perawatan melahirkan caesar

Perawatan Setelah Melahirkan Caesar (C-section) – Panduan

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Waktu pemulihan setelah melahirkan atau yang juga dikenal masa nifas, berbeda-beda tergantung metode melahirkan dan komplikasi yang terjadi.

Menurut dr. Grace Valentine, Sp.OG, proses perawatan setelah melahirkan normal lebih cepat ketimbang metode caesar atau c-section.

Perbedaan Masa Perawatan Melahirkan Normal dan Caesar

dr. Grace menerangkan, ibu yang melahirkan normal dan tidak ada komplikasi, biasanya hanya butuh 1 hingga 2 hari (rawat inap) di rumah sakit, sedangkan masa pemulihannya mencapai hingga 6 minggu di rumah (rawat jalan).

Dibandingkan melahirkan caesar, sumber lain mengatakan, ibu hamil biasanya butuh rawat inap hingga 5 hari di rumah sakit.

Apapun metode yang digunakan, jika ibu mengalami komplikasi setelah persalinan, maka proses perawatannya akan lebih lama dari biasanya.

Untuk menghindarinya, konsultasikan kondisi kehamilan dengan dokter spesialis kandungan, agar dokter bisa menyarankan metode kehamilan yang aman untuk ibu.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Tahap Pemulihan Pasca Operasi Caesar 

Pemulihan ibu setelah melahirkan caesar bisa dimulai satu jam setelah melahirkan hingga 6 bulan selanjutnya:

Satu Jam Pasca Operasi Caesar

Setelah operasi, Anda akan dipindahkan ke ruang rawat khusus dengan pengawasan ketat guna memantau hal-hal tidak terduga, seperti pendarahan dari vagina, pendarahan dari sayatan, perubahan tekanan darah, dan kestabilan suhu. IV atau injeksi infus akan diberikan dan kateter dipasang untuk menampung urine. 

Pada tahap ini, Anda belum bisa merasakan bagian bawah tubuh Anda dan merasa pusing akibat efek anestesi. Jika tidak terjadi komplikasi, Anda bisa segera memegang skin-to-skin bayi Anda dan menyusuinya. 

Hari ke-1 Pasca Operasi Caesar

Pada tahap ini, perawat akan memijat pelan rahim Anda agar berkontraksi dan menyusut ke ukuran normal. Setelah itu, mereka akan membantu Anda untuk bisa bangkit dari tempat tidur. Ini mungkin akan terasa sakit, tetapi aktivitas ini dapat mempercepat pemulihan. Rasa sakit akan semakin meningkat pada 18 jam setelah melahirkan. Dokter akan memberikan obat pereda nyeri yang diberikan lewat IV. Saat sudah bisa pulang, dokter akan meresepkan ibuprofen untuk Anda. 

Hari ke-2 Pasca Operasi Caesar

Kemungkinan dokter akan melepas kateter, berarti Anda harus buang air kecil di kamar mandi. Menurut Aaron B. Caughey, MD, mantan anggota American College of Obstetricians and Gynecologists Committee, peningkatan aktivitas fisik membantu sirkulasi, meningkatkan kerja usus, dan mempercepat pemulihan. Anda juga sudah bisa mandi, tetapi jangan menggosok bagian sayatan. Biarkan air sabun mengalir di atasnya untuk mengurangi risiko infeksi. Jika perlu, minta bantuan perawat. 

Hari ke-4 Pasca Operasi Caesar

Ibu yang melahirkan secara caesar biasanya perlu menjalani perawatan hingga 4 hari di rumah sakit. Sebelum pulang, dokter akan memberikan saran bagaimana cara merawat sayatan dan menjaga luka tetap bersih. Anda juga diminta untuk tidak mengangkat beban berat dan tidak berhubungan seks hingga minggu ke-6 perawatan pasca operasi caesar demi mencegah infeksi.

Minggu ke-2 Pasca Operasi Caesar

Pada minggu ke-2, Anda akan mengunjungi dokter lagi untuk memeriksa kondisi sayatan Anda. Kondisi sayatan yang baik yakni tidak bengkak berlebihan, tidak muncul kemerahan, dan tidak ada gejala infeksi. Namun, perlu diingat bahwa rasa sakit dan kram akan terasa selama beberapa minggu pasca melahirkan. Setidaknya Anda membutuhkan waktu sekitar 6 minggu untuk mengembalikan rahim ke ukuran normal. 

Minggu ke-4 Pasca Operasi Caesar

Anda mulai bisa bergerak dengan nyaman, berjalan lebih lama, dan perdarahan berkutang. Namun, kecepatan pemulihan setiap orang berbeda-beda. Mungkin Anda membutuhkan waktu pemulihan lebih cepat atau bahkan lebih lama daripada orang lain. Jika tubuh terasa lelah, istirahatlah dan kurangi aktivitas. Tak lupa minum obat pereda nyeri yang diresepkan oleh dokter. 

Minggu ke-6 Pasca Operasi Caesar

Kemungkinan Anda sudah sembuh sepenuhnya pada minggu ke-6 pasca melahirkan. Menurut dr. Rajiv B. Gala, MD, pemulihan total pasca operasi caesar tanpa komplikasi berkisar antara 4 hingga 6 minggu. Semakin sehat tubuh ibu sebelum operasi, maka semakin cepat pula proses pemulihannya. Pada tahap ini, jahitan pada sayatan sudah membaik, rahim kembali ke ukuran normal, dan sudah bisa berhubungan seks dengan pasangan. 

Tips Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Dilansir dari Medical News Today, sejumlah penelitian menemukan 60% wanita yang melahirkan secara caesar masih merasakan sakit pada bekas sayatan setelah 24 minggu melahirkan. 

Namun, waktu pemulihan setiap orang berbeda-beda, ada yang lebih cepat dan lebih lama. Ikuti tips berikut untuk mempercepat pemulihan pasca operasi caesar:

  • Banyak istirahat. Ini sangat penting untuk mempercepat proses pemulihan. Namun, terkadang orang tua sulit beristirahat karena harus mengurus bayi yang baru lahir. Sehingga jam tidur berkurang, mungkin hanya tidur selama 1 hingga 2 pada satu waktu. 
  • Minta bantuan orang untuk merawat bayi. Anda bisa meminta bantuan dari pasangan, keluarga, atau teman terpercaya untuk merawat bayi selama Anda beristirahat. 
  • Merawat luka bekas sayatan. Proses penyembuhan luka bekas sayatan bisa berjalan dengan cepat, asalkan Anda merawat bekas luka dengan baik dan tidak mengalami infeksi. Terus jaga kebersihan luka hingga sembuh total. 
  • Belajar mengelola emosi. Wanita berisiko mengalami postpartum atau trauma pasca melahirkan. Bicaralah dengan pasangan, teman, atau terapis guna mendapat dukungan emosional dan mengurangi risiko depresi lewat perawatan yang tepat.
  • Hindari aktivitas berat. Sebaiknya hindari aktivitas berat sesuai saran dokter. Selain itu, hindari juga mengangkat sesuatu yang lebih berat daripada bayi Anda. 
  • Banyak berjalan. Aktivitas fisik sangat bagus untuk sirkulasi tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, menjaga kebugaran, dan menjaga kesehatan mental. Anda bisa berjalan kaki di sekitar rumah sambil mendorong kereta bayi setelah beberapa minggu kelahiran. 
  • Minta bantuan konsultan laktasi untuk menyusui. Wanita yang menjalani operasi caesar berisiko lebih tinggi mengalami kesulitan menyusui. Konsultan laktasi dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah ini. 
  • Jaga kecukupan cairan tubuh. Pastikan kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi dengan baik. Minum air putih secara teratur dan cukup agar terhindar dari dehidrasi dan sembelit. 
  • Konsumsi makanan sehat. Penuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat. Perbanyak konsumsi makanan bervitamin C untuk mempercepat proses pemulihan sekaligus mencegah infeksi. 

Jenis Makanan yang Mempercepat Pemulihan 

Penuhi kebutuhan nutrisi meski Anda masih dalam tahap pemulihan, karana bayi membutuhkan ASI sebagai sumber makanan. 

Berikut jenis makanan sehat yang mempercepat pemulihan pasca operasi caesar:

  • Sayuran hijau. Dapat meningkatkan produksi sel darah merah, mengandung vitamin, dan antioksidan yang mengembalikan kondisi tubuh setelah kehilangan banyak darah. 
  • Buah-buahan. Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi pada bekas sayatan. 
  • Yoghurt. Mengandung prebiotik yang menjadi sumber makanan bagi probiotik. Banyak makan yoghurt dapat mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka sayatan. 
  • Makanan berserat tinggi. Berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Biasanya masalah pencernaan kerap dialami setelah melahirkan. Contoh makanan tinggi serat yaitu beras merah, jagung, kacang-kacangan, alpukat, brokoli, dan tomat.
  • Makanan berprotein tinggi. Sangat baik untuk pembentukan jaringan baru dan mengembalikan kekuatan otot rahim. Anda bisa mengonsumsi telur dan ikan yang kaya akan minyak omega-3.
  • Makanan tinggi zat besi. Kembalikan darah yang hilang dengan mengonsumsi makanan tinggi zat besi, seperti kuning telur, daging sapi, bayam, dan lentil.
  • Makanan dan minuman tinggi kalsium. Kalsium bagus untuk melemaskan otot dan menguatkan tulang. Anda bisa mengonsumsi susu, keju, bayam, dan alpukat. 

Segera hubungi dokter spesialis kandungan Anda jika rasa sakit tidak kunjung pulih atau kondisi tubuh semakin memburuk setelah melahirkan. 

Untuk pertanyaan lain seputar melahirkan, silakan tulis di kolom komentar.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?