Patah Pergelangan Tangan

Patah Pergelangan Tangan – Distal Radius Fracture

Eu Jin Lee - Dokter Tulang Singapura - Orthopaedic Surgery (Bone) - Not Otherwise Specified (NOS)
Penulis:
Dokter spesialis bedah tulang di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Pergelangan tangan yang patah adalah suatu kondisi patah atau retak pada salah satu tulang di pergelangan tangan. Penyebab paling umum dari patah tulang di pergelangan tangan adalah terjatuh pada tangan atau lengan. Cedera ini sering terjadi pada usia muda akibat aktivitas olahraga atau setelah terjatuh pada lansia akibat osteoporosis. Osteoporosis adalah kelainan dimana tulang menjadi rapuh dan lemah sehingga lebih mudah patah. Banyak patah tulang pergelangan tangan pada lansia yang timbul setelah terjatuh dari posisi berdiri.

Penting untuk mengobati pergelangan tangan yang patah sesegera mungkin. Jika tidak, ada risiko tulang tidak dapat sembuh dalam posisi yang benar. Ini akan mempengaruhi kemampuan pergelangan tangan atau tangan yang cedera untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti menulis. Perawatan yang tepat sejak dini akan mengurangi nyeri, kaku atau lemas jika diabaikan.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Deskripsi – Anatomi

Jari-jarinya lebih besar dari 2 tulang di lengan bawah (panah merah). Ujung jari-jari di pergelangan tangan dikenal sebagai radius distal. Jari-jari berinteraksi dengan tulang lain di lengan bawah, ulnaris (panah kuning) untuk memungkinkan gerakan memutar di lengan bawah dan pergelangan tangan.

Fraktur di ujung distal jari-jari sangat umum terjadi. Jari-jari adalah tulang lengan yang paling sering patah.

Apa itu Distal Radius Fracture?

Distal radius fraktur adalah fraktur ujung radius yang dekat dengan pergelangan tangan. Patah tulang dapat terjadi dalam berbagai cara.

Salah satu jenis distal radius fracture yang paling umum adalah Fraktur Colles (gambar di atas). Dalam jenis fraktur ini, potongan jari-jari yang patah miring ke atas atau ke belakang pergelangan tangan, mengakibatkan apa yang kita sebut deformitas “garpu makan”. Patah tulang ini pertama kali dijelaskan oleh seorang ahli bedah Irlandia pada tahun 1814 bernama Abraham Colles, dan karenanya dinamai demikian.

Jenis pola fraktur lainnya meliputi:

  • Fraktur intra artikular. Jenis fraktur ini meluas ke sendi pergelangan tangan.
  • Fraktur ekstra artikular. Tipe fraktur Colles adalah jenis fraktur ekstra artikular. Fraktur tidak meluas ke sendi.
  • Fraktur terbuka. Patah tulang terbuka adalah patah tulang yang menyebabkan kulit sobek dan timbul luka. Jenis patah tulang ini membutuhkan perhatian segera karena dapat terjadi peningkatan risiko infeksi.
  • Fraktur kominutatif. Fraktur kominutatif adalah saat tulang patah menjadi beberapa bagian.
  • Terkadang, ujung distal ulnaris juga bisa patah.

Gejala Patah pada Pergelangan Tangan

Jika Anda pernah mengalami cedera pada pergelangan tangan dan mengalami gejala ini, mungkin pergelangan tangan Anda patah.

  • Nyeri hebat di pergelangan tangan atau tangan
  • Menggerakkan pergelangan tangan atau jari menyebabkan nyeri
  • Pembengkakan
  • Nyeri di pergelangan tangan
  • Memar
  • Deformitas yang terlihat jelas di pergelangan tangan, misalnya deformitas “garpu makan”
  • Mati rasa di tangan

Jika cederanya tidak terlalu menyakitkan atau pergelangan tangan tidak berubah bentuk, mungkin Anda bisa menunggu hingga hari berikutnya untuk menemui dokter. Kompres es dapat dilakukan untuk meredakan nyeri dan bengkak. Angkat pergelangan tangan dan tangan di atas bantal atau bantalan yang lembut sangat membantu.

Di Klinik Dokter

Dokter akan bertanya riwayat dan memeriksa pergelangan tangan Anda. Untuk memastikan diagnosis, rontgen biasanya dilakukan agar dapat menunjukkan apakah tulang patah dan menilai tingkat keparahan serta perpindahannya. Kadang-kadang, CT Scan (computed tomography) mungkin diperlukan jika frakturnya kompleks.

Perawatan

Perawatan tulang patah mengikuti aturan sederhana ini:

  • Untuk mengurangi fraktur (letakkan pecahan kembali ke posisi semula)
  • Pertahankan posisi fragmen fraktur sampai sembuh

Ada banyak pilihan pengobatan untuk fraktur radius distal. Pilihannya tergantung pada banyak faktor seperti tingkat keparahan cedera, usia pasien dan tingkat aktivitas, serta kesehatan pasien secara keseluruhan.

Perawatan Non-bedah

Jika patah tulang atau tulang yang retak berada dalam posisi yang baik, gips dapat digunakan sampai tulang sembuh.

Yang lebih umum adalah posisi tulang yang patah tidak pada tempatnya. Dalam situasi ini, fragmen perlu disejajarkan kembali ke posisi semula. Membiarkannya tidak sejajar dapat menyebabkan masalah seperti kekakuan, nyeri, dan bengkak di masa mendatang. Proses menggerakan tulang kembali ke posisinya disebut “reduksi tertutup”. Setelah patahan yang rusak berada dalam posisi yang benar, tangan dan pergelangan tangan akan dipasang gips. Ini perlu dipantau sampai penyembuhan selesai. Pemantauan lebih dekat mungkin diperlukan jika fraktur dianggap kurang stabil. Dalam iklim yang panas dan lembab, penting untuk menjaga lengan tetap dingin dan kering. Jangan pernah mencoba menggunakan tongkat panjang dan benda untuk menggores tangan di dalam gips. Gips biasanya dilepas 6 minggu setelahnya dan fisioterapi sering kali dimulai untuk membantu meningkatkan gerakan dan fungsi pergelangan tangan dan tangan. Patah tulang tersebut membutuhkan waktu rata-rata 3 bulan untuk sembuh total.

Perawatan dengan Pembedahan

Pembedahan untuk fraktur radius distal mungkin diperlukan jika pola fraktur parah dan tulang tidak dapat diperbaiki atau tetap diperbaiki pada posisi yang tepat dengan menggunakan gips. Jika tidak ditangani dengan benar, ada kemungkinan penyembuhan yang kurang maksimal dalam posisi yang buruk yang mengakibatkan fungsi pergelangan tangan dan tangan menjadi terganggu di kemudian hari.

Selama operasi, fragmen fraktur digerakkan kembali ke posisi semula melalui sayatan terbuka di pergelangan tangan. Hal ini disebut “reduksi terbuka”. Setelah itu fraktur biasanya diperbaiki dengan implan logam yang terdiri dari pelat dan sekrup.

Dengan fraktur terbuka, pembedahan perlu dilakukan sesegera mungkin. Luka jaringan lunak yang terbuka dan tulang yang retak harus dibersihkan secara menyeluruh (debrided) dan antibiotik biasanya diberikan untuk mencegah infeksi. Jika jaringan lunak di sekitar fraktur terluka parah, fiksator eksternal dapat digunakan untuk menstabilkan fraktur. Fiksasi pasti dengan pelat dan sekrup dapat dilakukan beberapa hari setelahnya.

Pemulihan

Ada berbagai macam tingkat keparahan dan jenis radius distal dan fraktur pergelangan tangan. Oleh karena itu, pilihan pengobatan dan proses pemulihan berbeda-beda untuk setiap orang. Penting untuk berbicara dengan dokter dan dokter akan memberitahu Anda detail mengenai cedera dan cara pemulihan Anda.

Secara umum, sebagian besar luka operasi membutuhkan waktu 10 hari – 2 minggu untuk sembuh. Setelah operasi, dokter akan meresepkan obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit. Fraktur membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk sembuh total. Kebanyakan pasien akan mengalami kekakuan pada pergelangan tangan karena cederanya. Dokter akan memulai terapi fisik segera setelah Anda siap untuk memaksimalkan pemulihan pergelangan tangan. Aktivitas ringan dapat dilanjutkan sekitar 6 minggu setelah operasi, sementara aktivitas yang lebih berat dapat dimulai pada 3-4 bulan setelah operasi.

Pencegahan

Adalah tidak mungkin untuk mencegah kejadian yang tidak terduga. Namun, langkah dan tip sederhana ini dapat membantu pencegahan.

Kita bisa membangun tulang yang kuat dengan:

  • Pola makan sehat dengan kalsium dan vitamin D.
  • Berpartisipasi dalam latihan benturan atau beban seperti jogging akan membantu meningkatkan massa tulang.
  • Berhenti merokok

Kami dapat meminimalkan kecelakaan dan jatuh dengan cara:

  • Mengenakan alas kaki yang tepat
  • Singkirkan bahaya rumah, seperti permadani longgar. Banyak kejadian jatuh di rumah!
  • Memiliki penerangan yang memadai dan memasang lampu malam.
  • Pastikan penglihatan Anda diperiksa dan diperbaiki.
  • Pertimbangkan pemasangan pegangan tangan di toilet dan tangga.
  • Mengenakan alat pelindung pada olahraga seperti pelindung lutut dan pergelangan tangan.

Dr Lee adalah ahli bedah ortopedi berpengalaman yang memiliki spesialisasi dalam penggantian lutut total. Ia akan menilai kondisi Anda dan menyarankan bentuk perawatan terbaik untuk Anda. Dengan pengobatan yang tepat, pasien seringkali dapat kembali seperti sebelum cedera.

Penulis: dr. Lee Eu Jin, dokter spesialis tulang (ortopedi) di Singapura. Diterjemahkan dari artikel The Broken Wrist – Distal Radius Fracture

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?