Panduan Penggunaan Gadget pada Anak

Panduan Penggunaan Gadget pada Anak

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Ditinjau oleh: dr. Qanissa Afianti Razzqy
Publish tanggal: Mar 3, 2021
Update terakhir: Mar 3, 2021

Internet bagai pisau bermata dua bagi perkembangan anak-anak. Ada dampak positif dan dampak negatif jika anak Anda menggunakan gadget. Sebagai orangtua, Anda harus bisa menjaga anak dari dampak negatif tersebut. Berikut ini kami bagikan manfaat gadget, risikonya, serta panduan penggunaan gadget pada anak yang baik dan benar. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Manfaat Gadget pada Perkembangan Anak

Selalu ada pro dan kontra tentang dampak teknologi terhadap perkembangan anak. Sebagai orangtua, sebaiknya Anda menyeimbangkan antara teknologi dan kehidupan anak Anda. Pastikan anak menyerap semua manfaat gadget dan lindungi mereka dari efek negatif, karena apa pun yang berlebihan bisa menjadi buruk. 

Berikut ini beberapa manfaat gadget pada perkembangan anak:

  • Mengajarkan hidup mandiri kepada anak. 
  • Membantu menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini. 
  • Menyediakan platform agar anak dapat bebas berekspresi.
  • Mengembangkan pembelajaran, baik itu akademik, sosial, kesenian, dan sebagainya. 
  • Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan ketekunan dalam mempelajari hal-hal baru. 
  • Meningkatkan kreativitas anak karena dapat memperluas wawasan dengan pengetahuan terkini. 
  • Membantu anak dalam sosialisasi dan membangun hubungan di dunia maya. Namun, persahabatan di dunia maya tidak dapat menggantikan persahabatan di dunia nyata. Bimbing anak Anda untuk belajar bersosialisasi dan menjalin hubungan di dunia nyata. 

Dampak Negatif Gadget pada Anak

Selain dampak positif, Anda juga harus mengetahui apa saja dampak negatif penggunaan gadget pada anak, seperti:

  • Menimbulkan masalah keterampilan sosial. Anak bisa kecanduan gadget karena tidak menghabiskan cukup waktu dengan keluarga atau teman mereka. Mereka cenderung terhubung secara virtual dengan teman, berbagi foto, dan mengirim pesan secara online daripada bertemu secara langsung.
  • Masalah kesehatan, karena penggunaan gadget yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan anak Anda.
  • Saat menggunakan internet, anak mungkin menemukan hal-hal yang merugikan seperti phishing, virus, dan bahaya lainnya yang menyamar sebagai iklan.
  • Dapat mengurangi kualitas tidur, karena menggunakan tablet, ponsel, atau komputer sebelum tidur dapat merusak ritme sirkadian. Pancaran blue light yang dikeluarkan dari gadget dapat membuat anak terjaga lebih lama dari seharusnya. 

Panduan Penggunaan Gadget pada Anak

Anak-anak sangat suka bermain gadget. Namun, terlalu sering bermain gadget tanpa batasan dapat memicu dampak negatif. Berikut beberapa panduan penggunaan gadget pada anak yang dibagikan oleh American Psychological Association (APA). 

1. Jangan terlalu melarang anak bermain gadget

Teknologi adalah bagian penting dari dunia modern saat ini. Anak Anda tidak akan terbantu jika Anda menetapkan batasan yang terlalu ketat atau mengirimkan pesan bahwa teknologi adalah sesuatu yang berbahaya. 

Sebaliknya, fokuslah pada mengajarkan kebiasaan sehat yang akan melekat pada anak Anda seumur hidup dengan memberikan batasan agar penggunaan gadget lebih sehat dan sewajarnya. 

2. Ajarkan anak tentang teknologi sejak usia muda

Jelaskan kepada anak bahwa tablet, komputer, dan perangkat media lain bukan mainan, sehingga harus digunakan dengan hati-hati. Bicarakan dengan anak-anak tentang manfaat teknologi serta risikonya. 

Jangan menakuti mereka dengan bahaya teknologi, tetapi diskusikan pentingnya menghormati privasi dan melindungi informasi pribadi dengan cara yang sesuai dengan usia mereka. Diskusi seperti ini harus terus berlanjut dan semakin detail seiring bertambahnya usia anak.

3. Jangan jadikan batas waktu penggunaan gadget sebagai patokan

Meskipun memberikan batas waktu penggunaan gadget merupakan ide yang bagus, para ahli mengingatkan bahwa orang tua tidak boleh berasumsi bahwa penggunaan teknologi pada dasarnya berbahaya. 

Pertimbangkan konteksnya saat menetapkan aturan penggunaan teknologi di dalam keluarga. Misalnya, video call dengan anggota keluarga yang terpisah oleh jarak berbeda dengan bermain video game

Jika Anda menghibur anak prasekolah di pesawat dengan gadget akan sangat membantu. Jika anak Anda sedang mengerjakan tugas penelitian untuk makalah sekolah, waktu di depan komputer tersebut tidak harus dihitung sebagai satu-satunya patokan waktu penggunaan gadget untuk hari itu.

4. Jaga kualitas tidur anak

Panduan penggunaan gadget pada anak yang berikutnya adalah dengan menjaga kualitas tidur anak. Studi menunjukkan bahwa menggunakan media digital pada malam hari dapat mengganggu kualitas tidur. 

Pertimbangkan untuk membatasi penggunaan ponsel, tablet, dan komputer minimal 30 menit sebelum tidur. Sebaiknya jangan biarkan anak Anda menggunakan gadget di kamar tidur setelah lampu dimatikan dan siap untuk tidur.

5. Pantau situs yang dikunjungi anak

Saat anak masih kecil, sangat mudah memantau apa yang mereka lakukan saat online. Seiring bertambahnya usia, tidak mudah untuk memantau apa yang anak lakukan dengan gadget mereka. 

Lakukan diskusi terbuka dan jujur ​​tentang situs dan jenis konten apa saja yang terlarang. Lakukan riset untuk memahami media yang digunakan oleh anak Anda dan periksa browser history anak Anda untuk melihat situs apa saja yang mereka kunjungi. 

Anda dapat menggunakan software atau aplikasi tertentu untuk menyaring atau membatasi akses ke konten yang dilarang.

6. Ajarkan perilaku online yang baik

Orang sering kali mengatakan hal-hal menyakitkan atau menyinggung saat online, karena mereka tidak akan pernah mengatakannya di hadapan seseorang. 

Menurut sebuah studi tahun 2014 oleh McAfee, sekitar 87% remaja telah menyaksikan perundungan di  dunia maya. Bicarakan dengan anak Anda tentang pentingnya bersikap hormat selama berinteraksi dengan orang lain secara digital. 

Dorong mereka untuk datang kepada Anda jika mereka menyaksikan cyberbullying atau informasi mengganggu lainnya secara online.

7. Ajarkan anak agar tetap aman saat menggunakan gadget

Sulit untuk membedakan apakah beberapa situs web merupakan sumber informasi yang dapat diandalkan atau tidak. Bicarakan dengan anak Anda tentang cara mengevaluasi keaslian dan keakuratan online

Jelaskan mengapa mereka tidak boleh mengunduh program yang tidak dikenal, mengklik link yang mencurigakan, atau membagikan informasi pribadi di aplikasi atau situs yang tidak dikenal. Juga ajari anak-anak Anda untuk tidak menanggapi pesan dari orang asing dan segera memberi tahu Anda jika mereka menerimanya.

8. Jalin persahabatan di kehidupan nyata

Beberapa anak merasa sulit untuk terhubung dengan teman sebayanya dan menghabiskan lebih banyak waktu online daripada bermain dengan teman di kehidupan nyata. Persahabatan digital tidak dapat menggantikan persahabatan yang nyata. Bantu anak Anda mengembangkan keterampilan sosial dan menjalin hubungan pertemanan di kehidupan nyata.

9. Tetap up-to-date dengan perkembangan teknologi

Teknologi berkembang sangat pesat dari masa ke masa dan mungkin sulit untuk tetap mengetahui semua aplikasi dan situs yang digunakan oleh anak Anda. Sebab itu, Anda harus banyak belajar tentang perkembangan teknologi agar tetap up-to-date.

Ikuti panduan penggunaan gadget pada anak untuk mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya dan membuang dampak negatifnya. Hubungi dokter spesialis anak atau psikolog melalui Smarter Health jika anak Anda kecanduan gadget

Smarter Health memungkinkan Anda untuk mengakses layanan kesehatan kapan pun Anda membutuhkannya, karena menyediakan layanan telekonsultasi, konsultasi offline, membantu mencari rekomendasi rumah sakit, mencari dokter spesialis, dan menghitung estimasi biaya pengobatan di dalam dan luar negeri.

Referensi:
American Psychological Association (2019). Digital guidelines: Promoting healthy technology use for children.
Ryan on iD Tech (2019). Benefits of Technology & the Right Kind of Screen Time for Children.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?