medical check up

Panduan Medical Check Up di Malaysia

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Saat ini, kesadaran orang Indonesia untuk melakukan medical check up (MCU) sudah mencapai hampir 50%. Meskipun begitu, tetap saja masih ada orang yang menghindari medical check up dengan berbagai alasan. 

Alasan yang paling banyak dipakai mulai dari menganggapnya buang-buang uang, merasa tidak ada keluhan, hingga takut hasil pemeriksaan ternyata mengindikasikan penyakit tertentu.

Padahal, bukan kah mencegah selalu lebih baik daripada mengobati? 

Dengan medical check up, seseorang bisa mengetahui kondisi kesehatannya dan mendeteksi potensi kelainan atau gangguan. Semakin dini potensi tersebut terdeteksi, maka semakin besar peluang kita mencegahnya menjadi parah. Bisa jadi kita malah hanya perlu mengubah pola hidup, tanpa pengobatan apa-apa.

Selama ini, orang Indonesia biasanya medical check up di Singapura. Padahal, Malaysia bisa menjadi alternatif yang tak kalah bagusnya. 

Tidak hanya pengobatan terhadap penyakit akut dan kronis (seperti kanker, stroke, dan lain-lain), rumah sakit di Malaysia turut menyediakan layanan medical check up yang berkualitas. 

Kita tinggal pilih mau medical check up di Kuala Lumpur, Penang, atau Melaka.

Kenapa sih kita perlu medical check up di Malaysia? Bagaimana caranya? Simak informasinya di bawah ini.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Keuntungan Medical Check Up di Malaysia?

Ada sejumlah alasan yang mendorong orang Indonesia medical check up ke Malaysia, antara lain:

1. Lokasi dekat dan akses mudah

Kita bisa mencapai Negeri Jiran tersebut dengan mudah dan cepat, menggunakan pesawat terbang atau kapal feri. 

Penerbangan langsung dari Indonesia tersedia di enam kota, yaitu Jakarta, Medan, Surabaya, Denpasar, Banda Aceh, dan Pekanbaru. 

Sementara untuk kapal feri, penyeberangan tersedia dari Dumai ke Melaka.

2. Bisa sekalian jalan-jalan

Baik Kuala Lumpur, Melaka, dan Penang, ketiganya adalah destinasi wisata unggulan Malaysia. 

Melaka dan George Town (ibu kota Penang) bahkan tercatat sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. 

Umumnya, orang dari Indonesia mengambil waktu tiga harian untuk perjalanan medical check up di Malaysia. Hari pertamanya digunakan untuk seharian pemeriksaan kesehatan. Dua hari berikutnya dimanfaatkan untuk jalan-jalan menikmati berbagai atraksi menarik di sekitar. 

Rumah sakit di Malaysia sendiri sering kali menyediakan promo paket medical check up plus liburan

3. Pelayanan kesehatan disokong fasilitas dan tenaga medis terbaik

Pemerintah Malaysia memberikan perhatian khusus kepada sektor pelayanan kesehatan melalui Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC). Organisasi pemerintah tersebut memastikan bahwa seluruh rumah sakit di Malaysia, menyediakan fasilitas dan peralatan terkini serta tenaga medis yang profesional nan andal. 

4. Biaya pemeriksaan bersahabat

Berdasarkan hasil survei, biaya berobat ke Malaysia sangat terjangkau, lebih murah 60-80% dibandingkan sejumlah destinasi wisata medis dunia lainnya. 

5. Ada diskon 5% jika pesan melalui Smarter Health

Masyarakat Indonesia bisa lebih mudah memesan paket medical check up di Malaysia lewat Smarter Health.

Layanan gratis Smarter Health bisa merekomendasikan beberapa paket medical check up di Malaysia, berdasarkan kondisi medis dan bujet.

Dengan tersedianya paket medical check up Malaysia di Smarter Health, Anda tak usah keluar biaya, apalagi membuang waktu dan tenaga untuk mengontak rumah sakit sendiri.

6 Hal Penting Sebelum Medical Check Up di Malaysia

Informasi berikut adalah panduan untuk Anda yang ingin medical check up di Malaysia. 

1. Menentukan paket medical check up

Setiap klinik atau rumah sakit di Malaysia menyediakan program medical check up dengan rincian pemeriksaan berbeda-beda. Namun, rincian medical check up juga tersedia jika Anda memesan paket medical check up lewat Smarter Health.

Dengan Smarter Health, Anda sudah pasti menyingkat waktu untuk melakukan riset rumah sakit dan paket medical check up di Malaysia, termasuk estimasi biayanya. Menariknya lagi, ada diskon 5% untuk semua medical check-up di Malaysia. 

2. Membuat jadwal pemeriksaan

Setelah Anda mengambil keputusan akan mengambil paket medical check up yang mana, berikutnya adalah membuat jadwal pemeriksaan ke rumah sakit terkait. 

Untuk pemesanan melalui kami, Anda bisa langsung menentukan jadwal check up lewat website kami. 

Soal pembayaran, Anda tinggal membayar setelah check up di klinik atau rumah sakit setempat.

3. Memesan tiket pesawat ke Malaysia

Cukup banyak pilihan penerbangan langsung ke Malaysia yang bisa Anda pilih, dengan kisaran harga mulai dari Rp500.000 sampai empat jutaan rupiah per orang. Sejumlah rute yang tersedia, antara lain:

  • Jakarta – Kuala Lumpur
  • Jakarta – Penang
  • Medan – Kuala Lumpur
  • Medan – Penang
  • Denpasar – Kuala Lumpur
  • Banda Aceh – Penang
  • Surabaya – Kuala Lumpur
  • Pekanbaru – Melaka

Bagi Anda yang ingin ke Malaysia dengan jalur laut, penyeberangan tersedia dari Dumai ke Melaka. Tarifnya sekitar Rp300 ribuan per orang dewasa. 

4. Siapkan dokumen perjalanan

Pastikan paspor Anda memiliki masa berlaku tak kurang dari enam bulan. 

Siapkan pula alat pembayaran untuk memperlancar transaksi selama di Malaysia. Hubungi bank Anda untuk memastikan bahwa Anda bisa menggunakan kartu debit atau kredit Anda di Malaysia. 

Sediakan pula uang tunai ringgit secukupnya agar mudah membayar di tempat-tempat yang tidak menerima metode pembayaran elektronik.

5. Booking hotel

Booking kamar hotel menyesuaikan waktu dan lama perjalanan Anda di Malaysia. Pastikan memilih hotel dengan jarak sangat dekat ke rumah sakit tujuan, atau setidaknya memiliki akses mudah. Perhatikan fasilitas yang disediakan hotel maupun di sekitarnya. 

Jika datang bersama keluarga, rekomendasinya hotel bintang 4 dengan fasilitas lengkap.

6. Menyiapkan transportasi

Antar-jemput bandara adalah jenis transportasi utama yang harus Anda sediakan. Untungnya, semua rumah sakit di Malaysia menyediakan layanan penjemputan dari bandara terdekat. Anda bisa meminta bantuan Smarter Health untuk menyiapkan layanan tersebut.

Selain itu, pertimbangkan apakah Anda membutuhkan mobil rental atau hanya akan mengandalkan taksi dan transportasi publik di Malaysia. Apabila ingin lebih bebas bergerak dan membawa serta banyak orang, sebaiknya sewa mobil.

Medical check up sebaiknya dilakukan secara rutin. Meskipun merasa sehat, medical check up perlu Anda lakukan seminimalnya satu tahun sekali.

Ibarat kata, Anda melakukan pemantauan kondisi tubuh secara berkala, terutama karena pertambahan usia dan gaya hidup masa kini lebih rentan membuat tubuh terserang kondisi tertentu.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?