Tanya Dokter Saluran Kemih: dr. Colin Teo dari Gleneagles Hospital Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: Saluran KemihTanya Dokter Saluran Kemih: dr. Colin Teo dari Gleneagles Hospital Singapura
dr. Colin Teo menulis 10 bulan lalu
Saya dr. Colin Teo, dokter saluran kemih senior yang praktik di Gleneagles Hospital Singapura.

Saya memiliki keahlian dan pengalaman yang luas mengenai penyakit batu saluran kemih, dan pemanfaatan peralatan gelombang kejut dan endoskopi laser & teknik endourologi. Saya punya minat khusus di bidang laparoskopi dan operasi lubang kunci robotik dalam menangani jenis kanker urologi, seperti ginjal, prostat, kandung kemih, testis, dan kanker penis. Praktik yang saya lakukan dikhususkan pada kesehatan pria, andrologi, dan subfertilitas dengan dasar yang kuat pada urologi umum, menangani pembesaran prostat jinak (BPH), bese dan hernia inguinalis. Untuk hasil yang terbaik, saya menggunakan pendekatan multidisiplin menggabungkan farmakologi, bedah invasif minimal dan terapi multimodal ketika diminta dokter spesialis lain yang berhubungan.

Saya merupakan pendiri Departemen Urologi di Khoo Teck Puat Hospital dan menerima beberapa penghargaan utama untuk pelayanan pasien.

Saya menyelesaikan pelatihan bedah urologi tingkat lanjut di Singapore General Hospital Urocentre, mendapat kesempatan mempelajari endourologi (batu/laparoskopi/kanker) & andrologi (kesehatan pria/kesuburan) di St James’s Hospital, Inggris, dan menyelesaikan beasiswa HMDP di bidang laparoskopi tingkat lanjut & operasi robotik di Keck Institute of Urology, University of Southern California (USC). Saya anggota Royal College of Surgeons, Edinburgh dan memegang gelar Master of Medicine Degree in Surgery. Saya merupakan anggota Academy of Medicine, Singapore dan mendapatkan beasiswa European Board of Urology untuk menempuh ujian pascasarjana di Praha dan Athena. Saya memulai karier melalui beasiswa medis dari Singapore Armed Forces (SAF) dan lulus dari National University of Singapore dan ditunjuk sebagai petugas dengan Sword-of-Honour dari Singapore Armed Forces Medical Training Institute.

Didorong passion saya untuk membantu sesama, saya masih aktif dalam misi kemanusiaan, memperoleh Healthcare Humanitarian Award di Singapura. Saya pernah terpilih kembali sebagai Presiden Society for Men’s Health of Singapore; anggota komite dan penguji di Urology Residency Advisory; Council Member of the Chapter of Urologists, College of Surgeons; Ajun Asisten Profesor di NUS Yong Loo Lin’s School of Medicine & penguji di MBBS; Pendiri Undangan Robotic Surgery Society of Singapore; Pendiri Androgen Society yang baru dibentuk; Anggota Asian Society for Female Urology, Society for Continence Singapore, Endourological Society, International & Asia-Pacific Society for Sexual Medicine dan peserta di banyak konferensi regional dan internasional.

Untuk informasi mengenai Gleneagles Hospital, klik link berikut: https://www.smarterhealth.id/rumah-sakit/gleneagles-hospital-singapura/

Silakan baca profil saya di link berikut: https://www.smarterhealth.id/dokter-spesialis/colin-teo/

Senang sekali bisa berada di sini. Selama 2 minggu ke depan saya akan menjawab pertanyaan seputar kesehatan saluran kemih. Silakan bertanya!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman forum. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

14 Balasan
Rudi Satrio menulis 10 bulan lalu

Apa buah zakar yg terasa besar sebelah itu normal dok? terus diraba kerasa ada benjolan di sebelah kanan? waktu itu pernah ada masalah jerawat yg sering muncul dan gatal, cuma udah hilang berkat salep dari dokter. Apa masalah yg sekarang masih ada kaitannya dengan masalah jerawat itu dok?

dr. Colin Teo
dibalas 10 bulan lalu

Umum memang 1 testis sedikit lebih besar dibanding yang lain, tapi jika perbedaannya jauh, maka harus diperiksa.

Jika ada benjolan pada testis, sebaiknya periksakan dengan USG untuk melihat jenis benjolannya. Bisa jadi benjolan jinak atau kista atau bisa jadi kanker testis (paling umum terjadi pada pria usia 20-40 tahun)

Sulit untuk memastikan apakah masalah yang saat ini sama dengan yang sebelumnya. Saya harus memeriksa dan melihat kondisi Anda dulu.

Ricardo menulis 10 bulan lalu
Dok, kenapa penis saya sering mengeluarkan cairan encer, walaupun sdg tdk ereksi?

bahar menulis 9 bulan lalu
Sdh 2 hari pipis saya sedikit dan berbusa. Pipisnya juga jarang, paling sehari 3x. Saya udh minum yg banyak tapi tetep aja. Knp y dok
dr. Colin Teo
dibalas 9 bulan lalu

– Kencing berbusa bisa diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi. Perlu diperhatikan juga fungsi ginjal bila jumlah urin yang keluar sedikit atau protein bocor ke dalam urin dan tampak berbusa.
-Anda dapat temui dokter keluarga atau dokter spesialis untuk lakukan tes urin dan tes darah dan jika perlu, USG ginjal, kandung kemih (dan prostat bila pria)

Shiu Unah menulis 9 bulan lalu

Dok sy mau Taya kenapa y sy buang air kecil sehari 15 kali lebih kadang g bisa nahan untuk buang air kecil ,untuk sakit pinggang atau perut kiri bawah tidak sakit ,itu kenapa y dok

dr. Colin Teo
dibalas 9 bulan lalu

Ini mungkin akibat beser. Mungkin saja ada masalah prostat (pria) atau kadang-kadang batu ginjal turun ke kandung kemih dan menyebabkan iritasi. Jumlah air yang Anda minum juga bisa menyebabkan Anda sering buang air kecil.

AC menulis 9 bulan lalu
Di batang penis saya ada bentol terbuka dok, yg bernanah. Saya googling katanya penyakit seksual. Padahal saya blm pernah berhubungan seks dok. Udh 4 hari. Apa boleh dikasih salep biar cepet kering?
dr. Colin Teo
dibalas 9 bulan lalu

Cepat-cepat obati dengan antibiotik. Selain penyakit menular seksual (PMS), kulit penis masih bisa terinfeksi melalui luka terbuka. Jika tidak yakin, periksakan kemungkinan PMS ke dokter lewat tes urin dan darah.

Lindawati menulis 9 bulan lalu

yth dokter,saya ada masalah penyempitan saluran kencing.saya sdh pake 3 X STEND,skrg ginjal saya sdh membengkak parah grade 3-4.dan ada juga simple kista di ginjal,dan ginjal sdh tipis.

saya dianjurkan angkat ginjal.padahal sebelumnya hanya dianjurkan potong saluran yg menyempit.

menurut dokter,percuma pertahankan ginjal,toh sdh ada simple kista katanya.dan lagi kerja ginjal saya dng umur 64 thn dng creatinine 0,90 cukup baik,jadi gak masalah dng 1 ginjal.

yang ingin saya tny kan, bgmn kalo ginjal tidak diangkat,hanya saluran kencinng yg menyempit dipotong? Apabila ginjal diangkat,apa gak ada masalah lg? mohon saran nya,terima kasih.

dr. Colin Teo
dibalas 9 bulan lalu

Memotong bagian yang menyempit atau dilatasi dengan balon bisa dipertimbangkan JIKA masih ada fungsi ginjal yang cukup tersisa. Kalau tidak, operasi ureter mungkin akan mempersempit lagi karena tidak ada cukup aliran urin untuk membuatnya terbuka. Mengangkat ginjal merupakan operasi besar tapi di tangan dokter yang ahli, bisa dilakukan dengan aman menggunakan operasi lubang kunci dengan risiko komplikasi yang lebih kecil.

Icha Lisa menulis 9 bulan lalu

Dok saya mau tanya,,, kenapa ya setiap buang air kecil selalu di sertai darah,,,,

dr. Colin Teo
dibalas 9 bulan lalu

Darah pada urin bisa disebabkan batu ginjal, infeksi atau kadang-kadang kanker. Lakukan pemeriksaan sistoskopi dan scan ginjal/ureter/kandung kemih. Jika hasilnya menunjukkan tidak ada penyakit, tidak perlu khawatir selama darahnya mikroskopik (tidak kelihatan oleh mata)

Mr. A menulis 9 bulan lalu

sekitar 2 minggu ini saya mengalami kencing nanah dok. selain minum antibiotik, penanganan spt apa yg mesti saya lakukan?

dr. Colin Teo
dibalas 9 bulan lalu

Selain antibiotik, minum air putih yang banyak dan lakukan seks yang aman. Pertimbangkan melakukan pemeriksaan penyakit seks menular. Dan amati komplikasi pasca-infeksi seperti penyempitan uretra yang menimbulkan masalah sulit kencing dan rasa panas saat kencing yang tidak mau hilang.

Fachrurozi menulis 9 bulan lalu
Kencing spt tdk tuntas dan perih. Knp ya dok?
dr. Colin Teo
dibalas 9 bulan lalu

Ini mungkin karena infeksi, penyempitan atau masalah batu. Untuk pria, bisa juga karena masalah prostat.

Kris menulis 9 bulan lalu

Halo dokter. Saya punya keluhan penis bengkok ke bawah. Apa ini berbahaya? Gmn cara menyembuhkannya?

dr. Colin Teo
dibalas 9 bulan lalu

Penis bengkok bisa jadi bawaan lahir. Ada kondisi yang disebut penyakit Peyronie’s di mana penis melengkung akibat jaringan parut di penis – ini mungkin membutuhkan terapi gelombang kejut, suntikan intra-parut atau operasi meluruskan penis. Tapi Anda baru perlu penanganan jika penis yang melengkung mempengaruhi kencing dan hubungan seks.

Balasan Anda






Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?