Serviks

Serviks

Daftar Isi

Serviks adalah jaringan berbentuk leher silinder yang menghubungkan vagina dan rahim. Terletak di bagian paling bawah uterus, serviks tersusun atas jaringan fibromuskular.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Dua bagian utama serviks

Bagian serviks yang dapat dilihat dari dalam vagina selama pemeriksaan ginekologi dikenal sebagai ektocervix. Pembukaan di pusat ectocervix, yang dikenal sebagai os eksternal, terbuka untuk memungkinkan jalur antara uterus dan vagina.

Endoserviks, atau saluran endoserviks, adalah terowongan melalui serviks, dari os eksternal ke uterus. Batas tumpang tindih antara endocervix dan ectocervix disebut zona transformasi.

Apa Fungsi Serviks

Serviks menghasilkan lendir serviks yang mengubah konsistensi selama siklus menstruasi untuk mencegah atau meningkatkan kehamilan.

Selama persalinan, serviks melebar secara luas untuk memungkinkan bayi melewati. Selama menstruasi, serviks membuka sejumlah kecil untuk memungkinkan lewatnya aliran menstruasi.

Siapa Dokter Spesialis Kanker Serviks

Dokter spesialis kandungan dan kebidanan dapat mendeteksi kasus kanker serviks dan penangananannya dilakukan oleh dokter spesialis onkologi.

Serviks Penyakit dan Kondisi Medis

Kanker Serviks

Serviks Diagnosis dan Pemeriksaan

Skrining Kanker Serviks

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?