Penggantian Lutut

Penggantian Lutut Unicompartmental (Satu Kompartemen)

Eu Jin Lee - Dokter Tulang Singapura - Orthopaedic Surgery (Bone) - Not Otherwise Specified (NOS)
Penulis:
Dokter spesialis bedah tulang di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Operasi penggantian lutut total, atau artroplasti total adalah prosedur yang aman dan efektif untuk dengkul yang rusak akibat artritis dan cedera. Prosedur ini akan memperbaiki kelainan bentuk tungkai, menghilangkan rasa sakit, memulihkan gerakan, dan membantu Anda mendapatkan kembali kemampuan untuk melanjutkan aktivitas normal lagi. Apa yang ingin kami katakan di sini di Singapura adalah memperbaiki lutut dengan “suku cadang”.

Penggantian lutut pertama kali dilakukan pada tahun 1968. Sejak itu, perbaikan yang signifikan telah dilakukan pada peralatan bedah, teknik biomekanik dan teknik bedah. Ini sangat meningkatkan keefektifan dan keberhasilan operasi. Selama operasi, ahli bedah ortopedi mengangkat bagian lutut yang rusak dan menggantinya dengan sambungan buatan yang terbuat dari logam atau plastik. Sendi tiruan tersebut kemudian ditempelkan pada tulang paha, tulang kering, dan tempurung lutut dengan semen akrilik khusus.

Dalam penggantian lutut satu kompartemen (unicompartmental), hanya sebagian dari tulang yang muncul kembali. Sisa lutut dan ligamennya dibiarkan utuh. Jenis operasi ini merupakan alternatif dari penggantian tulang dengkul total pada pasien-pasien tertentu di mana penyakit (artritis) terbatas hanya pada satu wilayah dengkul. Pembedahan dilakukan melalui sayatan yang jauh lebih kecil dan pasien dapat menjalani rawat inap yang lebih singkat dan pemulihan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan penggantian lutut total.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Keuntungan dari penggantian lutut unicompartmental

Keuntungan utama dari penggantian lutut sebagian (atau penggantian lutut satu kompartemen) adalah:

1. Sayatan yang lebih kecil

2. Lebih sedikit rasa sakit

3. Lebih sedikit kehilangan darah

4. Rawat inap di rumah sakit lebih singkat

5. Pemulihan lebih cepat

Karena bagian tulang yang sehat dibiarkan utuh, termasuk tulang rawan, tulang, dan ligamen, banyak pasien merasa lutut terasa lebih alami dibandingkan dengan penggantian lutut total. Lutut juga bisa menekuk lebih baik dan bergerak lebih alami.

Penting untuk dicatat bahwa mungkin ada potensi untuk operasi di masa depan jika bagian lutut yang sehat dipengaruhi oleh artritis.

Proses Operasi dan Harapan

Proses pembedahan mirip dengan penggantian total. Meskipun sayatan bedah lebih kecil dan proses pemulihan jauh lebih cepat daripada penggantian tulang dengkul total, periode rehabilitasi sama pentingnya. Sebagian besar pasien akan sehat dan dapat kembali ke rumah pada hari ke-3 setelah operasi. Terapi rehabilitasi dilakukan selama rawat inap dan dilanjutkan pada pasien rawat jalan.

Implan tulang adalah sendi buatan dan dapat mengalami keausan, mirip dengan penggantian dengkul total. Aktivitas berlebihan atau aktivitas berdampak tinggi dapat mempercepat keausan sendi dan menyebabkannya kendur dan memicu rasa sakit.

Informasi lebih lanjut tentang komplikasi dari pembedahan dan rincian lainnya dapat ditemukan di bagian “Penggantian Lutut Total”. Karena serupa.

Dr Lee adalah ahli bedah ortopedi berpengalaman yang memiliki spesialisasi dalam penggantian lutut total. Ia akan menilai kondisi Anda dan menyarankan bentuk perawatan terbaik untuk Anda. Dengan pengobatan yang tepat, pasien seringkali dapat kembali seperti sebelum cedera.

Penulis: dr. Lee Eu Jin, dokter spesialis tulang (ortopedi) di Singapura. Diterjemahkan dari artikel The Unicompartmental Knee Replacement

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?