90 menit.

Setelah operasi, pasien akan dimonitor di dalam ruang pemulihan di ruang operasi. Biasanya, seorang pasien bisa menghabiskan waktu 4 sampai 5 jam di ruang operasi sebelum dikembalikan ke bangsalnya. Para perawat akan memberikan obat nyeri secara oral dan intravena di bangsal kemudian pasien boleh makan dan minum jika ia sudah merasa mampu. 

Hari berikutnya setelah operasi, pasien akan memulai fisioterapi dan memulai latihan di atas tempat tidur, berdiri, dan mulai melangkah. Fisioterapi akan terus dilakukan selama pasien berada di rumah sakit, dan biasanya pasien harus dirawat selama 4 hari setelah operasi. Pada beberapa kasus pilihan, pasien bisa dipulangkan lebih cepat hanya dalam 2 hari saja.

Pemulihan penuh setelah operasi penggantian lutut akan memakan waktu selama 3 hingga 6 bulan. Setelah operasi, pasien bisa menggunakan bingkai berjalan dulu selama 1 sampai 3 minggu. Setelah 1 bulan, pasien akan menggunakan tongkat berjalan. Setelah 2 atau 3 bulan, pasien harusnya sudah bisa berjalan sendiri. 

Akan ada fisioterapi lanjutan setelah pasien diperbolehkan pulang yang biasanya dilakukan 3 bulan pasca-operasi. Penting bagi pasien untuk melatih lututnya di rumah dengan mengikuti instruksi dari terapis. Ini akan membantu proses pemulihan lutut dan memberikan hasil yang terbaik.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Akan ada fisioterapi lanjutan setelah pasien diperbolehkan pulang yang biasanya dilakukan 3 bulan pasca-operasi. Penting bagi pasien untuk melatih lututnya di rumah dengan mengikuti instruksi dari terapis. Ini akan membantu proses pemulihan lutut dan memberikan hasil yang terbaik.
Penulis: Dr Ang Chia Liang, dokter spesialis tulang di Singapura. Diterjemahkan dari artikel Knee Replacement Surgery.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Dokter Tulang

Mount Elizabeth Novena Hospital

Lihat Profil

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Kirim Pesan WhatsApp
1
Kirim Pesan WhatsApp
Cari rekomendasi dokter, cek jadwal atau estimasi biaya? Hubungi kami via WhatsApp berikut!
Powered by