Mata

Daftar Isi

Mata adalah indra manusia yang paling sering digunakan dibanding indra lainnya.

Mata merupakan organ sensorik utama pendeteksi cahaya yang mengirimkan informasi dalam bentuk visual ke otak dengan kemampuan untuk membedakan antara warna dan kedalaman. Oleh sebab itu, sekitar 75% informasi yang Anda terima berasal dari mata. 

Meski berukuran kecil, mata adalah organ yang sangat kompleks. Umumnya, mata memiliki lebar sekitar 1 inci, kedalaman 1 inci, dan tinggi 0,9 inci. Indra penglihatan ini memiliki kemampuan sudut pandang 200 derajat dan dapat melihat 10 juta warna serta nuansa. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Bagian Mata dan Fungsinya

Mata merupakan organ tubuh berbentuk bulat dan sedikit menonjol ke bagian depan. Mata dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian dalam dan bagian luar bola mata. Untuk lebih spesifiknya, berikut bagian-bagian mata beserta fungsinya:

Lapisan Air Mata

Lapisan air mata adalah lapisan pertama mata yang dapat dengan jelas terlihat dan teksturnya lembab. Fungsinya menjaga mata agar tetap halus dan lembab.

Kornea

Kornea adalah bagian depan mata yang jernih dan transparan dengan menutupi iris, pupil, dan anterior. Bentuknya bulat dan halus. Kornea tidak memiliki pembuluh darah dan juga sangat sensitif terhadap penyakit. Meski begitu, kornea berfungsi sebagai jendela pelindung dan memfokuskan sinar cahaya sebelum masuk mata.

Konjungtiva

Konjungtiva adalah lapisan tipis di mata yang memproduksi cairan untuk melembabkan kornea agar tidak kering. Fungsi konjungtiva sebagai selaput lendir yakni menutupi permukaan mata dan bagian dalam kelopak mata. 

Sklera

Sklera adalah penutup bola mata yang berwarna putih, tidak tembus cahaya, elastis, berserat, dan mengandung kolagen. 

Iris

Iris adalah jaringan berpigmen dengan dua otot yang berfungsi untuk mengontrol penyempitan dan pelebaran pupil. Kalau dilihat pada mata, iris merupakan bagian yang berwarna. Fungsinya untuk mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke mata.

Pupil

Pupil adalah pembukaan di tengah mata yang letaknya berada di belakang retina. Cahaya yang masuk lewat pupil akan diteruskan melalui lensa mata untuk kemudian memusatkan fokus bayangan ke retina. 

Ruang Anterior

Ruang Anterior atau anterior chamber adalah ruang berisi cairan di antara iris dan permukaan bagian dalam kornea yang terdiri dari endotelium. Endotelium adalah lapisan tipis sel yang melapisi pembuluh darah.

Lensa Mata

Lensa adalah bagian mata yang letaknya di belakang pupil. Berfungsi untuk memfokuskan cahaya ke retina. Ini merupakan jaringan berserat yang bentuknya dapat berubah untuk menambah atau mengurangi ukuran lensa, sehingga memungkinkan mata untuk fokus pada suatu objek.

Retina

Retina adalah jaringan peka akan cahaya yang kemudian menangkap energi cahaya dan mengirim energi tersebut ke otak sebagai impuls saraf. Letaknya di bagian belakang bola mata.

Saraf Optik

Saraf optik adalah jaringan sel saraf yang menerima impuls dari lapisan serat saraf di retina. Berfungsi untuk mengirimkan impuls saraf ke otak.

Gejala Mata Bermasalah

Apabila Anda mengalami beberapa gejala mata bermasalah berikut ini, Anda patut waspada dan sebaiknya periksakan ke dokter. 

Gejala-gejala ada masalah pada organ mata, yaitu:

Mata Tegang

Apakah Anda menatap layar komputer selama berjam-jam? Atau menghabiskan waktu seharian untuk membaca buku? Ini merupakan beberapa contoh keadaan yang membuat mata tegang, karena Anda terlalu sering menggunakan mata untuk bekerja. Padahal mata juga perlu istirahat sama seperti bagian tubuh lainnya. Ketika mengalami tegang mata, tidak ada salahnya memberikan jeda untuk istirahat dan tanyakan kepada dokter jika tidak berangsur pulih dalam beberapa hari. 

Mata Merah

Saat berkaca di cermin terlihat mata Anda yang memerah. Hal ini dapat terjadi karena permukaan mata ditutupi dengan pembuluh darah yang membengkak ketika terjadi iritasi atau infeksi. Penyebab mata merah yang lainnya yakni mata lelah, tidur larut malam, kurangnya jam tidur, atau alergi. Lain halnya jika terjadi cedera sebaiknya periksakan ke dokter.

Sulit Melihat di Malam Hari

Buta ayam adalah istilah yang digunakan untuk seseorang yang sulit melihat di malam hari atau di tempat gelap. Ini merupakan gejala mata bermasalah yang patut diwaspadai. Ada kemungkinan Anda mengidap rabun jauh, katarak, atau kekurangan vitamin A. 

Tidak Bisa Membedakan Warna

Buta warna adalah istilah yang digunakan untuk seseorang yang tidak bisa melihat warna tertentu. Apakah Anda sulit membedakan warna atau tidak bisa melihat warna tertentu? Ini bisa saja terjadi ketika sel-sel warna di mata tidak dapat berfungsi dengan baik. Anda harus menjalankan serangkaian tes untuk mengetahui jenisnya. 

Mengalami Gangguan Koordinasi

Gangguan koordinasi pada mata biasanya disebut dengan juling. Ini dapat terjadi ketika posisi kedua mata tidak sejajar dan tidak sinkron sehingga mata melihat ke arah yang berbeda. Gangguan koordinasi mata ini terjadi akibat otot penggerak bola mata yang tidak berfungsi dengan baik.

Jenis Penyakit Mata

Berikut jenis-jenis penyakit mata yang paling umum dialami oleh pasien:

Katarak

Katarak adalah lensa mata yang keruh, hal ini menyebabkan cahaya tidak bisa menembusnya. Penyakit katarak ada beberapa jenis sesuai dengan tingkatannya dan yang paling mengerikan adalah penglihatan yang mengalami keburaman total.

Degenerasi Makula

Makula adalah sebuah daerah kecil yang bentuknya bulat, posisinya di belakang retina dengan jarak kurang lebih 3,5 mm dari temporal dan kurang lebih 0,5 mm dari inferior. Degenerasi makula adalah penyakit mata yang kerap dialami orang tua. Penyakit ini merusak makula mata yang terletak di pusat retina yang berdampak pada hilangnya penglihatan yang tajam.

Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata yang secara bertahap merusak saraf optik yang mengirim informasi visual dari mati mata ke otak. Mungkin Anda tidak menyadari memiliki gangguan glaukoma, karena efeknya baru terasa setelah terjadi kerusakan saraf yang signifikan sampai kehilangan penglihatan.

Penyakit Retina

Gangguan retina biasanya merupakan gangguan herediter atau bawaan gen di mana sel-sel batang dan kerucut di retina memburuk, sehingga menyebabkan adanya gangguan atau hilangnya penglihatan.

Presbiopi

Presbiopi adalah penyakit mata yang terjadi secara bertahap dengan gejala kehilangan kemampuan untuk fokus dan melihat objek dalam jarak dekat.

Metode Pemeriksaan Mata

Berikut beberapa tes khusus yang mungkin dilakukan oleh dokter spesialis mata sebagai bagian dari metode pemeriksaan, di antaranya:

Tonometri

Pada tonometri, dokter akan mengukur tekanan yang diperlukan untuk meratakan kornea Anda di bagian tertentu. Tes ini sangat membantu dokter untuk mendiagnosis dan melacak adanya indikasi glaukoma. Dokter akan memberikan obat tetes mata yang membuat mata Anda kebal saat ada tekanan ringan di atasnya, karena dokter akan menekan mata Anda dengan alat yang disebut tonometer.

Topografi Kornea

Tes topografi kornea sudah terkomputerisasi sehingga dapat menunjukkan masalah-masalah yang terjadi di permukaan mata Anda, seperti adanya pembengkakkan dan lain sebagainya. Tes ini biasanya dilakukan sebelum menjalani operasi, transplantasi kornea, atau pemasangan lensa kontak.

Tomografi Retina

Tomografi adalah sebuah teknik radiologi yang dapat memperlihatkan struktur jaringan anatomi pada bidang jaringan. Tomografi retina dilakukan untuk mendapat gambar retina secara detail pada semua lapisannya. Tes ini biasanya dilakukan saat kondisi retina yang sudah memburuk, seperti terjadinya degenerasi makula.

Tes Ketajaman Penglihatan

Tes ini mengukur seberapa baik mata Anda melihat dari jarak dekat dan jauh. Anda akan diminta untuk membaca huruf atau tulisan yang ditunjuk oleh dokter mata. Jika anak Anda belum bisa membaca, dokter akan melakukan tes khusus. 

Dokter Spesialis untuk Penyakit Mata

Melakukan pemeriksaan mata tidak hanya dianjurkan oleh orang yang mengalami gangguan penglihatan, tetapi orang sehat pun dianjurkan untuk memeriksa kesehatan mata secara ke dokter spesialis mata (oftalmologis), optometris (ahli mata), atau optician (ahli kacamata).

Cara Menjaga Mata Tetap Sehat

Kesehatan mata tidak boleh dianggap remeh, karena mata merupakan indra yang paling sering Anda gunakan untuk mendapat informasi sehari-hari. Buat Anda yang ingin mulai menjaga kesehatan mata bisa simak beberapa tips di berikut:

Konsumsi Makanan Sehat

Menjaga kesehatan mata bisa dimulai dari mengonsumsi makanan sehat, seperti asam lemak omega-3, lutein, vitamin C, dan vitamin E yang membantu menangkal munculnya masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia. Beberapa makanan sehat yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan mata yaitu:

  • Telur.
  • Jeruk.
  • Tiram.
  • Sayuran hijau.
  • Salmon dan tuna.
  • Kacang-kacangan.

Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok membuat Anda lebih rentan terkena katarak, mengalami kerusakan saraf optik, dan degenerasi makula. Mulai sekarang coba kurangi kebiasaan merokok secara bertahap. Semakin besar konsistensi Anda untuk lepas dari kecanduan rokok, semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan mata yang sehat. 

Pakai Kacamata Hitam

Mata yang terlalu sering terpapar sinar UV memiliki risiko katarak dan degenerasi makula. Menggunakan kacamata hitam dapat membantu melindungi mata Anda dari paparan sinar UV.

Berhenti Menatap Layar Komputer

Menatap layar komputer terlalu lama dapat membuat mata menjadi tegang, kering, sulit fokus, bahkan sakit kepala. Berikan jeda waktu untuk mata Anda beristirahat. Ada pula beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi risiko gangguan mata karena terlalu lama menatap layar komputer, yaitu;

  • Gunakan kursi kerja yang nyaman. 
  • Istirahatkan mata selama 20 menit.
  • Posisikan layar sejajar dengan mata.
  • Hindari cahaya silau dari jendela dan lampu.
  • Berkedip lebih banyak jika mata Anda kering.

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?