17 Dec 2019 / Rumah Sakit

Rumah Sakit di Kuala Lumpur: Rekomendasi, Cara Pergi & Tips

Bukan hanya Singapura, Kuala Lumpur, Malaysia juga menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat Indonesia. Memiliki banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi, tentunya Kuala Lumpur juga tetap menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Tak hanya wisata alam dan kulinernya yang menggoda, Kuala Lumpur juga menjadi salah satu tujuan berobat bagi masyarakat Indonesia. 

Yang menarik, biaya berobat di Kuala Lumpur dikontrol pemerintah Malaysia. Artinya, ada standar biaya yang bisa diperkirakan pasien sebelum berobat. Dengan kata lain, tidak perlu khawatir adanya biaya terselubung setelah pengobatan.

Cek tabel biaya berobat ke Malaysia yang berhasil kami himpun dari puluhan rumah sakit di Malaysia.

Ada banyak rumah sakit di Kuala Lumpur yang menawarkan layanan kesehatan berkualitas, baik dari kualitas pelayanan, dokter profesional hingga fasilitas dan infrastruktur yang memadai dibandingkan Melaka dan Penang.

Jika dilihat dari kemudahan akses transportasinya, sebagai ibu kota negara, Kuala Lumpur memiliki banyak rute penerbangan dari Indonesia. Anda juga tidak memerlukan visa khusus untuk berobat ke Kuala Lumpur.

Rekomendasi Rumah Sakit di Kuala Lumpur

Dikenal dengan banyaknya rumah sakit yang memiliki pelayanan terbaik, berikut rekomendasi rumah sakit di Kuala Lumpur yang bisa dikunjungi:

Gleneagles Hospital Kuala Lumpur

Gleneagles Hospital Kuala Lumpur
Gleneagles Hospital Kuala Lumpur. (Sumber: fb.com/gleneagleskualalumpur)

Gleneagles Hospital Kuala Lumpur merupakan salah satu rumah sakit swasta di Malaysia. Memiliki pelayanan kesehatan berkualitas, rumah sakit ini memiliki peralatan medis terkini meskipun telah beroperasi sejak 15 tahun lalu.

Banyak masyarakat Indonesia yang memilih Gleneagles Hospital sebagai tujuan berobat di Kuala Lumpur.

Gleneagles Hospital Kuala Lumpur telah terakreditasi oleh International Organisation for Standardisation (ISO) 9001:2000 pada tahun 2001. Tidak hanya itu, rumah sakit ini juga terakreditasi oleh Malaysian Society Quality in Health dan International Standard on Quality (ISQua).

Gleneagles Hospital Kuala Lumpur ini memiliki kapasitas 316 tempat tidur dan juga 110 konsultan medis dari berbagai keahlian. Pelayanan kesehatan jauh lebih nyaman dengan tambahan auditorium, apotek ritel, bank, mesin ATM, salon rambut, kafe dan masih banyak lainnya.

Hotel Dekat Gleneagles Hospital Kuala Lumpur:

  • Cozy and Elegant Shahzan Court, sekitar 2 menit berjalan kaki dari rumah sakit.
  • M Suite at Embassy Row KLCC, sekitar 10 menit jalan kaki dari rumah sakit.

Pantai Cheras Medical Centre

Pantai Hospital Cheras
Pantai Hospital Cheras

Pantai Cheras Medical Centre berlokasi di pusat Kuala Lumpur atau sekitar 45 menit berkendara dari Kuala Lumpur International Airports (KLIA). Rumah sakit ini dilengkapi dengan 127 ruangan rawat inap, lebih dari 70 dokter spesialis dan 4 full time medical officers. 

Rumah sakit ini memiliki beberapa dokter spesialis seperti saraf (neurologi), mata (oftalmologi), pengobatan penyakit dalam, tulang (ortopedi), dan fertility atau kesuburan wanita.

Pantai Cheras Medical Centre adalah salah satu dari 14 rumah sakit yang dioperasikan oleh Pantai Holding Sdn Bhd yang merupakan bagian dari Parkway Pantai Limited, anak buah IHH Healthcare Berhad. 

Hotel Dekat Pantai Cheras Medical Centre:

  • A&R Boutique Hotel, sekitar 850 meter dari rumah sakit atau 4 menit dengan berkendara.
  • V Garden Hotel, sekitar 3,6 km dari rumah sakit atau 11 menit dengan berkendara.
  • Bello & Bella Boutique Hotel, sekitatr 2,8 km dari rumah sakit atau 8 menit dengan berkendara.

Sentosa Medical Centre

sentosa medical centre
sentosa medical centre

Sentosa Medical Centre berlokasi di Jalan Cemur, Kompleks Damai, 50400 Kuala Lumpur. Terdiri dari 8 lantai dengan kapasitas 120 kamar rawat inap, Sentosa Medical Centre adalah salah satu rumah sakit swasta di Malaysia dengan pelayanan kesehatan berkualitas.

Sentosa Medical Centre juga memiliki banyak dokter spesialis, seperti anestesiologi, THT, saluran pencernaan (gastroenterologi), kandungan dan alat reproduksi wanita (obstetrik dan ginekologi), anak (pediatri), paru-paru (nefrologi), tulang (ortopedi), radiologi, bedah umum, saraf (neurologi), mata (oftalmologi), dan juga saluran kandung kemih (urologi).

Hotel Dekat Sentosa Medical Centre:

  • Le Ruiz Boutique Hotel, sekitar 120 meter dari rumah sakit atau 2 menit berjalan kaki.
  • Crossroads Hotel, sekitar 650 meter dari rumah sakit atau 9 menit berjalan kaki.
  • Vistana Kuala Lumpur Titiwangsa, sekitar 300 meter dari rumah sakit atau 4 menit berjalan kaki. 

Sunway Medical Centre

sunway medical centre
Sunway Medical Centre (credit: expatgo.com)

Didirikan pada 1999, Sunway Medical Centre telah terakreditasi Australian Council on Healthcare Standards (ACHS) yang berlokasi di Malaysia, Sunway City. Rumah sakit ini memiliki kapasitas 617 ruang rawat inap, 180 ruang konsultasi, 12 ruang operasi dan tempat parkir bertingkat dengan kapasitas total 1.470 tempat parkir kendaraan.

Untuk memaksimalkan layanan kesehatan pada pasien, Sunway Medical Centre membangun tower baru yang dibuka pada Oktober 2016, dan didirikan sebagai Pusat Cancer & Radiosurgery Centre. 

Pelayanan Sunway Medical Centre di antaranya UGD 24 jam, layanan ambulance 24 jam, fasilitas dan teknologi medis (cancer treatment, da Vinci Robotics Surgical System, Lab Patologi, Farmasi, Radiologi, Hemodialisis), medical check up, dan masih banyak lainnya.

Hotel dekat Sunway Medical Centre:

  • Mixx Hotel Sunway, sekitar 800 meter dari rumah sakit atau 10 menit berjalan kaki.
  • Sun Inns Hotel Sunway Lagoon, sekitar 1,4 km dari rumah sakit atau 6 menit berkendara.
  • New Town Hotel, sekitar 3,4 km dari rumah sakit atau 9 menit berkendara.

Pantai Hospital Kuala Lumpur

rumah sakit pantai hospital kuala lumpur
Rumah sakit Pantai Hospital Kuala Lumpur. (sumber: fb.com/pantaihospitalkl)

Pantai Hospital Kuala Lumpur ini memiliki center of excellence untuk pengobatan payudara, mata, jantung, dan tulang belakang dan persendian, serta kondisi kanker dan bedah tangan. 

Pantai Hospital Kuala Lumpur ini juga memiliki banyak layanan spesialis dan diagnosis untuk pasien lokal dan internasional, termasuk untuk pengobatan kanker, hemodialisis, dan juga unit fertilisasi.

Kapasitas rawat inap di Pantai Hospital Kuala Lumpur mencapai 331 pasien, 6 pusat keunggulan dan bermacam konsultan yang beragam untuk berbagai medis dan bedah. Pantai Hospital Kuala Lumpur ini berlokasi di Bangsar, pinggiran Kuala Lumpur.

Hotel Dekat Pantai Hospital Kuala Lumpur:

  • Hotel Caliber, sekitar 5 menit jalan kaki dari rumah sakit.
  • A&R Boutique Hotel, sekitar 10 menit berkendara dari rumah sakit.

Cara Berobat ke Kuala Lumpur

Jauh lebih mudah berobat ke Kuala Lumpur lewat bantuan Smarter Health. Dengan Smarter Health, Anda akan dibantu booking jadwal dokter spesialis hingga menghitung estimasi biaya saat berobat.

Agar berobat ke Kuala Lumpur lebih lancar, berikut tips singkat berobat ke Kuala Lumpur agar lebih nyaman:

  1. Pilih dokter spesialis yang ingin ditemui dan sesuai dengan kondisi medis Anda
  2. Atur janji konsultasi dan jangan lupa untuk mengirim rekam medis pasien ke rumah sakit melalui email agar Anda bisa memastikan dokter spesialis yang ingin ditemui. Memilih dokter spesialis dan atur janji konsultasi dokter bisa Anda pesan di Smarter Health.
  3. Memesan tiket pesawat. Banyak sekali pilihan penerbangan dari Indonesia ke Kuala Lumpur dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  4. Buat itinerary perjalanan. Anda wajib mengetahui rencana perjalanan Anda selama di Kuala Lumpur, baik hotel, transportasi dan lainnya.
  5. Siapkan alat pembayaran yang akan digunakan. Pastikan kartu kredit Anda bisa digunakan di Kuala Lumpur.

Ingin tahu lebih detil? Ikuti panduan berobat ke Kuala Lumpur yang sudah kami buat sebelumnya.

Kuliner di Kuala Lumpur

Kuala Lumpur memiliki banyak wisata kuliner yang wajib dikunjungi, berikut penjelasannya:

Wisata Kuliner dan Belanja di Central Market

Tujuan wisata Central Market memang sudah terkenal karena banyak hal yang menarik yang bisa Anda eksplor, baik kedai makanan hingga wisata belanja. Wisata Kuliner di Central Market diantaranya ada Roti Naan, Teh Tarik, Nasi Kandar dan masih banyak lainnya.

Lokasinya berada di Jalan Hang Kasturi, Kuala Lumpur 50050, Malaysia.

Petaling Street Night Market

Selain Jalan Alor, terdapat wisata kuliner malam di Petaling Street Night Market yang menawarkan cita rasa lokal yang menarik. Anda bisa mendapatkan berbagai menu khas pecinan, yang paling terkenal Bebek Peking.

Wisata Kuliner Malam di Jalan Alor

Sepanjang Jalan Alor memang dikenal dengan berbagai wisata kuliner malamnya. Biasanya tempat ini akan ramai saat malam tiba, dengan berbagai kedai makanan yang menjual menu makanan lezat. Makanan favoritnya adalah seafood. 

Cari rekomendasi dokter, cek jadwal atau estimasi biaya? Silakan isi form ini:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *