perkembangan janin empat bulan

Perkembangan Janin pada Usia Empat Bulan

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Periode perkembangan janin empat bulan pada masa kehamilan adalah fase kehamilan trimester kedua. Pada masa yang sering dianggap sebagai bagian terbaik dari seluruh masa kehamilan ini, wajah janin akan terbentuk semakin jelas sehingga dapat nampak pada hasil USG empat dimensi.

Pada usia kehamilan empat bulan, Anda juga sudah dapat mengetahui jenis kelamin janin. Banyak orangtua yang memilih untuk tidak mengetahui jenis kelamin janin sampai masa persalinan. Namun, banyak juga calon orangtua yang mengadakan gender reveal party.

Gender reveal party adalah sebuah acara kecil dimana calon orangtua meminta kerabat dekat mereka untuk menanyakan jenis kelamin janin pada dokter, lalu kedua calon orangtua akan diberi kejutan sambil diberi tahu jenis kelamin janin.

Calon orangtua biasanya melakukan hal tersebut karena ingin berbagi informasi membahagiakan bersama orang-orang terdekat mereka.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Perubahan yang Terjadi pada Tubuh Saat Perkembangan Janin Empat Bulan

Pada masa-masa ini, Anda sudah dapat merasakan pergerakan kecil yang dihasilkan oleh perkembangan janin pada masa empat bulan. Selain itu, perut Anda akan terus membesar. Beberapa organ tubuh akan melakukan penyesuaian, seperti terjadinya pergeseran pada usus besar sehingga tubuh perlu menyesuaikan postur.

Area kulit perut tentunya akan mengalami peregangan karena rahim terus mengembang. Dapat terjadi hiperpigmentasi yang menghasilkan garis hitam pada bagian bawah perut. Jika sebelumnya Anda mengalami kerontokan pada rambut, rambut-rambut Anda akan tumbuh kembali dan terlihat seperti semula, atau bahkan lebih tebal.

Anda bisa saja mengalami kurang tidur, merasa kelelahan, dan mengalami sakit kepala. Ingatlah untuk segera memeriksakan diri jika sakit kepala dirasa tak tertahankan dan terjadi secara terus-menerus.

Perkembangan dan Bentuk Janin Pada Masa Empat Bulan

Pada periode masa perkembangan janin empat bulan, banyak perkembangan pesat yang dialami oleh janin, salah satunya adalah tendangan pertama. Namun, lebih lengkapnya dapat Anda simak di bawah ini:

Kehamilan 17 Minggu

  • Tubuh janin membesar mengikuti kepala. Bentuk janin kini sudah lebih proporsional dari sebelumnya
  • Alis dan bulu mata juga mulai tumbuh, wajahnya semakin serupa dengan manusia
  • Kelopak mata memang masih tertutup, namun bola mata sudah bisa bergerak
  • Mulut sudah mulai membuka dan menutup
  • Sidik jari pada jari-jarinya mulai terbentuk
  • Tangan sudah mulai dapat mengepal
  • Walaupun Anda belum bisa merasakan pergerakannya, namun janin sudah dapat merespon terhadap bunyi-bunyian maupun musik
  • Tubuh janin belum banyak menyimpan lemak sehingga kulitnya terlihat keriput

Kehamilan 18 Minggu

  • Pembuluh darah mulai muncul pada permukaan kulit
  • Walaupun belum sempurna, namun telinga mulai terbentuk sempurna
  • Jenis kelamin janin biasanya diketahui pada minggu-minggu ini
  • Dari minggu ini sampai minggu ke-20, Anda akan merasakan lebih jelas gerakan yang dihasilkan oleh janin

Kehamilan 19 Minggu

  • Rambut mulai tumbuh pada bagian kepala
  • Saraf untuk melihat, merasa, menyentuh, mendengar, dan mencium mulai terbentuk di dalam otak

Kehamilan 20 Minggu

  • Janin berukuran sekitar 26 sentimeter dengan berat sekitar 300 gram
  • Janin sudah lebih banyak menelan dan tubuhnya akan menyerap air dari cairan ketuban. Air yang diserap ini akan mengalir ke dalam usus besar
  • Tubuh janin mulai dilindungi oleh lapisan lemak yang disebut vernix caseosa. Lapisan ini bertujuan melindungi kulit janin karena berendam lama dalam cairan ketuban

Hal-hal yang Perlu Anda Perhatikan dan Periksakan Saat Perkembangan Janin Empat Bulan

Anda tentunya harus rutin memeriksakan kesehatan perkembangan janin pada masa empat bulan dengan melakukan pemindaian USG. Namun, Anda tidak boleh lupa untuk juga memeriksakan kesehatan Anda. 

Periksakan tekanan darah, suhu tubuh, dan berat badan Anda maupun berat badan janin. Pantaulah penyakit yang mungkin saja Anda alami. Jika Anda memiliki riwayat penyakit keturunan, pada masa kehamilan ini, Anda dapat melakukan pemeriksaan khusus untuk melihat apakah ada kelainan pada janin.

Jika Anda memiliki kondisi reaksi alergi, Anda mungkin akan semakin merasakan hal tersebut. Hal ini adalah hal yang wajar terjadi. Jika dirasa reaksi alergi terlalu mengganggu, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan dokter. 

Diharapkan bagi Anda untuk tidak mengonsumsi obat-obatan apapun sebelum berkonsultasi dengan dokter, sebab ada beberapa kandungan obat yang berbahaya bagi janin.

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan selama masa kehamilan bulan keempat:

  • Usahakan untuk tidak mengenakan sepatu hak tinggi. Mulailah mengenakan sepatu tanpa hak, sebab keseimbangan tubuh Anda mungkin terganggu akibat rahim yang terus membesar
  • Jika Anda mengalami kesulitan tidur, hal tersebut merupakan hal yang wajar. Sebisa mungkin, tetaplah menjaga agar Anda mendapat jam tidur yang cukup
  • Cobalah untuk menggunakan bantal tambahan di sisi tubuh untuk menopang perut. Tidurlah dengan posisi menyamping, sebab tidur pada posisi telentang dapat menyebabkan terbatasnya aliran darah ke jantung
  • Konsumsilah makanan-makanan yang menyehatkan dan dapat mencukupi kebutuhan zat besi bagi tubuh. Hal ini penting agar janin dapat membentuk sel darah merah. Anda dapat menemukan zat besi pada daging unggas, ikan, daging merah tanpa lemak, maupun sayur bayam
  • Anda mungkin akan merasakan nyeri pada paha atau kaki. Hal ini disebut nyeri saraf skiatika
  • Tetaplah melakukan olahraga ringan yang aman bagi Anda
  • Jika Anda mengalami gejala tertentu seperti pendarahan, segera hubungi dokter Anda

Pada periode kehamilan ini, banyak perempuan hamil yang merasa bahwa janin melakukan pergerakan. Namun, ada kemungkinan bahwa hal tersebut bukanlah pergerakan janin, melainkan pergerakan organ lain, seperti usus.

Tetaplah memantau pergerakan janin. Janin yang aktif bergerak merupakan tanda bahwa janin berada dalam keadaan yang sehat. Jika pergerakan janin berkurang atau tidak terasa, jangan langsung panik. Mungkin, janin sedang tertidur.

Anda bisa juga melakukan beberapa perangsang agar bayi bergerak, seperti dengan menggoyangkan perut sedikit atau memancing dengan bunyi-bunyian. Misalnya, dengan mainan yang dapat menimbulkan bunyi, musik, maupun suara Anda sendiri.

Pada trimester kedua, hal-hal yang Anda rasakan kini seperti seringkali mual maupun sering buang air kecil akan mereda seiring berkembangnya kehamilan. Maka, Anda akan dapat menikmati masa-masa kehamilan.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?