Tanya Dokter Bedah Kardiotoraks: dr. Loh Yee Jim dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: Toraks dan KardiovaskularTanya Dokter Bedah Kardiotoraks: dr. Loh Yee Jim dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura
dr. Loh Yee Jim menulis 7 bulan lalu
Saya dr. Loh Yee Jim, dokter bedah kardiotoraks dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura.

Saya lulus pada tahun 2000 dan memulai pelatihan saya di bidang bedah kardiotoraks pada tahun 2004 dan menjadi Anggota Royal College of Surgeons, Edinburgh pada tahun 2009. Saya kemudian dianugerahi beasiswa pelatihan luar negeri yang bergengsi dari Kementerian Kesehatan (MOH), Singapura.

Memahami bahwa pengalaman dan pelatihan sangat penting, saya mengikuti program fellowship di Boston Children’s Hospital, Harvard Medical School pada tahun 2010. Boston Children’s Hospital mendapat peringkat rumah sakit terbaik untuk operasi jantung bawaan dan kardiologi oleh US News and World Report untuk beberapa tahun berturut-turut. Sebagai pengakuan atas kerja keras dan kemampuan saya, pada tahun 2012, saya diangkat menjadi Kepala Residen program tersebut. Ini adalah pencapaian yang sangat langka bagi orang asing. Saya kembali dan bergabung dengan KK Women’s and Children’s Hospital pada tahun 2012 dan juga ditunjuk sebagai konsultan tamu di National Heart Centre, Singapura.

Selain minat saya dalam bedah jantung anak, saya juga aktif terlibat dalam pekerjaan bedah jantung dewasa. Saya memperjuangkan penggunaan penutupan video-assisted thoracoscopic (VATS) pada defek septum atrium sebagai bentuk operasi jantung invasif minimal. Saya juga telah melakukan rangkaian prosedur penggantian akar hemat katup aorta terbesar di Singapura.

Saya telah aktif mengembangkan profesi kardiotoraks di Singapura selama bertahun-tahun. Saya adalah Ajun Asisten Profesor di Duke-NUS Graduate Medical School, dan Instruktur Klinis di Yong Loo Lin School of Medicine, Singapura. Saya menjadi Kepala Bedah Kardiotoraks di KK Women’s and Children’s Hospital pada tahun 2015.

Saya ditunjuk sebagai anggota komite akreditasi bedah invasif minimal di KKH, direktur bedah program oksigenasi membran ekstra-korporeal pediatrik nasional (ECMO), direktur program dan medis National Cardiovascular Homograft Bank (NCHB). Saya sebelumnya juga menjabat sebagai Co-direktur program National Pediatric Heart Transplant and Ventricular Assist Device.

Di tengah kesibukan saya, saya sangat aktif dalam mengajar warga dalam seni dan ilmu bedah kardiotoraks. Saya ditunjuk sebagai anggota fakultas inti, komite evaluasi program (PEC) dan anggota fakultas komite kompetensi klinis (CCC). Saya juga diangkat ke Kementerian Kesehatan sebagai anggota anggota Komite Penasihat Residensi (RAC) pada Februari 2018. RAC terutama bertanggung jawab untuk mengembangkan spesialisasi, dengan mempertimbangkan prioritas dan kebutuhan perawatan kesehatan bangsa.

Untuk informasi mengenai Mount Elizabeth Novena Hospital klik di sini: https://www.smarterhealth.id/rumah-sakit/mount-elizabeth-novena-hospital-singapura/

Silakan baca profil saya di sini: https://www.smarterhealth.id/dokter-spesialis/loh-yee-jim/

Senang sekali bisa berada di sini. Selama 2 minggu ke depan saya akan menjawab pertanyaan seputar penyakit jantung anak maupun dewasa. Silakan bertanya!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman forum. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

13 Balasan
Yandi P menulis 7 bulan lalu
Dok, apa pasien jantung koroner bisa sembuh permanen atau harus bergantung pada obat atau penanganan tertentu seumur hidup?
dr. Loh Yee Jim
dibalas 7 bulan lalu

Penyakit arteri koroner dapat dikendalikan dan diperlambat dengan mengobati faktor risiko yang dapat dimodifikasi. Faktor risiko utama yang dapat dimodifikasi untuk perkembangan penyakit arteri koroner adalah: pengendalian hipertensi, diabetes melitus dan kolesterol tinggi. Ada juga kebutuhan untuk mengurangi merokok.

Faktor risiko minor yang dapat dimodifikasi termasuk pengendalian berat badan, perubahan gaya hidup dengan olahraga teratur, dan pengendalian stres yang kita alami dalam hidup.

Sayangnya penyakit arteri koroner tidak dapat disembuhkan secara permanen, seperti halnya penderita hipertensi dan diabetes melitus. Tetapi dengan gaya hidup yang lebih disiplin, hal itu dapat dicegah atau perkembangannya dapat dikontrol.

Narti Darsini menulis 7 bulan lalu

anak saya sudah bertahun-tahun batuk tidak sembuh-sembuh. sudah dibawa kedokter. sudah cek paru katanya gk masalah.padhal kadang sampai muntah. gimana baiknya ya?

dr. Loh Yee Jim
dibalas 7 bulan lalu

Banyak kondisi yang dapat menyebabkan batuk sebagai gejala. Misalnya infeksi saluran pernapasan, asma, refluks asam lambung, atau malformasi struktur saluran napas atau paru-paru bawaan. Kadang bisa juga lingkungan jika tercemar atau berada di sekitar anggota keluarga yang banyak merokok.

Tidak biasanya seorang anak mengalami batuk yang berlebihan selama bertahun-tahun. Perhatikan produksi dahak, warna dahak, demam, suara mengi saat anak bernapas atau kesulitan bernapas. Jika ini terus berlanjut, anak Anda mungkin harus berkonsultasi dengan dokter spesialis dan menjalani pemeriksaan yang lebih rinci seperti CT scan dada.

Darius Siman menulis 7 bulan lalu
Mohon konsultasi dok. Anak saya tiba2 dada kirinya sakit sampai nangis lalu ndak sampai 10 menit hilang, sering begini itu kenapa ya?
dr. Loh Yee Jim
dibalas 7 bulan lalu

Meskipun kita semua berpikir bahwa nyeri dada bisa menjadi masalah yang berhubungan dengan jantung, nyatanya bisa juga karena kondisi atau penyakit yang mempengaruhi sistem pernapasan, otot, tulang, dan usus.

Nyeri dada pada anak sangat berbeda dengan pada orang dewasa. Kurang dari 2 persen nyeri dada pada anak-anak terkait dengan kondisi jantung. Kondisi jantung yang harus diwaspadai adalah kelainan kongenital jantung atau pembuluh darahnya.

Kondisi pernapasan seperti infeksi atau asma juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan dada yang tiba-tiba. Perlu juga mencari tahu apakah ada trauma seperti kecelakaan atau tabrakan dengan teman saat bermain sebagai penyebab nyeri di dada.

Marhum Nukis menulis 7 bulan lalu
Doc, sakit di dada dan kayak ada kotoran di dada sampe batuk2 kering tiap hari. Kira2 knp ya
dr. Loh Yee Jim
dibalas 6 bulan lalu

Jika Anda merasakan nyeri dada setiap hari, lebih baik Anda mencari bantuan medis setempat. Nyeri dada Anda mungkin disebabkan oleh batuk kering kronis atau hal lain yang terjadi di paru-paru.

Tomo Andito menulis 7 bulan lalu

Saat napas normal gak sakit tapi kalau nafas dalem kayak nusuk jantung. Ini kenapa y dok?

dr. Loh Yee Jim
dibalas 6 bulan lalu

Nyeri dada adalah gejala yang tidak spesifik. Tidak semua pasien dengan nyeri dada memiliki penyakit jantung dan tidak semua penyakit jantung akan muncul dengan nyeri dada. Menariknya, pria dan wanita dapat hadir dengan gejala yang berbeda ketika mereka menderita penyakit jantung. Pria bisa datang dengan nyeri dada yang disertai sesak napas atau bahkan berkeringat. Namun wanita cenderung hadir dengan rasa mual, dada panas dan keringat dingin atau kelelahan yang tidak biasa.

Penyebab nyeri dada lainnya dapat disebabkan oleh aktivitas otot-tulang, terutama setelah membawa beban berat, infeksi paru-paru (pneumonia), pneumotoraks, atau bahkan patah tulang. Jika Anda mengalami nyeri dada yang disertai gejala lain seperti sesak napas, berkeringat, atau lengan tidak nyaman, segera dapatkan bantuan medis.

Agnisa Dwitasari menulis 7 bulan lalu

Bapak saya pernah dirawat krn katanya paru-parunya ada lendir, bisa jadi karena rokok. Dua hari lalu dia mendadak ngeluh sesek dada sakit. Tapi kemudian ilang. Saya khawatir kejadian lg dok. Apa ini termasuk serangan jantung? Pemeriksaan yang harus kami lakukan apa dok

dr. Loh Yee Jim
dibalas 6 bulan lalu

Ayah Anda memiliki faktor risiko usia dan merokok. Seperti yang telah Anda sebutkan dengan benar, alangkah baiknya jika dia mencari bantuan medis untuk menyingkirkan penyakit jantung yang dapat menyebabkan nyeri di dadanya. Biasanya EKG dan CXR harus dilakukan untuk melihat jantung yang membesar dan menyingkirkan penyebab nyeri dada lainnya. Tergantung pada dokter jantungnya, dia mungkin menyuruh beliau CT angiogram koroner atau meminta ayah Anda melakukan tes stres seperti treadmill.

Bagas Kurnia menulis 6 bulan lalu

Dok, sudah hampir sebulan saya rasakan dada berat untuk napas dan kadang berdebar kencang. Biasanya sebelum tidur malam. Kira2 apa sebabnya? Apa jantung?

dr. Loh Yee Jim
dibalas 6 bulan lalu

Jika Anda merasakan dada sesak dengan kesulitan bernapas dan terkadang jantung Anda berdetak kencang, itu mungkin merupakan sinyal dari hati Anda yang memberitahu Anda bahwa ada yang salah dengan jantung. Ini terutama terjadi jika ketidaknyamanan yang Anda rasakan berhubungan dengan pengerahan tenaga dan menaiki tangga. Gejala Anda cukup klasik untuk pasien dengan penyakit arteri koroner (CAD), meskipun masalah lain seperti penyakit katup jantung juga dapat menyebabkan gejala serupa. Sebaiknya Anda segera mencari nasihat medis.

Rifqi menulis 6 bulan lalu

Dok, ibu saya umur 69 kena pneumonia. Yang mau saya tanyakan, seberapa parah dok penyakit ini? Apa bisa sembuh? Bagaimana pengobatan yang bagus?

dr. Loh Yee Jim
dibalas 6 bulan lalu

Pneumonia adalah infeksi paru-paru dan dapat disebabkan oleh berbagai jenis organisme seperti virus, bakteri, atau bahkan jamur. Orang tua memiliki risiko lebih tinggi terkena pneumonia. Antibiotik bisa sangat efektif untuk berbagai jenis bakteri penyebab pneumonia dan sebagian besar pasien akan sembuh. Namun, pasien yang memiliki berbagai masalah medis dengan pneumonia, terkadang dapat dirawat di ICU untuk pengobatan pneumonia dan hal ini menempatkan mereka pada risiko kematian yang lebih tinggi. Dengan pandemi COVID saat ini, ada baiknya juga dilakukan tes COVID untuk memastikan ini bukan penyebab pneumonia.

Mardani menulis 6 bulan lalu

Anak saya umur 12 tahun sering sesak napas kalau malem kebangun dari tidur dok, dan dada katanya berat. Itu knp ya dok? Apa yg harus saya lakukan?

Matius menulis 6 bulan lalu

Dada kanan saya rasanya panas kalau badan nunduk. Ada yg bilang karena perokok aktif dari dulu. Saya pernah uap pakai air panas entengan. Tapi nanti gak lama gitu lagi. Mohon saran dok, sebaiknya apa saya periksa ke dokter? Pemeriksaan apa yg harus saya coba?

Balasan Anda






Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?