orang kurus berkolesterol tinggi

Orang Kurus Juga Bisa Berkolesterol Tinggi

Paul Chiam - Dokter Jantung Singapura - Cardiology - Cardiology
Penulis:
Dokter spesialis jantung di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Apa itu kolesterol?

Lemak yang kita makan diubah oleh liver menjadi kolesterol, sebuah substansi lilin yang penting untuk fungsi tubuh kita namun bisa juga menimbulkan masalah jika kadarnya terlalu banyak dalam darah kita.

Mengapa kolesterol sangat berbahaya?

Kolesterol tinggi telah terbukti menyebabkan penyakit jantung, ketika arteri jantung tersumbat; serta stroke, ketika arteri menuju otak tersumbat. Kolesterol juga bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah menuju tangan atau kaki sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Bagaimana kolesterol “baik” dan “jahat” bisa terdeteksi?

Setelah Anda berpuasa, tes darah akan bisa membedakan kolesterol “baik” (lipoprotein dengan kepadatan tinggi atau HDL yang mengangkut kelebihan kolesterol dalam darah yang membawanya kembali ke liver untuk dipecahkan) dan kolesterol “jahat” (lipoprotein dengan kepadatan rendah atau LDL yang bisa menembus dinding pembuluh darah dan mulai menumpuk di sepanjang jalur pembuluh, membuatnya semakin sempit).

Bagaimana jika kadar kolesterol baik dan jahat Anda sama-sama tinggi?

Target utamanya adalah si kolesterol jahat atau LDL.

Jika pasien telah memiliki penyakit vaskular (penyakit jantung, stroke, dll), menurunkan LDL dengan statin (obat penurun kolesterol), seperti Lipitor, akan diperlukan.

Sama halnya, untuk pasien dengan diabetes atau faktor resiko lain yang bisa meningkatkan resiko kejadian kardiovaskular, terapi statin sangat diperlukan.

Pada beberapa pasien tanpa faktor resiko apapun namun memiliki kadar LDL tinggi, terapi dengan statin juga bisa dipertimbangkan.

Apakah hanya orang dengan kelebihan berat badan yang beresiko memiliki kolesterol tinggi?

Kadar kolesterol seseorang disebabkan oleh banyak hal namun genetik memiliki peran penting. Sehingga orang yang kurus juga bisa memiliki kolesterol tinggi juga.

Tentunya, jika seseorang kelebihan berat badan dan memiliki pola makan tidak sehat, kadar kolesterol bahkan akan lebih tinggi lagi.

orang kurus berkolesterol tinggi
Orang berbadan kurus juga dapat memiliki kolesterol tinggi.

Kapan saya harus khawatir dan datang ke spesialis?

Jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, khususnya jika Anda juga memiliki diabetes atau ada faktor resiko lain seperti tekanan darah tinggi, merokok, serta riwayat penyakit jantung atau stroke dalam keluarga.

Atau jika Anda telah memiliki penyakit kardiovaskular sebelumnya (penyumbatan arteri jantung, stroke, penyempitan arteri yang menyuplai seluruh tubuh, dll).

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Apakah ini adalah resiko pekerjaan untuk Anda mengetahui apa yang dimakan orang?

Tidak juga. Saya pikir makan secukupnya adalah kunci, dan memanjakan diri sesekali tidak akan meningkatkan resiko seseorang secara signifikan. Tentu saja, ini tidak berlaku jika seseorang memakan kwetiau goreng setiap hari.

Bagaimana Anda menggambarkan pekerjaan Anda?

Saya bisa menangani pasien dengan penyakit kardiovaskular, mengendalikan faktor resikonya, termasuk kadar kolesterol dengan terapi obat ataupun perubahan gaya hidup. Saya juga bisa melakukan angioplasti (pelebaran dan penempatan stent) pada arteri pasien-pasien saya jika mereka membutuhkannya.

Saat yang terbaik?

Saya pernah melakukan angiogram pada seorang pasien.

Dia tidak punya penyumbatan yang nyata pada arteri jantungnya, namun ia mengatakan pada saya bahwa ia merasakan rasa sakit yang hebat pada kakinya setiap ia berjalan beberapa meter. Ia bahkan tidak bisa keluar rumah sering-sering.

Tes menunjukkan bahwa arteri menuju kakinya tersumbat sepenuhnya. Karena penyumbatan yang rumit ini, diperlukan beberapa prosedur angioplasti untuk membukanya kembali.

Kondisinya meningkat pesat dan ia bahkan bisa berlibur ke China dan berjalan sejauh beberapa kilometer.

Penulis: dr. Paul Chiam, dokter spesialis jantung di Singapura. Diterjemahkan dari artikel Skinny People Can Have High Cholesterol Too.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?