Rhinoplasty operasi bibir sumbing

Rinoplasti: Operasi Hidung Rekonstruktif dan Estetik

Terence Goh - Dokter Bedah Plastik Singapura - Plastic Surgery - Not Otherwise Specified (NOS)
Penulis:
Dokter spesialis bedah plastik di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Rinoplasti yang pada umumnya dikenal sebagai “operasi hidung” tidak hanya memiliki tujuan estetis. dr. Terence Goh, seorang dokter spesialis bedah plastik di Departemen Bedah Plastik Rekonstruktif & Estetik, Rumah Sakit Umum Singapura, akan menjelaskannya bagi Anda.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Apa itu rinoplasti rekonstruktif dan apa perbedaannya dengan rinoplasti estetik?

Rinoplasti yang biasa disebut sebagai “operasi hidung” oleh pasien, adalah prosedur bedah yang dilakukan untuk memperbaiki anatomi wajah dan proporsi hidung Anda.

Di Asia, operasi perbaikan dorsum atau batang hidung, dan untuk memodifikasi bagian ujung hidung atau mengubah pangkal hidung adalah hal yang umum – prosedur-prosedur tersebut termasuk dalam lingkup rinoplasti estetika. Namun, tidak semua rinoplasti dilakukan untuk tujuan estetika,” tutur dr. Terence Goh

Alasan lain untuk melakukan operasi hidung meliputi:

  • Rinoplasti rekonstruktif untuk kanker.
  • Rinoplasti sumbing.
  • Rinoplasti traumatis.
  • Rinoplasti revisi sebagai penanggulangan masalah pasca rinoplasti estetik.

“Walaupun alasan untuk melakukan rinoplasti berbeda-beda, pemahaman anatomi hidung dan prinsip-prinsip bedahnya tetap serupa. Ahli bedah plastik dilatih untuk memahami anatomi hidung yang mengarah pada prinsip-prinsip rinoplasti rekonstruktif dan juga rinoplasti estetik,” tambah dr. Goh.

Jenis-jenis rinoplasti rekonstruktif

Tidak semua prosedur rinoplasti dilakukan untuk alasan kosmetik.

Pada pasien dengan cacat struktural yang menyebabkan kesulitan bernafas, septorinoplasti dapat dilakukan untuk memperbaiki nafas dan meluruskan hidung. 

Rinoplasti traumatik atau rekonstruksi juga dapat dilakukan bagi pasien yang mengalami penyimpangan traumatis pada hidung, atau terjadi kerusakan pada hidungnya yang disebabkan oleh kanker.

Rinoplasti sumbing dilakukan untuk pasien yang lahir dengan cacat bibir dan hidung sumbing. 

Rinoplasti revisi dilakukan untuk pasien yang mengalami permasalahan setelah menjalani prosedur rinoplasti seperti infeksi dan ekstrusi implan hidung atau ketidakpuasan dengan hasil rinoplasti sebelumnya.

Rinoplasti Sumbing: Rekonstruksi Bibir dan Hidung Sumbing

Apa itu rinoplasti sumbing dan mengapa begitu menantang?

Rinoplasti sumbing adalah prosedur rekonstruksi yang dilakukan untuk pasien yang dilahirkan dengan kelainan bentuk bibir dan hidung.

“Kelainan bentuk bibir sumbing sekunder memberikan tantangan bagi ahli bedah plastik. Hidung sumbing diakibatkan oleh cacat lahir. Kelainan bentuk tersebut melibatkan semua lapisan jaringan mulai dari dari kerangka, lapisan hidung, tulang rawan hingga kulit diatasnya. Karakteristik cacat bentuk hidung sumbing biasanya menarik perhatian setelah perbaikan bibir sumbing dilakukan dengan baik,”  tutur dr. Terence Goh.

“Perbaikan cacat hidung sumbing sangatlah kompleks dan membutuhkan ahli bedah yang memahami pengobatan bibir sumbing dan langit langit mulut, serta memahami teknik dan pengaplikasian rinoplasti dalam masalah ini,” dr. Goh menambahkan.

Masalah utama dengan deformitas hidung sumbing adalah kurangnya tulang penyangga yang menjadi alas sumbing dan sebuah hipoplastik (kurang berkembang) dan ketidakselarasan orbicularis oris (otot bibir).

Hal ini menyebabkan deviasi karakteristik septum hidung ke sisi yang tidak sumbing, asimetri hidung dan pergeseran tulang rawan hidung (lihat gambar dibawah).

Rhinoplasty operasi bibir sumbing
Rhinoplasty operasi bibir sumbing

Prosedur rinoplasti sumbing sekunder bertujuan untuk memperbaiki kelainan bentuk yang meliputi:

  1. Perbaikan septum yang menyimpang dan penataan kembali tulang hidung
  2. Augmentasi dorsum hidung
  3. Perbaikan dan rekonstruksi tulang rawan hidung yang kurang berkembang menggunakan cangkok tulang rawan dan teknik jahitan
  4. Perbaikan kelainan lubang dan dasar hidung.
  5. Peningkatan fungsi hidung (bernafas).

Rinoplasti Pasca Kanker: Operasi Hidung untuk Memperbaiki Deformitas

Rinoplasti pasca kanker, sejenis operasi hidung yang membantu memperbaiki kelainan bentuk hidung akibat operasi kanker. dr. Terence Goh, seorang konsultan Tamu di Departemen Bedah Plastik Rekonstruktif & Estetika, Rumah Sakit Umum Singapura, menjelaskan untuk kita semua.

Apa yang dimaksud dengan rinoplasti rekonstruksi pasca operasi kanker?

Rinoplasti rekonstruktif dilakukan untuk memperbaiki kelainan bentuk hidung yang didapatkan dari hasil operasi kanker atau setelah hidung mengalami trauma langsung.

Operasi hidung pasca kanker 

“Kunci dari keberhasilan pengobatan kanker kulit di area hidung adalah pemotongan menyeluruh pada tumor dengan tepian yang jelas. Hal ini sering kali meninggalkan kerusakan yang tidak bisa ditutup seperti semula. Kulit yang menutupi hidung cukup ketat, dan setelah pemotongan kanker kulit di hidung, kerusakan pada hidung yang dihasilkan sering kali dapat direkonstruksi melalui pencangkokan kulit beserta jaringan di bawahnya yang mengambil kulit yang berdekatan dengan hidung atau yang lebih jauh seperti pencangkokan kulit di area dahi (lihat gambar di bawah)”, kata dr. Terence Goh.

Rhinoplasty operasi hidung
Rhinoplasty operasi hidung

Jaringan kulit ini diangkat untuk mengerahkan kulit dari area yang berdekatan dari pipi, bibir, atau bahkan dahi untuk memberikan penyembuhan yang singkat setelah pemotongan kanker. Jika kerangka tulang rawan dari hidung juga terpengaruh, “mengganti yang hidup dengan yang buatan” (mantra yang dipraktikan oleh semua ahli bedah operasi plastik) dilakukan dengan tulang rawan telinga atau tulang rawan di tulang rusuk.

Dalam kasus yang lebih berat, di mana tingkat hilangnya jaringan kulit tinggi, pemindahan jaringan bebas mungkin dibutuhkan untuk merekonstruksi ulang lapisan dalam hidung dan bagian luarnya. Rekonstruksi ini membutuhkan pembedahan dan penyembuhannya dapat memakan waktu yang lama, hasilnya seringkali memuaskan bagi sang pasien dan ahli bedah.

Rinoplasti Asia: Apa Perbedaannya dan Apa yang Diubah?

Rinoplasti Asia vs Rinoplasti Konvensional 

“Prinsip dasar dari rinoplasti berasal dari rinoplasti kaukasia dan menyimpan prinsip reduksi hidung yang terlihat besar sementara rinoplasti Asia berdasarkan pada augmentasi hidung yang dianggap pendek, pesek dengan tulang rawan yang lemah dan detail yang kurang,” menurut dr. Terence Goh.

The objectives cannot be more different and it is recognised that Asian rhinoplasty is more complex and requires a good understanding of Asian nose anatomy and augmentation techniques such as nose tip suturing and nose tip grafts.

Tujuannya sangat berbeda dan terlihat jelas bahwa rinoplasti Asia memiliki prosedur yang lebih rumit dan membutuhkan pemahaman penuh atas anatomi hidung orang Asia dan teknik augmentasi seperti penjahitan dan pencangkokan ujung hidung.

Perkembangan rinoplasti Asia

“Rinoplasti Asia telah berkembang seiring berjalannya waktu dari teknik tertutup dan penyisipan implan silikon hidung, sampai ke teknik operasi hidung terbuka dengan perbaikan spesifik pada tulang hidung, ujung hidung, dan dasar hidung. Perkembangan ini didorong oleh meningkatnya pasien yang berasal dari Asia, yang memberikan permintaan yang lebih tinggi dan lebih canggih karena menginginkan hidung yang sesuai dengan wajah Asia dan tidak hanya ‘hidung yang terwesternisasi’”, dr.. Goh menjelaskan. 

Ditambah lagi, komplikasi yang meningkat seperti penolakan terhadap implan silikon dan pemendekan otot hidung yang berakibat pada mengangkatnya ujung hidung membuat pasien mencari rekonstruksi permanen pada hidung menggunakan rekonstruksi autolog (menggunakan jaringan kulit sendiri) yang mengurangi resiko dari infeksi dan pemendekan otot hidung.

Konsep tradisional atas kecantikan dan keindahan selalu berdasar kepada anatomi dan data Kaukasia (Eropa dan Amerika). Seiring dengan meningkatnya permintaan atas operasi hidung Asia, muncul banyak bacaan yang mendemonstrasikan bahwa definisi dari kecantikan Asia berbeda dari wajah wajah orang kaukasia dan karenanya penilaian ulang dan pemahaman atas anatomi Asia adalah kuncinya. 

“Pasien pasien yang berasal dari Asia memiliki permintaan yang lebih spesifik sekarang dan mereka meminta hidung mereka dibuat menjadi sesuai dengan fitur wajah Asia mereka. Faktanya, di Asia, konsep hidung yang sempurna pun berbeda-beda, baik di Korea, Jepang, dan Singapura. Pertimbangan yang dipengaruhi oleh faktor sosial budaya ini harus didiskusikan dengan ahli bedah kalian agar hasil yang baik dan sesuai harapan dapat dicapai,” jelas dr.. Goh.

Komputasi Gambar 3D: Yang terbaru di Operasi hidung

Salah satu perkembangan yang terbaru adalah penggunaan Komputasi Gambar 3D untuk menstimulasi hasil dari operasi hidung. Dengan bantuan komputerisasi perangkat lunak dari Gambar 3D yang canggih, kita mampu menstimulasi “hasil akhir” untuk memperlihatkan kepada pasien gambaran atas bagaimana operasi ini sekiranya mengubah hidung dan penampilan mereka.

Komputerisasi gambar terbukti menjadi alat yang berguna untuk memberikan kepada pasien sebuah pemahaman visual atas apa yang nantinya akan terjadi, walaupun gambar gambar ini tidak sepenuhnya menjamin hasil akhir dari operasi.

Pasien juga dapat menjelaskan kepada ahli bedah kami menggunakan tablet perubahan seperti apa yang mereka inginkan, sekecil apapun. Mereka dapat “mencoba” berbagai jenis hidung untuk melihat yang mana yang paling cocok untuk mereka sebelum operasi. Gambar gambar 3D ini, digabungkan dengan gambar gambar yang terstandarisasi, berperan sebagai penambahan yang berguna dalam perencanaan operasi.

Penulis: dr. Terence Goh, dokter spesialis bedah plastik di Singapura. Diterjemahkan dari artikel ​Rhinoplasty: Reconstructive vs Aesthetic Nose Jobs.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?