Tanya Dokter Hematologi: dr. Ng Chin Hin dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: HematologiTanya Dokter Hematologi: dr. Ng Chin Hin dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura
dr. Ng Chin Hin menulis 2 bulan lalu

Saya dr. Ng Chin Hin, dokter spesialis hematologi (darah) yang praktik di Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura dan Gleneagles Hospital Singapura.

Saya adalah konsultan senior hematologi yang berspesialisasi dalam leukemia dan kanker darah lainnya di Centre for Clinical Haematology. Sebelumnya, saya adalah Keoala Leukemia di National University Cancer Institute of Singapore (NCIS) dan memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dalam hal ini. Saya aktif dalam penelitian klinis dan menjadi Direktur Riset Divisi Hematologi di Departemen Hematologi-Onkologi di NCIS. Selain itu, saya juga aktif terlibat dalam pelatihan sarjana dan menjadi Asisten Profesor di Yong Loo Lin School of Medicine, National University of Singapore.

Saya punya minat besar untuk meningkatkan hasil dari leukemia akut melalui terapi yang dipandu MRD dan mengoptimalkan penggunaan terapi target baru. Saya sangat yakin bahwa pengobatan leukemia akut yang dipandu MRD dikombinasikan dengan terapi target baru memberikan hasil pengobatan yang optimal dan meminimalkan toksisitas yang tidak perlu.

Latar belakang saya di antaranya:

  • Key opinion leader lokal dan regional dalam pengobatan dan pengelolaan Leukemia
  • Leukaemia Lead dan Direktur Riset Divisi Hematologi di National University Cancer Institute of Singapore (2013-2020)
  • Ketua Dewan Tumor Leukemia dari National University Cancer Institute of Singapore (2013-2020)
  • Anggota dewan penasihat di perusahaan farmasi besar
  • Penyidik ​​utama uji klinis yang melibatkan agen baru dalam pengobatan leukemia akut
  • Fellowship di Unit Uji Coba Klinis Fase Awal dari University College London Hospital (2015 – 2016)
  • Assistant Professor, Yong Loo Lin School of Medicine, National University of Singapore (2016-2020)

Untuk informasi tentang Mount Elizabeth Novena Hospital, klik di sini: https://www.smarterhealth.id/rumah-sakit/mount-elizabeth-novena-hospital-singapura/ dan Gleneagles Hospital di sini: https://www.smarterhealth.id/rumah- sakit / gleneagles-rumah sakit-singapura /

Baca profil lengkap saya di sini: https://www.smarterhealth.id/dokter-spesialis/ng-chin-hin/

Senang bisa mendiskusikan kesehatan darah dengan Anda semua. Saya akan secara aktif menjawab pertanyaan seputar kanker darah seperti leukemia, limfoma, mieloma, atau kondisi darah lainnya. Silakan bertanya!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman ini. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

24 Balasan
Rossie menulis 2 bulan lalu

Saya punya anak cewek 21 tahun menderita anemia. Kalo lagi menstruasi, badannya bisa lemes banget sampe pucat. Waktu umurnya 18 tahun pernah sampe harus tranfusi segala dok. Bagaimana mengobatinya ya?

dr. Ng Chin Hin dibalas 2 bulan lalu

Penyebab paling umum anemia pada usia ini adalahkekurangan zat besi. Ini biasanya karena haid yang berlebihan seperti yang diceritakan.

Langkah pertama adalah memeriksa kadar zat besi dalam darah – Ferritin, Saturasi zat besi, TIBC, zat besi serum

Langkah kedua adalah mengonsumsi suplemen zat besi, misalnya Sangobion, Iberet, Maltofer. Untuk efek yang lebih cepat, pasien dapat menerima terapi zat besi intravena.

Brianna Dewinta menulis 2 bulan lalu

Dok, ayah saya umur 55 tahun menderita limfoma Hodgkin sudah stadium 3. Sudah kemoterapi. Dia juga punya masalah jantung yang dideritanya sejak usia 40an. Pertanyaan saya, apakah pengobatan limfomanya bisa memperparah kondisi jantungnya?

dr. Ng Chin Hin dibalas 2 bulan lalu

Ini bergantung kepada jenis kemoterapi yang diterimanya.

Untuk limfoma Hodgkin, salah satu kemoterapinya memang bisa memperparah kondisi jantungnya. Agen kemoterapi yang dimaksud adalah Doksorubisin. Namun, tidak selalu demikian. Hanya sebagian kecil pasien yang menderita kelainan ini.

Bri menulis 2 bulan lalu

Limfoma Hodgkin ini apa menurun dok ke anak? Umur saya 25. Kalau ayah saya kena kanker ini di usia 50an, seberapa besar risiko saya? Kapan saya perlu mulai kontrol dan bagaimana pemeriksaannya?

dr. Ng Chin Hin dibalas 2 bulan lalu

Limfoma tidak diturunkan. Ini karena perubahan genetik yang didapat pada sel darah putih dalam darah atau kelenjar getah bening. Namun, kanker diketahui menurun dalam keluarga. Risiko satu orang tertular kanker sangat tinggi jika dua atau lebih anggota keluarga dekat menderita kanker. Jenis kanker yang diderita dalam keluarga dengan risiko tinggi kanker bisa berbeda-beda. yaitu seseorang mungkin menderita leukemia, yang lain mungkin menderita limfoma atau kanker paru-paru atau lainnya. Anda tidak perlu memulai pemeriksaan sekarang kecuali Anda memiliki gejala tertentu. Umumnya seseorang harus memulai pemeriksaan kesehatan secara teratur setelah usia 50 tahun. Pemeriksaan kesehatan secara umum sebagian besar akan mendeteksi kondisi seperti hipertensi, diabetes mellitus, hiperkolesterolemia, masalah tiroid, dll. Penanda tumor di layar kesehatan tidak sensitif untuk mendeteksi kanker dini, dan peninggian batas penanda kanker juga tidak spesifik untuk kanker . Jadi, ini bukanlah alat skrining yang sangat berguna.

Saffirah menulis 2 bulan lalu

Dok, saya sedang hamil 3 bulan dan kadar leukosit saya tinggi. Lengan dan paha saya memar biru. Apakah akan mengganggu janin saya dok? Saat ini saya lagi nunggu hasil tes darah lengkap lagi. Bagaimana cara agar normal lagi dok?

dr. Ng Chin Hin dibalas 2 bulan lalu

Memar di lengan dan paha memang mengkhawatirkan, ditambah pula kadar leukosit yang tinggi. Kadar trombosit, uji koagulasi dan pemeriksaan film darah tepi (peripheral blood film) juga diperlukan.

Kita perlu mengetahui diagnosis yang mendasari untuk memberikan pengobatan yang tepat.

Kemungkinan penyebabnya mungkin termasuk leukemia akut dan ITP. Ini hanya kecurigaan saya berdasarkan cerita Anda

Pamela menulis 2 bulan lalu

Anak saya umur 13 tahun kenapa ya dok dia gampang banget mimisan? Sejak kecil, tiap demam dia pasti mimisan. Sampe sekarang masih begitu dok. Apa ini gejala bahaya dok?

dr. Ng Chin Hin dibalas 2 bulan lalu

Mimisan cukup umum terjadi pada anak-anak.
Seringkali tergantung pada kondisi lain juga, seperti rinitis alergi, kebiasaan mengupil.
Mimisan bisa terjadi setiap minggu, tetapi sebagian besar waktunya singkat dan tidak parah.
Jika mimisan sangat sering dan parah, pemeriksaan oleh dokter hematologi mungkin diperlukan untuk mencari kelainan perdarahan.
Bila mimisan dikaitkan dengan memar, pemeriksaan oleh dokter hematologi sangat dibutuhkan.

Regina menulis 2 bulan lalu

Dok, putra saya umur 23 tahun kenapa kalo luka berdarah lama sembuhnya dan darahnya banyak banget yg keluar?

dr. Ng Chin Hin dibalas 2 bulan lalu

Ia membutuhkan pemeriksaan yang tepat oleh ahli hematologi. Beberapa tes darah seperti hitung darah lengkap dan tes koagulasi dapat dilakukan dengan mudah untuk membantu mendiagnosis masalah. Kemungkinan penyebabnya mungkin termasuk jumlah trombosit yang rendah, fungsi trombosit yang abnormal, atau kelainan faktor pembekuan

Rudi HG menulis 2 bulan lalu

Saya sakit Multiple Myeloma dan sedang pengobatan VTD. Ada pantangan makanan buat saya dok?

dr. Ng Chin Hin dibalas 2 bulan lalu

Ini adalah makanan yang harus dihindari: anggur, teh hijau, buah yang mengandung banyak vitamin C, suplemen vitamin C. Makanan ini dapat mengurangi kemanjuran atau meningkatkan efek toksik velcade

Kosasih menulis 2 bulan lalu

Saudara saya sedang terapi limfoma, terus di badannya muncul memar-memar, di persendian dok. Apa ini efek sampingnya dok?

dr. Ng Chin Hin dibalas 2 bulan lalu

Memar biasanya karena jumlah trombosit yang rendah. Ini adalah salah satu efek samping kemoterapi. Transfusi trombosit biasanya diperlukan bila jumlah trombosit turun di bawah 20 ribu

Anne menulis 2 bulan lalu

Dok, saya sering banget tekanan darah rendah, di bawah 90/60 terus. Mata suka pusing dan berkunang-kunang. Mungkin sejak 3 tahun lalu sering begini. Belakangan saya khawatir apa ini tanda kondisi yg lebih berbahaya dok? Pemeriksaan apa yg harus saya lakukan?

dr. Ng Chin Hin dibalas 1 bulan lalu

Pusing bisa disebabkan oleh beberapa penyebab. Penyebab umumnya termasuk anemia, tekanan darah rendah, vertigo (masalah telinga tengah atau otak kecil). Saya menyarankan anda untuk melakukan hitung darah lengkap, berkonsultasi dengan spesialis jantung, spesialis THT atau spesialis neurologi.

Mardiana Hanif menulis 2 bulan lalu

Saudara didiagnosa ALL dan sedang menjalani kemo. Saya mau tanya dok berapa lama biasanya kemo dilakukan? Perlu waktu berapa lama setelah kemo untuk sembuh? Dan kalau sudah kemo, apa kankernya bisa balik lagi? Bagaimana mencegahnya kalau iya?

dr. Ng Chin Hin dibalas 1 bulan lalu

Saya seorang spesialis leukemia. Saya berharap dia akan segera sembuh. Lama pengobatan tergantung pada protokol. Protokol tipikal akan mencakup fase induksi, fase konsolidasi, dan fase pemeliharaan. Seluruh perawatan bisa memakan waktu hingga 2 tahun. Jika ia menderita leukemia risiko tinggi, ia membutuhkan transplantasi sumsum tulang yang biasanya dilakukan setelah fase konsolidasi, yang berarti total durasi pengobatan sekitar 1 tahun. Leukemia bisa kambuh. Ini akan tergantung pada risiko genetik leukemia dan jenis kemoterapi yang diterimanya. Leukemia yang kambuh masih bisa disembuhkan meski angka kesembuhannya jauh lebih rendah. Di tempat kami, angka kesembuhan untuk leukemia limfoblastik akut adalah sekitar 80%, tetapi pada leukemia yang kambuh angka kesembuhannya akan turun menjadi sekitar 40%.Jangan ragu untuk menghubungi saya jika Anda membutuhkan nasihat lebih lanjut atau ingin melakukan telekonsultasi.

Balasan Anda

Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?