Robekan Meniskus

Robekan Meniskus

Eu Jin Lee - Dokter Tulang Singapura - Orthopaedic Surgery (Bone) - Not Otherwise Specified (NOS)
Penulis:
Dokter spesialis bedah tulang di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Robekan meniskus adalah salah satu jenis cedera lutut yang paling umum. Mereka yang lebih berisiko cenderung adalah atlet dan olahragawan yang terlibat dalam olahraga kontak. Namun, siapa pun dapat menderita robekan meniskus, berapapun usianya. Aktivitas yang menyebabkan lutut terpelintir dengan kuat dapat mengakibatkan meniskus robek.

Meniskus adalah bagian dari tulang rawan berbentuk C yang menyediakan bantalan antara tulang paha (femur) dan tulang kering (tibia). Meniskus juga berfungsi sebagai penstabil sekunder untuk sendi lutut. Ada dua menisci di setiap lutut dan dapat rusak atau robek selama aktivitas yang menekan atau memutar sendi lutut.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Penyebab Robekan Meniskus

Cedera meniskus kebanyakan terjadi selama aktivitas olahraga. Pemain terluka saat ada kontak langsung atau tekanan termasuk perputaran atau keseleo selama olahraga.

Meniskus juga melemah seiring bertambahnya usia dan sobekan (sobekan yang memburuk) lebih sering terjadi pada orang yang berusia di atas 50 tahun. Gerakan tanggung sederhana seperti jongkok atau bangun dari kursi dapat menyebabkan cedera pada seseorang dengan menisci lemah. Orang dengan osteoartritis memiliki risiko lebih tinggi untuk melukai lutut atau merobek meniskus karena degenerasi jaringan dengan trauma minimal atau tanpa trauma.

Gejala Robekan Meniskus

Ketika robekan meniskus terjadi, Anda mungkin merasakan “letupan” di lutut Anda. Kebanyakan pasien masih bisa berjalan dengan lutut yang cedera, tetapi lutut sering kali menjadi lebih nyeri, kaku dan bengkak secara bertahap. Gejala robekan meniskus yang lebih umum adalah:

  • Nyeri di sekitar lutut
  • Bengkak di sekitar lutut
  • Kesulitan menggerakkan lutut atau ketidakmampuan untuk menggerakkan lutut
  • Lutut menangkap dan mengunci
  • Sensasi “ketidakstabilan” atau “kebobolan”

Tanpa pengobatan, robekan meniskus dapat menyebar dan memburuk. Meniskus juga bisa lepas dan melayang di antara tulang sendi yang menyebabkan lutut terlepas atau terkunci.

Robekan Meniskus: Diagnosa

Pemeriksaan Fisik

Setelah mengetahui riwayat kesehatan dan memahami gejala Anda, dokter Anda akan memeriksa lutut Anda dan menguji rentang gerak Anda, dengan memperhatikan meniskus di sepanjang sendi Anda.

Tes Scan

Tes Scan dapat dilakukan untuk mengkonfirmasi robekan meniskus, termasuk

Rontgen Lutut

Tes ini tidak akan menunjukkan robekan meniskus. Namun, akan sangat membantu jika Anda menentukan apakah ada penyebab lain dari nyeri lutut Anda, seperti osteoartritis.

MRI

MRI menggunakan medan magnet untuk mengambil beberapa gambar lutut Anda. Diagnosa ini adalah jenis pemindaian mendetail dan akan dapat menampilkan gambar jaringan lunak di lutut dan menentukan apakah ada robekan meniskus.

Artroskopi

Dalam beberapa situasi, dokter mungkin merekomendasikan penggunaan alat yang disebut artroskop untuk memeriksa bagian dalam lutut Anda. Termasuk membuat sayatan kecil di dekat lutut. Artroskopi dimasukkan melalui sayatan ini. Ketentuannya adalah kamera kecil yang memungkinkan transmisi gambar bagian dalam lutut Anda ke monitor. Kapan pun diperlukan, instrumen bedah khusus dapat dimasukkan melalui sayatan tambahan pada lutut untuk memperbaiki robekan meniskus pada saat bersamaan.

Pilihan Perawatan

Perawatan robekan meniskus akan tergantung pada jenis robekan yang Anda alami, lokasinya, kompleksitas dan ukurannya.

Robekan kecil yang stabil di pinggiran meniskus dapat diobati tanpa pembedahan dan dibiarkan sembuh dengan sendirinya. Robekan di daerah ini dikenal sebagai “Zona Merah” karena kaya akan suplai darah. Sebaliknya, robekan di dua pertiga bagian dalam, dikenal sebagai “Zona Putih” memiliki suplai darah yang buruk dan tidak dapat sembuh. Robekan di zona ini dapat menyebar dan biasanya dihilangkan dengan operasi.

Rencana perawatan Anda juga akan disesuaikan dengan usia Anda, tingkat aktivitas dan cedera terkait lainnya serta jenis robekan meniskus yang Anda miliki.

Perawatan Robekan Meniskus Tanpa Pembedahan

Jika robekannya kecil, stabil, dan berada di tepi luar meniskus, Anda dapat diobati tanpa pembedahan. Robekan yang terkait dengan artritis juga diobati tanpa pembedahan karena cenderung membaik seiring waktu dengan pengobatan artritis.

Rencana perawatan yang direkomendasikan meliputi:

Beristirahat

Beristirahatlah dan hindari aktivitas yang memperparah nyeri lutut. Menggunakan alat bantu jalan atau kruk dapat membantu.

Es

Es bisa membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak pada lutut dan paling berguna untuk 2 hari pertama. Gunakan bungkusan kompres dingin atau sekantong es, dengan handuk di atasnya dan tempelkan pada lutut yang nyeri selama sekitar 10-15 menit.

Kompresi

Untuk mencegah pembengkakan tambahan, gunakan perban kompresi elastis. Ini juga dapat membantu meringankan ketidaknyamanan di lutut.

Ketinggian

Untuk membantu mengurangi pembengkakan, letakkan kaki yang nyeri lebih tinggi di atas bantal saat berbaring.

Pengobatan

Obat antiradang seperti Arcoxia dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan pada sendi lutut yang nyeri.

Perawatan Robekan Meniskus dengan Pembedahan

Perawatan dengan pembedahan untuk robekan meniskus dianjurkan jika lutut tetap nyeri atau bergejala meskipun telah menjalani perawatan non-bedah. Pembedahan juga dianjurkan jika lutut terkunci dan tidak dapat digerakkan.

Selama pembedahan, meniskus akan dipotong melalui pembedahan dengan instrumen khusus jika tidak dapat diperbaiki.

Artroskopi lutut adalah salah satu prosedur yang paling umum dilakukan untuk pengobatan robekan meniskus. Artroskopi juga dikenal sebagai pembedahan invasif minimal atau operasi lubang kunci. Sayatan kecil akan dibuat di lutut Anda dan ahli bedah ortopedi akan memasukkan alat dan kamera melalui sayatan tersebut untuk memperbaiki atau memotong meniskus yang rusak. Keseluruhan prosedur biasanya berlangsung sekitar satu jam. Anda biasanya bisa pulang pada hari yang sama setelah prosedur ini atau menginap 1 malam di rumah sakit.

Rehabilitasi dan Pemulihan

Setelah pembedahan, lutut Anda mungkin akan dipasang penjepit untuk membatasi gerakan. Kruk dibutuhkan untuk membantu mengurangi beban pada lutut. Setelah penyembuhan awal selesai, latihan rehabilitasi diharuskan untuk memulihkan gerakan dan kekuatan lutut Anda.

Dr Lee adalah ahli bedah ortopedi berpengalaman yang juga spesialis pada cedera meniskus. Ia akan menilai kondisi Anda dan menyarankan bentuk perawatan terbaik untuk Anda. Dengan pengobatan yang tepat, pasien seringkali dapat kembali ke tingkat sebelum cedera.

Penulis: dr. Lee Eu Jin, dokter spesialis tulang (ortopedi) di Singapura. Diterjemahkan dari artikel Meniscus tears

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?