Kolon

Kolon

Daftar Isi

Kolon atau usus besar adalah organ yang merupakan bagian dari sistem pencernaan (juga disebut saluran pencernaan) di dalam tubuh manusia. Sistem pencernaan adalah kelompok organ yang memungkinkan kita makan dan menggunakan makanan yang kita makan untuk mengisi tubuh kita.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Apa Fungsi Kolon

Kolon memainkan peran yang sangat penting dalam bagaimana tubuh kita menggunakan makanan yang kita makan. Di sini adalah bagaimana makanan melewati tubuh.

Makanan dimulai di mulut di mana ia dikunyah oleh gigi menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Kelenjar ludah melepaskan cairan untuk membantu, dan lidah dan air liur mengubah makanan menjadi lebih kecil lagi yang akan masuk ke esofagus. Esofagus adalah tabung sepanjang 10 inci yang menghubungkan ke perut. Otot di kerongkongan memindahkan makanan ke dalam perut.

Dalam perut, jus lambung – zat protein yang disebut enzim – memecah makanan menjadi zat yang lebih kecil. Perut memiliki otot-otot kuat yang mengaduk makanan sampai menjadi cairan krim. Bahan ini bergerak ke usus kecil.
Dalam usus kecil, partikel makanan menjadi semakin kecil. Cairan dari pankreas, hati dan kantong empedu bercampur dalam usus kecil. Di sinilah semua vitamin dan nutrisi penting dalam makanan bergerak melalui pembuluh darah yang berada di lapisan usus kecil. Darah mengambil nutrisi ke organ lain di dalam tubuh. Nutrisi digunakan untuk membantu memperbaiki sel dan jaringan.

Sisa dari penyerapan ini, yang sebagian besar cair, bergerak ke kolon. Air diserap di kolon. Bakteri di kolon memecah bahan yang tersisa. Kemudian kolon memindahkan bahan yang tersisa ke dalam rektum. Rektum berfungsi seperti tempat penyimpanan limbah . Otot di rektum memindahkan sampah, yang disebut tinja, keluar dari tubuh melalui anus.

Makan sehat baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi diet rendah kalori, berserat tinggi yang ada dalam buah dan sayuran penting untuk menjaga kesehetan kolon. Kolon yang sehat akan membersihkan tubuh Anda dari sisa makanan yang tidak lagi dibutuhkan. Jika kolon Anda tidak berfungsi baik, Anda akan mengalami masalah seperti kembung, gas dan rasa sakit.

Siapa Dokter Spesialis Bedah Kolon dan Rektal (Kolorektal)?

Dokter spesialis bedah kolon dan rektal (kolorektal) merupakan ahli dalam perawatan bedah dan non-bedah penyakit kolon, rektum dan anus. Dokter spesialis bedah mendapatkan pelatihan bedah lanjutan dalam pengobatan penyakit ini serta pelatihan bedah umum. Mereka berpengalaman dalam pengobatan penyakit tumor jinak dan ganas (kanker) pada kolon, rektum dan anus dan mampu melakukan pemeriksaan skrining rutin dan kondisi pembedahan, jika diindikasikan untuk melakukannya. Temui dokter Anda tentang kanker kolorektal. Kanker kolorektal dapat dicegah, dan mudah diobati dan sering dapat disembuhkan ketika terdeteksi dini.

Kolon Penyakit dan Kondisi Medis

Kanker Kolorektal

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?