Tanya Jawab Minggu ke-6 Dokter Spesialis Singapura & Malaysia

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Tanya jawab gratis keluhan medis ada di Forum Smarter Health.

Tiap minggu, ada lima dokter spesialis berbeda dari Singapura atau Malaysia yang siap menjawab semua keluhan medis Anda.

Berikut daftar dokter spesialis di tanya jawab minggu ke-6:

dr. Aqilah Othman, spesialis kanker Malaysia

Selamat siang, dokter. Ibu saya seorang penderita kanker payudara. Salah satu payudaranya sudah diangkat. Alhamdulillah, sekarang beliau sehat. Tapi, di tengah rasa syukur saya, saya khawatir akan mewariskan penyakitnya. Bagaimana supaya saya bisa mencegah terkena kanker juga dok? Usia saya sekarang 28. Gaya hidup saya biasa saja, gak sehat-sehat amat. Saya sudah berhenti merokok 2 tahun ini. Mohon berikan saran dok, sebab saya dengar orang yg keluarganya punya kanker lebih berisiko.

Orin Sulistia

Jawaban dokter: Selamat siang. Terima kasih pertanyaannya. Jika ibu Anda berusia di atas 40 tahun ketika didiagnosa kanker dan Anda tidak punya keluarga dekat lainnya yang didiagnosa kanker, maka kecil kemungkinan Anda akan mewariskan penyakit ini secara genetik. Tentang cara mengurangi risiko kanker, Anda telah melakukan hal yang tepat dengan berhenti merokok. Selamat! Gaya hidup lainnya yang perlu diperhatikan dalam mencegah kanker adalah menjaga berat badan ideal, olahraga rutin, dan makan makanan sehat yang kaya sayur dan buah, hindari makanan olahan dan berlemak sebisa mungkin.

Selain itu, periksakan payudara Anda. Cermati apabila ada perubahan di tubuh dan temui dokter segera ketika ada yang berubah. Saya juga akan menyarankan Anda untuk… Lihat selengkapnya di forum.

dr. Barrie Tan, spesialis THT Singapura

saya punya masalah infeksi di telinga tengah. dokter tht kasih antibiotik tapi belum kunjung membaik dan suka keluar cairan putih dari telinga saya. bagaimana ya dok? apa ada langkah untuk periksa biar ketahuan penyebab pastinya dan bagaimana mengatasi ini. terima ksh

Aini K

Jawaban dokter: Hai. Penting untuk melakukan nasoendoskopi untuk melihat belakang hidung Anda. Cara ini menggunakan kamera yang dikaitkan ke tabung fleksibel kecil yang bisa dimasukkan ke hidung. Tujuannya untuk memeriksa apakah ada daging tumbuh atau pembengkakan di belakang hidung yang mungkin menyumbat atau menekan rongga tabung eustachius (jalur ventilasi telinga yang terhubung ke belakang hidung). Biasanya infeksi telinga tengah muncul dari bakteri yang naik dari tabung eustachius ke telinga tengah. Gangguan fungsi tabung eustachius bisa mempengaruhi infeksi telinga tengah. Selain antibiotik, obat dekongestan hidung biasanya juga diberikan untuk memastikan lendir di bagian depan hidung tidak menetes ke belakang dan menyumbat rongga tabung eustachius.

Untuk cairan putih yang keluar dari telinga Anda, itu tidak wajar terjadi pada infeksi telinga tengah saja kecuali ada lubang di gendang telinga. Jika itu terjadi, cairan di telinga tengah akan bocor keluar melalui lubang tersebut ke lubang telinga. Dalam situasi tersebut, saya sarankan Anda menggunakan… Lihat selengkapnya di forum.

dr. Poh Choo Hean, spesialis saluran pencernaan Singapura

Dok, ulu hati saya kalau ditekan sakit sampai mulas. Dan saya kalau BAB lebih keras dari biasanya. Kadang (maaf) tinjanya berdarah, walaupun cuma sedikit dan nggak selalu. Saya disarankan untuk hindari makanan pedas dan asam. Tapi saya suka bandel dan tetap makan. Karena sejujurnya saya bingung, apa iya cuma gara2 makanan? Untuk ke dokter saya sendiri takut, takut ternyata saya punya penyakit yang parah. Mohon beri saya saran dok. Terima kasih atas bantuan dokter.

Christian

Jawaban dokter: Dari pertanyaannya, ada 2 masalah:

1) Sakit perut bagian atas bisa jadi berhubungan dengan masalah asam. Kadang-kadang, beberapa makanan bisa memicu rasa sakit. Jika rasa sakitnya tak mau hilang, sebaiknya temui dokter untuk memeriksakan perut dan jika perut ternyata normal, Anda mungkin perlu usg untuk mengecek apakah ada batu empedu.

2) Pendarahan kemungkinan disebabkan oleh ambeien, apalagi jika Anda merasa keras buang air besar. Tapi lebih baik… Lihat selengkapnya di forum.

dr. Salleha Khalid, spesialis kandungan Malaysia

Halo Dokter, saya mau tanya, saya sedang pakai KB suntik 2 bulan. Menstruasi saya teratur setiap tanggal 16 Maret, namun saya berhubungan 5 hari sebelum masa KB berakhir, apakah mungkin bisa terjadi kehamilan dok?

Marlinda Pritadani

Jawaban dokter: Hai. Saya asumsikan suntik KB adalah jenis perencanaan keluarga. Tergantung jenis suntikannya, bisa berlangsung 8 hingga 12 minggu. Jika suntikan yang Anda dapat memang untuk 8 minggu, itu akan mencegah kehamilan hingga 8 minggu. Melakukan hubungan sebelum suntikan berikutnya mungkin tidak akan membuat hamil. Namun jika… Lihat selengkapnya di forum.

dr. Thor Timothy Anuntapon Chutatape, spesialis manajemen nyeri (anestesi) Singapura

Doc, saya hobi main futsal. Suatu kali, abis latian, paha saya keram. Terus sembuh. Cuma sekarang, saya jadi gampang sakit di bagian paha, kadang sampai gak bisa berdiri. Rasanya kayak dijepit. Apa ini sakit masih berhubungan dengan keram kemarin ya dok?

Faisal

Jawaban dokter: Berdasarkan kondisi yang Anda gambarkan, kemungkinan rasa sakit di bagian paha tersebut terjadi karena robekan otot atau ligamen. Kemungkinan lainnya yang lebih jarang terjadi adalah karena masalah di pinggul ataupun pada lutut.

Penting untuk mengistirahatkan paha Anda, berhenti bermain futsal selama 4-6 minggu. Bila rasa nyeri tersebut tidak mau hilang, ada baiknya untuk… Lihat selengkapnya di forum.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?