Tanya Dokter Kulit: dr. Wong Soon Tee dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: KulitTanya Dokter Kulit: dr. Wong Soon Tee dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura
dr. Wong Soon Tee menulis 8 bulan lalu
Saya dr. Wong Soon Tee, dokter kulit yang praktik di Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura. Silakan bertanya!

Saya dokter kulit yang mendapat akreditasi dari Kementerian Kesehatan Singapura, yang telah membantu pasien mengatasi masalah kulit, baik kostemik maupun medis, selama 20 tahun.

Sebagai dokter spesialis kulit, saya punya minat di:
– Restorasi kesehatan kulit (penanganan jerawat, bekas luka, pigmentasi, eksim, psoriasis, masalah rambut dan kebotakan)
– Pemeriksaan kanker kulit dan operasi kulit (tumor kulit, bejolan kulit, dan kista)
– Dermatologi estetik (pengencangan kulit, penghilangan keriput, restorasi kontur dan volume wajah)

Saya ikut mendirikan Raffles Skin and Aesthetic Centre di mana saya menangani masalah kulit anak dan dewasa, baik dari Asia maupun Kaukasia dari 2002-2012. Belajar dari dokter spesialis lain di seluruh dunia, saya telah membantu banyak pasien lokal dan regional untuk meremajakan kulit mereka secara alami dan estetik. Saya juga bisa melakukan suntikan toksin untuk menangani pasien dengan masalah wajah, telapak tangan, dan ketiak berkeringat, membantu mengatasi masalah yang membuat mereka malu.

Di praktik mandiri saya, saya melayani metode klinis dan laser yang cermat – saya menggunakan Classys Ultraformer III untuk pengencangan kulit, mesin laser Lumenis Acupulse CO2 untuk peremajaan kulit dan penghapusan bekas luka, dan laser M22 OPT dan Helios III Q-Switched ND-Yag untuk menghapus bekas jerawat, fotorejuvinasi dan pencerahan pigmen.

Di samping melakukan operasi kulit untuk mengatasi kanker kulit, benjolan kulit, dan kista, saya juga punya minat khusus dalam penanganan bekas luka. Belajar dari dokter bedah plastik asal Jepang, dr. Rei Ogawa, saya melayani manajemen komprehensif bekas luka keloid, termasuk pengobatan oles, suntik, operasi laser, bedah eksisi dan radiasi.

Antara 1998-2000, saya meraih beasiswa China Medical Board untuk bedah kulit dan pelatihan bedah laser di Inggris. Di saat yang sama, saya dianugerahi beasiswa Commonwealth oleh Association of Commonwealth Universities (UK) untuk penelitian kanker kulit di Imperial Cancer Research Fund, Skin Tumour Laboratory. Pelatihan yang saya dapat dari dokter bedah kulit dan bedah plastik di luar negeri telah mengasah kemampuan saya menangani dan mengobati kanker kulit.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Mount Elizabeth Novena Hospital, klik link berikut: https://www.smarterhealth.id/rumah-sakit/mount-elizabeth-novena-hospital-singapura/

Baca profil lengkap saya di link berikut: https://www.smarterhealth.id/dokter-spesialis/wong-soon-tee/

Senang sekali bisa berada di sini. Selama 2 minggu ke depan saya akan menjawab pertanyaan seputar restorasi kesehatan kulit, pemeriksaan kanker kulit, penanganan kulit estetik, imunoterapi untuk masalah kulit yang parah. Silakan bertanya!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman forum. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

 

24 Balasan
Mahardika Yusman menulis 8 bulan lalu
Saya pernah iritasi di dada, banyak bintik merah dan perih. Saya kasih obat salep dan lap air hangat. Lama-lama, ini hilang dok, tapi kemudian jadi banyak benjolan yg kalo dipencet keluar nanah sedikit. Tapi gak sakit. APa yg saya alami ini ya dok? Bagaimana mengatasinya?
dr. Wong Soon Tee
dibalas 8 bulan lalu

Tanpa foto atau informasi mengenai salep yang Anda gunakan, saya hanya bisa menebak beberapa kemungkinan di bawah ini:

Folliculitis – bakteri atau jamur. Ini lebih umum terjadi pada anak muda yang berkeringat dan sering berolahraga. Orang dengan diabetes juga cenderung mengalami ini.
Jerawat – ini lebih umum dialami remaja
Penyakit yang lebih jarang terjadi, misalnya Steatocystoma Multiplex. Penanganannya tergantung pada diagnosa ruam tersebut.

Tan Yong Heng menulis 8 bulan lalu

saya mengalami jamur kuku…dan kulit sekitar hidung kering dan kulit kepala gatal …banyak timbul ketombe…bagaimana seharusnya..ini sdh berlangsung 5 bulan

dr. Wong Soon Tee
dibalas 8 bulan lalu

Apakah jamur kuku tersebut sudah dikonfirmasi di uji laboratorium? Berapa kuku yang terdampak? Penanganannya berbeda-beda tergantung jenis jamurnya dan berapa kuku yang terdampak. Ada faktor klinis yang harus dipertimbangkan juga.

Anda mungkin mengalami dermatitis seboroik ketika Anda bilang โ€œarea di sekitar hidung saya kering dan kulit kepala gatal.. banyak timbul ketombeโ€. Penanganan dermatitis seboroik terdiri dari obat untuk kulit kepala dan wajah. Tergantung pada keparahannya, penanganan juga bisa berbeda-beda. Intinya, anti-ketombe, anti-jamur, dan anti-peradangan. Beberapa obat bisa dibeli bebas, beberapa lainnya dari dokter.

Ranita menulis 8 bulan lalu
Selamat siang dokter. Kulit wajah saya sangat sensitif. Kalau kena panas matahari, langsung merah dan jerawatan besar-besar seperti bisul. Gimana saran perawatannya ya dok?
dr. Wong Soon Tee
dibalas 8 bulan lalu

Deskripsi Anda โ€œKulit wajah saya sangat sensitif. Kalau kena panas matahari, langsung merah dan jerawatan besar-besar seperti bisul.โ€ membuat saya mempertimbangkan Acne Rosacea atau Acne Vulgaris sebagai 2 kemungkinan besar penyebabnya. Perlu konsultasi ke dokter untuk mendapat diagnosa akurat. Setelahnya, ada banyak pengobatan efektif, minum dan oles, yang bisa dipilih.

Ellen Ander menulis 8 bulan lalu

๐™Ž๐™™๐™ 10 ๐™๐™–๐™ง๐™ž ๐™ ๐™ช๐™ก๐™ž๐™ฉ ๐™จ๐™–๐™ฎ๐™– ๐™œ๐™–๐™ฉ๐™–๐™ก ๐™จ๐™ ๐™ก, ๐™—๐™š๐™ฃ๐™ฉ๐™ช๐™  ๐™ ๐™š๐™ข๐™š๐™ง๐™–๐™๐™–๐™ฃ ๐™จ๐™ฅ๐™ฉ ๐™ก๐™ž๐™ฃ๐™œ๐™ ๐™–๐™ง๐™–๐™ฃ ๐™™๐™–๐™ฃ ๐™œ๐™–๐™ฉ๐™–๐™ก ๐™จ๐™ ๐™ก. ๐™Š๐™—๐™–๐™ฉ ๐™–๐™ฅ๐™– ๐™ช๐™ฃ๐™ฉ ๐™ข๐™š๐™ฃ๐™œ๐™๐™ž๐™ก๐™–๐™ฃ๐™œ๐™ ๐™–๐™ฃ ๐™œ๐™–๐™ฉ๐™–๐™ก ๐™ฉ๐™จ๐™—? ๐™๐™ง๐™ข๐™ ๐™จ๐™.

dr. Wong Soon Tee
dibalas 8 bulan lalu

Deskripsi Anda โ€œ 10 ๐™๐™–๐™ง๐™ž ๐™ ๐™ช๐™ก๐™ž๐™ฉ ๐™จ๐™–๐™ฎ๐™– ๐™œ๐™–๐™ฉ๐™–๐™ก ๐™จ๐™ ๐™ก, ๐™—๐™š๐™ฃ๐™ฉ๐™ช๐™  ๐™ ๐™š๐™ข๐™š๐™ง๐™–๐™๐™–๐™ฃ ๐™จ๐™ฅ๐™ฉ ๐™ก๐™ž๐™ฃ๐™œ๐™ ๐™–๐™ง๐™–๐™ฃโ€ membuat saya mempertimbangkan urticaria sebagai diagnosa pertama. Belilah Cetirizine 10mg dari apotek dan minum satu kali sehari dan lihat apakah ada perubahan. Anda bisa minum 1 tablet pagi atau malam untuk mengontrolnya lebih baik.

Ibu Zaenah menulis 8 bulan lalu

Buk dokter mau nanyak itu di ketiak mmk ku ada luka bulat seperti nya bekas benturan dulu nya sekarang kalau kesenggol dikit aja terus darah nya keluar

dr. Wong Soon Tee
dibalas 8 bulan lalu

Deskripsi Anda โ€œluka bulat seperti nya bekas benturan dulu nya sekarang kalau kesenggol dikit aja terus darah nya keluarโ€ membuat saya mempertimbangkan beberapa kondisi berikut:

Kemungkinan kanker kulit
Pyogenic granuloma
Anda harus temui dokter segera dan jangan diobati sendiri. Biopsi kulit mungkin diperlukan.

Reza Alfiansyah menulis 8 bulan lalu

Dok, di kulit leher saya ada jamur yg kalo digaruk berair dan perih. Saya kasih salep tapi blm sembuh. Bagaimana mengatasinya dok?

dr. Wong Soon Tee
dibalas 8 bulan lalu

Jika salep yang Anda pakai adalah krim anti-jamur yang bagus, maka berarti ruam di leher Anda bukan jamur atau jamur yang kini terkontaminasi infeksi bakter. Saya sarankan temui dokter, lakukan swab test, dan lakukan identifikasi kuman. Setelahnya, dokter Anda akan memulai pengobatan yang tepat untuk mengatasi masalah Anda.

Aulia Nurrachman menulis 8 bulan lalu
Dok, kenapa ruam di kulit saya berubah jadi sisik? Apa ini penyakit makin parah?
dr. Wong Soon Tee
dibalas 8 bulan lalu

Pembentukan sisik secara umum menunjukkan masalahnya terletak di lapisan kulit superfisial (paling luar). Mungkin di awal atau tengah ruam atau penyakit tersebut. Belum tentu berarti ruamnya makin parah.

Basit Amin menulis 8 bulan lalu
Siang dok. Minta saran untuk mengatasi jerawat punggung yg banyak sekali dan besar-besar. Saya sudah pakai salep tapi hanya kering sebentar trus muncul lagi yg baru. Trimakasih
dr. Wong Soon Tee
dibalas 8 bulan lalu

Jerawat punggung bisa disebabkan bakteri atau jamur. Saran saya temui dokter kulit dengan pertimbangan berikut:
– Diagnosa yang akurat penting untuk penanganan yang efektif. Kalau tidak yakin dengan salah satu penyebab, mungkin penanganan akan dilakukan untuk keduanya.
– Pengobatan jerawat butuh waktu dan kadang obat minum diperlukan selain obat oles

Hanida menulis 8 bulan lalu

Dok, kulit saya kering sekali dan gampang mengelupas. Bagaimana ya tips merawatnya?

dr. Wong Soon Tee
dibalas 8 bulan lalu

Karena Anda tidak menyebutkan areanya, saya asumsikan yang mengelupas adalah telapak tangan dan kaki. Ini kondisi yang disebut “Keratolysis Exfoliativa” di mana kulit mengelupas secara periodik dari telapak tangan dan kaki. Tidak perlu khawatir. Diamkan saja dan kulit akan mengelupas sendiri atau dengan bantuan Anda. Krim pelembap biasa bisa membantu.

Natalia menulis 8 bulan lalu
Bbrp bulan lalu sya pernah kena luka bakar di jari dok. Cuma di sekitar jadi dan tangan untungnya. Tapi skg ujung jari saya mati rasa dan mengeras. Apa boleh minta solusi?
dr. Wong Soon Tee
dibalas 8 bulan lalu

Luka bakarnya mungkin sudah menimbulkan cedera parsial di jari-jari Anda. Cedera saraf butuh waktu lebih lama untuk sembuh dan ini mungkin penyebabnya jari Anda masih mati rasa dan keras. Tunggu 1-2 bulan lagi dan lihat. Jika belum membaik, periksakan ke dokter.

Balasan Anda






Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?