imunitas tubuh

Rahasia Jaga Imunitas Tubuh Dari Virus dan Penyakit

Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Anda pasti tahu bagaimana rasanya terserang demam dan merasa berat di hampir seluruh tubuh. Alhasil, aktivitas sehari-hari jadi terganggu dan menjadi tidak produktif. 

Siapa sih yang ingin dirinya sakit? Tentu tidak ada. 

Itulah sebabnya mengapa menjaga imunitas tubuh menjadi sangat penting, terutama di musim sakit seperti saat ini.

Menjaga imunitas tubuh bisa dimulai dari yang paling dasar, yakni dengan menerapkan gaya hidup sehat. Nah, gaya hidup sehat adalah aktivitas yang sengaja dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh. Dengan begitu, tubuh Anda akan terbiasa membentengi diri sehingga tidak mudah terinfeksi penyakit. Lakukan secara rutin dan perlahan agar lama-kelamaan menjadi kebiasaan. 

Mau imunitas tubuh Anda tetap kuat? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Apa Itu Sistem Imunitas?

Sistem imunitas adalah sel-sel yang bertanggung jawab atas kekebalan imunitas tubuh. Sistem ini memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan supaya tidak mudah terserang berbagai pengaruh biologis dari luar, contohnya bakteri, infeksi, virus, dan parasit. 

Imun juga berperan untuk menghancurkan zat asing lain yang kemudian dimusnahkan supaya tubuh tetap berfungsi dengan baik.

Berikut ini beberapa bagian sistem imun yang dimiliki tubuh, di antaranya:

  • Sel darah putih, merupakan kunci utama dalam sistem imun tubuh karena diproduksi di sumsum tulang dan bagian dari sistem limfatik.
  • Antibodi, membantu tubuh melawan mikroba atau racun.
  • Limpa, merupakan kelenjar tanpa saluran yang saling berhubungan dengan sistem sirkulasi untuk menghancurkan sel darah merah yang sudah tua.
  • Sistem limfatik, merupakan sistem sirkulasi sekunder untuk mengalirkan limfa di dalam tubuh.
  • Sumsum tulang, saraf berbentuk tipis ini merupakan perpanjangan dari saraf pusat dan otak yang dilindungi bagian tulang belakang.
  • Timus, merupakan kelenjar yang terletak di bagian depan dada.

Tanda Imunitas Tubuh Melemah

Sayangnya sebagian orang memiliki daya tahan tubuh yang lemah sehingga pada kondisi tertentu membuat mereka rentan terinfeksi. Ini merupakan gejala utama dari sistem imun yang menurun. 

Untuk lebih detailnya lagi, berikut beberapa tanda menurunnya daya tahan tubuh yang wajib Anda waspadai:

  • Sariawan.
  • Nyeri sendi.
  • Demam ringan.
  • Ruam pada kulit.
  • Sering merasa lelah.
  • Masalah pencernaan.
  • Sulit menelan sesuatu.
  • Kesemutan atau mati rasa.

Olahraga Penjaga Imunitas Tubuh

Rutinitas sehari-hari yang super sibuk kerap menjadi alasan mengapa Anda jarang olahraga. Padahal Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke tempat fitness, karena sebenarnya ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah. 

Selain menjaga daya tahan tubuh, beberapa jenis olahraga di bawah ini juga berfungsi untuk membentuk otot, memperkuat sendi, dan meminimalisasi terjadinya cidera. Simak selengkapnya di bawah ini:

  • Push Up

Push up termasuk salah satu olahraga yang sering dilakukan di rumah. Olahraga ini dilakukan dengan memusatkan kekuatan pada otot tangan yang berfungsi untuk membentuk otot bisep dan trisep. Lakukan posisi awal dengan tidur tengkurap dan persiapkan tangan di sisi kanan serta kiri untuk mendorong badan ke atas. Pastikan badan Anda lurus saat berbaring. 

  • Sit Up

Jenis olahraga di rumah yang berikutnya adalah sit up yang merupakan gerakan berulang dengan bertumpu pada bagian pinggul. Sit up sangat berguna untuk mengencangkan otot perut, dada, leher, pinggul, dan pinggang. Anda hanya perlu baring di atas matras, tekuk kaki, dan berusaha bangkit tanpa bantuan tangan.

  • Squats

Ingin punya bokong dan otot perut yang kencang? Squats adalah jawabannya. Squats adalah salah satu jenis olahraga di rumah yang dapat dipraktikkan dengan mudah tanpa perlu ribet dan efektif untuk dapat menciptakan tubuh yang kuat serta sehat secara bersamaan.

  • Bicycle Crunches

Bicycle crunches adalah jenis olahraga yang dilakukan dengan posisi tubuh berbaring di atas matras, lalu angkat kaki ke atas sambil seakan-akan Anda sedang mengayuh sepeda. Olahraga ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membentuk perut sixpack sambil menjaga daya tahan tubuh.

Makanan Peningkat Imunitas Tubuh

Salah satu bagian dari gaya hidup sehat adalah dengan mengonsumsi makanan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh. Mengonsumsi makanan sehat tidak hanya berguna untuk fisik, tetapi juga mental Anda. Sebuah penelitian mengatakah bahwa mengonsumsi makanan sehat bisa memicu kebahagiaan. 

Berikut beberapa pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

  • Ubi Jalar 

Ubi jalar mengandung banyak serat tanpa lemak sehingga tidak masalah jika Anda ingin menjadikannya sebagai makanan pokok. Ada pun kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin B6 dan kalium. Makanan umbi-umbian ini memiliki kadar gizi yang tinggi.

  • Wortel

Wortel adalah sayuran yang terkenal kaya akan vitamin A yang nutrisinya sangat dibutuhkan demi menjaga kesehatan mata. Selain itu, mengonsumsi wortel juga berfungsi agar Anda terhindar dari penyakit jantung, penyembuhan luka, memperlambat penuaan sel, dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

  • Bawang Putih

Sebuah penelitian membenarkan bahwa bawang putih memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama bila disantap saat masih mentah. Seseorang yang terinfeksi penyakit bisa pulih lebih cepat jika mengonsumsi bawang putih. 

  • Kacang Kenari

Kacang kenari mengandung beberapa jenis nutrisi yang berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh, seperti vitamin E, vitamin B6, dan masih banyak lagi. Selain untuk kesehatan tubuh, kacang kenari juga berfungsi untuk mengurangi stres berlebih yang berisiko melemahkan imunitas tubuh. 

  • Jahe

Apabila Anda merasa mual, sakit radang, dan lain-lain, jahe dapat membantu mengurangi rasa sakit tersebut. Ada pun wedang jahe yang dipercaya mampu menjaga kekebalan tubuh sekaligus menenangkan pikiran yang kusut.

Cara Menguatkan Imunitas Tubuh

Menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh dibutuhkan konsistensi agar gaya hidup sehat yang sudah diterapkan berubah menjadi kebiasaan. Ini dia beberapa tips meningkatkan imunitas tubuh yang bisa langsung dipraktikkan, yaitu:

  • Tidur Cukup

Coba hitung jam tidur Anda semalam, apakah sudah cukup? Salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan tidur cukup. Pastikan tidur Anda ideal selama 7-8 jam setiap harinya. Tidur cukup sangat bagus untuk memelihara kesehatan dan menjaga agar pikiran tetap fresh.

  • Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat teratur bisa membuat perut Anda kenyang sekaligus menjaga kekebalan tubuh. Jangan sampai lengah dan membiarkan virus masuk ke dalam tubuhmu. Kuatkan imun dan lawan semua penyakit dengan mengonsumsi makanan sehat secara teratur.

  • Hindari Penyebab Stres

Pikiran yang kusut ternyata bisa menjadi salah satu penyebab sistem imun menurun. Lakukan apa pun yang bisa memperbaiki suasana hatimu meski dengan hal-hal kecil seperti streaming film favoritmu, bermain dengan hewan peliharan, atau konsultasi dengan profesional untuk mendapat penanganan yang tepat.

  • Olahraga Secara Teratur

Ada banyak keuntungan yang bakal Anda dapatkan jika olahraga secara teratur, seperti melancarkan peredaran darah, membentuk tubuh ideal, dan menjaga tubuh tetap bugar. Setidaknya sisihkan waktu seminggu sekali untuk olahraga dan rasakan perubahan positif setelahnya.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Kirim Pesan WhatsApp
1
Kirim Pesan WhatsApp
Cari rekomendasi dokter, cek jadwal atau estimasi biaya? Hubungi kami via WhatsApp berikut!
Powered by