Tanya Dokter Saluran Kemih: dr. Lee Fang Jann dari Mount Elizabeth Orchard Hospital Singapura dan Farrer Park Hospital Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: Saluran KemihTanya Dokter Saluran Kemih: dr. Lee Fang Jann dari Mount Elizabeth Orchard Hospital Singapura dan Farrer Park Hospital Singapura
dr. Lee Fang Jann menulis 9 bulan lalu
Saya dr. Lee Fang Jann, dokter saluran kemih dan dokter bedah transplantasi ginjal dari Mount Elizabeth Orchard Hospital Singapura dan Farrer Park Hospital Singapura.

Saya punya fokus subspesialisasi di bidang kesehatan pria, masalah kesuburan pria, dan operasi ginjal dan prostat invasif minimal. Saya memperoleh gelar kedokteran dari National University of Singapore, mengikuti akreditasi dokter bedah di Edinburgh (Inggris), dan menyelesaikan pelatihan urologi di Singapore General Hospital (SGH) sebelum mendapat akreditasi sebagai dokter saluran kemih (urologi) dari Kementerian Kesehatan dan Singapore Medical Council.

Saya mendapat beasiswa Health Manpower Development Plan dari Kementerian Kesehatan untuk melanjutkan pelatihan transplantasi pankreas dan ginjal di Oxford Transplant Centre (Inggris) di bawah Profesor Peter Friend. Sekembalinya, saya memimpin Program Transplantasi Ginjal dan layanan nefrektomi donor laparoskopi di SGH sebagai Direktur Bedah. Saya ditunjuk menjadi komite penasehat transplantasi di Kementerian Kesehatan.

Selama di SGH, saya menjadi Direktur layanan Andrology and Male Subfertility. Saya menginisiasi evaluasi klinis dan penanganan pasien pria dengan masalah kesehatan dan kesuburan kompleks. Strategi penanganan saya meliputi berbagai prosedur bedah mikro. Saat ini saya adalah wakil ketua Asian Andrology Association.

Keyakinan saya akan teknik tingkat lanjut dalam operasi invasif minimal untuk perawatan pasien yang lebih baik telah membawa saya menempuh pelatihan laparoskopi lanjutan dan robotik di Amerika Serikat, Prancis, dan India. Saya terpilih menjadi Fellow of the International College of Robotic Surgeons dan memiliki diploma dalam bidang bedah laparoskopi dari University of Strasbourg, Prancis. Saya secara rutin diundang untuk berbagi pengalaman di pengajaran, pelatihan, dan demonstrasi bedah baik lokal maupun regional.

Selama masa bakti saya 16 tahun di SGH, saya mendapat beberapa penghargaan untuk kualitas layanan saya dan disukai oleh pasien saya. Saya suka mengajar para calon dokter dan memiliki karier akademis di Singhealth Urology Residency Program, Yong Loo Lin School of Medicine, NUS dan Duke-NUS Medical School.

Untuk informasi mengenai Farrer Park Hospital, klik di sini: https://www.smarterhealth.id/rumah-sakit/farrer-park-hospital-singapura/

Untuk informasi mengenai Mount Elizabeth Orchard Hospital Singapura, klik di sini: https://www.smarterhealth.id/rumah-sakit/mount-elizabeth-hospital-singapura/

Baca profil saya di sini: https://www.smarterhealth.id/dokter-spesialis/lee-fang-jann/

Senang sekali bisa berada di sini. Selama 2 minggu ke depan saya akan menjawab pertanyaan seputar kesehatan saluran kemih. Silakan bertanya!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman forum. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

26 Balasan
Sam menulis 9 bulan lalu

Saya mau tanya Dok, Saya merasa gatal panas, dan perih pada saat pipis. Kondisi ini sudah berjalan sekitar satu minggu dan hari ini penis saya mengeluarkan cairan putih tp bukan sperma dok. Apakah ini berbahaya dok?

dr. Lee Fang Jann
dibalas 9 bulan lalu

Hai Sam,

Gejala yang Anda sebutkan merujuk pada uretritis. Uretritis adalah peradangan uretra, tabung yang membawa air seni dari kandung kemih ke luar tubuh. Biasanya disebabkan oleh infeksi seperti infeksi saluran kemih atau penyakit menular seksual seperti klamidia. Saya sarankan temui dokter di klinik kesehatan seksual. Dua tes yang biasa akan dilakukan adalah swab test uretra dan tes urine. Dokter mungkin akan menawarkan tes tambahan untuk penyakit menular seksual lainnya. Anda bisa diskusikan ini dengan dokter di klinik. Antibiotik bisa mengobati infeksinya dan gejala Anda bisa membaik dalam seminggu.

Anda sebaiknya tidak berhubungan seks dulu, termasuk seks anal dan oral, sampai Anda menyelesaikan pengobatan. Pastikan pasangan seksual Anda saat ini dan yang dulu juga mendapat pengobatan untuk mencegah infeksinya menyebar ke yang lain.

Jika dibiarkan, infeksi bisa berkembang menjadi epididimo orkitis, infeksi pada testis, yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan. Infeksi ini juga bisa menyebabkan artritis reaktif (nyeri sendi dan kaku) dan konjungtivitis (peradangan mata).

Deden Ari menulis 9 bulan lalu

setelah kencing, di ujung penis saya selalu keluar lendir. penyakit apa ini dok?

dr. Lee Fang Jann
dibalas 9 bulan lalu

Dear Deden Ari,

Tidak umum untuk mengalami keluar cairan uretra setelah buang air kecil. Ini bisa mengindikasikan uretritis (peradangan atau infeksi uretra). Saya sarankan temui dokter untuk memeriksakan cairan tersebut diikuti penanganannya jika diperlukan.

Edi Nursandi menulis 9 bulan lalu

Di buah zakar kiri saya ada benjolan2 kecil spt jerawat. Itu apa ya dok? Apakah bahaya?

dr. Lee Fang Jann
dibalas 9 bulan lalu

Dear Edi,

Tidak mungkin mendiagnosa kondisi Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisik. Sedikit tonjolan tanpa rasa sakit pada skrotum dapat berkisar dari kondisi jinak seperti kista sebaceous, folikel rambut yang menonjol, dan angiokeratoma; hingga penyakit menular seksual seperti kutil kelamin dan moluskum kontagiosum.

Kondisi umum yang sering saya temukan di klinik, yang sering disalahsangkakan sebagai penyakit menular seksual, adalah bintik-bintik Fordyce.

https://commons.wikimedia.org/wiki/Category:Fordyce%27s_spots_on_scrotum

Ini merupakan kelenjar sebaceous yang tampak umumnya di sepanjang batang penis, skrotum, sisi luar bibir dan di dalam pipi. Benjolan yang tidak sakit ini berwarna kuning-keputihan dan tidak berbahaya. Kondisi ini tidak memerlukan penanganan. Namun, beberapa pasien meminta untuk dihilangkan karena alasan kecantikan. Opsi penanganannya meliputi obat oles seperti asam bichloracetic dan tretinoin, perawatan laser dan pembedahan mikro-punch.

Reno DF menulis 9 bulan lalu

Dokter knp sya kalu malem sllu kebangun buat kencing? Bisa sampai 3 4 x

dr. Lee Fang Jann
dibalas 9 bulan lalu

Secara alami, tubuh kita mengurangi produksi urin saat malam, sehingga kita bisa tidur 6-8 jam tanpa gangguan. Istilah medis untuk beser pada malam hari adalah nocturia. Nocturia mempengaruhi siklus tidur Anda dan bisa menyebabkan kelelahan, perubahan mood, dan gangguan produktivitas, dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Yang pertama harus diperiksa adalah perubahan gaya hidup belakangan ini. Anda mungkin minum terlalu banyak sebelum tidur. Hindari minum berlebihan 2 jam sebelum tidur. Kafein dan alkohol termasuk diuretik. Jangan diminum sebelum tidur. Apakah Anda sedang minum obat tekanan darah? Beberapa obat jenis ini menurunkan tekanan darah dengan cara membuat ginjal meningkatkan produksi urin.

Jika Anda merasa kaki dan ankle Anda bengkak saat siang, ini mungkin edema. Gagal jantung, hati, atau ginjal yang tidak terdeteksi bisa menyebabkan cairan tubuh terperangkap di dalam jaringan tubuh. Ketika Anda berbaring tidur, gravitasi tidak lagi menahan cairan di kaki. Ini bisa masuk kembali ke pembuluh darah dan disaring oleh ginjal, memproduksi urin. Jika Anda sering kencing siang dan malam, Anda mungkin punya diabetes yang belum terobati.

Nocturia juga bisa terjadi ketika Anda tidak bisa mengosongkan benar-benar kandung kemih saat kencing. Pada pria, ini bisa terjadi karena pembesaran prostat atau kanker prostat yang menyumbat aliran urine. Pada wanita ini bisa disebabkan prolaps organ pelvis.

Nocturia juga bisa disebabkan oleh menurunnya kapasitas kandung kemih akibat kanker kandung kemih, batu kandung kemih, infeksi kandung kemih yang kambuh, atau beser.

Penting untuk diingat bahwa nocturia seringkali merupakan gejala kondisi medis yang belum diketahui. Kebanyakan kondisi urologi, beberapa lebih serius daripada yang lain. Sayangnya, saya sering menemukan pasien yang tidak mau berobat ke dokter walaupun mengalami nocturia bertahun-tahun, dan akhirnya hasil diagnosa menunjukkan kanker prostat stadium lanjut.

Pertimbangkan untuk periksa ke dokter agar mendapat pemeriksaan dan diagnosa tepat.

Umar Hadi menulis 9 bulan lalu

Bagian atas penis saya, di bawah pusar, nyut2an kalau habis kencing knp ya dok

dr. Lee Fang Jann
dibalas 9 bulan lalu

Dear Umar,

Sakit di perut bawah sehabis kencing mengindikasikan masalah dengan kandung kemih atau prostat, pada beberapa pria, sakitnya terasa di penis juga.

Penyebab umum sakitnya adalah cystitis (infeksi kandung kemih). Saluran kemih yang normal steril, tapi kadang bakteri bisa menyusup masuk melalui uretra, yang menghubungkan kandung kemih dengan bagian luar tubuh. Mungkin ada gejala lain jika Anda mengalami infeksi kandung kemih. Misalnya panas di penis saat kencing, kebelet, beser, kencing keruh, kencing berdarah, dan sedikit demam. Infeksi kandung kemih bisa didiagnosa dengan menganalisa urine untuk melihat sel darah putih, sel darah merah, dan bakteri. Penanganannya bisa menggunakan antibiotik.

Karena pria punya uretra lebih panjang daripada wanita, mereka lebih tidak rentan karena bakteri harus menempuh jarak yang jauh untuk mencapai kandung kemih. Pemeriksaan tambahan sangat direkomendasikan untuk mencari tahu faktor risiko. Dokter perlu mengecek apakah ada diabetes, batu kandung kemih, pembesaran prostat, atau penyempitan uretra abnormal yang mungkin mempengaruhi kemampuan mengosongkan kandung kemih dengan sempurna.

Jika penyebab sakitnya bukan infeksi kandung kemih, dokter mungkin menyarankan tes tambahan seperti citraan, tes darah, tes urine, dan sistoskopi untuk memastikan tidak ada infeksi prostat, kanker prostat, dan kanker kandung kemih.

Karena sakit kandung kemih bisa disebabkan oleh banyak hal, sebaiknya temui dokter untuk periksa.

Mulky Rahmaniar menulis 9 bulan lalu

Knp saya tiap gugup selalul kebelet ya dok? Apa ini normal?

dr. Lee Fang Jann
dibalas 9 bulan lalu

Iya. Perasaan khawatir (khawatir, gugup, takut) mengaktifkan respons stres, yang menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon stres ke dalam aliran darah untuk meningkatkan kemampuan tubuh menghadapi ancaman.

Khusus untuk buang air kecil, respons stres meningkatkan aktivitas sistem saraf otonom (sistem saraf di bawah kendali bawah sadar yang tidak disadari), yang dapat menyebabkan otak merasakan kebutuhan mendesak untuk buang air kecil.

Dorongan tiba-tiba untuk membatalkan adalah hal yang biasa dan sering dialami oleh artis panggung dan pembicara publik sebelum mereka tampil atau tampil.

Ludy menulis 9 bulan lalu

Halo dokter, saya pria usia 23 tahun. Saya seringkali beser hanya jeda sekitar 30 menit sekali, namun bisa lebih cepat dari itu. Apakah ada masalah dengan tubuh saya? Apakah ini normal?

dr. Lee Fang Jann
dibalas 9 bulan lalu

Kandung kemih dewasa rata-rata menampung antara 400 dan 700ml urin. Rata-rata urin yang dikeluarkan selama 24 jam adalah 1.200 hingga 1.500 ml. Pola normal buang air kecil berbeda antar individu tetapi orang dewasa umumnya buang air kecil 5-6 kali sehari tidak lebih dalam satu malam. Frekuensi buang air kecil Anda jauh lebih tinggi daripada rata-rata dan mungkin menunjukkan adanya masalah. Frekuensi kencing dapat terjadi karena peningkatan volume urin atau penurunan kapasitas kandung kemih (mis. kurang dari 200ml)

Volume urin yang meningkat dapat disebabkan oleh asupan cairan yang berlebihan, diabetes yang tidak terdiagnosis, atau pengobatan diuretik.

Kapasitas kandung kemih yang menurun dapat menyebabkan kecemasan, obstruksi saluran keluar kandung kemih yang mengakibatkan sisa urin, jaringan parut kandung kemih akibat infeksi kronis atau kondisi inflamasi yang meningkatkan sensitivitas kandung kemih (batu, tumor, infeksi)

Mengisi buku harian kandung kemih (https://www.mhcs.health.nsw.gov.au/publications/ahs-9545-bladder-diary/ahs-9545-bladder-diary-indonesian) sebelum berkonsultasi dengan dokter Anda dapat membantu mempermudah dokter untuk melakukan diagnosis dan memutuskan cara terbaik untuk membantu Anda.

Moch Zaenuri menulis 9 bulan lalu

Maaf Dok,mau tanya soal istri

Pasca operasi kandung kemih perut bagian bawah kok masih sakit ya,kebelet pipis terus,tetapi keluarnya sedikit & terasa perih?

Masuk ruang bedah tgl 20 juli 2020,lepas cateter tgl 4 agustus 2020 kemarin

dr. Lee Fang Jann
dibalas 8 bulan lalu

Dear Moch,

Tanpa lebih banyak informasi mengenai indikasi, sifat, dan hasil operasi yang dilakukan saya hanya bisa berbagi beberapa hal yang ada di pikiran saya.

Saya asumsikan dia menjalani operasi kandung kemih. Jika bagian kandung kemihnya sudah diangkat, kapasitasnya sekarang berkurang. Dia akan buang air kecil lebih sering dan volume air seni yang dikeluarkan setiap kencing lebih sedikit. Frekuensi buang air kecilnya akan membaik setelah 4-8 minggu. Rasa sakit itu wajar sehabis operasi besar apa pun. Kecepatan pemulihan tiap orang berbeda. Kebanyakan pasien bisa pulih total dalam 4-6 minggu setelah operasi. Dia punya kateter in-situ untuk mengeringkan urinenya selama lebih dari 2 minggu. Jika ada infeksi kandung kemih, itu bisa menjelaskan perih yang dia rasakan saat buang air kecil.

Saya sarankan Anda tetap berkomunikasi dengan dokter bedah istri Anda yang akan mampu memberi masukan mengenai langkah paling tepat yang dibutuhkan.

Saya doakan dia segera pulih.

Kamril Muswaro menulis 8 bulan lalu

Halo dokter penis saya bengkok ke samping ap tdk bahaya atau apa yg mst dlkukamn

dr. Lee Fang Jann
dibalas 8 bulan lalu

Halo Kamril,

Biasanya penis sedikit melengkung ke kiri atau kanan saat ereksi. Tetapi jika penis Anda bengkok lebih signifikan, ini mungkin penyakit Peyronie.

Penyakit Peyronie adalah kondisi penyembuhan luka abnormal yang terjadi pada pria yang memiliki kecenderungan genetik, setelah cedera pada lapisan struktural penis. Penyembuhan abnormal menyebabkan bekas luka fibrosa yang tidak elastis yang menyebabkan plak teraba, yang dengan ereksi menyebabkan kelengkungan, pemendekan, penyempitan atau efek engsel. Hal ini terjadi karena bagian penis yang terkena tidak akan meregang saat ereksi. Seiring perkembangan kondisi, itu menyebabkan rasa sakit saat ereksi, kesulitan dengan penetrasi seksual dan bahkan disfungsi ereksi.

Ada banyak pengobatan untuk penyakit Peyronie, mulai dari manajemen medis, terapi intralesi, atau terapi bedah. Tingkat keparahan kelengkungan dan tingkat gangguan pasien menentukan pengobatan terbaik.

Dhenok Nugroho menulis 8 bulan lalu

Menurunkan kreatin gimana dok

dr. Lee Fang Jann
dibalas 8 bulan lalu

Hai Dhenok,

Kreatinin adalah produk limbah yang dihasilkan oleh otot dari pemecahan senyawa yang disebut kreatin. Kreatinin dikeluarkan dari tubuh oleh ginjal, yang menyaring hampir semuanya dari darah dan melepaskannya ke urin. Kadar kreatinin darah merupakan indikator fungsi ginjal yang cukup akurat. Kadar kreatinin yang meningkat menunjukkan gangguan fungsi ginjal atau penyakit ginjal.
Setiap kondisi yang mengganggu fungsi ginjal cenderung meningkatkan kadar kreatinin dalam darah. Jika kenaikannya terjadi baru-baru ini mungkin lebih mudah dirawat dan dibalik. Hal ini dapat terjadi karena dehidrasi, asupan besar daging, obat-obatan tertentu, infeksi ginjal atau penyumbatan ginjal akibat batu. Setelah penyebab yang mengganggu diobati, fungsi ginjal akan pulih dan kadar kreatinin darah juga turun.

Namun jika penyebabnya berasal dari penyakit kronis seperti diabetes melitus yang tidak terkelola dengan baik dan hipertensi, kerusakan ginjal seringkali tidak dapat disembuhkan. Penting untuk mengunjungi dokter Anda untuk pemeriksaan rutin untuk memantau kondisi Anda dan minum obat sesuai kebutuhan. Ini akan membantu memperlambat perkembangan penyakit ginjal. Jika tidak diobati, penyakit ginjal dapat berkembang menjadi gagal ginjal. Ketika ginjal berhenti bekerja, dialisis atau transplantasi ginjal akan dibutuhkan untuk kelangsungan hidup.

Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mencegah gagal ginjal:
– Pertahankan kontrol tekanan darah Anda dengan baik.
– Jika Anda menderita diabetes, kendalikan gula darah Anda.
– Batasi asupan protein Anda.
– Periksa asupan garam Anda.
– Jika Anda kelebihan berat badan, cobalah menurunkan berat badan yang sehat. Ini biasanya berarti mengonsumsi lebih sedikit kalori dan menjadi lebih aktif.
– Beberapa obat pereda nyeri yang dijual bebas dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Periksakan ke apoteker atau dokter sebelum dikonsumsi.
– Jika Anda merokok, berhentilah hari ini.

Balasan Anda






Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?