Tanda-tanda Awal Kehamilan yang Perlu Diketahui Wanita

Tanda Awal Kehamilan yang Perlu Diketahui Wanita

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Ditinjau oleh: dr. Qanissa Afianti Razzqy
Publish tanggal: Feb 18, 2021
Update terakhir: Feb 18, 2021

Melakukan tes kehamilan adalah satu-satunya cara untuk memastikan kehamilan. Namun, beberapa tanda awal kehamilan mungkin menunjukkan bahwa seorang wanita sedang hamil.

Terjadi perubahan hormonal secara signifikan yang menyebabkan gejala pada trimester pertama kehamilan. Beberapa gejala ini mungkin muncul pada minggu-minggu pertama kehamilan.

Ada beberapa tanda awal kehamilan yang perlu Anda perhatikan atau hubungi dokter spesialis kandungan melalui Smarter Health untuk memastikan kehamilan Anda. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Tanda-tanda Awal Kehamilan

Kehamilan bisa diketahui melalui tes kehamilan, tetapi Anda mungkin curiga atau berharap Anda hamil sebelum melewatkan periode menstruasi. Ketahui tanda-tanda awal kehamilan yang dilansir dalam Mayo Clinic berikut ini.

Tanda dan Gejala Kehamilan

Tanda dan gejala awal kehamilan yang paling umum mungkin termasuk:

  • Periode menstruasi terlewat. Jika Anda berada di usia subur dan seminggu atau lebih telah berlalu tanpa siklus menstruasi, Anda mungkin hamil. Namun, gejala ini bisa menyesatkan jika Anda memiliki siklus haid yang tidak teratur. Sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kandungan. 
  • Payudara lembut dan bengkak. Di awal kehamilan, perubahan hormonal bisa membuat payudara lebih sensitif dan cenderung sakit. Ketidaknyamanan mungkin akan berkurang setelah beberapa minggu, karena tubuh Anda menyesuaikan diri dengan perubahan hormonal.
  • Morning sickness. Mual muntah atau tanpa muntah bisa menyerang kapan saja yang biasanya terjadi satu bulan setelah Anda hamil. Namun, sebagian wanita merasa mual lebih awal dan sebagian tidak pernah mengalaminya. Meskipun penyebab mual selama kehamilan tidak jelas, kemungkinan penyebabnya adalah hormon kehamilan.
  • Kelelahan. Selama awal kehamilan, kadar hormon progesteron melonjak yang mungkin membuat Anda mengantuk dan mudah lelah. 
  • Sering buang air kecil. Anda mungkin buang air kecil lebih sering dari biasanya. Volume darah di dalam tubuh Anda meningkat selama kehamilan, sehingga ginjal memproses cairan ekstra yang berakhir di kandung kemih dan menyebabkan Anda sering buang air kecil.

Tanda dan Gejala Kehamilan Lainnya

Tanda dan gejala awal kehamilan lain yang kurang jelas mungkin akan Anda alami selama trimester pertama, seperti:

  • Emosional. Melonjaknya hormon di awal kehamilan bisa membuat Anda sangat emosional dan perubahan suasana hati.
  • Bercak ringan. Keluarnya bercak ringan adalah salah satu tanda pertama kehamilan yang kita kenal sebagai pendarahan implantasi. Ini bisa terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan. Pendarahan implantasi terjadi sekitar waktu menstruasi, tapi tidak semua wanita mengalaminya.
  • Kram rahim. Beberapa wanita mengalami kram rahim ringan di awal kehamilan.
  • Perut terasa kembung. Anda merasa kembung akibat perubahan hormonal selama awal kehamilan, mirip seperti kembung di awal periode menstruasi.
  • Sembelit. Perubahan hormon menyebabkan sistem pencernaan Anda melambat yang berisiko menyebabkan sembelit.
  • Nafsu makan menurun. Saat hamil, Anda mungkin lebih sensitif terhadap bau tertentu dan indra perasa mungkin berubah. 
  • Hidung tersumbat. Peningkatan kadar hormon dan produksi darah dapat menyebabkan selaput lendir di hidung Anda membengkak, mengering, dan mudah berdarah. Hal ini dapat menyebabkan hidung tersumbat atau meler.

Tanda dan Gejala Kehamilan yang Aneh

Kebanyakan orang telah menyadari beberapa tanda-tanda awal kehamilan yang paling umum. Namun, ada banyak tanda kehamilan lainnya dan tidak semua orang akan mengalaminya. Berikut ini tanda dan gejala kehamilan yang aneh:

  • Mimisan. Gejala mimisan cukup umum terjadi pada kehamilan akibat perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh. Mimisan jarang mengindikasikan masalah serius dan aman dengan perawatan di rumah.
  • Sakit kepala. Wanita hamil bisa saja mengalami sakit kepala karena meningkatnya kadar estrogen di dalam tubuh. Stres atau kelelahan juga bisa menyebabkan sakit kepala dan meningkatkan ketegangan.
  • Pusing. Tekanan darah bisa menurun selama awal kehamilan, karena pembuluh darah membesar untuk mengirim lebih banyak darah ke rahim. Tekanan darah yang menurun dapat menyebabkan pusing yang juga dapat disebabkan oleh kelelahan, kadar gula darah rendah, dan stres. Makan dalam porsi kecil dan teratur, serta berusaha mengendalikan stres dapat membantu meredakan pusing. 
  • Jerawat. Beberapa wanita sudah memiliki jerawat, tetapi akan semakin parah selama masa kehamilan. American College of Obstetricians and Gynecologists menyarankan untuk mencuci muka dua kali sehari dengan pembersih dan air hangat, menahan diri dari untuk tidak mengorek atau menekan luka jerawat, memilih kosmetik bebas minyak, dan masih banyak lagi.
  • Mengidam. Makanan yang dulu disukai mungkin tiba-tiba terasa menjijikkan dan sekarang mungkin Anda menginginkan makanan yang sebelumnya tidak disukai. Ini disebut dengan ngidam. Jika Anda ngidam non-makanan (pica), sebaiknya hubungi penyedia layanan kesehatan.
  • Sesak napas. Peningkatan hormon progesteron pada beberapa minggu pertama kehamilan bisa menyebabkan Anda bernapas lebih sering dari biasanya yang berisiko menyebabkan sesak napas.
  • Pilek. Rinitis adalah nama resmi untuk pilek yang dialami kebanyakan wanita selama kehamilan. Gunakan humidifier, tetes garam, atau bilasan garam untuk membantu mengatasi hidung tersumbat akibat pilek.

Kapan Harus Tes Kehamilan?

Jika Anda melewatkan periode menstruasi dan baru-baru ini melakukan hubungan seks tanpa kondom, kemungkinan Anda sedang hamil. Selain memperhatikan gejala yang muncul, Anda juga bisa melakukan tes kehamilan untuk memastikan.

Anda dapat melakukan sebagian besar tes kehamilan dari hari pertama menstruasi yang terlewat. Jika Anda tidak tahu kapan waktu menstruasi berikutnya, lakukan tes setidaknya 21 hari setelah terakhir kali Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom.

Beberapa tes kehamilan yang sangat sensitif dapat digunakan bahkan sebelum Anda melewatkan menstruasi, yakni sekitar 8 hari setelah pembuahan. Anda dapat melakukan tes kehamilan pada sampel urine yang sudah dikumpulkan, tidak harus urine di pagi hari.

Apakah Hasil Test Pack Akurat?

Semua tes kehamilan dapat mendeteksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG) yang mulai diproduksi sekitar 6 hari setelah pembuahan. Anda bisa melakukan tes kehamilan di rumah menggunakan test pack sebelum melakukan tes dengan dokter spesialis kandungan atau bidan. 

Test pack biasanya tersedia dalam kotak berisi 1 atau 2 batang panjang. Kecingkan batang tersebut dan hasilnya akan muncul setelah beberapa menit. Setiap tes kehamilan sedikit berbeda, pastikan Anda selalu membaca instruksinya terlebih dahulu.

Tes kehamilan yang dilakukan di rumah menunjukkan hasil akurat selama Anda mengikuti instruksi dengan benar. Hasil tes yang positif hampir pasti benar. Namun, hasil tes negatif kurang dapat diandalkan. 

Hasil tes kehamilan mungkin tidak dapat diandalkan jika Anda terlalu dini melakukan tes, tidak mengikuti instruksi dengan benar, atau pengaruh dari beberapa obat yang sedang dikonsumsi.

Jika Anda mendapatkan hasil negatif dan masih curiga bahwa Anda sedang hamil, tunggu beberapa hari dan coba lakukan tes kehamilan lagi. Konsultasikan dengan dokter jika Anda mendapatkan hasil negatif setelah tes kedua tetapi Anda tidak kunjung menstruasi. Kemungkinan ada masalah lainnya yang menyebabkan menstruasi tidak teratur.

Perhatikan tanda-tanda awal kehamilan dan kapan Anda harus melakukan tes kehamilan. Hubungi dokter spesialis kandungan melalui Smarter Health untuk memastikan kehamilan Anda. Smarter Health memungkinkan Anda mengakses layanan kesehatan kapan pun Anda membutuhkannya. Tersedia layanan telekonsultasi, konsultasi offline, membantu mencari rekomendasi rumah sakit, mencari dokter spesialis, dan menghitung estimasi biaya pengobatan di dalam dan luar negeri.

Referensi:
Mayo Clinic (2019). Symptoms of pregnancy: What happens first.
Hana Ames, Reviewed by Valinda Riggins Nwadike (2020). Medical News Today. Weird early pregnancy symptoms: What to know.
National Health Service UK (2018). Doing a pregnancy test, Your pregnancy and baby guide.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?