Tanya Dokter Saluran Kemih: dr. Lincoln Tan dari Gleneagles Hospital Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: Saluran KemihTanya Dokter Saluran Kemih: dr. Lincoln Tan dari Gleneagles Hospital Singapura
dr. Lincoln Tan menulis 10 bulan lalu
Saya dr. Lincoln Tan, dokter saluran kemih dan dokter bedah robotik terakreditasi yang praktik di Gleneagles Hospital.

Sebelum berpraktik mandiri, saya menjabat sebagai Direktur Onkologi Saluran Kemih di National University Hospital (NUH) dan National Cancer Institute of Singapore (NCIS). Saat ini saya masih menjadi dokter tamu di NUH.

Saya terlatih di segala aspek saluran kemih terbuka dan endoskopik dan punya spesialisasi di penanganan invasif-minimal terhadap kanker saluran kemih.

Saya punya minat khusus di ranah operasi robotik dan laparoskopik, khususnya untuk penanganan kanker prostat dan ginjal.

Sub-spesialisasi saya adalah penanganan kanker prostat semua stadium pada pasien pria, terutama dalam hal diagnostik kanker prostat tingkat lanjut untuk mengurangi biopsi prostat yang tidak perlu, dan melakukan biopsi prostat yang lebih aman dan akurat. Saya termasuk salah satu pelopor yang memperkenalkan biopsi prostat transperineal freehand (tanpa dipandu USG) ke Singapura. Biopsi prostat transperineal lebih aman daripada biopsi transrektal yang biasa dilakukan di banyak klinik. Klinik saya saat ini adalah satu-satunya di Singapura yang menawarkan biopsi prostat transperineal freehand tertarget dengan bantuan MRI.

Saya merupakan kepala peneliti di Asia Tenggara yang memvalidasi kegunaan Prostate Health Index untuk pengklasifikasian lebih baik pria yang berisiko kanker prostat, mengurangi biopsi prostat yang tidak diperlukan.

Saya bisa melayani telekonsultasi dan memberi second opinion untuk penyakit yang berhubungan dengan kanker dan masalah saluran kemih.

Pengalaman saya meliputi:
– Lulusan pendidikan kedokteran dari National University of Singapore (NUS) pada 2001
– Meraih gelar S2 dokter bedah di Royal College of Surgeons of Edinburgh tahun 2006, dan Royal College of Physicians and Surgeons of Glasgow tahun 2011
– Meraih gelar Master di bidang bedah dari National University of Singapore (NUS) tahun 2007.
– Menyelesaikan Pelatikan Spesialisasi Tingkat Lanjut di NUH
– Meraih College of Surgeons Gold Medal dari Academy of Medicine Singapore, ,mendapat penghargaan sebagai salah satu peserta terbaik dalam Pelatihan Urologi Tingkat Lanjut.
– Menyelesaikan pendidikan Onkologi Saluran Kemih dan Bedah Urologi Tele-Robotik di Royal Melbourne Hospital dan Peter MacCallum Cancer Centre Australia pada tahun 2013

Untuk informasi mengenai Gleneagles Hospital, klik di sini: https://www.smarterhealth.id/rumah-sakit/gleneagles-hospital-singapura/

Silakan baca profil saya di sini: https://www.smarterhealth.id/dokter-spesialis/lincoln-tan/

Senang sekali berada di sini. Saya akan menjawab pertanyaan mengenai kesehatan saluran kemih selama 2 minggu ke depan. Silakan bertanya!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman forum. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

23 Balasan
Siska Meylia menulis 10 bulan lalu
Begini dok.. Bapak saya umur 78th, mempunyai keluhan dengan sering buang air kecil/ kencing yang frekuensi nya sangat sering, per 15 menit atau 30 menit pasti kencing dan kadang begitu terasa mau kencing, tidak bisa tertahan dan langsung keluar.. Kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana penyembuhan nya dok?

Terima kasih buat bantuan nya dok..

dr. Lincoln Tan
dibalas 10 bulan lalu

Ada banyak penyebab seorang yang berusia lanjut sering buang air kecil. Yang paling umum adalah pembengkakan prostat yang menghalangi keluarnya urin. Ini bisa menyebabkan kandung kemih tidak benar-benar kosong dan mengalami iritasi, yang akhirnya membuat seseorang terus ingin buang air kecil. Infeksi urin, kanker prostat atau kandung kemih, atau batu kandung kemih bisa juga membuat sering buang air kecil. Saya sarankan beliau menemui dokter saluran kemih untuk diperiksa, karena penanganannya berbeda-beda tergantung penyebab.

Narsudi menulis 10 bulan lalu
Doc, saya kalau buang air kecil kerasa agak mampet. Saya laki-laki. Dan kadang suka kerasa sakit. Orang bilang harus minum air yang banyak. Apa benar dok? Atau harus minum obat juga?
dr. Lincoln Tan
dibalas 10 bulan lalu

Mampet saat buang air kecil bisa disebabkan oleh pembengkakan prostat atau luka di uretra. Minum banyak air tidak akan menyelesaikan masalah. Anda perlu menemui dokter saluran kemih untuk mencari tahu penyebab mampet tersebut, sebab penanganannya berbeda-beda tergantung penyebab.

Winarti menulis 10 bulan lalu

Doc, saya punya balita umur 21 bulan. frekuensi pipisnya jg sering banget per 15 menit mesti keluar pipisnya kadang lanjut lagi keluar dikit2 kadang agak mengejan ketika mengeluarkannya. kira kira kenapa ya Dok… thankyu so much..

dr. Lincoln Tan
dibalas 10 bulan lalu

Jika ada peningkatan frekuensi buang air kecil, bisa jadi disebabkan oleh infeksi urin. Saya sarankan temui dokter Anak untuk diperiksa.

Koesmara menulis 10 bulan lalu

Dok, berapa harga obat untuk prostat yang bengkak

dr. Lincoln Tan
dibalas 10 bulan lalu

Ada 2 tipe pengobatan untuk pembengkakan prostat

1. Alpha blockers – ini obat untuk mengendurkan prostat yang tegang. Bekerja dalam 1-3 hari dan Anda bisa melihat aliran urin yang lebih lancar. Contohnya Harnal/ Flomax, Xatral, Flomax, Hytrin, Cadura
2. 5 alpha reductase inhibitors – ini obat yang membuat prostat mengecil. Butuh 6-12 bulan untuk bekerja, dan bisa mengecilkan prostat hingga 50%. Biasanya butuh 6 bulan untuk mendapati perbaikan dari gejala yang ada.

Harga obatnya tergantung pada mereka obat dan tempat Anda membeli. Saya sarankan Anda mengecek ke farmasi atau dokter.

david eben ezer siahaan menulis 10 bulan lalu

selamat malam Dok, mama saya usia 63 thn riwayat batu ginjal, hasil CT scan staghorn ginjal kiri disertai pelvokaliektasis dan sudah ada tanda nephropathy kronis ginjal kiri, anjuran dokter jalan terbaik nefrektomi ginjal kiri. apakah itu benar dokter? mohon bantuannya. thx

dr. Lincoln Tan
dibalas 10 bulan lalu

Batu staghorn yang tidak ditangani bisa menimbulkan infeksi parah yang mengancam nyawa, terutama pada usia lanjut. Pilihan penanganannya antara nefrektomi (pengangkatan ginjal) atau operasi perkutan untuk mengangkat batunya (PCNL), asalkan pasien dalam kondisi fit untuk melakukan operasi.

Keputusannya tergantung pada faktor-faktor berikut:

1) Berapa banyak fungsi residual yang tersisa di ginjal kiri? Ini bisa diperkirakan dengan melihat ketebalan jaringan ginjal – jika sangat tipis, maka mungkin fungsi yang tersisa tidak signifikan, dan ginjal harus diangkat.
Jika jaringan ginjal masih cukup tebal saat CT scan – scan renogram DMSA atau MAG3 bisa menentukan fungsi relatif di ginjal kiri dalam hubungannya dengan ginjal kanan. Jika ginjal kiri punya fungsi diferensial setidaknya 25%, mungkin bisa dipertimbangkan untuk mempertahankan ginjal.

2) Seberapa besar operasi untuk mengangkat batu staghorn?
Operasi untuk mengangkat batu bisa memakan beberapa jam dan mengeluarkan darah yang signifikan dan risiko infeksi, yang mungkin tidak bisa ditolerir pasien.

Kesimpulannya, ginjal hanya harus dipertahankan jika masih cukup berfungsi dan pasien bisa mentolerir operasi pengangkatan batu. Kalau tidak, cara teraman adalah dengan mengangkat ginjalnya.

Purnomo Adi menulis 10 bulan lalu

Dok, kantong pelir saya sebelah kanan bengkak, tidak sakit dan kencing tetap lancar. Bagaimana solusinya ?

dr. Lincoln Tan
dibalas 10 bulan lalu

Testis kanan yang bengkak bisa jadi karena pertumbuhan testis yang mungkin disebabkan oleh infeksi atau kanker. Atau bisa juga disebabkan cairan di sekitar testis – yang disebut hidrokel, atau karena hernia.

Pemeriksaan fisik oleh dokter yang berpengalaman atau USG testis akan menentukan diagnosa, dan solusinya bergantung pada diagnosa tersebut.

1. Infeksi testis -> antibiotik
2. Tumor testis -> operasi pengangkatan testis
3. Hidrokel -> operasi mengeluarkan cairan dan memperbaiki hidrokel
4. Hernia -> operasi memperbaiki hernia

Charles Wiryanto menulis 10 bulan lalu
Saya mau tanya Dok, Saya merasa gatal panas, dan perih pada saat pipis. Kondisi ini sudah berjalan sekitar satu minggu dan hari ini penis saya mengeluarkan cairan putih tp bukan sperma dok. Apakah ini berbahaya dok?
dr. Lincoln Tan
dibalas 10 bulan lalu

Gejala ini menunjukkan adanya infeksi, entah itu di uretra atau prostat, dan bisa jadi infeksi menular seksual. Masalah ini tidak akan hilang tanpa pengobatan dengan antibiotik.

X menulis 10 bulan lalu

Saya pria umur 20an dan sering masturbasi. Kalo udh keseringan, saya sering ngerasa panas saat buang air kecil sehabis ejakulasi. Tapi besoknya normal lagi. Apa mungkin ini infeksi atau lecet dok?

dr. Lincoln Tan
dibalas 10 bulan lalu

Masturbasi terlalu keras bisa menyebabkan trauma pada uretra, dan ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman saat Anda buang air kecil. Fakta bahwa sakitnya hilang keesokan harinya menunjukan ini bukan masalah infeksi. Saya sarankan teknik masturbasi lebih lembut.

Peter Ronovan menulis 10 bulan lalu

Dokter mau tanya .obat apa yg bisa menyembuhkan ejakulasi dini…dimana obat itu tidak bisa mempengaruhi jantung berdebar kencang saat menkonsumsinya…terima kasih..

dr. Lincoln Tan
dibalas 10 bulan lalu

Penanganan paling efektif untuk ejakulasi dini adalah dapoxetine (Priligy). Ini tidak meningkatkan denyut jantung.

Alternatifnya adalah menggunakan pelumas kebas (lignocaine gel) untuk membuat penis mati rasa sebelum seks. Ini semestinya tidak meningkatkan denyut jantung.

Troutje Turangan menulis 10 bulan lalu

Halo dokter mau tanya untuk sakit tumor ginjal apa obatnya.trima kasih

dr. Lincoln Tan
dibalas 10 bulan lalu

Penanganan untuk kanker ginjal yang belum menyebar ke luar ginjal hanyalah operasi. Operasi bisa dilakukan untuk mengangkat tumornya saja jika kecil (nefrektomi parsial) atau mengangkat ginjalnya (nefrektomi radikal). Tidak ada penanganan lain termasuk obat/radioterapi yang bisa mengatasi masalah kanker ginjal di tahap ini.

Untuk kanker ginjal metastasis yang telah menyebar ke bagian tubuh lain, ada banyak cara untuk mengendalikannya dan pilihannya tergantung pada hasil pemeriksaan lengkap kesehatan Anda dan status kanker tersebut oleh dokter spesialis kanker.

Balasan Anda






Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?