Gagal Jantung

Daftar Isi

Gagal jantung adalah kondisi jantung tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Gagal jantung tidak berarti jantung Anda berhenti atau akan berhenti bekerja. Artinya jantung Anda tidak mampu memompa darah dengan cara yang seharusnya. Gagal jantung bisa mempengaruhi satu atau kedua sisi jantung.

Melemahnya kemampuan memompa jantung menyebabkan

  • Darah dan cairan kembali ke paru-paru
  • Penumpukan cairan di kaki, pergelangan kaki dan tungkai—disebut edema
  • Kelelahan dan sesak napas

Penyebab umum gagal jantung adalah penyakit arteri koroner, tekanan darah tinggi dan diabetes. Ini lebih sering terjadi pada orang yang berusia 65 tahun ke atas, orang yang kelebihan berat badan, dan orang yang pernah mengalami serangan jantung. Pria memiliki tingkat gagal jantung yang lebih tinggi daripada wanita.

Dokter akan mendiagnosis gagal jantung dengan melakukan pemeriksaan fisik dan tes jantung. Perawatan mencakup mengobati penyebab gagal jantung Anda, obat-obatan, dan transplantasi jantung jika perawatan lain gagal.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Toraks Pria dengan Jantung yang Terlihat. Sumber: TheVisualMD

Gagal jantung adalah suatu kondisi di mana jantung tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Dalam beberapa kasus, jantung tidak dapat dipenuhi dengan darah yang cukup. Dalam kasus lain, jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan kekuatan yang cukup. Beberapa orang memiliki kedua masalah tersebut.

Istilah “gagal jantung” tidak berarti jantung Anda berhenti atau akan berhenti bekerja. Namun, gagal jantung adalah kondisi serius yang membutuhkan perawatan medis.

Ringkasan

Gagal jantung berkembang seiring waktu ketika aksi memompa jantung semakin melemah. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi sisi kanan jantung saja, atau dapat mempengaruhi kedua sisi jantung. Sebagian besar kasus melibatkan kedua sisi jantung.

Gagal jantung sisi kanan terjadi jika jantung tidak dapat memompa cukup darah ke paru-paru untuk mengambil oksigen. Gagal jantung sisi kiri terjadi jika jantung tidak dapat memompa cukup darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. Gagal jantung sisi kanan dapat menyebabkan cairan menumpuk di kaki, pergelangan kaki, tungkai, hati, perut, dan pembuluh darah di leher. Gagal jantung sisi kanan dan kiri juga dapat menyebabkan sesak napas dan kelelahan (keletihan).

Penyebab utama gagal jantung adalah penyakit yang merusak jantung. Contohnya termasuk penyakit jantung koroner (PJK), tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Harapan

Gagal jantung adalah kondisi yang sangat umum. Anak-anak dan orang dewasa dapat mengalami kondisi tersebut, meskipun gejala dan perawatannya berbeda.

Saat ini, gagal jantung tidak dapat disembuhkan. Namun, perawatan—seperti obat-obatan dan perubahan gaya hidup—dapat membantu orang yang mengalami kondisi ini hidup lebih lama dan lebih aktif. Para peneliti terus mempelajari cara-cara baru untuk mengobati gagal jantung dan komplikasinya.

Penyebab Gagal Jantung

Apa yang Menyebabkan Gagal Jantung? Sumber: James Heilman, MD

Kondisi yang merusak atau terlalu membebani kerja otot jantung dapat menyebabkan gagal jantung. Seiring waktu, jantung melemah. Jantung tidak dapat diisi dengan dan/atau memompa darah sebaik seharusnya. Ketika jantung melemah, protein dan zat tertentu mungkin dilepaskan ke dalam darah. Zat-zat ini memiliki efek toksik pada jantung dan aliran darah, dan mereka memperburuk gagal jantung.

Penyebab gagal jantung meliputi:

  • Penyakit jantung koroner
  • Diabetes
  • Tekanan darah tinggi
  • Kondisi atau penyakit jantung lainnya
  • Faktor lain

Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner adalah suatu kondisi di mana zat seperti lilin yang disebut plak menumpuk di dalam arteri koroner. Arteri ini memasok darah yang kaya oksigen ke otot jantung Anda.

Plak menyempitkan arteri dan mengurangi aliran darah ke otot jantung Anda. Penumpukan plak juga lebih memungkinkan terbentuknya bekuan darah di arteri Anda. Bekuan darah dapat menyumbat aliran darah sebagian atau seluruhnya. Penyakit jantung koroner dapat menyebabkan nyeri dada atau ketidaknyamanan yang disebut angina, serangan jantung, dan kerusakan jantung.

Diabetes

Diabetes adalah penyakit di mana kadar gula darah (gula) tubuh terlalu tinggi. Tubuh biasanya memecah makanan menjadi glukosa dan kemudian membawanya ke sel-sel di seluruh tubuh. Sel-sel menggunakan hormon yang disebut insulin untuk mengubah glukosa menjadi energi.

Pada diabetes, tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak menggunakan insulinnya dengan benar. Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi dapat merusak dan melemahkan otot jantung dan pembuluh darah di sekitar jantung, yang menyebabkan gagal jantung.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah adalah kekuatan darah yang mendorong dinding-dinding arteri. Jika tekanan ini naik dan tetap tinggi dari waktu ke waktu, hal ini dapat melemahkan jantung Anda dan menyebabkan penumpukan plak.

Tekanan darah dianggap tinggi jika tetap pada atau di atas 140/90 mmHg dari waktu ke waktu. (MmHg adalah milimeter merkuri—satuan yang digunakan untuk mengukur tekanan darah.) Jika Anda menderita diabetes atau penyakit ginjal kronis, tekanan darah tinggi didefinisikan sebagai 130/80 mmHg atau lebih tinggi.

Kondisi atau Penyakit Jantung Lain

Kondisi dan penyakit lain juga dapat menyebabkan gagal jantung, seperti:

  • Aritmia. Terjadi ketika ada masalah dengan laju atau irama detak jantung.
  • Kardiomiopati. Terjadi ketika otot jantung membesar, tebal, atau kaku.
  • Kelainan jantung kongenital atau bawaan. Masalah dengan struktur jantung muncul saat lahir.
  • Penyakit katup jantung. Terjadi jika satu atau lebih katup jantung tidak berfungsi dengan baik, yang mungkin muncul saat lahir atau disebabkan oleh infeksi, kondisi jantung lainnya, dan usia.

Faktor Lain

Faktor lain juga dapat mencederai otot jantung dan menyebabkan gagal jantung. Contohnya termasuk:

  • Penyalahgunaan alkohol atau kokain dan penggunaan narkoba ilegal lainnya
  • HIV/AIDS
  • Gangguan tiroid (memiliki hormon tiroid terlalu banyak atau terlalu sedikit di dalam tubuh)
  • Terlalu banyak vitamin E
  • Perawatan untuk kanker, seperti radiasi dan kemoterapi

Gejala Penyakit Jantung

Faktor Risiko

Gagal jantung lebih lazim pada:

  • Orang yang berusia 65 ke atas. Penuaan dapat melemahkan otot jantung. Orang yang lebih tua juga mungkin mengidap penyakit selama bertahun-tahun yang menyebabkan gagal jantung. Gagal jantung adalah penyebab utama tinggal di rumah sakit di antara orang-orang di Medicare.
  • Orang yang kelebihan berat badan. Berat badan yang berlebihan menyebabkan ketegangan pada jantung. Kelebihan berat badan juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Penyakit-penyakit ini dapat menyebabkan gagal jantung.
  • Orang yang pernah mengalami serangan jantung. Kerusakan pada otot jantung akibat serangan jantung dapat melemahkan otot jantung.

Anak-anak yang memiliki cacat jantung bawaan juga dapat mengembangkan gagal jantung. Cacat ini terjadi jika jantung, katup jantung, atau pembuluh darah di dekat jantung tidak terbentuk dengan benar saat bayi berada di dalam rahim. Kelainan jantung kongenital dapat membuat jantung bekerja lebih keras. Ini melemahkan otot jantung, yang dapat menyebabkan gagal jantung. Anak-anak tidak memiliki gejala gagal jantung yang sama atau mendapatkan perawatan yang sama dengan orang dewasa. Topik Kesehatan ini berfokus pada gagal jantung pada orang dewasa.

Tanda dan Gejala

Tanda dan gejala gagal jantung yang paling umum adalah:

  • Sesak napas atau kesulitan bernapas
  • Keletihan (kelelahan)
  • Pembengkakan di pergelangan kaki, kaki, tungkai, perut, dan vena di leher

Semua gejala ini adalah akibat penumpukan cairan di tubuh Anda. Ketika gejala mulai, Anda mungkin merasa lelah dan sesak napas setelah usaha fisik rutin, seperti naik tangga.

Ketika jantung semakin lemah, gejalanya menjadi lebih buruk. Anda mungkin mulai merasa lelah dan sesak napas setelah berpakaian atau berjalan melintasi ruangan. Beberapa orang memiliki napas pendek saat berbaring datar.

Penumpukan cairan akibat gagal jantung juga menyebabkan kenaikan berat badan, sering buang air kecil, dan batuk yang memburuk pada malam hari dan ketika Anda berbaring. Batuk ini mungkin merupakan tanda edema paru akut. Ini adalah kondisi di mana terlalu banyak cairan menumpuk di paru-paru Anda. Kondisi ini membutuhkan perawatan darurat.

Pencegahan Gagal Jantung

Gambaran pembesaran jantung selama gagal jantung. Sumber: Manu5

Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah gagal jantung. Semakin cepat Anda memulai, semakin baik peluang Anda untuk mencegah atau menunda kondisi tersebut.

Untuk Orang yang Berjantung Sehat

Jika Anda memiliki jantung yang sehat, Anda dapat mengambil tindakan untuk mencegah penyakit jantung dan gagal jantung. Untuk mengurangi risiko penyakit jantung:

  • Hindari menggunakan obat-obatan terlarang.
  • Terapkan kebiasaan gaya hidup jantung sehat.

Untuk Orang yang Berisiko Tinggi Terkena Gagal Jantung

Bahkan jika Anda berisiko tinggi terkena gagal jantung, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko Anda. Orang yang berisiko tinggi termasuk mereka yang mengidap penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, atau diabetes.

  • Ikuti semua langkah yang tercantum di atas. Bicarakan dengan dokter tentang jenis dan jumlah aktivitas fisik apa yang aman bagi Anda.
  • Obati dan kendalikan semua kondisi yang dapat menyebabkan gagal jantung. Minum obat sesuai resep dokter.
  • Hindari minum alkohol.
  • Temui dokter Anda untuk perawatan berkelanjutan.

Untuk Orang yang Mengalami Kerusakan Jantung tetapi Tanpa Tanda Gagal Jantung (H3)

Jika Anda mengalami kerusakan jantung tetapi tidak ada tanda-tanda gagal jantung, Anda masih dapat mengurangi risiko terkena kondisi tersebut. Selain langkah-langkah di atas, minumlah obat Anda seperti yang diresepkan untuk mengurangi beban kerja jantung Anda.

Diagnosis Gagal Jantung

Bagaimana Gagal Jantung Didiagnosis? Sumber: CDC/ Dr. Thomas Hooten, Public Health Image Library (PHIL), Gambar 6241

Dokter akan mendiagnosis gagal jantung berdasarkan riwayat medis dan keluarga, pemeriksaan fisik, dan hasil tes. Tanda dan gejala gagal jantung juga sering terjadi pada kondisi lain. Dengan demikian, dokter akan:

  • Mencari tahu apakah Anda memiliki penyakit atau kondisi yang dapat menyebabkan gagal jantung, seperti penyakit jantung koroner (PJK), tekanan darah tinggi, atau diabetes
  • Mengesampingkan penyebab lain dari gejala Anda
  • Menemukan kerusakan apa pun di jantung Anda dan memeriksa seberapa baik jantung memompa darah

Diagnosis dan pengobatan dini dapat membantu orang yang mengalami gagal jantung hidup lebih lama, dan hidup lebih aktif.

Riwayat Medis dan Keluarga

Dokter akan menanyakan apakah Anda atau orang lain di keluarga Anda pernah atau tengah mengidap penyakit atau kondisi yang dapat menyebabkan gagal jantung.

Dokter juga akan menanyakan tentang gejala Anda. Ia ingin mengetahui gejala-gejala yang Anda alami, kapan terjadinya, berapa lama Anda mengalaminya, dan seberapa parah. Jawaban Anda akan membantu menunjukkan apakah dan seberapa banyak gejala Anda membatasi rutinitas harian Anda.

Pemeriksaan Fisik

Selama pemeriksaan fisik, dokter akan:

  • Mendengarkan jantung Anda untuk suara-suara yang tidak normal
  • Mendengarkan paru-paru Anda untuk suara penumpukan cairan ekstra
  • Mencari pembengkakan di pergelangan kaki, kaki, tungkai, perut, dan pembuluh darah di leher Anda

Tes Diagnostik

Tidak ada tes tunggal yang dapat mendiagnosis gagal jantung. Jika Anda memiliki tanda dan gejala gagal jantung, dokter dapat merekomendasikan satu tes atau lebih.

Dokter juga dapat merujuk Anda ke ahli jantung. Ahli jantung adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam mendiagnosis dan mengobati penyakit dan kondisi jantung.

EKG (Elektrokardiogram)

EKG adalah tes sederhana tanpa rasa sakit yang mendeteksi dan mencatat aktivitas listrik jantung. Tes ini menunjukkan seberapa cepat detak jantung Anda dan iramanya (stabil atau tidak teratur). EKG juga mencatat kekuatan dan waktu sinyal listrik saat melewati jantung Anda.

EKG dapat menunjukkan apakah dinding di ruang pompa jantung Anda lebih tebal dari biasanya. Dinding yang lebih tebal dapat lebih menyulitkan jantung Anda untuk memompa darah. EKG juga dapat menunjukkan tanda-tanda serangan jantung sebelumnya atau saat ini.

Sinar X Dada

Sinar x dada mengambil gambar struktur di dalam dada Anda, seperti jantung, paru-paru, dan pembuluh darah. Tes ini dapat menunjukkan apakah jantung Anda membesar, ada cairan di paru-paru Anda, atau ada penyakit paru-paru.

Tes Darah BNP

Tes ini memeriksa tingkat hormon dalam darah Anda yang disebut BNP. Tingkat hormon ini meningkat selama gagal jantung.

Ekokardiografi

Ekokardiografi (echo) menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar bergerak dari jantung Anda. Tes ini menunjukkan ukuran dan bentuk jantung Anda dan seberapa baik kerja ruang jantung dan katup jantung Anda.

Echo juga dapat mengidentifikasi area aliran darah yang buruk ke jantung, area otot jantung yang tidak berkontraksi secara normal, dan kerusakan otot jantung yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah.

Echo mungkin dilakukan sebelum dan sesudah tes stres (lihat di bawah). Echo stres dapat menunjukkan seberapa baik darah mengalir melalui jantung Anda. Tes ini juga bisa menunjukkan seberapa baik jantung memompa darah saat berdetak.

Ultrasonografi Doppler

Ultrasonografi Doppler menggunakan gelombang suara untuk mengukur kecepatan dan arah aliran darah. Tes ini sering dilakukan bersama echo untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang aliran darah ke jantung dan paru-paru.

Dokter sering menggunakan ultrasonografi Doppler untuk membantu mendiagnosis gagal jantung sisi kanan.

Monitor Holter

Monitor Holter mencatat aktivitas listrik jantung Anda selama periode 24 atau 48 jam penuh sementara Anda melakukan rutinitas harian normal Anda.

Anda memakai tambalan kecil yang disebut elektroda di dada Anda. Kabel menghubungkan tambalan ke perekam kecil dan portabel. Perekam dapat dijepit ke ikat pinggang, disimpan di saku, atau digantung di leher Anda.

Pemindaian Jantung Nuklir

Pemindaian jantung nuklir menunjukkan seberapa baik darah mengalir melalui jantung Anda dan berapa banyak darah yang mencapai otot jantung Anda.

Selama pemindaian jantung nuklir, zat radioaktif yang aman disebut pelacak (tracer) disuntikkan ke aliran darah Anda melalui pembuluh darah. Pelacak berjalan ke jantung Anda dan melepaskan energi. Kamera khusus di luar tubuh mendeteksi energi dan menggunakannya untuk membuat gambar jantung Anda. Pemindaian jantung nuklir dapat menunjukkan di mana otot jantung yang sehat dan di mana yang rusak.

Pemindaian tomografi emisi positron atau positron emission tomography (PET) adalah jenis pemindaian jantung nuklir. Tes ini menunjukkan tingkat aktivitas kimia di area hati Anda. Tes ini dapat membantu dokter melihat apakah cukup darah mengalir ke area ini. Pemindaian PET dapat menunjukkan masalah aliran darah yang mungkin tidak terdeteksi oleh tes lain.

Kateterisasi Jantung

Selama kateterisasi jantung, tabung panjang, tipis, fleksibel yang disebut kateter dimasukkan ke dalam pembuluh darah di lengan Anda, selangkangan (paha atas), atau leher dan berlanjut ke jantung Anda. Ini memungkinkan dokter melihat ke dalam arteri koroner (jantung) Anda.

Selama prosedur ini, dokter dapat memeriksa tekanan dan aliran darah di ruang-ruang jantung Anda, mengumpulkan sampel darah, dan menggunakan sinar X untuk melihat arteri koroner Anda.

Angiografi Koroner

Angiografi koroner biasanya dilakukan dengan kateterisasi jantung. Pewarna yang dapat dilihat dengan sinar x disuntikkan ke aliran darah Anda melalui ujung kateter.

Pewarna memungkinkan dokter melihat aliran darah ke otot jantung Anda. Angiografi juga menunjukkan seberapa baik jantung Anda memompa.

Tes Stres

Beberapa masalah jantung lebih mudah didiagnosis ketika jantung Anda bekerja keras dan berdetak cepat. Selama tes stres, Anda berolahraga untuk membuat jantung bekerja keras dan berdetak kencang.

Anda dapat berjalan atau berlari di atas treadmill atau mengayuh sepeda. Jika Anda tidak dapat berolahraga, Anda mungkin diberikan obat untuk meningkatkan detak jantung Anda.

Tes jantung, seperti pemindaian jantung nuklir dan echo, sering dilakukan selama tes stres.

MRI Jantung

MRI (magnetic resonance imaging) jantung menggunakan gelombang radio, magnet, dan komputer untuk membuat gambar jantung Anda saat berdetak. Tes ini menghasilkan gambar diam dan bergerak dari jantung dan pembuluh darah utama.

MRI jantung dapat menunjukkan apakah bagian jantung Anda rusak. Dokter juga telah menggunakan MRI dalam penelitian untuk menemukan tanda-tanda awal gagal jantung, bahkan sebelum gejala muncul.

Tes Fungsi Tiroid

Tes fungsi tiroid menunjukkan seberapa baik kelenjar tiroid Anda bekerja. Tes ini termasuk tes darah, tes pencitraan, dan tes untuk merangsang tiroid. Memiliki hormon tiroid terlalu banyak atau terlalu sedikit dalam darah dapat menyebabkan gagal jantung.

Pengobatan Gagal Jantung

Berhenti Merokok. Sumber: TheVisualMD

Diagnosis dan pengobatan dini dapat membantu orang yang mengalami gagal jantung hidup lebih lama, hidup lebih aktif. Perawatan untuk gagal jantung tergantung pada jenis dan tingkat keparahan gagal jantung.

Tujuan pengobatan untuk semua tahap gagal jantung meliputi:

  • Mengobati penyebab yang mendasari kondisi, seperti penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, atau diabetes
  • Mengurangi gejala
  • Menghentikan gagal jantung agar tidak memburuk
  • Meningkatkan rentang hidup dan meningkatkan kualitas hidup Anda

Perawatan biasanya termasuk perubahan gaya hidup, obat-obatan, dan perawatan berkelanjutan. Jika Anda mengalami gagal jantung yang parah, Anda juga mungkin memerlukan prosedur medis atau operasi.

Perubahan Gaya Hidup Jantung Sehat

Dokter mungkin merekomendasikan perubahan gaya hidup jantung sehat jika Anda mengalami gagal jantung. Perubahan gaya hidup jantung sehat meliputi:

  • Pola makan jantung sehat
  • Menjaga berat badan yang sehat
  • Aktivitas fisik
  • Berhenti merokok

Obat-obatan

Dokter akan meresepkan obat berdasarkan jenis gagal jantung yang Anda alami, seberapa parahnya, dan respons Anda terhadap obat-obatan tertentu. Obat-obatan berikut ini biasanya digunakan untuk mengobati gagal jantung:

  • ACE inhibitor menurunkan tekanan darah dan mengurangi tekanan pada jantung, juga dapat mengurangi risiko serangan jantung di masa depan.
  • Antagonis aldosteron memicu tubuh untuk menyingkirkan kelebihan natrium melalui urin. Ini menurunkan volume darah yang harus dipompa jantung.
  • Bloker reseptor angiotensin merilekskan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah untuk mengurangi beban kerja jantung Anda.
  • Beta blocker memperlambat denyut jantung dan menurunkan tekanan darah Anda untuk mengurangi beban kerja jantung Anda.
  • Digoxin membuat jantung berdetak lebih kuat dan memompa lebih banyak darah.
  • Diuretik (pil cairan) membantu mengurangi penumpukan cairan di paru-paru dan pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki Anda.
  • Isosorbide dinitrate/hydralazine hydrochloride membantu merelaksasi pembuluh darah sehingga jantung Anda tidak bekerja keras untuk memompa darah. Penelitian menunjukkan bahwa obat ini dapat mengurangi risiko kematian pada orang kulit hitam. Lebih banyak penelitian diperlukan untuk mengetahui apakah obat ini akan menguntungkan kelompok ras lainnya

Minumlah semua obat secara teratur, sesuai resep dokter. Jangan mengubah jumlah obat atau melewatkan dosis kecuali dokter menyuruh Anda melakukannya. Anda tetap harus mengikuti gaya hidup jantung sehat, bahkan jika Anda minum obat untuk mengobati gagal jantung Anda.

Perawatan Berkelanjutan

Anda harus memperhatikan tanda-tanda bahwa gagal jantung semakin memburuk. Misalnya, kenaikan berat badan dapat berarti bahwa cairan sedang menumpuk di tubuh Anda. Tanyakan kepada dokter seberapa sering Anda harus memeriksa berat badan dan kapan harus melaporkan perubahan berat badan.

Mendapatkan perawatan medis untuk kondisi terkait lainnya penting dilakukan. Jika Anda menderita diabetes atau tekanan darah tinggi, bekerjasamalah dengan tim perawatan kesehatan Anda untuk mengendalikan kondisi ini. Periksakanlah kadar gula darah dan tekanan darah Anda. Bicarakanlah dengan dokter kapan Anda harus menjalani tes dan seberapa sering melakukan pengukuran di rumah.

Cobalah menghindari infeksi saluran pernapasan seperti flu dan radang paru-paru. Bicarakanlah dengan dokter atau perawat tentang mendapatkan vaksin flu dan radang paru-paru (pneumonia).

Banyak orang yang mengalami gagal jantung berat mungkin memerlukan perawatan di rumah sakit dari waktu ke waktu. Dokter dapat merekomendasikan terapi oksigen, yang dapat diberikan di rumah sakit atau di rumah.

Prosedur Medis dan Pembedahan

Ketika gagal jantung memburuk, perubahan gaya hidup dan obat-obatan mungkin tidak lagi mengendalikan gejala Anda. Anda mungkin memerlukan prosedur medis atau pembedahan (operasi).

Pada gagal jantung, sisi kanan dan kiri jantung mungkin tidak lagi berkontraksi pada saat yang bersamaan. Ini mengganggu pemompaan jantung. Untuk memperbaiki masalah ini, dokter mungkin akan memasang perangkat terapi resinkronisasi jantung (sejenis alat pacu jantung) di dekat jantung Anda. Alat ini membantu kedua sisi jantung Anda berkontraksi pada saat yang bersamaan sehingga dapat meredakan gejala gagal jantung.

Beberapa orang yang mengalami gagal jantung mengalami detak jantung yang sangat cepat dan tidak teratur. Tanpa perawatan, detak jantung ini dapat menyebabkan henti jantung mendadak. Dokter mungkin menanamkan defibrilator kardioverter implan atau implantable cardioverter defibrillator (ICD) di dekat jantung Anda untuk memecahkan masalah ini. ICD memeriksa denyut jantung Anda dan menggunakan denyut listrik untuk memperbaiki ritme jantung yang tidak teratur.

Orang yang mengalami gejala gagal jantung berat saat istirahat, meskipun ada perawatan lain, mungkin memerlukan:

  • Pompa jantung mekanis, seperti alat bantu ventrikel kiri. Alat ini membantu memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Anda dapat menggunakan pompa jantung sampai Anda menjalani operasi atau sebagai pengobatan jangka panjang.
  • Transplantasi jantung. Transplantasi jantung adalah operasi atau pembedahan di mana jantung berpenyakit diganti dengan jantung yang sehat dari donor yang telah meninggal. Transplantasi jantung dilakukan sebagai tindakan penyelamatan hidup untuk gagal jantung tahap akhir ketika perawatan medis dan pembedahan yang kurang drastis telah gagal.

Perawatan Pasien Gagal Jantung

Mencegah dan Hidup dengan Gagal Jantung Kongestif. Sumber: CDC

Saat ini, gagal jantung tidak dapat disembuhkan. Anda mungkin harus minum obat dan mengikuti rencana perawatan seumur hidup Anda.

Meskipun sudah diobati, gejalanya bisa memburuk seiring berjalannya waktu. Anda mungkin tidak dapat melakukan banyak hal yang Anda lakukan sebelum Anda mengalami gagal jantung. Namun, jika Anda mengikuti semua langkah yang direkomendasikan dokter, Anda dapat tetap sehat lebih lama.

Peneliti juga mungkin menemukan pengobatan baru yang dapat membantu Anda di masa depan.

Mengikuti Rencana Pengobatan Anda

Perawatan dapat meringankan gejala Anda dan membuat kegiatan sehari-hari lebih mudah. Itu juga dapat mengurangi kemungkinan Anda harus pergi ke rumah sakit. Jadi, penting bagi Anda untuk mengikuti rencana perawatan Anda.

  • Minum obat-obatan Anda seperti yang diresepkan dokter. Jika mengalami efek samping dari obat-obatan, beritahu dokter. Ia mungkin menyesuaikan dosis atau jenis obat yang Anda minum untuk meringankan efek samping.
  • Buat semua perubahan gaya hidup sesuai yang direkomendasikan dokter.
  • Minta saran dari dokter tentang seberapa aktif Anda dapat dan seharusnya lakukan. Ini termasuk nasihat tentang kegiatan sehari-hari, pekerjaan, waktu luang, seks, dan olahraga. Tingkat aktivitas Anda tergantung pada tahap gagal jantung Anda (seberapa parahnya).
  • Penuhi semua janji temu medis Anda, termasuk kunjungan ke dokter dan janji untuk mendapatkan tes dan kerja laboratorium. Dokter membutuhkan hasil tes ini untuk menyesuaikan dosis obat Anda dan membantu Anda menghindari efek samping yang berbahaya.

Lakukan Langkah-Langkah Untuk Mencegah Memburuknya Gagal Jantung

Tindakan tertentu dapat memperburuk gagal jantung Anda, seperti:

  • Lupa meminum obat-obatan Anda
  • Tidak mengikuti diet Anda (misalnya, makan makanan asin)
  • Minum minuman beralkohol

Tindakan-tindakan ini bisa menempatkan Anda di rumah sakit. Jika Anda kesulitan mengikuti diet, bicarakan dengan dokter. Ia dapat membantu mengatur ahli diet untuk bekerja dengan Anda. Hindari minum minuman beralkohol.

Orang yang mengalami gagal jantung sering memiliki kondisi serius lainnya yang memerlukan perawatan berkelanjutan. Jika memiliki kondisi serius lainnya, Anda mungkin mengonsumsi obat-obatan untuk kondisi serius tersebut serta untuk gagal jantung. Meminum lebih dari satu obat menimbulkan risiko efek samping dan masalah lainnya. Pastikan dokter dan apoteker memiliki daftar lengkap semua obat dan produk yang dijual bebas yang Anda minum.

Beritahu dokter segera tentang masalah apa pun dengan obat-obatan Anda. Juga, berbicaralah dengan dokter Anda sebelum mengambil obat baru yang diresepkan oleh dokter lain atau obat-obatan baru yang dijual bebas atau suplemen herbal.

Cobalah menghindari infeksi saluran pernapasan seperti flu dan radang paru-paru. Tanyakan kepada dokter atau perawat tentang mendapatkan vaksin flu dan radang paru-paru.

Rencana ke Depan

Jika Anda mengalami gagal jantung, penting untuk mengetahui:

  • Kapan mencari bantuan. Tanyakan kepada dokter kapan harus melakukan kunjungan ke tempat praktiknya atau mendapatkan perawatan darurat.
  • Nomor telepon dokter Anda dan rumah sakit.
  • Arah ke tempat praktik dokter Anda dan rumah sakit serta orang-orang yang dapat membawa Anda ke sana.
  • Daftar obat-obatan yang Anda minum.

Masalah Emosional dan Dukungan

Hidup dengan gagal jantung dapat menyebabkan ketakutan, kecemasan, depresi, dan stres. Bicarakanlah tentang perasaan Anda dengan tim perawatan kesehatan Anda. Berbicara dengan konselor profesional juga dapat membantu. Jika Anda sangat depresi, dokter dapat merekomendasikan obat-obatan atau perawatan lain yang dapat meningkatkan kualitas hidup Anda.

Bergabung dengan kelompok pendukung pasien dapat membantu Anda menyesuaikan diri untuk hidup dengan gagal jantung. Anda dapat melihat bagaimana orang lain yang memiliki gejala yang sama telah mengatasinya. Bicarakan dengan dokter Anda tentang kelompok dukungan lokal atau periksa dengan pusat kesehatan daerah.

Dukungan dari keluarga dan teman-teman juga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Biarkan orang yang Anda cintai tahu bagaimana perasaan Anda dan apa yang dapat mereka lakukan untuk membantu Anda.

Sumber: StoryMD

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?