Tanya Dokter Bedah Umum (Endokrin): dr. Charles Tan dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: Bedah UmumTanya Dokter Bedah Umum (Endokrin): dr. Charles Tan dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura
dr. Charles Tan menulis 9 bulan lalu
Saya dr. Charles Tan, dokter bedah umum (endokrin) yang praktik di Mount Elizabeth Novena Hospital.

Saya berpengalaman lebih dari 21 tahun, dan subspesialisasi saya adalah di bedah endokrin dan penanganan hernia endoskopik.

Saya mendapat gelar dokter dari Faculty of Medicine University of Leicester pada tahun 1995. Setelah menyelesaikan pelatihan bedah dasar di Singapura di Singapore General Hospital & National University Hospital, saya mendapat kesempatan melanjutkan ke Royal College of Surgeons of Edinburgh (FRCS) pada tahun 2006. Saya lalu mendapatkan kesempatan untuk meneruskan pelatihan di Royal North Shore Hospital, Sydney, New South Wales, Australia.

Sebelum berpraktik mandiri, saya merupakan konsultan senior di National University Hospital (NUH) of Singapore. Sebagai Kepala Divisi Bedah Endokrin di NUH, saya memulai program bedah tiroid robotik. Di Singapura, saat ini saya memiliki pengalaman terbanyak di bidang bedah tiroid melalui ketiak. Selain penanganan komprehensif kanker tiroid, prosedur baru lainnya meliputi operasi invasif-minimal paratiroid dengan bius lokal dan operasi adrenal lubang kunci (trans-abdominal atau retroperitoneal).

Saat ini saya menjabat sebagai Ketua Singapore Hernia Society. Saya telah menangani lebih dari 1000 kasus, di mana 90% di antaranya ditangani lewat operasi lubang kunci. Saya juga mengajar kelas tingkat lanjut untuk berbagi pengetahuan kepada rekan-rekan yang lain.

Saya punya passion yang kuat untuk mengajar. Saya menjadi pengajar terbaik setiap tahun di departemen bedah dan masih menjadi konsultan tamu, ajun asisten profesor di National University Hospital. Untuk berkontribusi lebih jauh di pendidikan kedokteran, saya menulis buku best-seller tentang OSCE untuk para mahasiswa.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Mount Elizabeth Novena Hospital, klik di sini: https://www.smarterhealth.id/rumah-sakit/mount-elizabeth-novena-hospital-singapura/

Silakan baca profil saya di sini: https://www.smarterhealth.id/dokter-spesialis/charles-tan/

Senang sekali berada di sini. Saya akan menjawab pertanyaan seputar kanker tiroid, hernia, luka kulit, kista kulit atau lipoma. Silakan bertanya!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman ini. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

26 Balasan
Cindy Sagina menulis 9 bulan lalu

Dok, apa ciri-ciri benjolan di ketiak yang berbahaya? Di ketiak saya ada benjolan, sudah sekitar 6 bulan. Keras kaya batu dan warnanya gelap.

dr. Charles Tan
dibalas 8 bulan lalu

Tanda benjolan yang berbahaya di antaranya:
– Keras
– Bentuk tidak wajar
– Bisa berdarah

Semua benjolan yang tidak mengecil harus diangkat dengan operasi untuk mengonfirmasi diagnosa dengan cara mengujinya di laboratorium.

Fauzan menulis 9 bulan lalu
Dok, saya punya lipoma. Saya baca online, ada artikel yang bilang bahaya ada juga yang bilang tidak. Yang mana yang benar?
dr. Charles Tan
dibalas 8 bulan lalu

Lipoma hanya bisa dikonfirmasi 100% setelah operasi dan diuji.

Jika diagnosanya ternyata ada dugaan ke sana setelah pemeriksaan riwayat medis, pemeriksaan fisik, dan mungkin USG, maka ini 80% akurat.

Sebuah benjolan berbahaya atau tidak, tergantung pada benjolan apakah itu.

Jika sebuah benjolan tidak mengecil, operasi pengangkatan tetap disarankan.

Nessa Dwi Murni menulis 9 bulan lalu
Dok, saya wanita berumur 33 tahun. Setiap datang bulan, di ketiak saya suka muncul benjolan kecil, gak keliatan sih, baru kerasa kalau diraba. Biasanya gatal. Kulit di sekitarnya jg mengelupas. Saya suka googling dan katanya benjolan di ketiak bisa karena kanker. Tapi benjolan saya ilang setelah datang bulan selesai dok.
dr. Charles Tan
dibalas 8 bulan lalu

Perilaku benjolan pada ketiak kedengaran seperti merespons perubahan hormon ketika Anda menstruasi. Ini menunjukkan jaringan payudara di ketiak. Operasi pengangkatan bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

nanik menulis 8 bulan lalu
Dok, saya punya benjolan di leher. Awalnya saya kita gondok, tapi sudah 5 bulan ga hilang ilang. Solusinya apa ya dok?
dr. Charles Tan
dibalas 8 bulan lalu

Gondok adalah benjolan yang muncul dari kelenjar tiroid.

Benjolan di kelenjar tiroid biasanya berukuran tetap atau bertambah besar. Harus dipastikan tidak ada kanker.

Benjolan di leher Anda bisa berasal dari kelenjar tiroid atau bukan.

Sebaiknya temui dokter untuk memastikan dari mana benjolan ini muncul dan memastikan itu bukan kanker.

Akyasa menulis 8 bulan lalu

dokt saya waktu itu punya lipoma dan sudah ditangani pakai sunti (karena ukurannya tidak terlalu besar dan saya takut kalau operasi). itu 9 bulan lalu. sekarang benjolannya balik lagi. apa operasi jalan satu-satunya agar dia hilang permanen dok?

dr. Charles Tan
dibalas 8 bulan lalu

Suntikan tidak bisa mengatasi masalah lipoma. Penanganannya hanya bisa melalui operasi pengangkatan.

Lucia S menulis 8 bulan lalu

Dok, di leher blkg sy ada bnjolan kecil tapi keras. Udh sekitar 2bln. Tapi dia gak tambah besar si dok. Saya penasaran apa ya

dr. Charles Tan
dibalas 8 bulan lalu

Sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapat pemeriksaan yang baik. Jika benjolannya bertambah besar perlahan-lahan, sangat disarankan untuk operasi pengangkatan.

Joko Purnomo menulis 8 bulan lalu

Selamat malam dok saya umur 48 thn yg saya alami teroid sdh jln 4 bulan dedegan di peru ada 2 tempt tapi skrng sdh sembuh ini tinghal di uluhati kadang ada kadang tdk kok bikin tidak nyaman ini apa masih pengaruh teroid dok padahal tenggoroanku sudah radi longgar dok trima kasih jawabanya

dr. Charles Tan
dibalas 8 bulan lalu

Jika masalahnya pada ulu hati, kemungkinan besar tidak berhubungan dengan tiroid. Sebaiknya temui dokter untuk diperiksa.

yayan menulis 8 bulan lalu
Doctor Charles. Saya kenapa ya gondokan hampir setiap bulan? Apa ada masalah kalau begini?
dr. Charles Tan
dibalas 8 bulan lalu

Gondok berarti pembengkakan di kelenjar tiroid. Gondok tidak muncul dan hilang, tetapi konstan. Pembengkakan di leher yang terjadi setiap bulan kemungkinan bukan gondok. Sebaiknya periksakan ke dokter.

Sahad Shabari menulis 8 bulan lalu
Dok, dari leher sampai pundak kiri saya ada benjolan pjg, kalau dipegang dia kayak daging. Gak sakit sejauh ini tapi kelihatan aneh. Apa harus dioperasi atau jalan lain?
dr. Charles Tan
dibalas 8 bulan lalu

Sebaiknya periksakan ke dokter. Kedengaran seperti lipoma. Ya, operasi jalan satu-satunya.

Timotius Hendrawan menulis 8 bulan lalu

Kalau benjolan di bawah dagu apa juga termasuk gondok dok?

dr. Charles Tan
dibalas 8 bulan lalu

Kemungkinan bukan. Gondok terjadi leher bagian bawah. Ada banyak penyebab lain untuk benjolan di bawah dagu.

Balasan Anda






Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?