Penyebab & Cara Mengobati Anak Alergi di Rumah

Penyebab & Cara Mengobati Anak Alergi di Rumah

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Pernahkah anak Anda mengalami hidung meler, mata gatal, dan sakit tenggorokan setelah beraktivitas di luar rumah? Mungkin anak Anda punya alergi. Tidak perlu membatasi anak agar tetap berada di luar ruangan. Anda bisa menerapkan kebiasaan hidup sehat dan mengobatinya dengan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran. 

Elizabeth Matsui, MD, seorang ahli alergi anak dan ahli imunologi di Johns Hopkins Children’s Center in Baltimore, dalam WebMD mengatakan bahwa pengobatan bertujuan untuk memastikan kenyamanan anak saat bermain bersama teman dan beristirahat. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Apa Saja Pemicu Anak Alergi?

Jika gejala pilek pada anak berlangsung selama lebih dari 1 hingga 2 minggu, kemungkinan anak Anda terkena alergi musiman. Gejala alergi muncul ketika sistem kekebalan tubuh anak bekerja terlalu keras dan bereaksi terhadap penyebab alergi. Ini menyebabkan tubuh anak melepaskan histamin.

Bukan hal yang mudah untuk mengetahui pemicu anak alergi. Pencarian ini bisa dimulai dari tanda-tanda awal, tapi jika kondisi alergi semakin parah, hubungi dokter spesialis anak di Smarter Health untuk mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

1. Pemicu Anak Alergi di Luar Ruangan

Serbuk sari adalah pemicu utama alergi musiman dari pohon, gulma, dan rerumputan yang menghasilkan partikel kecil. Angin menerbangkan partikel tersebut ke udara dan anak menghirupnya. 

  • Serbuk sari, merupakan sumber utama alergi musiman yang sangat aktif di akhir musim semi hingga awal musim panas. 
  • Ragweed, alergi gulma yang umumnya muncul di akhir musim panas. Gulma lain yang dapat memicu gejala alergi termasuk semak-semak, pigweed, dan tumbleweed
  • Birch, cedar, dan oak, merupakan serbuk sari pohon yang berpotensi memperburuk alergi di awal hingga akhir musim semi. Tanaman berbunga dan pohon yang bergantung pada serangga umumnya tidak menyebabkan alergi musiman. 
  • Jamur, spora jamur yang melayang di udara dapat memicu alergi. Biasanya spora banyak ditemukan di pertengahan musim panas hingga awal musim gugur. Jamur tumbuh pada batang kayu dan kompos yang membusuk, dedaunan yang gugur, dan rerumputan. 

2. Pemicu Anak Alergi di Dalam Ruangan

Alergi anak yang terjadi sepanjang tahun, kemungkinan besar dipicu oleh penyebab alergi di dalam ruangan.

  • Jamur, hidup di tempat yang lembab, seperti dapur dan kamar mandi.
  • Kotoran dari hama, bisa dibawa oleh serangga yang masuk ke dalam rumah, seperti kecoa.
  • Bulu hewan peliharaan. Serpihan bulu, air liur, dan urine hewan peliharaan dapat bercampur dengan debu di rumah Anda dan menyebabkan alergi.
  • Tungau, merupakan mikroorganisme yang hidup di tempat tidur, karpet, serta di tempat hangat dan lembab lainnya. Bahkan tungau bisa hidup di rumah yang sangat bersih.

Cara Mengobati Anak Alergi 

Meredakan dan mengobati gejala anak alergi bisa dimulai dengan cara yang paling sederhana. Ikuti langkah-langkah di bawah ini. 

1. Singkirkan Penyebab Alergi pada Anak

Anda dapat mengurangi paparan alergi musiman, seperti serbuk sari, jamur, dan lain-lain tanpa membatasi waktu bermain di luar ruangan. Saat pulang di sore hari, pastikan si kecil mandi dari ujung rambut sampai ujung kaki, termasuk keramas. Anda mungkin tidak melihat penyebab alergi musiman, tapi anak Anda mungkin membawa serbuk sari, jamur, dan sebagainya ke dalam rumah. 

Seluruh anggota keluarga atau tamu harus melepas sepatu mereka saat masuk ke dalam rumah guna mencegah masuknya penyebab alergi.

Anda mungkin ingin membuka jendela, tapi sebaiknya ditutup jika membuka jendela hanya membawa penyakit. Sebagai gantinya, gunakan AC yang dilengkapi penyaring udara jika memungkinkan. 

Si kecil yang memakai lensa kontak sebaiknya menggunakan kacamata jika di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermainnya rentan serbuk sari, jamur, dan penyebab alergi lainnya. Kacamata memberikan perlindungan ekstra untuk mata anak Anda.

2. Coba Antihistamin

Antihistamin adalah obat untuk mengatasi alergi yang dijual bebas tanpa resep dokter. Obat-obatan bisa dipilih jika menyingkirkan penyebab alergi saja tidak cukup. 

Histamin adalah bahan kimia di dalam tubuh yang dilepaskan sebagai reaksi terhadap penyebab alergi, seperti serbuk sari yang membuat mata dan hidung anak berair. Antihistamin dapat memblokir bahan kimia tersebut dan menghentikan reaksi tubuh terhadap pemicu alergi. Obat ini mampu bekerja dengan cepat, sehingga anak-anak bisa kembali beraktivitas di luar ruangan. 

Dokter merekomendasikan antihistamin tanpa zat penenang untuk anak-anak supaya mereka tidak mengantuk. Golongan obat ini termasuk cetirizine, fexofenadine, dan loratadine. Hindari jenis obat yang bisa membuat Anda mengantuk, seperti diphenhydramine.

Menurut Bryan Martin, DO, seorang ahli alergi di Ohio State University dalam WebMD, antihistamin yang membuat anak-anak mengantuk dapat memengaruhi fokus, sekolah, dan tidur mereka. Bahkan bisa membuat beberapa anak menjadi hiperaktif. 

3. Gunakan Nasal Spray

Antihistamin dapat membantu meredakan pilek dan mata berair yang gatal saat anak alergi. Alergi musiman juga bisa menyebabkan hidung tersumbat. Anak Anda mungkin membutuhkan nasal spray, seperti budesonide, fluticasone, atau triamcinolone.

Berbeda dengan antihistamin yang bekerja dengan cepat, nasal spray membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bekerja. Nasal spray perlu digunakan setiap hari untuk melihat perkembangannya setelah pemakaian beberapa kali, tetapi mungkin perlu waktu hingga beberapa minggu sampai alat bantu pernapasan tersebut mencapai efektivitas maksimalnya. 

Jika nasal spray tidak mampu meredakan gejala, berikan antihistamin lagi kepada anak. 

4. Hindari Pengobatan Alami

Anda mungkin tergoda untuk mencoba pengobatan alami ketika pengobatan medis tampaknya tidak berhasil. Beberapa orang percaya bahwa mengonsumsi madu dapat menyembuhkan anak alergi akibat serbuk sari. 

Menurut Martin, dari sudut pandang ilmiah pengobatan alami tidak masuk akal, karena serbuk sari yang dibawa lebah tidak sama dengan jenis serbuk sari yang menyebabkan alergi. 

Jika obat alergi yang dijual bebas gagal meredakan gejala, mungkin inilah waktu yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter daripada mencari pengobatan alami atau terapi alternatif yang belum jelas khasiatnya. 

Tips Menjaga Kebersihan Rumah Agar Anak Tidak Alergi

Membersihkan rumah adalah strategi sederhana untuk membantu mengatasi anak alergi. Setelah mengetahui pemicu alergi pada anak, entah itu debu, serbuk sari, jamur, atau bulu hewan peliharaan, Anda bisa langsung melakukan pembersihan, seperti:

  • Mengganti karpet dengan lantai kayu, ubin, atau parket. 
  • Mengganti pakaian anak sebelum tidur agar kasur tetap bersih. 
  • Mencuci sarung bantal, guling, dan selimut setelah pemakaian 1 hingga 2 minggu.
  • Membersihkan udara dari serbuk sari, debu, dan partikel debu lainnya. Kemudian tutup jendela selama musim serbuk sari, bahkan saat cuaca sedang bagus. 
  • Menggunakan HEPA (High Efficiency Particulate Air) sebagai pengganti vacuum cleaner. HEPA dijual dengan harga tinggi, tetapi mampu menyedot debu lebih banyak.

Apa pun sumbernya, orang tua harus menangani anak alergi dengan serius. Gejala yang muncul dapat menyebabkan masalah kesehatan lain pada anak, seperti asma atau infeksi sinus. Kunjungi dokter spesialis anak jika gejala alergi tidak kunjung mereda setelah jangka waktu yang lama. 

Smarter Health akan membantu Anda untuk membuat janji temu dan melakukan tele-konsultasi bersama dokter spesialis anak dari rumah sakit terbaik di dalam dan luar negeri.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?