Carpal Tunnel Syndrome

Pertanyaan Umum Tentang Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Aaron Gan - Dokter Bedah Tangan Singapura - Orthopaedic Surgery - Hand Surgery
Penulis:
Dokter spesialis bedah tangan di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Apa itu Carpal Tunnel Syndrome?

Sindrom carpal tunnel atau carpal tunnel syndrome (CTS) adalah sebuah kondisi ketika nervus median terkompresi di bawah ligamen carpal melintang, berlokasi di sekitar dasar telapak tangan (Gambar 1). Gejalanya adalah: rasa seperti tertusuk jarum, kebas, dan bahkan nyeri pada ujung ibu jari, telunjuk, jari tengah, dan sebagian jari manis.

saraf terhimpit ligamin carpal yang melintang dan menebal

Pada kondisi yang sangat parah, carpal tunnel syndrome bisa menyebabkan sulit tidur karena rasa nyeri yang ditimbulkan dan tangan yang menjadi bengkak dan kaku yang membuat Anda terbangun di tengah malam. Memijat tangan dan mengibaskannya biasanya akan meredakan gejala untuk sementara waktu, namun akan kembali berulang segera setelah mereda. 

otot thenar melemah di fase akhir carpal tunnel syndrome

Jika tidak diperiksa, pada carpal tunnel syndrome tahap akhir akan terjadi pelemahan dan pengecilan pada otot thenar yang mengendalikan gerakan ibu jari (Gambar 2). Tugas-tugas yang sederhana seperti mengancingkan baju, menggunakan sepasang sumpit, dan mengambil benda kecil, misalnya, akan menjadi tantangan besar ketika atrofi otot thenar terjad. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendiagnosa carpal tunnel syndrome dan merawatnya sedini mungkin untuk mencegah pengecilan otot yang tidak bisa disembuhkan serta disfungsi pada tangan.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Siapa yang akan diserang dan mengapa?

Carpal tunnel syndrome sering dikaitkan dengan usia, jenis kelamin perempuan, kondisi medis yang sudah ada seperti diabetes, hipotiroidisme, arthritis rheumatoid, dan asam urat. Meskipun demikian, sebagian besar kasus carpal tunnel syndrome terjadi karena penyebab idiopatik.

Bagaimana saya tahu jika menderita Carpal Tunnel Syndrome?

Jika gejala yang dialami cocok dengan deskripsi di atas, konsultasi dengan dokter spesialis bedah tangan yang terpercaya akan memungkinkan seseorang untuk mendapatkan diagnosa yang pasti. Ini dapat dilakukan melalui riwayat kesehatan yang mendetail dan menyeluruh, diikuti oleh pemeriksaan klinis pada tangan. Studi konduksi saraf dapat dijadwalkan untuk mengevaluasi fungsi nervus median dan untuk memastikan lokasi dan keparahan kompresi saraf ini.

Saya terdiagnosis Carpal Tunnel Syndrome. Apa pilihan perawatan yang ada?

Gejala carpal tunnel syndrome ringan dapat diobati dengan perubahan gaya hidup sederhana dan modifikasi aktivitas, disertai dengan pengobatan oral dan pemakaian belat pada tangan. Jika gejala tidak mereda, mungkin diperlukan tindakan operasi.

Konsultasi dengan dokter spesialis bedah tangan akan disarankan jika diperlukan intervensi. Faktor yang perlu dipertimbangkan adalah:

  • Usia di atas 55 tahun.
  • Durasi lebih dari 10 tahun.
  • Parestesia terus menerus.
  • Trigger finger.
  • Tes Phalen positif kurang dari 30 detik.
Jumlah FaktorKeberhasilan non-operasi
066%
159%
216,7%
36,8%
Lebih dari 40%

Mengapa harus menemui dokter spesialis bedah tangan untuk Carpal Tunnel Syndrome?

Dokter spesialis bedah tangan memiliki banyak pengalaman dalam menangani kondisi tangan dan pergelangan tangan secara eksklusif. Mereka juga memiliki keahlian dan pengetahuan memadai untuk mengurus kasus carpal tunnel syndrome yang terabaikan, juga kasus sulit yang muncul akibat operasi yang pernah dilakukan sebelumnya.

Pemindahan gumpalan lemak hipotenar

Sebagai contoh, pada kasus carpal tunnel syndrome sulit setelah operasi yang memerlukan operasi ulang, dokter spesialis bedah tangan melakukan neurolisis mikro untuk melepaskan luka jaringan kaku di sekitar nervus median. Bila perlu, jaringan tipis dipindahkan ke nervus median yang kosong setelah prosedur dilakukan untuk melindunginya dan mencegah kekambuhan luka serta kembalinya gejala. Pemindahan gumpalan lemak hipotenar adalah salah satu contoh prosedur jaringan tipis yang dilakukan pada situasi ini. (Gambar 3)

Penulis: dr. Aaron Gan, dokter spesialis bedah tangan di Singapura. Diterjemahkan dari artikel Common Question About Carpal Tunnel Syndrome.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?