Tanya Dokter Mata: dr. David Chan dari Paragon Medical Singapura dan Royal Square Medical Centre Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: MataTanya Dokter Mata: dr. David Chan dari Paragon Medical Singapura dan Royal Square Medical Centre Singapura
dr. David Chan menulis 7 bulan lalu
Saya dr. David Chan, dokter mata dari Paragon Medical Singapura dan Royal Square Medical Centre Singapura.

Saya direktur dan dokter bedah mata senior di Atlas Eye Specialist Centre. Saya memiliki spesialisasi dalam bedah katarak kompleks, bedah segmen anterior dan bedah refraktif. Penanganan saya meliputi bedah katarak berisiko tinggi, penggantian lensa, dukungan kantong lensa, perbaikan iris, perbaikan penglihatan menggunakan laser (ReLEx SMILE/LASIK), cross-linking kolagen, implan lensa kontak dan penggantian lensa refraktif.

Saya lulus dari University of Leicester Medical School, Inggris. Saya mendapat gelar Masters of Medicine dari National University of Singapore (NUS), dan merupakan Fellow of the Royal College of Surgeons, Edinburgh, Skotlandia, juga Academy of Medicine of Singapore.

Saya menyandang gelas pasca-sarjana di bidang Oftalmologi dari Royal College of Surgeons Edinburgh, Skotlandia, and NUS. Saya menamatkan pelatihan bedah untuk segmen aterior dan bedah refraktif di University of Calgary, Alberta, Kanada, di bawah bimbingan langsung Professor Howard V. Gimbel.

Saya anggota organisasi dokter mata (oftalmologi) di mana saya telah mempresentasikan hasil penelitian dan menjadi pengulas untuk jurnal sesama dokter mata. Ini meliputi American Academy of Ophthalmology, American Society of Cataract and Refractive Surgeons dan Asia Pacific Society of Cataract and Refractive Surgeons.

Terdaftar di British General Medical Council, Singapore Medical Council, Medical Council of Canada dan College of Physicians and Surgeons of Alberta, saya mendapat akreditasi sebagai dokter spesialis mata dari Kementerian Kesehatan Singapura.

Saya telah melatih banyak dokter mata dari seluruh dunia, sebagai tutor di NUS dan sebagai koordinator pelatihan dan instruktur bedah untuk pelatihan bedah di Singapore National Eye Centre dan University of Calgary.

Pada tahun 2003, saya mendapat Courage STAR Award dari Kementerian Kesehatan atas keterlibatan saya dalam perjuangan Singapura memerangi epidemi SARS. Saya juga terlibat dalam misi amal, melakukan operasi di berbagai daerah Asia Tenggara, Kanada, dan Singapura.

Silakan baca profil lengkap saya di sini: https://www.smarterhealth.id/dokter-spesialis/david-chan/

Senang sekali bisa berada di sini. Selama 2 minggu ke depan saya akan menjawab pertanyaan seputar kesehatan mata. Silakan bertanya!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman ini. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

17 Balasan
M Agung purnomo menulis 7 bulan lalu

Apakah obat yg paling cocok untuk penderitaan mata keratitis

dr. David Chan
dibalas 7 bulan lalu

Keratitis bisa diklasifikasikan ke dalam dua jenis: infektif dan non-infektif. Karena penanganannya berbeda untuk keduanya, kondisi ini perlu diperiksa oleh dokter mata, untuk menentukan penanganan yang tepat.

Roslina Sihotang menulis 7 bulan lalu

Mata saya itu dok seperti ada selaput tipis,jadi kalau membaca buram kalau tdk pakai kaca mata ,saya tdk saka pakai kaca mata dokter

dr. David Chan
dibalas 7 bulan lalu

Halo!

Dari deskripsi Anda, ada 2 kemungkinan:

1. Mata kering
Riset menunjukkan bahwa ketika melakukan pekerjaan seperti membaca, mata kita berkedip lebih sedikit, dan ini bisa membuat permukaan mata kering. Ini bisa menyebabkan beberapa gejala, misalnya merasa atau melihat ada selaput menutupi mata, pandangan kabur, rasa seperti ditusuk, atau berair, contohnya. Saya sarankan terapkan aturan 20-20-20 – setelah 20 menit di depan komputer, beristirahatlah selama 20 detik, pandangi sesuatu yang jaraknya 20 kaki dari posisi Anda. Dengan beristirahat lebih banyak, menggunakan pelumas tetes mata akan membuat mata dan otot mata Anda istirahat.

2. Presbyopia
Jika usia Anda 40an, Anda mungkin mengalami presbyopia. Anda perlu kacamata baca untuk bekerja. Sayangnya, presbyopia merupakan kondisi mata alami yang terjadi seiring pertambahan usia, biasanya saat usia 40an. Ada beberapa cara untuk bisa bebas dari kacamata, baik rabun jauh maupun dekat. Misalnya dengan operasi LASIK atau katarak. Temui dokter mata untuk memastikan mana di antara opsi tersebut yang cocok dengan mata Anda.

Resky Adi menulis 7 bulan lalu
Dok, satu minggu ini sehabis kerja seharian, malamnya saya pasti pusing dan mata saya berdenyut perih. Kenapa ya dok?
dr. David Chan
dibalas 7 bulan lalu

Halo!

Hal pertama yang saya ingin tanyakan adalah, apakah pekerjaan Anda mengharuskan Anda duduk lama di depan komputer, tablet, atau handphone, atau membaca dokumen dalam waktu yang lama? Jika iya, mungkin mata Anda tegang. Gejalanya meliputi mata kering, lelah, kadang nyeri, atau merasa ada sesuatu di dalam mata, pandangan kabur, kadang nyeri di kepala, bahu, bahkan punggung. Riset menunjukkan mata kita berkedip 60% lebih sedikit ketika bekerja di depan komputer atau gadget lainnya. Saya sarankan terapkan aturan 20-20-20 – setelah 20 menit di depan komputer, beristirahatlah selama 20 detik, pandangi sesuatu yang jaraknya 20 kaki dari posisi Anda. Dengan beristirahat lebih banyak, menggunakan pelumas tetes mata akan membuat mata dan otot mata Anda istirahat. Jika gejala tak kunjung hilang, temui dokter mata untuk diperiksa.

Farel menulis 7 bulan lalu
Anak saya baru lahir dan di diagnosa retinoblastoma. Apakah anak saya bisa sembuh dan melihat sevara normal?
dr. David Chan
dibalas 7 bulan lalu

Retinoblastoma adalah jenis kanker yang menyerang retina. Kondisi ini terutama menyerang anak-anak dan bisa terjadi pada sebelah atau kedua mata. Semakin cepat ditangani, semakin baik prognosisnya. Kondisi ini kebanyakan bisa ditangani jika belum menyebar ke luar mata. Kebanyakan dokter menggunakan kombinasi penanganan di antaranya radioterapi, terapi laser, dan/atau operasi. Kemampuan anak Anda untuk punya penglihatan yang baik setelah penanganan tergantung pada stadium dan keparahan retinoblastoma tersebut. Temui dokter yang bisa memberi masukan ahli tentang retina, tanyakan penanganan yang mungkin dan hasilnya. Anak-anak yang didiagnosa dan sedang dalam penanganan retinoblastoma akan membutuhkan periksa rutin untuk mengamati kemungkinan kambuh.

Fortji B Kanine menulis 7 bulan lalu
sy punya keluhan sakit glukoma mata kiri sdh lama tpi nlm dioperasi
dr. David Chan
dibalas 7 bulan lalu

Halo!

Glukoma biasa disebut juga “pencuri penglihatan diam-diam”. Beberapa jenis glukoma bisa merusak penglihatan Anda dengan sangat perlahan sehingga Anda baru menyadarinya ketika sudah parah. Penglihatan mata yang rusak karena glukoma tidak bisa dikembalikan tapi bisa dikontrol dan bisa dicegah. Kami harap Anda rutin periksa ke dokter mata untuk memonitor glukoma Anda.

Penanganan glukoma di antaranya obat tetes mata, prosedur laser dan operasi pasang ring. Jenis penanganannya tergantung pada jenis glukoma itu sendiri. Kami sarankan temui dokter mata untuk memeriksa kondisi Anda lebih baik.

Gebi menulis 7 bulan lalu

Mata saya merah iritasi sudah 2 minggu tapi tidak mau sembuh dok. Sudah pakai obat tetes mata tapi sama saja. Rasanya kering dan perih. Apa yg sebaiknya saya lakukan? Apa harus ke dokter atau ada rekomendasi obat dok

dr. David Chan
dibalas 7 bulan lalu

Halo!

Ada banyak alasan mata menjadi iritasi dan merah. Bisa karena kering hingga infeksi serius yang berbahaya bagi penglihatan. Temui dokter mata segera untuk mendapat diagnosa dan penanganan.

ceyie menulis 7 bulan lalu

dear doctor,

saya memiliki masalah kesehatan di kepala, merasa ada tekanan, dan tidak seimbang.

saya ada kena vertigo dan serangan aura migrain dan kemudian melakukan MRI otak, hasil baik.

saya check ke dokter mata sebelumnya juga, yang mana tekanan mata saya tinggi di 26 dan 27mmg, kemudian diberikan obat tetes mata cendrotimolol.

setelah 2 bulan, tekanan mata masih 22mmhg keduanya.

boleh minta panduan dokter untuk menurunkan tekanan mata ini menjadi normal? krn dokter mata saya terus menyarankan pemberian tetes mata saja, mengingat kondisi saraf mata baik

terima kasih

dr. David Chan
dibalas 7 bulan lalu

Halo!
Tekanan intra-okular tinggi (IOP) dikenal sebagai faktor risiko glukoma. Pemeriksaan glukoma meliputi beberapa jenis tes, di antaranya pemeriksaan saraf dan pengujian visual. Penting untuk mendengar saran dokter mata Anda, lanjutkan minum obat dan cek secara rutin kondisi Anda ke dokter.

Rifandi AL menulis 7 bulan lalu

Dok, mata saya seminggu ini susah dibuka yg sebelah kanan, bengkak, dan nyut-nyutan. Kenapa ya?

dr. David Chan
dibalas 7 bulan lalu

Halo!
Saya turut prihatin mendengarnya. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan mata merah, nyeri, dan bengkak, di antaranya infeksi, alergi, atau tumor. Sayangnya, tanpa memeriksa langsung mata Anda, saya sulit untuk memberi diagnosa. Saya sarankan Anda temui dokter spesialis mata segera untuk memastikan tidak ada kondisi berbahaya seperti abrasi kornea, uveitis, atau glukoma akut.

Retno menulis 7 bulan lalu

Siang dok, pelipis saya tegang sekali belakangan ini dan mata saya sakit sampai membuat pusing. Kadang-kadang terasa perih seperti ada kotoran di dalam mata. Mohon saran

dr. David Chan
dibalas 7 bulan lalu

Halo!
Pertanyaan pertama saya adalah kapan Anda mengalami gejala ini? Apakah setelah seharian bekerja di depan komputer, tablet digital atau handphone atau membaca dokumen berjam-jam?

Saya sarankan mencoba aturan 20-20-20 – setelah 20 menit bekerja di depan komputer, istirahatlah 20 detik, pandangi sesuatu yang jaraknya 20 kaki. Dengan mengistirahatkan penglihatan lebih sering selama bekerja, menggunakan tetes mata pelumas bebas pengawet, akan mengistirahatkan mata dan otot mata Anda.

Terakhir, jika Anda belum sempat ke dokter mata belakangan ini, sekarang adalah saat yang tepat untuk periksa guna memastikan tidak ada kondisi yang lebih serius.

Zaenab menulis 7 bulan lalu

Dok mata iritasi merah seminggu gak sembuh apa obatnya

dr. David Chan
dibalas 7 bulan lalu

Halo! Apakah mata Anda gatal atau merah atau nyeri atau Anda merasa seperti ada sesuatu di mata Anda? Ada banyak kemungkinan penyebab iritasi mata. Bisa mulai dari mata kering hingga infeksi serius yang mengancam penglihatan. Temui dokter mata segera untuk mendapat diagnosa dan penanganan.

Balasan Anda






Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?