Asuransi Kesehatan di Indonesia

Panduan Lengkap Memilih Asuransi Kesehatan di Indonesia

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Siapa pun tidak ingin sakit. Namun, berbagai macam penyakit bisa datang kapan saja secara tiba-tiba. Namun, biaya pengobatan yang mahal kerap menjadi kendala untuk mendapatkan penanganan dari profesional secara tepat waktu. Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki asuransi kesehatan sebagai pegangan jika jatuh sakit dan sebagai cara mengantisipasi tingginya biaya yang dikeluarkan saat Anda harus berobat.Saat ini, ada banyak pilihan asuransi kesehatan di Indonesia. Sebelum memilih agen/perusahaan asuransi kesehatan tertentu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Di bawah ini beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan apabila memiliki asuransi kesehatan, di antaranya:

1. Keuangan Aman

Masalah kesehatan bisa menghabiskan banyak uang, misalnya untuk biaya konsultasi, pengobatan, dan kemungkinan rawat inap di rumah sakit. Jangan biarkan kekurangan uang membuat pengobatan Anda terhambat, ini sangat merugikan, karena penyakit bisa muncul kapan saja secara tak terduga.

Beberapa orang tidak mampu membayar biaya rawat inap di rumah sakit saat membutuhkannya. Sulit untuk menentukan kapan penyakit muncul, tapi semuanya bisa teratasi jika Anda memiliki asuransi kesehatan. 

2. Kemudahan Pikiran

Penyakit bisa datang kapan saja. Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat akibat kekurangan uang, nantinya akan mengganggu ketenangan pikiran Anda. Asuransi Kesehatan akan memastikan bahwa setidaknya sebagian dari biaya pengobatan akan dibayarkan sehingga mengurangi stres Anda.

3. Memastikan Anda Bisa Menikmati Layanan Kesehatan

Dengan perlindungan asuransi kesehatan, semua masalah kesehatan dapat diperiksa. Oleh karena itu, penyakit akan teratasi dan dirawat tepat waktu sebelum semakin parah.

4. Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Pemeriksaan kesehatan rutin tanpa jaminan kesehatan akan menghabiskan biaya yang cukup tinggi, mungkin termasuk layanan rawat inap. Dengan asuransi kesehatan, biaya ini dapat ditanggung.

BPJS Kesehatan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah badan pemerintah yang menjamin asuransi kesehatan masyarakat Indonesia. Ketersediaan BPJS Kesehatan memberikan banyak manfaat yang memungkinkan setiap masyarakat mendapatkan pemeliharaan kesehatan dan kebutuhan dasar kesehatan terpenuhi dengan baik. 

Berikut ini beberapa manfaat BPJS Kesehatan yang dikutip dari situs resmi BPJS Kesehatan:

  • Pelayanan kesehatan tingkat pertama, termasuk puskesmas, praktik mandiri dokter dan dokter gigi, klinik pertama atau yang setara, rumah Sakit Kelas D Pratama atau yang setara, serta faskes penunjang seperti apotek dan laboratorium.
  • Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP), ini termasuk pelayanan promotif preventif, penyuluhan kesehatan perorangan, imunisasi rutin, keluarga berencana (KB) yang meliputi konseling dan pelayanan kontrasepsi, skrining kesehatan tertentu, dan peningkatan kesehatan bagi penderita penyakit kronis.
  • Manfaat Rawat Inap Tingkat Pertama (RITP), termasuk pendaftaran dan administrasi, akomodasi rawat inap, pemeriksaan, pengobatan dan  konsultasi medis, tindakan medis non spesialistik, pelayanan kebidanan untuk ibu, bayi dan balita.
  • Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL), termasuk perawatan inap non intensif dan perawatan inap intensif, seperti ICU, ICCU, NICU, dan PICU.
  • Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL), termasuk administrasi pelayanan, pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis dasar di UGD, tindakan medis spesialistik seperti bedah maupun non bedah sesuai indikasi medis, pelayanan obat, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai, pelayanan penunjang diagnostik lanjutan, rehabilitasi medis dan pelayanan darah.
  • Pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan, merupakan upaya pelayanan kesehatan perorangan bersifat spesialistik dan subspesialistik. Ini termasuk rawat jalan dan rawat inap tingkat lanjutan, serta rawat inap di ruang perawatan khusus.

Perlukah Memiliki Asuransi Kesehatan Selain BPJS Kesehatan?

Freddy Pielor, seorang praktisi keuangan dan asuransi menyampaikan dalam situs OJK, setiap pekerja formal membutuhkan proteksi lain untuk menutupi kebutuhan yang tidak bisa dijamin oleh BPJS Kesehatan. Seluruh peserta BPJS harus menanggung kekurangan jika terjadi excess claim (kelebihan klaim) dari yang sudah ditetapkan. 

Dengan membeli kontrak/polis asuransi, Anda akan lebih tenang karena mendapatkan biaya pertanggungan yang sesuai dengan yang apa yang sudah Anda bayarkan kepada agensi/perusahaan asuransi. 

Hal Penting Sebelum Menggunakan Asuransi Kesehatan

Di Indonesia ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa asuransi kesehatan. Apabila Anda berencana memiliki asuransi kesehatan, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal penting seperti yang disarankan oleh OJK, meliputi:

  • Surat penawaran yang diberikan perusahaan. 
  • Memastikan agen/perusahaan asuransi yang bersertifikat. 
  • Ketersediaan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Memastikan semua data di dalam SPPA sudah sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya.
  • Membaca kontrak/atau polis dengan seksama tanpa melewatkan apa pun.
  • Jangan ragu untuk menanyakan kepada agen/perusahaan jika terdapat keganjilan di dalam kontrak/polis.
  • Mengajukan perubahan jika terdapat kesalahan data di dalam kontrak/polis yang diberikan oleh agen/perusahaan.
  • Perhatikan metode klaim yang ditawarkan. Ini termasuk reimbursement, provider, dan managed care.

Tips Memilih Perusahaan Asuransi Kesehatan

Sebelum memilih agen/perusahaan yang menawarkan asuransi kesehatan, ikuti tips berikut ini yang dikutip dari situs Alliance Health, di antaranya:

1. Menentukan Tempat dan Waktu Pendaftaran

Kebanyakan orang memilih asuransi kesehatan melalui atasan mereka. Ketika Anda memulai pekerjaan baru dengan sebuah perusahaan, tanyakan kepada HR seputar pendaftaran asuransi. Perusahaan biasanya memiliki akses online untuk mendapatkan informasi SDM, seperti asuransi kesehatan.

Pastikan Anda mengantongi informasi lengkap untuk mengakses akun Anda. Dengan begitu, Anda bisa memperbarui kontrak dengan perusahaan asuransi.

2. Membandingkan Asuransi Kesehatan Anda Saat Ini dengan yang Lainnya

Jika Anda terdaftar dalam rencana asuransi kesehatan di salah satu agen/perusahaan, ini akan sangat membantu untuk memeriksa apakah Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak di agen/perusahaan lainnya. 

Saat membandingkan berbagai jenis rencana asuransi kesehatan yang tersedia, Anda harus memahami istilah dan akronimnya. Fokuslah pada ringkasan manfaat secara keseluruhan. Umumnya setiap rencana juga mencantumkan klinik dan dokter. 

3. Pikirkan Jumlah Perawatan Kesehatan yang Anda Gunakan

Saat Anda mencari opsi yang berbeda, analisis jenis dan jumlah perawatan yang Anda gunakan sekarang dan di masa lalu. Anda tidak dapat menerawang setiap pengeluaran, tetapi fokuslah pada tren untuk membantu Anda saat memutuskan.

Biasanya usia merupakan indikator yang sangat baik, tetapi ada juga masalah kesehatan yang bisa datang secara tiba-tiba. 

4. Mengevaluasi Jaringan Rencana Kesehatan

Biaya perawatan kesehatan Anda biasanya lebih rendah ketika Anda mengunjungi dokter yang masih satu jaringan. Perusahaan asuransi kesehatan akan menawarkan tarif yang lebih rendah dengan dokter yang ada dalam jaringan. 

Dokter yang berada di luar jaringan tidak memiliki tarif kontrak/polis. Sehingga kemungkinan besar Anda akan diminta untuk membayar biaya yang lebih tinggi.

5. Membandingkan Biaya Pribadi

Sama seperti jaringan kesehatan, mengevaluasi biaya pribadi sangat penting saat memilih paket asuransi kesehatan yang tepat untuk Anda dan keluarga. Kebanyakan ringkasan tunjangan kesehatan berfokus pada jumlah yang harus dibayarkan sebagai pengeluaran pribadi. Informasi ini harus dicantumkan, termasuk tentang pembagian biaya, pertanggungan asuransi, dan lain sebagainya. 

6. Fokus pada Biaya Tahunan

Sangat mudah untuk fokus pada pembayaran premi bulanan saat Anda mengevaluasi rencana. Tetapi jika Anda ingin membuat keputusan yang tepat evaluasi juga biaya lain, seperti biaya yang harus dibayar pemilik kontrak/polis asuransi jika mengajukan klaim (deductible) dan pembayaran bersama.

Asuransi kesehatan Indonesia bisa Anda dapatkan dari BPJS Kesehatan atau agensi/perusahaan asuransi lainnya. Pertimbangkan dengan matang sebelum Anda memutuskan rencana asuransi kesehatan untuk Anda dan keluarga tercinta.

Smarter Health akan membantu Anda dalam mencari rekomendasi rumah sakit, dokter spesialis, membuat janji temu dengan dokter, telekonsultasi, hingga menghitung estimasi biaya berobat di dalam dan luar negeri.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?