Payudara

Daftar Isi

Payudara adalah bagian tubuh atas yang terdiri dari lemak dan jaringan ikat, selain itu terdapat lobus, lobulus, saluran ASI, pembuluh darah, dan kelenjar getah bening di dalamnya. Lobus adalah bagian dari payudara yang terbagi lagi menjadi beberapa lobulus. Kelenjar-kelenjar kecil atau lobulus inilah yang akan menghasilkan ASI.

Jaringan payudara terbentuk sejak awal kehidupan janin, yaitu pada minggu ke-4. Jaringan tersebut berkembang bersama dengan dua saluran susu yang berawal dari ketiak.

Payudara tidak memiliki jaringan otot. Bentuk dan ukuran payudara ditentukan oleh seberapa banyak jaringan lemak yang terdapat pada payudara. Jaringan ikat dan ligamen pada payudara berperan untuk mempertahankan struktur anatomi payudara. Saraf yang terdapat di dalamnya berfungsi memberikan sensasi pada payudara.

Payudara juga berisi pembuluh darah, pembuluh getah bening, serta kelenjar getah bening. Pembuluh darah melalui arteri dan kapiler, mengalirkan darah yang berisi asupan oksigen dan nutrisi pada jaringan payudara.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Apa Fungsi Payudara

Payudara manusia berkembang pada masa pubertas dan kondisi tersebut tidak berubah sepanjang hidup. Di masa kehamilan, payudara mengalami perubahan yang cukup signifikan seiring dengan stimulasi dari hormon estrogen, menyebabkan payudara akan tampak bertambah besar, serta warna areola di sekitar puting menjadi lebih gelap.

Pada payudara, bagian anatomi yang berperan terhadap produksi ASI meliputi lobus, lobulus, dan duktus. Payudara wanita normalnya memiliki 15-20 lobus yang akan terbagi lagi menjadi bagian lebih kecil, lobulus atau kelenjar payudara.  Lobulus-lobulus ini berperan dalam menghasilkan ASI pada ibu menyusui

ASI yang diproduksi oleh lobus dan lobulus akan dibawa melalui saluran kecil yang disebut duktus. Dengan adanya saluran ini, maka ASI dapat dikeluarkan melalui puting.

Meski payudara tiap wanita berbeda-beda, jumlah jaringan penghasil ASI  hampir sama. Jadi, terlepas dari ukuran fisik ibu yang lebih kecil atau lebih besar, jumlah produksi ASI yang dihasilkan tiap ibu menyusui umumnya kurang lebih sama. ASI yang dihasilkan payudara berfungsi sebagai susu untuk bayi atau balita.

Siapa Dokter Spesialis Kandungan Dan Kebidanan

Dokter spesialis kandungan dan kebidanan mendeteksi berbagai penyakit terkait organ genital dan kandungan serta organ payudara dan dapat bekerja sama dengan spesialis lain seperti spesialis bedah onkologi untuk menangani kasus yang membutuhkan pembedahan seperti kanker payudara.

Payudara Penyakit dan Kondisi Medis

Kondisi kesehatan payudara merupakan salah satu yang harus diperhatikan kaum wanita. Salah satu risiko pada payudara adalah kemungkinan mengalami infeksi pada jaringannya, terutama pada masa menyusui, yang disebut dengan mastitis.

Kanker Payudara

Selain itu, waspadai kemunculan benjolan atau massa pada payudara, karena bisa jadi merupakan suatu kanker meski tidak selalu bukan. Benjolan yang sering terjadi pada payudara adalah fibrokistik atau kista payudara. Sementara pada wanita yang berusia di antara 15 hingga 35 tahun, lebih sering terjadi fibroadenoma. Fibroadenoma adalah salah satu jenis tumor jinak yang terasa seperti benjolan kecil di dalam payudara dan tidak terasa sakit.

Payudara Diagnosis dan Pemeriksaan

Pencegahan Kanker Payudara

Skrining Kanker Payudara

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?