Tanya Dokter Bedah Umum (Vaskular): dr. Lee Chee Wei dari Mount Elizabeth Orchard Hospital Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: Bedah UmumTanya Dokter Bedah Umum (Vaskular): dr. Lee Chee Wei dari Mount Elizabeth Orchard Hospital Singapura
dr. Lee Chee Wei menulis 2 bulan lalu

Saya dr. Lee Chee Wei, dokter bedah umum (vaskular) yang praktik di Mount Elizabeth Orchard Hospital Singapura, Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura dan Parkway East Hospital Singapura.

Saya seorang dokter bedah umum dengan pengalaman sekitar 10 tahun. Di klinik saya di Mount Elizabeth Novena, Mount Elizabeth, dan Parkway East Hospital, saya memberikan perawatan khusus untuk pasien dengan penyakit vaskular. Pasien akan menerima penilaian komprehensif termasuk pemindaian Duplex di klinik.

Saya sangat ahli dalam melakukan operasi vaskular yang kompleks seperti perbaikan aorta terbuka, operasi bypass, angioplasti perifer, perbaikan endovaskular aorta, dan perawatan laser endovena untuk varises.

Setelah lulus dari Fakultas Kedokteran di National University of Singapore (MBBS, 1995), saya menjalani pelatihan dasar dan menerima Fellowship of the Royal College of Surgeons, Edinburgh pada tahun 2001. Saya menyelesaikan Pelatihan Khusus Lanjutan dalam Bedah Umum pada tahun 2005 Kemudian, melalui Penghargaan Health Manpower Development Programme (HMDP), saya mengikuti program fellowship selama satu tahun di St Vincent Hospital di Sydney, Australia di mana saya dilatih dalam prosedur bedah terbuka serta prosedur intervensi endovaskular. Pelatihan saya di sana juga melibatkan keterikatan pada Laboratorium Diagnostik Vaskular tempat saya dilatih untuk melakukan ultrasound vaskular dupleks dan tes non-invasif lainnya.

Sebelum saya pindah ke praktik swasta, saya adalah seorang konsultan di Departemen Bedah Umum di Tan Tock Seng Hospital. Selama masa jabatan saya, saya menjabat sebagai Kepala Layanan Bedah Vaskular serta Direktur Lab Diagnostik Vaskular, di mana saya dikenal karena mendorong batas-batas intervensi arteri perifer (termasuk penggunaan balon dan stent elusi obat), perbaikan aorta endovaskular, penyelamatan fistula arteriovenosa untuk dialisis ginjal, operasi bypass (termasuk operasi bypass distal dan trauma) dan intervensi invasif minimal untuk varises. Saat ini saya tetap menjadi Konsultan Tamu di Tan Tock Seng Hospital.

Saya diterima menjadi anggota Akademi Kedokteran Singapura, Bedah, pada tahun 2011. Saya juga memiliki beberapa jurnal lokal dan internasional atas nama saya seperti Annals of Vascular Surgery dan World Journal of Surgery.

Untuk informasi tentang Mount Elizabeth Novena Hospital, klik di sini: https://www.smarterhealth.id/rumah-sakit/mount-elizabeth-novena-hospital-singapura/
dan tentang Mount Elizabeth Orchard Hospital di sini: https://www.smarterhealth.id/rumah-sakit/mount-elizabeth-hospital-singapura/
tentang Parkway East Hospital di sini: https://www.smarterhealth.id/rumah-sakit/parkway-east-hospital-singapura/

Baca profil lengkap saya di sini: https://www.smarterhealth.id/dokter-spesialis/lee-chee-wei/

Senang bisa berdiskusi tentang kesehatan vaskular dengan Anda semua. Saya akan secara aktif menjawab pertanyaan tentang penyakit vaskular, penyakit vena, penyakit arteri atau operasi vaskular. Silakan bertanya!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman ini. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

24 Balasan
Stephanus Mario menulis 2 bulan lalu

Halo dok. Kakak saya usia 45 tahun punya masalah di pembuluh darah kaki. Uratnya pada keluar dan kakinya bengkak yang kanan. Pernah ke dokter katanya pengaruh gula. Sudah minum obat 3 minggu tapi blm ada perbaikan. Mohon sarannya dok?

dr. Lee Chee Wei dibalas 2 bulan lalu

Kebanyakan pasien mengalami masalah pembuluh darah di kaki yang bengkak dan sumbernya biasa dari masalah pembuluh vena. Salah salah satu kondisinya adalah masalah darah kental di pembuluh darah, mengakibatkan betis dan telapak kaki bengkak. Kemungkinan lainnya adalah masalah vena sudah rusak, sehingga aliran darah berbalik. Ini menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit menjadi bengkak dan kentara.

Untuk diagnosa, maka perlu dilakukan pemeriksaan USK dari kaki yang bengkak dari paha ke betis untuk memeriksa fungsi vena.

Penting juga untuk menilai pembuluh arteri yang membawa darah dari jantung ke kaki karena arteri mungkin memiliki sumbatan.

Selain masalah pembuluh darah, masalah jantung lemah, sirosis hati atau kelemahan ginjal juga bisa menyebabkan kaki bengkak dan perlu diselidiki.

Rino ZN menulis 2 bulan lalu

Dok, apa betul menekuk kaki sehabis jalan atau olahraga bisa bikin varises?

dr. Lee Chee Wei dibalas 2 bulan lalu

Menekuk kaki tidak mengakibatkan varises timbul di kaki. Olahraga juga tidak menambah risiko varises.

Risiko varises timbul biasanya di kaum wanita, pekerjaan yang perlu berdiri lama seperti guru, juru rawat, dan pasien yang pernah punya masalah darah kental di pembuluh darah vena di kaki

Khairul Asbi menulis 2 bulan lalu

Halo dokter. Saya awal tahun lalu didiagnosa penyumbatan arteri. Setelah treatment, saya masih minum obat dan sama dokter disuruh jaga makanan sehat. Saya mau tanya dok apa penyakit ini bisa kambuh lagi ya? Dan apa bener dok sebaiknya jangan olahraga berat?

dr. Lee Chee Wei dibalas 2 bulan lalu

Penyakit sumbatan pembuluh arteri bisa berlaku di bagian tubuh berlainan, seperti arteri jantung, arteri otak dan arteri kaki.Sebagai pakar vaskular, biasanya saya merawat sumbatan arteri kaki.

Biasanya penyakit ini diobati dengan beberapa jenis obat.

Pertama adalah obat seperti Aspirin yang mencairkan darah, ini membantu pengaliran darah di dalam pembuluh darah yang tersumbat

Kedua adalah obat menurunkan kolesterol seperti kumpulan obat “statin” yang mencegah sumbatan arteri menjadi lebih parah

Paling penting adalah untuk berhenti merokok. Merokok akan mengakibatkan sumbatan arteri menjadi lebih serius.

Obat-obatan ini biasanya perlu dikonsumsi seumur hidup untuk mencegah masalah sumbatan menjadi lebih serius.

Olahraga bisa membantu aliran darah di kaki pasien yang ada sumbatan arteri. Biasanya, kita sarankan olahraga seperti berjalan, jogging ringan, naik sepeda ataupun berenang. Kegiatan aerobik ini akan membantu menguatkan jantung dan juga meningkatkan aliran darah ke kaki.

Pembedahan angioplasty adalah salah satu cara untuk memulihkan arteri yang ada sumbatan. Untuk melakukan angioplasty, dokter akan membuat injeksi di arteri di paha. Dari sini, balon akan dimasukkan ke dalam arteri sampai ke bagian yang tersumbat untuk membuka arteri supaya pengaliran darah bertambah. Selepas pembedahan angioplasty, pasien perlu makan obat pencairan darah (seperti Aspirin atau Plavix) dan obat kolesterol paling kurang 2 tahun. Risiko varises kambuh setelah operasi berkisar 10-50%.

Muhadi menulis 2 bulan lalu

Memar di kaki menghitam dok kalo jalan sakit. Kenapa ya? Sudah minum obat dari dokter umum tp blm baikan

dr. Lee Chee Wei dibalas 2 bulan lalu

Kulit di bagian betis dan pergelangan kaki menjadi hitam biasanya karena masalah pembuluh darah vena sudah rusak. Tekanan darah di dalam pembuluh vena sudah terlalu tinggi, mengakibatkan kulit menjadi tipis dan hitam. Perlu lakukan pemeriksaan USK untuk mengetahui apakah ada pembuluh vena yang rusak

Kalau pembuluh vena sudah rusak, biasanya perlu pembedahan cara minimally invasive untuk memulihkan urat yang rusak.

Satu lagi kemungkinan ialah pembuluh arteri yang membawa darah ke kaki mengalami penyumbatan. Aliran darah ke kaki berkurang, dan ini juga bisa mengakibatkan kaki sakit saat jalan. Pemeriksaan USK untuk pembuluh arteri harus dilakukan. Kalau benar ada penyumbatan arteri dan sumbatan melebihi 70%, perlu membuat angioplasti untuk membuka bagian yang tersumbat.

Ferdi Johan menulis 2 bulan lalu

Lengan kiri saya sering pegal sakit kayak nyetrum dan urat-uratnya pada nonjol gitu dok. Makin kentara makin sakit. Penyakit apa ini dok?

dr. Lee Chee Wei dibalas 2 bulan lalu

Kombinasi gejala saraf (sensasi sengatan listrik) dan gejala vena (vena menonjol dan nyeri) menunjukkan bahwa mungkin ada sindrom outlet toraks. Ini adalah kondisi ruang di mana arteri, vena, dan saraf utama meninggalkan sangkar toraks menyempit dan kompresi struktur penting ini menimbulkan gejala Anda. Penilaian lebih lanjut akan diperlukan dan mungkin termasuk MRI thorax dan ekstremitas kiri atas dan studi dinamis dari aliran di vena seperti kateter venogram mungkin diperlukan. Anda perlu menemui dokter bedah vaskular dan tidak boleh menunda mendapatkan konsultasi medis.

Jemy menulis 2 bulan lalu

dok sy idap varikokel grade 2 di sisi kanan

yg sy rasakan sekarang nyerinya dari selangkangan sampe ke samping punggung sebelah kanan .

nyerinya timbul hilang ridak menentu.

apa betul nyeri yg di inggir punggung kanan itu akibat varikokel ?

dr. Lee Chee Wei dibalas 2 bulan lalu

Varikokel biasanya menimbulkan gejala pada skrotum karena vena yang penuh. Nyeri yang menjalar ke punggung biasanya tidak disebabkan oleh varikokel kecuali varikokelnya besar

Anita menulis 2 bulan lalu

Halo dok, varises apa harus dioperasi? Bagaimana mengobatinya? Ayah saya keliatannya punya gejala varises dok

dr. Lee Chee Wei dibalas 2 bulan lalu

Untuk pemeriksaan varises, USG vaskular perlu dilakukan untuk memeriksa vena mana di kaki yang rusak dan apakah cocok untuk pembedahan.

Ada 2 set vena utama di kaki. Vena superfisial adalah vena di sepanjang paha bagian dalam dan betis yang dekat dengan kulit. Vena dalam adalah vena jauh di dalam otot kaki dan tidak dapat dilihat.

Sebagian besar pasien dengan varises di kaki mengalami kerusakan pada vena superfisial. Pembuluh darah biasanya membawa darah dari kaki kembali ke jantung. Saat berdiri, aliran darah di pembuluh darah ke arah atas. Pada pasien dengan varises, darah mengalir ke bawah lagi karena vena rusak dan ini menyebabkan peningkatan tekanan pada vena tungkai, membuatnya membengkak dan menyebabkan nyeri.

Perawatan dapat berkisar dari:
1. Stoking kompresi
– Pasien perlu memakai stocking kompresi kelas medis yang dibuat khusus dari kaki hingga paha atas
– Stoking menekan pembuluh darah, mencegahnya membengkak
– Pasien harus memakai stocking sepanjang hari dan hanya bisa melepasnya pada malam hari
– Ini mengurangi pembengkakan dan gejala tetapi tidak menyembuhkan pasien karena pembuluh darah yang rusak masih ada

2. Operasi invasif minimal
– Untuk menghilangkan vena yang rusak, kateter RadioFrequency dipasang ke vena superfisial utama dari lutut hingga paha atas
– Ini dilakukan dengan menggunakan panduan ultrasound
– Kateter RF akan menghasilkan panas dan menyebabkan cedera termal pada lapisan vena, menyebabkan vena menutup
– Ini akan mengurangi aliran balik darah di pembuluh darah kaki dan mengurangi tekanan tinggi di pembuluh darah vena
– Ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan kateter laser

Imam Fariandi menulis 2 bulan lalu

Dok, kenapa kaki saya kalo habis jalan pasti urat pada keluar, merah, dan gatal2 dok? Biasanya di betis, tapi kadang sampe ke paha juga

dr. Lee Chee Wei dibalas 2 bulan lalu

Jalan kaki dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada vena tungkai, menyebabkan vena tungkai membengkak dan menjadi lebih menonjol. Hal ini biasanya disebabkan oleh varises. Anda harus menjalani pemindaian ultrasonografi vaskular pada kaki yang terkena untuk memastikan diagnosis ini. Setelah vena terlihat, maka pilihan perawatan termasuk memakai stoking kompresi atau operasi invasif minimal untuk mengangkat varises yang terkena, seperti ablasi frekuensi radio atau ablasi laser.

Cristov menulis 2 bulan lalu
Dok, kaki saya sering keram dan sakit kalau bersentuhan dengan sesuatu yang dingin. Kadang kalau jalan di cuaca dingin juga kaki pada bengkak dan uratnya menonjol. Kira2 penyakit apa ini dok?
dr. Lee Chee Wei dibalas 1 bulan lalu

Gejala pembengkakan kaki dan pembengkakan vena kemungkinan besar disebabkan oleh varises. Hal ini menyebabkan peningkatan tekanan pada vena tungkai sehingga menyebabkan vena membengkak dan tungkai membengkak. Anda harus menjalani USG vaskular untuk memeriksa kondisi pembuluh darah di kaki

Nyeri saat menyentuh benda dingin menunjukkan bahwa ini mungkin masalah saraf dan akan memerlukan tes lebih lanjut seperti MRI tulang belakang bagian bawah untuk memeriksa kompresi saraf ke kaki.

Marsini menulis 2 bulan lalu

Dok, leher saya kalau lagi tiduran sering keram, dan biasanya saat keram itu urat2 pada biru keluar semua. Saya harus duduk dan atur napas biar reda dan sakitnya ilang. Kadang saya suka keringet dingin pas lagi begini. Apa penyebabnya dok?

dr. Lee Chee Wei dibalas 1 bulan lalu

Gejala yang Anda jelaskan terdengar seperti mungkin ada penyumbatan pembuluh darah utama di dada. Ini disebut Superior Vena Cava. Vena ini mengalirkan darah dari kepala dan leher dan anggota tubuh bagian atas kembali ke jantung. Anda perlu mencari pertolongan medis sejak dini untuk memastikan diagnosis ini dan untuk mencari penyebab penyumbatan. Ini akan membutuhkan tes lebih lanjut seperti CT scan dada.

Balasan Anda

Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?